Selasa, 26 Januari 2016

Materi 2 Konsep Dasar Komputer


sumber gambar : eagleedgecomputers.wordpress.com


Pengantar
Komputer, merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi manusia yang hidup di jaman modern seperti saat ini. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia saat ini misalnya di kantor, di perusahaan,di sekolah, di rumah, dan dimana saja menggunakan komputer. Bahkan beberapa pekerjaan sangat tergantung sekali terhadap pemakaian teknologi komputer ini, misalnya perbankan modern yang menggunakan transaksi on-line, Industri atau pabrik modern yang mengontrol setiap proses produksi, kedokteran untuk mendiagnosa dan scanning penyakit pasien, penerbangan dan ruang angkasa untuk mengontrol pesawat, komunikasi data, dan lain sebagainya.

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri.Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya.Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya.Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian.

Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi.Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku. Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia.Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia). Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer.Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya. Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya.
Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

ReferensiBartee, Thomas, “Introduction to computer science”, McGraw Hill International Edition, 1984
Davis, Gordon B, “Intorduction to computers”, McGraw Hill International Edition, 1986
Nugroho, Eko, “Pengenalan Komputer”, Andi Offset Yogyakarta, 1993
Kadir, Abdul.”Pengenalan Sistem Informasi”, Andi Offset Yogyakarta, 2003


Tugas 2. Konsep Dasar Komputer
A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer (Maksimal 1 halaman/ 150 kata)
B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai

Catatan : kirim/tulis tugas di kolom di komentar

132 komentar:

  1. B_122150086_Irsyad Rahman Hakim
    A. Bagaimanakah cara kerja komputer
    Sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Suatu sistem komputer terdiri atas perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk memasukan dan mengolah data, perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program aplikasi untuk menjalankan hardware tersebut, dan terakhir adalah brainware (user) merupaka manusia yang memperikan perintah dan menjalankan program tersebut.
    Pada umumnya prinsip kerja komputer terdiri atas :
    1. Input devices (hardware)
    2. Storage unit
    3. CPU
    4. Output device
    Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, kita dituntut untuk mendapatkan/mengirim pesan secara cepat, baik dari atau ke device lain. Oleh karena itu dibutuhkan CCU (Communication Control Unit).
    Sistem konfigurasi komputer.
    Brainware dapat melakukan input data melalui input devices atau CCU, nantinya data tersebut akan disimpan terlebih dahulu oleh storage memory, berupa RAM atau ROM. Selanjutnya data yang telah disimpan akan di tranfer ke dalam CPU. Di dalam CPU nantinya terdapat ALU (Arithmatic and Logical Unit) dan CU (Control Unit). ALU digunakn untuk memproses data dalam bentuk perhitungan sedangakn CU digunakan untuk mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory lagi untuk kemudian disimpan. Hasil pengolahan data dari storage memory ini kemudian dapat ditampilkan ke output devices berupa print out atau melalui CCU.

    BalasHapus
  2. a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player, AVS, Sony Vegas Pro.

    BalasHapus
  3. B_122150090_irfan syah aji wijaya

    komputer merupakan mesin elektronik yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya untuk mengolah kata, gambar, angka, suara, vidio danlain-lain.. cara kerja komputer itu sendiri adalah input, proses, output, dan penyimpanan atau storege.
    input merupakan proses memasuksn data kedalam komputer itu sendiri. data yang di inputkan bisa bermacaam-macam, misal data kata, gambar, angka, suara, vidio danlain-lain. prangkat- prangkat di komputer yang berguna sebagai penginput diantaranya keyboard, mouse, scanner,microphone dll.
    sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP), tentu komputer berperan dalam pemprosesan data.proses merupakan tahap dimana suatudata yang masuk , baik itu berupa kata, gambar, angka, suara, vidio danlain-lain. dalam tahap ini data yang masih mentah dan belum beraturan diubah menjadi ouput/ informasi. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. didalam CPU itu sendiri terdapat prosesor yang merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya, dan menjadi otak dari setiap pemprosesan di dalam CPU.
    Output merupakakan tahap dimana data yang telah masuk dan telah diproses di tampilkan menjadi output/informasi baik brupa visual, cetak, audio , dll. media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.
    penyimpanan merupakan tahap perekaman suatu output dalam suatu prangkat agar suatusaat / kapan sja ouput/ informasi tersebut bisa dibuka kembali ataupun di kelola lagi. Storage device contoh nya mc, hardisk, flashdisk, dll

    B.
    a. Microsoft Word Office

    b. Microsoft Excel Office

    c. CorelDraw, Photoshop, PhotoFilter, SolidWorks

    d. Ulied, AVS

    BalasHapus
  4. a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player, AVS, Sony Vegas Pro.

    BalasHapus
  5. B_122150088_Alexander Perdana Putra G.

    A. Resume Tugas 2 "Cara Kerja Komputer"
    Komputer bekerja secara sistematis dari beberapa gabungan alat yang saling berhubungan dan terorganisasi oleh suatu sistem operasi. Sistem Operasi itu sendiri hanya dapat bekerja sesuai dengan bahasa yang dikenalnya. Dalam sistem operasi komputer ada 4 bagian utama, yaitu Input Device, Memory, CPU, dan Output Device.
    Input Device adalah alat untuk menerima dan memasukan data. Contohnya mouse, keyboard, kamera, dll.
    Memory adalah tempat menjalankan suatu program yang dapat langsung di akses oleh CPU dengan cepat.
    CPU ( Central Proses Unit) adalah otak dari komputer. CPU juga adalah tempat pengolahan data, bisa seperti mencatat, menghitung, melihat, membandingkan,mengingat, dan tugas-tugas lain.
    Output device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil
    pemrosesan dari CPU, dan dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
    Cara kerja komputer adalah, data di masukkan kedalam input device, kemudian data diproses ke dalam memory, lalu diproses ke CPU. Dalam CPU ini ada 2 bagian, yang pertama adalah Control Unit dan yang kedua adalah Aritmatic logical unit. Data dari memory tadi kemudian di proses serta diperhitungkan dengan bahasa pemograman di bagian aritmatic logical unit. Setelah itu hasil pemrosesan data tadi dikeluarkan ke bagian output device untuk ditampilkan. Data itu juga bisa disimpan lagi di memory untuk proses selanjutnya. Seluruh proses dari input data sampai kapan menampilkan data pada output data di kontrol oleh bagian Control Unit.

    B. Kuisioner
    1. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Ms Word, Notepad.
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel, kalkulator,
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Ms. Power Point, Corel Draw, Photoshop.
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : AIM Mp3, Winamp, Windows Media Player, GOM Player.

    BalasHapus
  6. B_122150061_Arif Tri Fauzi

    A. Cara kerja komputer.
    Komputer adalah sekumpulan komponen atau objek yang saling berkaitan yang membentuk suatu sistem yang sangat rapi dan terstruktur. Dimana sistem ini berfungsi untuk melakukan serangkaian aktifitas secara otomatis.
    Komputer dapat digunakan apabila terdiri dari perangkat keras(Hardware) yang didukung dengan perangkat lunak(software).
    Hardware sendiri berarti perangkat yang kasat mata / berwujud. Komputer tidak bisa berfungsi apabila tidak didukung dengan hardware. Contoh yang termasuk dalam kategori hardware : CPU, Mouse,keyboard, monitor,speaker,etc.
    Sedangkan software berarti perangkat yang tidak kasat mata, atau biasa disebut perangkat lunak. Sama halnya dengan hardware, komputer tidak akan bisa digunakan tanpa adanya dukungan software. Karena itu software dan hardware pada komputer tidak bisa dipisahkan. Contoh yang termasuk dalam kategori perangkat lunak : Windows, Microsoft office, GOM Player, etc.
    Saat hardware dan software sudah saling melengkapi maka komputer akan siap untuk digunakan.
    Sistem kerja komputer adalah Input -> Process -> Output.
    Pertama manusia harus memasukkan data, lalu melalui software yang ada dalam komputer,maka siap untuk memproses data sehingga data output yang diinginkan pun siap untuk ditampilkan.


    B.Kuisioner
    1. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Ms Word, Adobe Reader , Notepad
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel, kalkulator,
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Ms. Power Point, Corel Draw, Photoshop , lightroom
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : AIM Mp3,GOM Player , Mixx ,virtual dj.


    BalasHapus
  7. C_122150113_Chrisna Ocvatika Santoso
    Cara kerja komputer adalah sebagai berikut :
    a. Langkah pertama data yang akan diinput kedalam komputer masuk kedalam Input Device.
    b. Langkah kedua data yang dimasukan kedalam input device akan masuk ke memory atau storage dan akan dibawa ke CPU ( Central Proccesing Unit ) .
    c. Langkah ketiga process data serta perhitungan dilakukan oleh aritmatic logical unit ( bagian fungsi CPU )
    d. Langkah keempat setelah selesai diperhitungkan data maka data selanjutnya akan dikeluarkan oleh output device
    e. Langkah kelima data yang keluar akan dimasukan lagi keperalatan input atau CCU
    f. Langkah keenam data yang akan dimasukan lagi kedalam memory kemudian akan dikirim ke CPU untuk diolah
    g. Langkah ketujuh hasil pengolahan dibawa kememory
    h. Langkah kedelapan dari memory data tersebut bisa dikeluarkan melalui media output atau disimpan di memory.
    Catatan : setiap pemindahan data , perhitungan data dan pekerjaan lain didalm komputer akan dikontrol oleh bagian CPU yang disebut control unit.
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player, VLC, Windows Media Player

    BalasHapus
  8. B_122150093_Bernadus Bagus Adi Yoga Utomo
    A.
    Komputer adalah alat yang terdiri dari gabungan ribuan bahkan komponen yang satu dengan lainnya dapat nberkerja sama dan tidak dapat dipidahkan sehingga membentuk suatu sistem yang rapih dan teliti. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan
    adanya program dan manusia.Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer dengan input device. Setelah program tersimpan didalam komputer di memory komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya din proses di dalam CPU, kemudian ditampilkan hasilnya melalui output device. Dalam CPU ini ada 2 bagian, yang pertama adalah Control Unit dan yang kedua adalah Aritmatic logical unit. Data dari memory tadi kemudian di proses serta diperhitungkan dengan bahasa pemograman di bagian aritmatic logical unit. Setelah itu hasil pemrosesan data tadi dikeluarkan ke bagian output device untuk ditampilkan. Data itu juga bisa disimpan lagi di memory untuk proses selanjutnya. Seluruh proses dari input data sampai kapan menampilkan data pada output data di kontrol oleh bagian Control Unit.

    B.KUISIONER
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. B_122150070_Ridwhan Abdul Azis

    Secara prinsip, komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Yang tersusun dari hardware - software – brainware. Hardware adalah peralatan yang dapat dilihat, dipegang, dipindahkan. Software merupakan suatu prosedur pengoperasian. Brainware (manusia).
    Secara umum peralatan komputer terdiri dari :
    1. Input devices (oleh hardware) untuk memasukan data.
    2. Central Processing Unit (oleh software) untuk mengolah data.
    3. Output device (oleh hardware) untuk menampilkan data.
    4. External memory adalah memory Cadangan diluar CPU.
    Dalam bekerja, fungsi CPU terbagi menjadi :
    1. Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program..
    2. ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan.
    3. Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.
    Cara kerja komputer.
    Memasukan data melalui Input device -> data akan disimpan dalam memory -> diolah CPU, untuk proses data serta perhitungan-perhitungan oleh arithmatic logical unit -> data dikeluarkan melalui Output device. Seluruh kegiatan tersebut dikontrol oleh Control Unit.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Program aplikasi pengolah kata : Ms Word, Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka : Ms Excel, kalkulator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar : Pain, Corel Draw, Ms Picture Manager
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara : Winamp,Windows Media Player

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. B_ 122150073_Ayub Hendry Yuwono
    Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas diantaranya adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.Dalam melaksanakan tugas tersebut komputer melakukan suatu sistem kerja yaitu menginput data,memproses data dan menghasilkan output berupa informasi.Cara kerja komputer seperti berikut:
    1.Input : merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). Contoh dari peralatan masukan diantaranya, keyboard, mouse, dan sebagainya. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang akan diolah.
    2.Process : Pemrosesan (Process) merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan aritmatika dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol serta sebagai memory.Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software aplikasi seperti ms.word,ms exel dll
    3.Output : data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya dicetak melalui printer. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor atau projector

    KUISIONER
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint,Photo Scape
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player,Sony Vegas Pro,Audacity

    BalasHapus
  13. B_122150078_Bagas Virgantama
    A.Cara Kerja Komputer
    Komputer terdiri dari hardware, software dan pengguna komputer atau brainware. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Sedangkan software berupa prosedur peng-operasian dan pemrosesan data dari komputer
    Cara kerja komputer :
    1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, dan lain-lain.
    2. Prosesor, adalah perangkat komputer untuk mengelola seluruh aktifitas komputer. Prosesor terdiri dari dua bagian, yaitu ;
    • Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
    • Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
    3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.
    4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, kedalam hardcopy, softcopy atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor.
    B. Kuis
    a. Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel, kalkulator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara : Winamp,Windows Media Player, Gom Player

    BalasHapus
  14. A_122150002_Angga Aldo Harapenta
    A. Bagimanakah cara kerja komputer?
    Komputer adalah sekumpulan komponen elektronik yang bekerja dengan system dan digunakan untuk melaksanakan instruksi. Komponen wajib yang terdapat dalam komputer adalah Input Device, Central Processing Unit, Output Device & External Memory.
    1. Input Device : alat untuk memasukkan data kedalam komputer
    2. CPU :otak komputer, tempat untuk memproses instruksi. CPU memiliki 3 fungsi kinerja : Internal Memory ( Menyimpan data ), Aritmathic Logical Unit ( perhitungan ) & Control Unit ( Mengatur oprasi komputer )
    3. Output Device : alat untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dari CPU.
    4. External Memory :memory backup
    Cara kerja komputer adalah mengolah instruksi dari bahasa pemograman melalui Input Device ( Keyboard, mouse, dll). Instruksi ini disimpan dalam memory untuk selanjutnya diproses melalui CPU. Dalam CPU, terdapat control unit yang berfungsi untuk mengatur system komputer dan ALU untuk melaksanakan instruksi perhitungan. Semua instruksi yang telah dikerjakan akan ditampilkan oleh Output Device ( monitor, speake, printer dll).
    B. Isilah isian dibawah ini!
    a) Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai?
    • Microsoft Word dan Notepd
    b) Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai?
    • Microsoft excel dan Calculator
    c) Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai?
    • Paint, Picasa
    d) Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai?
    • Winamp, KMP Player, GOM player.

    BalasHapus
  15. B_121510072_Ichsan Syarafi
    A.
    Komputer adalah seperangkat mesin elektronik terdiri dari jutaan komponen yang saling bekerja sama dalam pengolahan data yang diberikan. Sedangkan cara kerja komputer didasari atas konsep tri-tunggal (hardware, software, brainware). Hardware (perangkat keras ) bertugas sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Software (perangkat lunak) merupakan alat prosedut pengoperasian. Brainware (perangkat manusia) sebagai orang yang menjalankan koputer itu sendiri. Brainware harus memasukan software ke hardware agar komputer dapat menjalankan tugasnya. Ketiganya saling ketergantungan dan tidak dapat dipisahkan.
    Sistem komputer menerima data sesuai bahasa komputer pemrogaman yang telah dibentuk. Intruksi yang diberikan akan diterima Input Device dan akan dimasukkan ke Memory (storage). Lalu data akan dimasukkan ke CPU yang terdiri dari Control Unit (mengontrol pemindahan, perhitungan dan tugas lainnya) dan Arithmatic Logic Unit (memproses dan perhitungan data). Data yang telah diolah akan dikeluarkan melalui Output Devie.
    B.
    a. pengolah kata : Microsoft word
    b. pengolah angka : Microsoft Excel, Calculator
    C. pengolah gambar : Paint, Photoshop, Coreldraw, solidworks
    d. pengolah suara : U-lead, Windows Media Player, Gom Player

    BalasHapus
  16. B_122150063_Yakub Hidaya
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer kini sudah bukan hal asing lagi bagi manusia, hampir di setiap bidang pekerjaan seperti kantor, perusahaan, rumah dan sekolah menggunakan komputer. Komputer memiliki makna sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Istilah sekumpulan komponen disebut juga hardware yang berarti peralatan fisik dari komputer itu sendiri yang dapat dipegang ataupun dipindahkan. Dalam hal ini, komputer juga harus didukung dengan program agar dapat menyelesaikan pekerjaan. Program bisa berarti prosedur pengoperasian dari komputer dalam memproses data yang telah ditetapkan sebelumnya. Program inilah yang disebut dengan software. Untuk bisa bekerja, komputer juga memerlukan program dan manusia. Pengertian manusia disini bisa juga disebut brainware (perangkat manusia). Konsep hardware-software-brainware merupakan konsep tri-tunggalyang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer, setelah itu komputer memproses, kemudian dapat digunakan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya.

    B. Isilah isian dibawah ini..
    a. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai: Microsoft Excel, Calculator
    c. Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai: Corel Draw, Adobe Photoshop, Paint
    d. Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai: Winamp, Windows Media Player, VLC

    BalasHapus
  17. B_122150057_Rizky Firmansyah
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang disebut sebagai hardware. Di dalam komputer terdapat program-program yang disebut sebagai software dan program itu dijalankan oleh manusia yang disebut juga sebagai brainware.
    Cara kerja komputer adalah, pertama memasukkan data dan instruksi ke bagian/peralatan yang disebut input device. Ada berbagai macam input device, seperti keyboard, pointing devices, voice input, dll. Kemudian, data tersebut akan diolah oleh CPU (Central Processing Unit). Proses data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Seluruh proses yang dilakukan komputer telah diatur dan dikendalikan oleh bagian dari CPU yang disebut Control Unit. Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui output device. Jenis dari output devices bermacam-macam, seperti LCD, printer, speaker, dll. Hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa juga disimpan di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Word, Notepad
    b. Program aplikasi pengolah angka yang saya kuasai : Microsoft Excel, Kalkulator
    c. Program aplikasi pengolah gambar yang saya kuasai : Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw
    d. Program aplikasi pengolah suara yang saya kuasai : Winamp, GOM player, AIM Mp3, Windows Media Player

    BalasHapus
  18. A_122150069_Zulfa Kartika Damayanti.
    A. Cara Kerja Komputer.
    Segala kegiatan di zaman modern ini telah membutuhkan komputer. Komputer sendiri yang dapat digunakan untuk berbagai hal sangat berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Komponen dalam komputer sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu :
    1. Hardware : komponen komputer yang berupa body atau perangkat pendukung yang dapat dilihat dan dipegang oleh manusia, misalnya CPU, Monitor, Mouse, dll
    2. Software : merupakan kumpulan program yang berguna untuk menjalan komputer. Software merupakan komponen yang dapat dilihat namun tidak dapat di sentuh atau di pegang layaknya hardware, misalnya MS Word, MS Axcel, dll.
    Cara kerja komuputer sendiri berjalan secara berurutan dan sistematis. Sistem tersebut lalu digunakan untuk member instruksi kepada komputer. Secara prinsip komputer sendiri hanyalah sebuah alat yang dapat bekerja apabila digunakan oleh manusia (brainware). Konsep Hardware-Software-Brainware sendiri tidak dapat dipisahkan karena itu satu kesatuan. Jadi cara kerja komputer sesungguhnya adalah berupa manusia yang memasukkan program, lalu program tersebut tersimpan dalam komputer, barylah komputer tersebut dapat digunakan atau berjalan.
    B. Kuisioner
    a. MS. Word.
    b. MS. Axcel.
    c. Photoshop, Paint, PhotoScape, Picasa.
    d. Winamp, GOM Player, VLC, Windows Media Player.

    BalasHapus
  19. A_122150007_Daniel Sangapta Napitupulu

    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari banyak komponen yang saling bekerja sama dan dapat membentuk sistem kerja yang telaten. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk pekerjaan secara otomatis bedasarkan perintah yang diterima. Komputer terdiri dari beberapa komponen yaitu perangkat keras ( hardware ) / yang dapat dilihat dapat digunakan untuk memproses data, perangkat lunak ( software ) dapat diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian, perangkat manusia ( brainware) yaitu pengguna dari komputer. Disaat ini komputer dapat memudahkan semua pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Komputer memiliki beberapa komponen penting yaitu:
    1.Input Device : Yang berfungsi memasukkan data dari luar ke memori dan processor untuk diolah menjadi informasi.
    2.CPU : Adalah otak dari sebuah komputer, didalam CPU terdapat komponen penting yang sangat penting dalam komputer.
    3.Ouput Device : Berfungsi untuk mengeluarkan data yang sudah masuk ke dalam memori.
    4.External Memory : Memori tambahan untuk menyimpan data.

    A. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad.
    B. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel, Kalkulator.
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, Photoshop.
    D. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, Windows Media Player.

    BalasHapus
  20. B_122150056_Ghifari Surya Satria

    A. SOAL 1: CARA KERJA KOMPUTER

    Suatu komputer tidak dapat bekerja sendiri, komputer membutuhkan perangkat-perangkat lain untuk dapat bekerja, maka dari itu disebut sistem komputer. Dalam sistem komputer ada 3 bagian, diantaranya; INPUT DEVICE, CPU, dan OUTPUT DEVICE. Input Device berfungsi untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi kedalam komputer, contohnya: keyboard, mouse, scanner, dan lain-lain. CPU adalah Central Processing Unit, berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer dan tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data, CPU terbagi menjadi Main Memory, Arithmetic Logical Unit, dan Control Unit. Output Device berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia, contohnya: Monitor, Speaker, Printer, dan lain-lain. Cara kerja suatu komputer, pertama data akan masuk melalui Input Device kemudian data tersebut dimasukkan kedalam memori, lalu dikirim ke CPU untuk diolah dan dikirim kembali ke memori, hasil akhir ini bisa dikeluarkan sebagai output atau tetap disimpan didalam memori.

    B. SOAL 2:

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai:
     Microsoft Word, Adobe Reader
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
     Microsoft Excel, Calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
     Paint, Photoshop, PicsArt, Photo Scape
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
     Audacity, iTunes, Winamp,GOM

    BalasHapus
  21. B_122150069_Zulfa Kartika Damayanti.
    A. Cara Kerja Komputer.
    Segala kegiatan di zaman modern ini telah membutuhkan komputer. Komputer sendiri yang dapat digunakan untuk berbagai hal sangat berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Komponen dalam komputer sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu :
    1. Hardware : komponen komputer yang berupa body atau perangkat pendukung yang dapat dilihat dan dipegang oleh manusia, misalnya CPU, Monitor, Mouse, dll
    2. Software : merupakan kumpulan program yang berguna untuk menjalan komputer. Software merupakan komponen yang dapat dilihat namun tidak dapat di sentuh atau di pegang layaknya hardware, misalnya MS Word, MS Axcel, dll.
    Cara kerja komuputer sendiri berjalan secara berurutan dan sistematis. Sistem tersebut lalu digunakan untuk member instruksi kepada komputer. Secara prinsip komputer sendiri hanyalah sebuah alat yang dapat bekerja apabila digunakan oleh manusia (brainware). Konsep Hardware-Software-Brainware sendiri tidak dapat dipisahkan karena itu satu kesatuan. Jadi cara kerja komputer sesungguhnya adalah berupa manusia yang memasukkan program, lalu program tersebut tersimpan dalam komputer, barylah komputer tersebut dapat digunakan atau berjalan.
    B. Kuisioner
    a. MS. Word.
    b. MS. Axcel.
    c. Photoshop, Paint, PhotoScape, Picasa.
    d. Winamp, GOM Player, VLC, Windows Media Player.

    BalasHapus
  22. B_122150075_Khaqiq Taufiqu Maula
    Cara Kerja Komputer
    Komputer merupakan alat elektronik yang dalam kerjanya dibutuhkan sebuah sistem, sistem dalam komputer ini yang melandasi operasi kerja komputer. Sistem ini secara garis besar terdiri dari : Proses masukan (INPUT), proses, keluaran (OUTPUT). Pemasukan(INPUT) merupakan tahap awal kerja komputer, tahapan ini digunakan untuk memasukkan perintah perintah yang tentunya dengan menggunakan perangkat tambahan seperti: mouse, keyboard, dll. Dalam hal ini brainware sangat berperan peran penting. Proses merupakan tahap dimana perintah perintah yang diberikan ketika proses input akan diproses ke dalam CPU (Central Processing Unit), CPU inilah yang akan mengolah, menghitung, mengubah perintah menjadi sebuah keluaran berupa informasi yang diinginkan. Kemudian proses terakhir yaitu keluaran (Output) diamana sebuah komputer siap mengeluarkan sebuah informasi yang telah diolah dari perintah perintah awal, informasi yang dikeluarkan bisa berupa Softcopy maupun hardcopy, menggunakan media : printer, speaker, monitor dll. Dan Secara garis besar sistem kerja komputer yaitu : INPUT>>PROSES>>OUTPUT

    Kuisoner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Windows Media Player, KMP Player, Jet audio

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. C_122150116_Muhammad Kevin Braviotama
    A. Bagaimanakah cara kerja komputer
    Suatu sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui bahasa pemrograman yang dikenalnya. Komputer, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut dengan; Input device, Central Processing Unit, Output Device, dan External memory.
    Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini disebut INPUT DEVICE. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem computer, salah satunya mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Sedangkan tugas dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatik yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
    Kemudian dari tempat penyimpanan atau memory data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai hasil melalui media output (OUTPUT DEVICE) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya

    B. Kuisioner
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : JetAudio, Winamp, Spotify

    BalasHapus
  25. B_122150054_Ghulam Amar Al Ma’ruf

    A. Bagaimana cara kerja computer

    Komputer adalah sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja dan digunakan untuk melaksanakan intruksi. Komponen dalam komputer selalu memiliki: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.
    -Input device : peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam computer. Contoh keyboard, mouse, scanner, dan lain-lain
    -CPU : otak computer, tempat pengolahan data. Mempunyai 3 fungsi : Internal Memory/Main Memory, ALU (Arithmatic Logical Unit), dan Control Unit.
    -Output device : mengeluarkan hasil pemrosesan. Contoh monitor, speaker, dan printer
    - External Memory : Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.

    Cara kerja computer adalah mengolah data yang masuk melalui Input Device, kemudian data tersebut dimasukkan kedalam memori, lalu dikirim ke CPU untuk diolah dan dikirim kembali ke memori, dan ditampilkan oleh output device.

    B.
    a. Microsoft Word Office

    b. Microsoft Excel Office

    c. Adobe Lightroom

    d. AIMP, Winamp

    BalasHapus
  26. A_122150038_Dewi Anggraeni
    A. Resume Materi II “Konsep Dasar Komputer”
    Komputer adalah seperangkat mesin elektronik yang dapat bekerja secara otomatis, yang terintegrasi dan terkoordinasi dengan melakukan suatu tugas tertentu(menerima, menyimpan, mengolah, dan menyajikan), yang dikendalikan oleh program yang tersimpan didalamnya. Definisi ini menyatakan bahwasannya komputer memiliki lebih dari 1 bagian/elemen yang saling bekerja sama. Elemen – elemen dari sistem komputer itu diantaranya software, hardware, dan brainware. Komputer memiliki berbagai jenis jika ditinjau dari berbagai sudut. Apapun jenisnya selalu memiliki peralatan yang disebut sebagai input device, central processing unit, output device dan extenal memory.
    Adapun cara kerja komputer yaitu ketika suatu data akan masuk ke input device atau melalui CCV kemudian ditampung oleh memory. Lalu akan dikirim ke CPU yang didalamnya terdapat control unit, dan arithmatic logical unit, proses data/perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sedangkan tugas control unit adalah untuk mengontrol kegiatan pemindahan data,perhitungan dan pekerjaan lainnya yang dilakukan oleh komponen-komponen komputer. Dari hasil pengolahan CPU lalu dikeluarkan sebagai output,atau bahkan akan disimpan saja di memory untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
    B. Kuisioner
    a. pengolah kata: Ms Word
    b. pengolah angka: Ms excel, calculator
    C. pengolah gambar:paint, solid works, photo scape, picasa
    d. pengolah suara : winamp, GOM P, AIM MP3,Windows media player


    BalasHapus
  27. B_122150059_Risang Ario Harimurti
    Tugas A.
    Siapa yang tidak kenal dengan komputer? Sebuah perangkat yang sudah menjadi salah satu perangkat yang vital di segala instansi, mulai dari SD, SMP, SMA, Kuliah hingga kerja sangat membutuhkan kinerja suatu komputer.
    Komputer sendiri adalah kumpulan perangkat yang membentuk sebuah sistem untuk melakukan suatu pekerjaan dengan teliti dan rapi. Komputer terdiri dari 3 unsur utama yang saling berhubungan dan saling membutuhkan. Ketiga unsur tersebut adalah Hardware, Software dan Brainware. Hardware artinya adalah perangkat keras. Perangkat perangkat yang masuk kedalam Hardware adalah CPU, Mouse, keyboard, speaker, monitor cooling pad (laptop) dll. Lalu Software adalah perangkat lunaknya, seperti Ms. Word, Solitaire dan segala aplikasi yang ada di komputer itu sendiri. Sedangkan Brainware adalah orang yang menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas, bermain game dan lain lain. Ketiga unsur ini membentuk suatu sistem, yaitu dengan membuat input data, lalu diproses hingga menjadi sebuah output yang diinginkan.
    Tugas B.
    a. Ms Word, NotePad
    b. Ms Excel, Calculator
    c. Paint, Corel Draw
    d. Winamp, VLC, Media Player, Groovie Music, GOM

    BalasHapus
  28. A_122150041_HARINDRA NOORSYAM NAWAWI


    A.
    Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini kita sebut INPUT DEVICE. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Proses data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE. Seluruh data yang sudah dapat disimpan ataupun hanya sekedar ditampilkan dalam media output.


    B.
    a. Ms. Office Word, Notepad
    b. Ms. Office Excel, Calculator
    C. Paint
    d. Virtual DJ, Spotify, Winamp, Foobar 2000

    BalasHapus
  29. A_122150001_Wilda Asyifa
    A. Bagimanakah cara kerja komputer?
    Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi. Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
    o Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer, Contoh : Keyboard, Mouse.
    o Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output. Contoh : CPU
    o Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses. Contoh : Monitor, Printer, Speaker.
    B. Isilah isian dibawah ini!
    a) Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai?
    Microsoft Word dan Notepad
    b) Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai?
    Microsoft excel dan Calculator
    c) Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai?
    Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw.
    d) Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai?
    Winamp, KMP Player, GOM Player, AIM Mp3.

    BalasHapus
  30. A_122150021_Dwi Utari Wahyuningtias

    Tugas A "Tuliskan bagaimana kerja komputer"
    Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen serta membentuk sebuah sistem yang dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis. Yang dikatakan sebagai sekumpulan mesin dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer, dimana semua akan bekerja apabila ada aliran listrik didalamnya. Komputer ini juga tidak akan bekerja apabila tidak didukung oleh program-program (software) dan pengguna komputer itu sendiri (brainware).
    Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki peralatan yang disebut sebagai Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory. Dalam sistem komputer, bagian untuk memasukkan data adalah melalui Input Device yang kemudian data tersebut ditampung pada Storage atau Memory. Data yang telah masuk akan dikirim ke CPU yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Proses data dan perhitungan diproses oleh Arithmatic Logical Unit. Setelah proses dilakukan maka akan dikeluarkan melalui Output Device dan selanjutnya seluruh kegiatan akan dikontrol oleh Control Unit.

    B
    a. Ms Word, NotePad
    b. Ms Excel, Calculator
    c. Adobe Potoshop, corel draw, solidworks
    d. Winamp, GOM Player, Media Player, VLC

    BalasHapus
  31. A_122150016_Heryanto

    A
    Komputer mempunyai beberapa peralatan yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh sistem operasi. Komputer bekerja sesuai instruksi yang diberikan melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya. Dalam sistem komputer terdapat bagian untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi yaitu Input Device. Data masuk melalui input device akan ditampung dalam memory/ storage. Data dalam storage akan dimasukkan oleh CPU. CPU terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Proses data serta perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai instruksi, Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE. Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan dan pekerjaan lain yang dilakukan oleh komponen komputer tersebut akan dikontrol oleh alat yang disebut dengan Control Unit. Perintah akan masuk melalui input device dan dimasukkan ke dalam memori , kemudian data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU akan kembali ke memori, dan memori hasil pengolahan CPU dikeluarkan sebagai output melalui Output.

    B
    a. Microsoft Word, notepad
    b. Microsoft Excel, Calculator
    c. Corel Draw , Paint, SolidWork
    d. Winamp, WMP , Media Player Classic, VLC

    BalasHapus
  32. B_122150064_Fandy Saputra

    Resume materi 2 :
    Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
    Komputer sendiri terdiri dari beberapa komponen pembentuk yaitu :
    1. Hardware : komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Contohnya : RAM, Processor, Power Supply, Harddisk, dll
    2. Software : Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Software dibagi menjadi 2 yaitu software sistem dan software aplikasi.
    3. Brainware : orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter.
    Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :
    1. Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,dll.
    2. Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output.
    3. Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output contohnya Printer, Monitor dll.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Open Office
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoscape, Corel Draw, Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player

    BalasHapus
  33. A_122150027_Fatur Suryo Pratama

    Komputer, bukan hal yang asing lagi kita dengar namanya. Di zaman modern sekarang nama komputer hampir di pakai untuk segala bidang pekerjaan. Di dalam kehidupan komputer di gunakan di rumah, kantor, perusahaan, sekolah, rumah sakit, dan komputer sudah digunakan di mana-mana.
    Komputer adalah kumpulan mesin eletronik yang terdiri dari banyak komponen yang dapat bekerja sama dan mampu membantu sistem pekerjaan manusia menjadi rapih dan teliti.
    Sistem kerja komputer terdiri dari 3 komponen, yaitu: Input Device, CPU, dan Ouput Device.
    Input Device fungsinya untuk memasukkan data ke komputer yang tediri dari Keyboard, Pointing Devices, Keyboard and Pointing Device, Voice Input, PDA, Tablet PC, Digital Cameras, Video Input, Scanners and Reading Device, Terminals, Biometric Input, dll.
    CPU fungsinya sebagai otaknya komputer yaitu yang mengolah data.
    Ouput Device fungsinya mengeluarkan hasil pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang akhirnya manusia bisa menggunakan hasil data tersebut.
    Ada satu alat pendukung untuk ketiganya yaitu External Memory, berfungsi sebagai penyimpan data yang berada diluar CPU.

    Tanpa itu semua, Komputer tidak bisa berproses dengan baik, terutama CPU, tanpa CPU kita tidak akan bisa menggunakan komputer.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai: Ms. Office Word, Ms. Office Power Point
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai: Ms. Office Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai: Corel Draw, Adobe Photoshop, Paint, Picasa, Photo Scape
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang kamu kuasai: Winamp, VLC, KMP Player, Windows Media Player, Media Classic Player

    BalasHapus
  34. B_122150076_Ahamad Ainun Na'im
    A. Cara kerja komputer
    Cara Kerja Sistem Komputer

    1. Input (Pemasukan)
    Pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). Contoh dari peralatan masukan diantaranya, keyboard, mouse, dan sebagainya. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang akan diolah.
    2. Pemrosesan (Process)
    Pemrosesan (Process) merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Saat sebuah program akan dieksekusi, maka isi program tersebut yang berada di dalam harddisk diambil dan di masukkan ke RAM. Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Storage sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data tersebut di ambil oleh Control Unit di simpan di Register. Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output..
    3. Pengeluaran (Output)
    pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai: Ms. Office Word,Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai: Ms. Office Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai: Corel Draw, Adobe Photoshop, Paint,
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang kamu kuasai: Winamp,AIMP3

    BalasHapus
  35. A_122150031_Reno Diny Astuti
    A. Cara Kerja Komputer
    Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Cara kerja computer dibagi menjadi 3 tahap:
    Input: berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). Contoh peralatan masukan yaitu, keyboard, mouse, dsb. Alat-alat ini yang digunakan untuk memasukan data yang akan diolah.
    Pemrosesan: tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol. Pada tahap ini lah data yang diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
    Output: data yang telah dimasukan melalui peralatan input diproses oleh CPU, lalu menghasilkan informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy.

    B. Isilah isian dibawah ini
    1. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai:Microsoft Word, Notepad
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel, Calculator
    3.Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Solidworks, Paint, Picasa
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Wiinamp, Windows Media Player, Gom Player

    BalasHapus
  36. A_122150028_Metha Dhiya’ Arwendaputri
    Tugas 2. Konsep Dasar Komputer
    A. Tuliskan bagaimanakah cara kerja computer? (maksimal 1 halaman/150 kata)
    Komputer menyelesaikan sesuatu sebagai hasil dari kombinasi hardware, software, input, dan output. Cara kerja computer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan, yaiu:
    1. Input
    Peralatan input pada komputer berfungsi sebagai media umtuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan Personal Computer (PC) adalah keyboard dan mouse, joystick, scanner, touch panel, dan microphone.
    Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
    • Peratalan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
    Contoh alat input langsung : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, dan scanner.
    • Peralatan input tidak langsung yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
    Contoh alat input tidak langsung: punched card, disket, dan harddisk.
    2. Process
    3. Output
    Merupakan bagian dari perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, baik itu berupa hardcopy (bisa berupa kertas), softcopy (muncul di layar monitor), ataupun keluaran alam bentuk gambar dan suara.
    Sehingga bisa disimpulkan bahwa cara kerja komputer adalah diawal dengan memasukkan data dari perangkat input kemudian data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai dengan yang kita inginkan. Data yang telah diolah CPU akan disimpan ke dalam memori komputer atau biasa disebut dengan disk. Data yang disimpan dapat kita kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

    B. Isilah isian dibawah ini!
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai! Microsoft Word & Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai! Microsoft Excel & Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai! Paint, Solid Works, & Auto CAD
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai! Winamp, Windows Media Player, & iTunes

    BalasHapus
  37. A_Amalia Juwendah_122150015

    Tugas 2. Cara Kerja Komputer
    Tahapan kerja komputer yaitu: Input, Process, Output. Tahap pertama adalah tahap pemasukan (Input). Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device diantaranya, keyboard, mouse, light pen, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang akan diolah. Tahap kedua adalah tahap proses, data yang tadinya telah dimasukan melalui alat input, Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Kemudian adalah tahap output, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll. Data yang telah diproses dapat disimpan dalam media penyimpanan(Storage) misalnya hardisk atau flashdisk.

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, Corel Draw, Solidwork
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Windows Media Player

    BalasHapus
  38. A_122150026_Dyah Nuraini Ratna Shita

    A. Bagaimanakah cara kerja komputer
    Komputer adalah media elektronik yang tersusun dari beberapa komponen, seperti CPU, keyboard, mouse, printer, monitor dan speaker. Komponen-komponen tersebut kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan agar dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem. Salah satu tujuannya adalah untuk mengolah data. Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah menjadi sebuah informasi. Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang disebut sistem komputer. Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu:
    1.Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.
    2.Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.
    3.Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media
    Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai! Microsoft Office Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai! Microsoft Office Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai! Paint, Solidworks, PhotoScape
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai! Winamp, Windows Media Player

    BalasHapus
  39. B_122150053_Adh Dhuha Nurul Salsabila

    A. Cara Kerja Komputer :
    Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya.
    Data dimasukkan melalui input device → Data ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage → Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit) → Proses data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman → Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE.
    Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai! Microsoft Office Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai! Microsoft Office Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai! Paint, Solidworks, Adobe Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai! Windows Media Player

    BalasHapus
  40. A_122150010_Tri Ulfa

    A. Cara kerja komputer

    Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mampu menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.Cara kerja komputer yaitu diawali dengan Input yaitu user memasukkan data ke sistem komputer melalui input device. Hardware yang digunakan dalam memasukkan data ini seperti keyboard, mouse dll.

    Setelah dimasukkan data kemudian di proses oleh Prosesor  yang memproses dan mengolah data yang dimasukkan tadi. Media untuk proses ini dilakukan oleh motherboard. Dimana di dalam motherboard ini termasuk didalamnya processor yang berfungsi untuk mengolah data yang terletak di CPU. Hal yang perlu dilakukan CPU adalah membaca, mengkodekan, dan mengeksekusi instruksi program, mengirim data dari dan ke memori. Ketika menerjemahkan data, proses ini akan dibantu oleh hardware seperti RAM, hardisk (menyimpan data), power supply, VGA( ketika data yang diolah berhubungan dengan grafis), souncard(berhubungan dengan audio) dll. Semuanya terhubung oleh motherboard.

    Setelah data diproses kemudian data akan dikeluarkan dalam bentuk informasi yang disebut output. Output yaitu media keluaran untuk menghasilkan data dari proses tadi. Perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran berupa hardcopy maupun softcopy. Hardware yang digunakan adalah : monitor, speaker, printer, scanner dll

    B. Kuisoner

    a. Microsoft word, Notepad
    b. Microsoft excel, Calculator
    c. Adobe Photoshop, Corel draw, solidwork
    d. Winamp, GOM player, Windows Media Player

    BalasHapus
  41. B_122150067_Yustina Orchidtya Dwi Rosari
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.
    Cara kerja komputer adalah, data di masukkan kedalam input device, kemudian data diproses ke dalam memori, lalu diproses ke CPU. Data dari memori tadi kemudian di proses di bagian aritmatic logical unit. Setelah itu hasil pemrosesan data tadi dikeluarkan ke bagian output device untuk ditampilkan. Seluruh proses dari input data hingga waktu penampilkan data pada output di kontrol oleh bagian Control Unit.
    Oleh karena itu cara kerja komputer berjalan secara berurutan dan sistematis. Sesungguhnya komputer hanya sebuah alat yang dapat bekerja apabila digunakan oleh manusia (brainware). Konsep Hardware-Software-Brainware tidak dapat dipisahkan.
    B. Kuisoner
    a. MS. Word
    b. MS. Excel
    c. Paint
    d. AIMP3, Winamp, GOM Player

    BalasHapus
  42. A_122150033_Aulia Mita Prisesa

    I. Cara Kerja Komputer

    Komputer bekerja secara otomatis berkat kerjasama antarkomponen, baik itu komponen internal ataupun komponen eksternal komputer. Komputer terbagi atas perangkat input, perangkat pemroses, dan perangkat output. Ketiga golongan saling terintegrasi untuk melaksanakan perintah yang diberikan oleh brainware. Terdapat peralatan untuk menerima dan memasukkan data yang disebut Input Device. Data akan ditampung dalam memori atau storage, kemudian dimasukkan oleh CPU (Central Processing Unit). CPU terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Proses data serta perhitungan dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit sesuai instruksi yang diberikan, selanjutnya akan dikeluarkan melalui Output Device. Pemindahan data dan perhitungan lain yang dilakukan oleh komponen komputer akan dikontrol oleh Control Unit. Data masuk melalui input device; dimasukkan langsung ke peralatan input atau melalui CCU. Data dimasukkan ke dalam memori kemudian dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU dibawa ke memori. Hasil olahan dikeluarkan melalui Output Device atau disimpan di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

    II. Kuisioner

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai:
    - Microsoft Office Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai:
    - Microsoft Office Excel, Calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai:
    - Paint, Solidworks, CorelDRAW, Adobe Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai:
    - Winamp, Windows Media Player, iTunes

    BalasHapus
  43. C_122150103_Tifany Wahyu Widyaranti
    A. Tuliskan Bagaiman Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang bekerja sama membentuk suatu sistem. Sesuai fungsinya sebagai pengolah data, sistem utama yang membentuk komputer terbagi menjadi 2, yaitu hardware dan software. Hardware atau perangkat keras komputer, adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan digunakan secara langsung. Perangkat hardware, sesuai dengan proses dalam pengolaha data, terbagi 3, yaitu perangkat input, seperti microphone, perangakat processing, dan perangkat output, seperti printer. Ada juga perangkat penyimpanan atau storage, contohnya flashdisk dan hardisk. Program yang disimpan dalam storage berupa software. Software, atau perangkat lunak komputer berisi program yang berfungsi untuk menjalankan proses pengolahan data pada komputer. Software yang di install pada komputer dapat membantu hardware menjalan fungsinya. Software tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada yang menggerakannya. Penggerak atau yang menjalankan software yang lalu juga mempermudah tugas hardware, disebut brainware. Ketiga komponen ini membentuk sistem tri-tunggal yang tak bisa dipisahkan satu sama lain.
    B. Isian
    a. Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Word, Notepad,
    b. Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel
    c. Program aplikasi pengolah gambar: Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop, SolidWorks, Picasa, SketchUp
    d. Program aplikasi pengolah suara : Winamp, GOM Player, VLC, Windows Media Player, Windows Movie Maker, Corel VideoStudio, Cyberlink PowerDVD,

    BalasHapus
  44. B_122150060_Moch Rizky Hermawan

    Resume materi 2 :
    Cara Kerja Komputer
    Komputer merupakan alat elektronik yang berguna untuk memasukkan data (input), memproses data (process) dan menghasilkan data (output). Komputer terdiri dari tiga hal utama yang saling mendukung untuk mengoperasikannya, yaitu perangkat lunak (Software), perangkat keras (Hardware) dan pengguna (Brainware).
    1. Software merupakan perangkat lunak atau komponen yang membantu untuk memproses data. Software merupakan komponen komputer yang tidak dapat terlihat secara fisik.
    2. Hardware merupakan perangkat keras atau komponen yang membantu untuk memproses data. Hardware merupakan komponen yang dapat terlihat secara fisik. Mouse, keyboard, printer dan sebagainya merupakan contoh dari hardware.
    3. Brainware merupakan istilah untuk pengguna komputer.
    Cara kerja komputer terdiri dari 3 hal, yaitu input, process dan output. Pertama data dimasukkan ke dalam komputer dengan bantuan alat masukan (input device), inilah yang disebut dengan input. Data yang dimasukkan akan diproses ke dalam memori kemudian akan dilanjutkan oleh CPU (Central Processing Unit), setelah itu akan diproses di ALU (Arithmetic Logical Unit), bagian ini disebut dengan process. Setelah data telah diproses maka data akan ditampilkan dengan bantuan alat keluaran atau output device, bagian ini disebut dengan output.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Adobe Reader.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoshop, Corel Draw, Paint, Photoscape.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player, iTunes, Audacity, Media Player Classic.

    BalasHapus
  45. B_122150079_Ilham Pangestu Utomo

    Komputer terdiri dari 3 komponen dalam pengoprasiannya yaitu hardware, software, dan brainware. Berawal dari hardware yang merupakan dasar perangkat utama kita dalam menjalankan komputer kemudian kita manusia sebagai brainware menaruhkan software yang kemudian melakukan pekerjaan sesuai dengan yang kita butuhkan.
    Dalam komputer sendiri memiliki konstruksi pembangunnya. Pada tingkat dasar adalah bagaimana hardware dan software saling membagi tugasnya. Hardware menyediakan pengoprasian dan software sebagai pengontrolnya. Kemudian terdapat input device yang berfungsi untuk memasukan data dalam komputer. Beberapa macam input device yang sering kita jumpai sehari-hari seperti mouse, keyboard, touch pad, touch screen, smart phone dan lainnya. Otak dari komputer sendiri adalah CPU. CPU terbagi menjadi 3 sistem yaitu Internal Memory yang berfungsi mennyimpan semua data utama, ALU yang berfungsi sebagai alat perhitungan, dan Control Unit yang mengatur seluruh pengoprasian dalam komputer.
    Komputer memiliki sistem dalam proses kerjanya. Sistem itu bekerja sesuai dari instruksi-intruksi yang diberikan melalui bahasa pemrogaman yang dikenalnya. Intruksi dan data itu diterima melalui input device dan diteruskan menuju storage yang berfungsi sebagai penampung data. Dari storage lalu menuju CPU yang berfungsi menerjemahkan instruksi tersebut menjadi informasi yang kita perlukan. Dalam CPU data yang berupa perhitungan akan diolah dan keluar menjadi output device. Semua proses yang berlangsung ini kemudian akan dikontrol oleh Control Unit. Proses kerja yang dilakukan oleh komputer ini semua terjadi secara otomatis sesuai perintah yang kita berikan.

    B. Kuisioner :

    a/ Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Ms.
    Word, Adobe Reader , Notepad
    b/ Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms.
    Excel, kalkulator
    c/ Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai:
    Paint, Corel Draw
    d/ Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai :
    AIM, winamp

    BalasHapus
  46. B_122150071_Nafisa Syaiha Syuhda

    Tugas 2. Cara Kerja Komputer
    1) Data masuk pada INPUT DEVICE (peralatan untuk menerima dan memasukkan data instruksi) atau masuk langsung dalam peralatan input melalui CCU.
    2) Data dimasukkan dalam MEMORY (peralatan untuk menampung data).
    3) Data dikirim ke CPU untuk diolah. CPU terdiri dari Control unit (mengontrol seluruh kegiatan yang dilakukan oleh device computer) dan Arithmatic Logic Unit (proses data serta perhtungan sesuai dengan instruksi bahasa pemrograman.
    4) Data bisa dimasukkan lagi ke dalam MEMORY.
    5) Data dikeluarkan sebagai output/hasil melalui OUTPUT DEVICE.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Adobe Reader.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoshop, Corel Draw, Paint, Photoscape, Picasa.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player, Media Player Classic.

    BalasHapus
  47. B_122150062_Christian Agung Pribadi
    Resume materi 2 :

    A.
    Komputer pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Komputer sendiri adalah mesin elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen yang saling bekerja sama untuk menjalankan perintah secara otomatis. Dimana rangkaian perintah atau instruksi itu sebelumnya telah disusun dengan rapi menjadi suatu program yang biasa disebut dengan istilah software. Sedangkan untuk perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat, disentuh maupun dipindahkan disebut dengan hardware. Pada dasarnya komputer hanyalah sebuah alat yang membutuhkan program dan manusia (brainware) untuk mengoperasikannya. Istilah yang biasa dipakai adalah hardware-software-brainware memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan akan terus berkaitan. Manusia harus memasukan seraingkaian program kedalam komputer agar komputer dapat mengolah data secara otomatis didalam CPU yang terdiri dari Control Unit untuk mengontrol, memindah, menghitung dan tugas lainnya serta Arithmatic Logic Unit untuk memproses dan menghitung data sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah ataupun pekerjaan yang dihadapi manusia menjadi lebih cepat dan akurat.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel, Kalkulator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Corel Draw, Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM Player, VLC Player

    BalasHapus
  48. C_122150115_Raka Ardiansyah Putra
    A. Bagaimanakah cara kerja computer?
    Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan dijalan oleh sebuah sistem operasi. Cara kerja computer secara garis besar terdiri dari 3 bagian :
     Input : yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process. Contohnya seperti mouse dan keyboard
     Process : yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Process adalah bagian terpenting dari sistem komputer. Seperti halnya Motherboard. . dimana di dalam Motherboard ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit). Tetapi sebenarnya jantung dari semua process data itu terletak pada inti yang bernama Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. Seperti contoh nya Pentium 1-4 dan yang sudah canggih sekarang yaitu Core i3, i5 dan i7.
     Output : yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, Contohnya seperti Printer dan speaker.

    Sehingga bisa disimpulkan bahwa cara kerja komputer adalah diawali dengan memasukkan data dari perangkat input kemudian data tersebut akan diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai dengan yang kita inginkan. Data yang telah diolah CPU akan disimpan ke dalam memori komputer atau biasa disebut dengan disk. Dan data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

    Kuisioner :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Ms.Office Word,Wordpad,Adobe Reader
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai : Ms.Office Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar yang saya kuasai : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara yang saya kuasai : Windows Media Player,VLC Media Player,Winamp,AIM,iTunes.

    BalasHapus
  49. B_122150062_Kurnia Wardana Ariyanto
    A.Cara Kerja Komputer
    Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi serta pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaang berupa sebuah informasi. Cara kerja komputer dimulai dari input, proses, output dan penyimpanan.
    Pada tahap input ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer, pada tahap proses dilakukan oleh CPU yang melakukan fungsi perhitungan dan logika. Di tahap output yang mengkontrol komponen komputer disebut control unit berupa hardcopy seperti kertas atau lainnya dan softcopy seperti proyektor atau monitor. Pengolahan data ini tidak memiliki ujungnya karena informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi. Maka komputer bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas, agar bisa diselesaikan secara efektif dan efisien.
    B.
    1. Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft word, google docs, note pad, word pad
    2. Program aplikasi pengolah angka yang saya kuasai : Microsoft excel
    3. Program aplikasi pengolah gambar yang saya kuasai : Paint, Corel Draw, Photoshop, SolidWorks
    4. Program aplikasi pengolah suara yang saya kuasai : Gom player, winamp, VLC

    BalasHapus
  50. B_122150052_Muhammad Yusuf Suhardiman

    resume : Cara kerja Komputer
    cara kerja komputer pada dasarnya terdiri dari
    #1. Input (Pemasukan)

    Pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). proses ini dilakukan oleh brainwere

    #2. Pemrosesan (Process)

    Pemrosesan (Process) merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol. Pada tahap ini lah data yang diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

    #3. Pengeluaran (Output)

    Nah pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.

    kuisioner:
    a. micrisoft word, Nitro pro PDF, notepad
    b. Microsoft excel
    c. Corel Draw, Photoshop, paint
    d. VLC, Media player Clasic, Windows mwdia player

    BalasHapus
  51. B_122150052_Muhammad Yusuf Suhardiman

    resume : Cara kerja Komputer
    cara kerja komputer pada dasarnya terdiri dari
    #1. Input (Pemasukan)

    Pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device). proses ini dilakukan oleh brainwere

    #2. Pemrosesan (Process)

    Pemrosesan (Process) merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol. Pada tahap ini lah data yang diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.

    #3. Pengeluaran (Output)

    Nah pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.

    kuisioner:
    a. micrisoft word, Nitro pro PDF, notepad
    b. Microsoft excel
    c. Corel Draw, Photoshop, paint
    d. VLC, Media player Clasic, Windows mwdia player

    BalasHapus
  52. A_122150032_Rahmad Kuncoro Adi

    *Cara Kerja Komputer :
    Komputer bekerja sesuai dengan intruksi yang kita berikan. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini kita sebut input device. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui output device. Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.
    Atau yang lebih simpelnya yakni data/perintah akan masuk melalui peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

    kuisioner:
    a. micrisoft word, notepad, adobe reader
    b. Microsoft excel
    c. Corel Draw, paint, solid works
    d. VLC, Media player Clasic, Windows mwdia player

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. B_122150077_Gusdiniarko Burhan
    A.Cara kerja Komputer
    Sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini kita sebut input device. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit.Proses data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui output device .Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit. Data/perintah akan masuk melalui input device. Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui Output Device atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
    B.
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Ms Word ,Open Office ,Notepad dan Adobe Rider
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Ms Excel ,Calculator dan OpenOffice Calc
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint ,Corel Draw ,Ms Power Point dan Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp ,GOM ,VLC ,AIM ,Virtual dj dan Cool edit Pro

    BalasHapus
  55. A_122150035_Wildan Setiawan

    A. Cara kerja komputer , 1. Input , 2. Process , 3. Output
    Input, yaitu bagian yang di gunakan untuk memasukan data ke dalam proses seperti keyboard , 2. Process yaitu proses data dari input menjadi output , proses dilakukan di motherboard yang didalamnya terdapat CPU dan processor yang merupakan otak dari komputer , dalam processor sudah terprogram rangkaian logika agar input yang masuk dijadikan output , 3. Output yaitu media keluaran dimana media ini untuk menampilkan hasil data dari process tersebut ,media output bisa berupa printer,plotter dll.

    B.
    a. Microsoft Word
    b. Microsoft Excel
    c. Corel Draw
    d. Winamp

    BalasHapus
  56. A_122150035_Wildan Setiawan

    A. Cara kerja komputer , 1. Input , 2. Process , 3. Output
    Input, yaitu bagian yang di gunakan untuk memasukan data ke dalam proses seperti keyboard , 2. Process yaitu proses data dari input menjadi output , proses dilakukan di motherboard yang didalamnya terdapat CPU dan processor yang merupakan otak dari komputer , dalam processor sudah terprogram rangkaian logika agar input yang masuk dijadikan output , 3. Output yaitu media keluaran dimana media ini untuk menampilkan hasil data dari process tersebut ,media output bisa berupa printer,plotter dll.

    B.
    a. Microsoft Word
    b. Microsoft Excel
    c. Corel Draw
    d. Winamp

    BalasHapus
  57. A_122150030_YANUAR YOGA UTAMA
    Computer adalah kata yang tidak asing lagi bagi umat manusia yang hidup di zaman modern saat ini. Kata “computer” =serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang membuat suatu system kerja.
    Definisi di atas di ketahui bahwa computer memiliki lebih dari satu bagian yang saling membuat system tetapi bagian bagian tersebut hanya dapat bekerja jika dialiri oleh listrik. Istilah bagian-bagian tersebut kemudian dikeal sebagai hardwere,softwere dan brainwere. Hardware computer juga dapat di artikan sebagai perangkat keras computer atau juga dapat di artika sebagi peralatan ffisik computer itu sendiri.
    Sedangkan softwere adalah adalah program-program atau suatu prosedur peng-operasian yang telah di isiskan sebelumnya pada computer. brainware (perangkat manusia)= dikenal dengan istilah perangkat manusia. Ke-3 bagian computer diatas dikenal sebagai istilah konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.
    ReferensiBartee, Thomas, “Introduction to computer science”, McGraw Hill International Edition, 1984
    B.
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Corel Draw, Paint.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM player.

    BalasHapus
  58. A_122150014_Bagus Haryo Nugroho

    Cara Kerja Komputer:
    Komputer terdiri dari sekelompok perangkat yang didukung oleh sebuah sistem operasi yang saling bekerja sama sehingga membentuk sebuah sistem kerja. Instruksi-instruksi yang diberikan pada sistem komputer dapat membuatnya melakukan serangkaian pekerjaan secara otomatis. Komputer bekerja dengan urutan input-proses-output

    -Input:Tahap pemasukan data-data atau perintah ke dalam komputer melalui input device, berupa mouse,keyboard, microphone, dan lainnya. Data yang masuk akan ditampung dalam memory yang kemudian akan di proses oleh CPU.

    -Proses:Pemrosesan data dilakukan di Central Processing Unit. CPU disebut juga sebagai otak komputer dan berfungsi melakukan pengolahan data yang masuk. Fungsi dari CPU terbagi menjadi 3 bagian : 1. Internal Memory/Main Memory (penyimpanan data dan program) 2. Arithmatic Logical Unit (Melakukan perhitungan) 3. Control Unit (Mengatur seluruh operasi komputer)

    -Output:Hasil pemrosesan data yang dapat berupa gambar, suara, dan lain-lain. Contoh beberapa peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data adalah monitor, speaker, dan printer.



    a. Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai:
    Microsoft Word

    b. Program aplikasi pengolah angka yang saya kuasai:
    Microsoft Excel

    c.Program aplikasi pengolah gambar yang saya kuasai:
    Adobe Photoshop, Solidworks, Paint

    d.Program aplikasi pengolah suara yang saya kuasai:
    Audacity

    BalasHapus
  59. C_122150117_Riany Marifatika

    CARA KERJA KOMPUTER

    Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang membentuk suatu sistem yang di dalamnya terdapat jutaan komponen yang saling terkoordinasi oleh sistem operasi. Sistem Komputer terdiri dari komponen-komponen yaitu manusianya (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware) yang saling terhubung untuk melakukan pekerjaan, salah satunya mengolah suatu data menjadi sebuah informasi secara otomatis, tertata, dan terstruktur. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi , yaitu melalui Bahasa Pemrograman.

    Cara kerja komputer terbagi dalam 4 tahapan, yaitu Input (pemasukan), Process (pemrosesan), Output (pengeluaran), dan Storage (penyimpanan). Input merupakan tahap awal dari proses pengolahan data pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui peralatan masukan (input device), contohnya Keyboard dan Pointing Devices, Voice Input, Video Input, dan Scanners.

    Tahap selanjutnya yaitu pemrosesan. Pada tahap ini, data yang telah diinput akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. CPU terdiri dari Arithmatic Logical Unit (ALU) dan Control Unit (CU). Proses data dan perhitungan dilakukan oleh ALU sesuai dengan instruksi dalam bahasa pemrograman. Selanjutnya Control Unit akan mengontrol seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan, dll.

    Tahap berikutnya yaitu pengeluaran. Data yang telah dimasukkan dan diproses, bisa dikeluarkan oleh output device dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Contoh Output device yaitu proyektor, monitor, dan printer. Tahap terakhir yaitu penyimpanan oleh storage device, yaitu data yang telah dibuat akan disimpan dan dapat digunakan kembali.


    KUISIONER
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel, Calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Photo Scape, Solidworks
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Audacity, Winamp, GOM Player, Windows Media Player, VLC

    BalasHapus
  60. A_122150034_Barep Fatwa Ramadhan

    Sistem komputer merupakan gabungan daripada semua komponen komputer yang pengerjaannya dikoordinasikan oleh sistem operasi. Sistem komputer akan dapat bekerja sesuai dengan bahasa pemrogaman yg telah diberikan sebelumnya. Sistem komputer terbagi menjadi alat masukan (input device), bagian penyimpanan (memory) dimana data yg akan di proses sebelumnya akan disimpan dulu, lalu ada CPU (Central Processing Unit) didalam CPU terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Arithmatic Logical Unit akan memproses data dan melakukan perhitungan sedang kan Control Unit Mengatur semua proses dr mulai pemindahan penyimpanan dll. Yang terakhir setelah prses selesai maka akan menghasilkan output, alatnya-alatnya disebut Output Device.
    Secara ringkas cara kerja komputer akan dimulai dengan memasukkan data yg akan diproses lalu data akan disimpan untuk menjaga agar data tidak akan hilang apabila tiba-tiba komputer mengalami masalah sesaat melakukan proses. Lalu data akan diproses di dalam CPU dan akan menghasilkan output. Output sendiri juga akan disimpan kembali namun bisa juga langsung dicetak dengan output device seperti printer.

    a. Microsoft Word
    b. Microsoft Excel
    c. Corel Draw & Photoshop
    d. VLC, Windows Media Player

    BalasHapus
  61. B_122150087_Aldhi Febrawan

    A.Cara Kerja Komputer:

    Komputer merupakan serangkaian komponen komponen mesin elektronik atau sering disebut sebagai hardware serta program program yang ada di dalamnya atau sering disebut software yang saling bekerja sama dan membentuk suatu sistem apabila sudah di aliri listrik. Kemudian sistem ini dapat melakukan serangkaian kerja secara otomatis berdasarkan susunan program yang diberikan kepadanya. Pada intinya, komputer akan bekerja jika manusia atau brainware memasukkan program atau software kedalam komputer tersebut, setelah software sebagai suatu prosedur pongoperasian tersimpan, barulah komputer dapat bekerja. Komputer juga memiliki peralatan yang disebut Input Device yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer seperti mouse dan keyboard. Lalu Central Processing Unit atau CPU yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Output Device yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dari CPU kedalam suatu media visual seperti layar monitor dan printer maupun audio seperti speaker dan earphone. Serta External Memory yang berfungsi untuk menyimpan data dan program di luar CPU. Sehingga dari perangkat perangkat tersebut terbentuklah suatu system komputer yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan.

    B.Kuisioner
    a. Ms. Office Word, Open Office Writer, Wordpad, Adobe Reader.
    b. Ms. Office Excel.
    c. Paint, Photoshop, SolidWorks.
    d. Winamp, Windows Media Player, VLC, GOM Player, Groove Music.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. A_122150013_Dina Gustia

    A.Cara Kerja Komputer

    Terdiri atas 3 tahap:

    a)Input
    -Merupakan proses memasukkan data yang akan diolah ke dalam komputer.
    -Input Devices : Keyboard,Pointing Device,Voice Input,Digital Camera,Video Input,Biometric Input,Scanners and Reading Devices.

    b)Process
    -Merupakan tahap pengolahan data yang tersimpan di dalam memory komputer.
    -Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
    -Process Devices : CPU merupakan pemegang peran penting pada tahap pengolahan data,dimana CPU berfungsi sebagai Internal Memory, ALU (Arithmatic Logical Unit) dan Control Unit.

    c)Output
    -Merupakan tahap pengeluaran hasil pengolahan data pada komputer yang berupa informasi.
    -Output Devices : Monitor,Printer,Speaker,Plotter dan lain-lain.

    B.Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Corel Draw,Solidworks.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Audacity

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. C_122150107_AldiDwiyantoro
    A.Cara Kerja Komputer
    Komputer diibaratkan sebuah sistem. Dalam sebuah sistem terdapat komponen yang ada didalamnya, sistem tersebut memiliki sebuah input yang nantinya akan diproses menjadi output. Sama halnya dengan cara kerja komputer secara garis besar. Input merupakan media yang digunakan untuk memasukan data (ex: bil.biner) ke dalam proses. Media ini seperti Keyboard,Mouse,dll. Kemudian data akan diproses oleh brainware (CPU) sesuai perintah. Sebenarnya jantung dari semua proses data itu terletak pada inti yang bernama Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. Dan juga processor ini berperan penting saat kita mengolah data menggunakan software yang ada di komputer. Kemudian setelah data diproses kita dapat melihat hasil data yang dikeluarkan oleh perangkat keluaran (printer, sound, scanner) baik itu dalam bentuk softcopy maupun hardcopy, dan data yang telah diproses tadi juga dapat disimpan oleh memori/hardisk dalam komputer tersebut, sehingga dapat digunakan/dibuka lagi lain waktu.
    B. Isilah isian dibawah ini..
    a. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai: Microsoft Excel, Calculator
    c. Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai: Adobe Photoshop, Paint, Photoscape
    d. Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai: Winamp, Windows Media Player, VLC, GOM Player, Windows Media Player Classic

    BalasHapus
  66. C_122150108_Pinkie Winandari Budaya

    A. Cara Kerja Komputer
    Dalam melakukan pengoperasian komputer, sudah pasti harus terdapat hardware (komponen fisik), software (prosedur pengoperasian), dan brainware (pemberi instruksi kepada komputer untuk melakukan suatu pekerjaan, dalam hal ini adalah manusia). Untuk melakukan suatu pekerjaan, komputer memiliki sistem yang merupakan gabungan berbagai peralatan komputer yang terkoordinasi oleh sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai instruksi yang diberikan melalui bahasa pemrograman yang dikenal oleh sistem. Dalam memasukkan suatu data atau instruksi, kita menggunakan input device. Data yang masuk akan ditampung dalam memory. Kemudian data yang telah ditampung tersebut akan masuk ke CPU yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit (ALU). Data dan perhitungan akan diproses oleh ALU sesuai dengan instruksi dalam bahasa pemrograman. Jika proses telah selesai, maka hasil akan dikeluarkan melalui output device. Sementara itu, Control Unit bertugas untuk melakukan pengontrolan kegiatan pemindahan data, perhitungan, dan pekerjaan lain yang dilakukan oleh device komputer.

    B. Kuisioner
    a. Aplikasi pengolah kata yang dikuasai: Microsoft Word, Notepad, Adobe Reader
    b. Aplikasi pengolah angka yang dikuasai: Microsoft Excel, kalkulator
    c. Aplikasi pengolah gambar yang dikuasai: Adobe Photoshop, Paint, Corel Draw, Photo Scape, Picasa
    d. Aplikasi pengolah suara yang dikuasai: Windows Media Player, Winamp, Audacity

    BalasHapus
  67. B_122150081_Maghvira Andhika Anjasmara

    A. Tuliskan Bagaimana Cara Kerja Komputer
    Dalam kehidupan jaman sekarang,fungsi komputer saangat penting. Karena hampir di semua pekerjaan manusia butuh adanya komputer. Contohnya Bank,sekolah,pemerintahan,bisnis,kantor dan lain-lain. Komputer terdiri dari 2 perangkat,yaitu perangkat lunak(software),dan perangkat keras(hardware). Software juga terdiri dari sistem operasi dan aplikasi, sistem operasi adalah program utama yang mengendalikan aplikasi-aplikasi yang ada dalam komputer. Untuk mengisi komputer dengan program juga dibutuhkan perangkat keras(hardware),contoh hardware yang digunakan untuk mengisi program software adalah keyboard dan microphone. Dan hardware lain yang digunakan dalam komputer adalah CPU,monitor,mouse,Speaker,dan lain-lain. Cara kerja komputer adalah Input > proses > Output. Input artinya kita memasukan berbagai macam perintah ke komputer. Proses,artinya perintah yang kita masukan kedalam komputer sedang di olah untuk dikirim menjadi produk output. Sedangkan output adalah hasil dari perintah yang kita masukan dalam bentuk sebuah informasi. Hardware yang digunakan untuk meng input adalah mouse,microphone,keyboard, sedangkan proses adalah CPU,dan untuk Output ada monitor,dan speaker. Disamping itu juga ada storage memory untuk menyimpan data Namun seirng perkembembangan teknologi yang semakin canggih,penggunaan komputer tidak hanya meemberikan dampak positif,tapi juga ada negatif. Oleh karena itu,kita sebagai penggua yang bijak harus berhati-hati dalam menggunakan alat ini.

    B. Isian
    a. Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Word, Notepad,
    b. Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel
    c. Program aplikasi pengolah gambar: Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop
    d. Program aplikasi pengolah suara : Winamp, GOM Player, VLC, Windows Media Player, Windows Movie Maker, Corel VideoStudio, Cyberlink PowerDVD,Vegas Pro,Adobe Premiere

    BalasHapus
  68. B_122150051_Novira Dwirahma
    A. Cara kerja komputer
    Sistem komputer adalah gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan dikoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Dalam sisem komputer terdapat input device yang bertugas menerima dan memasukkan data dan instruki yang kemudian ditampung dalam peralatan komputer yang disebut memory/storage. Data yang telah berada dalam storage kemudian dimasukkan oleh bagian komputer yang disebut CPU (central processing unit) yang terdiri dari control unit dan arithmatic logical unit. Proses data serta perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan perhitungan dilakukan, selanjutnya dikeluarkan melalui output device. Seluruh kegiatan tersebut dikontrol oleh control unit.
    Konfigurasi sistem komputer : data/ perintah masuk melalui input device secara langsung/melalui CPU kemudian dimasukkan ke memori dan dari sini data akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasilnya dibawa ke memori kembali,kemudian hasil pengolahan CPU dikeluarkan sebagai output melalui output device atau dapat disimpan dimemori.
    B. Kuisioner
    1. Program aplikasi pengolah kata : ms word
    2. Program aplikasi pengolah angka : ms excel
    3.program aplikasi pengolah gambar : paint
    4. Program aplikasi pengolah suara : winamp, VLC, windows media player

    BalasHapus
  69. Komputer merupakan serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari komponen komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yg rapi dan teliti.
    Cara kerja komputer tersebut, terbagi dalam tiga golongan yaitu ; input, process, dan output
    1. Input, yaitu cara pengguna memberi instruksi terhadap komputer dengan memasukkan data ke dalam prosess. Input ini menggunakan media seperti mouse, keyboard, handyCam, dan lain sebagainya.
    2. Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer.Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya.
    3. Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa monitor, printer, loudspeaker, dan sebagainya
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : microsoft word, notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : microsoft excel, calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : paint, photoscape
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : GOM, VLC, Winamp, windows media player, sound recorder

    BalasHapus
  70. A_122150050_Arifin Surya Lukita
    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer
    Komputer merupakan serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem tersebut dapat melakukan serangkaian pekerjaan secara otomatis sesuai dengan instruksi yang diberikan kepadanya. Komputer memiliki beberapa bagian yaitu perangkat keras(Hardware) yang didukung dengan perangkat lunak(software) dan yang mengoperasikannya adalah user (Brainware). Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk mengoperasikan komputer membutuhkan peralatan Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory. Input device adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data (Keyboard,Pointing device,dll).CPU adalah Pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer.Output device berfungsi untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari CPU ke media yang dapat dibaca manusia. External Memory seperti memory driver CPU dan memory cadangan.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Ms. Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Ms.Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, CorelDraw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Winamp, GOM player

    BalasHapus
  71. B_122150058_Efendi Setiawan

    A. Konsep Kerja Komputer

    Pada dasarnya sistem kerja dibagi atas :
    1. Input
    Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll
    2. Proses
    Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
    3. Output
    Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll.
    4. Storage
    Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut.

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : microsoft word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : microsoft excel, calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : paint, photoscape, CorelDraw, Adobe Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : GOM, VLC, Winamp, windows media player

    BalasHapus
  72. A_122150008_Muhammad Raihan Dary P.
    A. Bagaimanakah cara kerja komputer?
    Komputer adalah sebuah media untuk melakukan pengolahan data yg dikenal sebagai Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data dilakukan agar sebuah data dapat menjadi bentuk yang lebih berguna yaitu dalam bentuk informasi. Agar dapat dilakukan, dibuatlah sebuah sistem agar dapat saling terhubung satu sama dengan yang lainnya. Cara kerjanya antara lain :
    1. Input
    Ini adalah tahap awal dari sebuah proses pengolahan. Pada tahap ini dilakukan proses pemasukkan data melalui perangkat pemasukkan data (input device). Contoh : keyboard, mouse
    2. Process
    Tahap ini adalah tahap dimana data yang telah dimasukkan tadi akan diproses oleh alat yang bernama CPU (Central Processing Unit). Dimana CPU ini bias melakukan perhitungan, logika pemrograman, dan mengontrol.
    3. Output
    Pada tahp ini lah data yang telah di input dan diproses tadi akan menghasilkan berupa informasi yang dapat ditampilkan melalui proyektor ataupun dalam monitor. Data tersebut dapat disimpan di memori komputer atau disimoan pada memori eksternal , seperti flashdisk.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai :
     Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai :
     Microsoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai :
     Solidworks, Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai :
     Windows Media Player, Winamp, VLC

    BalasHapus
  73. B_122150091_Wulan Puji Astuti
    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer
    Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis. Komputer memiliki konsep yang disebut konsep tritunggal. Konsep ini terdiri dari hardware, software, dan brainware. Untuk mengoperasikannya membutuhkan peralatan yang terdiri dari input device, central processing unit, output device, dan external memory. Input device adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukan data(keyboard, voice input, digital camera,dll). Central processing unit berfungsi sebagai pemegang kendali jalannya kegiatan komputer. Output device berfungsi untuk mengeluarkan hasil pengolahan data, dan external memory adalah memory yag berada di luar CPU.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Ms. Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Ms.Excel, Kalkulator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, CorelDraw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Winamp, GOM player

    BalasHapus
  74. B_122150096_Benyamin Purbowasito

    A.KONSEP DASAR KOMPUTER (TUGAS II)

    Perangkat elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen elektronik yang
    saling ter integerasi membentuk sebuah sistem yang dapat melakukan pekerjaan suatu proses
    dengan otomatis. Komponen komponen dasar atau utama agar terbentuk sebuah Komputer dan
    dapat bekerja secara optimal menurut arsitektur komputer modern adalah sebagai berikut:

    +Proccessor (otak komputer)
    +Memory (RAM)
    +Hardware (input maupun output)

    INPUT DEVICE---->CPU(Proccesor)---->OUTPUT(hasil)
    sederhana nya adalah, masukan(input) dimasukkan melalui hardware (keyboard,mouse,microphone), kemudian
    input tersebut dikirim dan diproses ke oleh Poccesor kemudian ditampilkan melalui hardware keluaran (output)

    dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima masukkan data
    dan intruksi, alat ini disebut Input Device, data yang dimasukkan melalui input device ini
    akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory/storage. Data
    yang telah berada di dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang
    disebut CPU (Central Processing Unit), yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic
    Logical Unit. Proses data serta perhitungan dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai
    dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan perhitungan
    dilakukan, maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui Output Device. Kegiatan pemindahan
    data, perhitungan, dan pekerjaan yang dilakukan oleh komponen komponen tersebut
    dikontrol oleh Control Unit.

    B.
    1. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    -Ms. word
    -Pages
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    -MS. Excel
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    -SolidWork
    -corel draw
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    -FruityLoops
    -GarageBand

    BalasHapus
  75. B_122150097_Rangga Threfosa Tolongan

    A.Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah alat pengganti manusia dalam hal catat-mencatat dan mengolah data sehingga manusia dapat lebih mudah mengingatnya. Setiap komputer pasti memiliki setidaknya: Input Device, Central Processing Unit, External Memory, Output Device, dan Operating System.
    Cara kerja komputer:
    1. Suatu komputer harus diberikan intruksi yang disusun menjadi PROGRAM menggunakan Bahasa Pemrograman, agar komputer dapat mengerti intruksi yang diterima. Disinilah peran Input Device sebagai alat untuk memasukkan data kedalam komputer.

    2. Intruksi-intruksi tersebut kemudian disimpan pada External Memory dan akan dikelola oleh CPU, yang adalah Internal Memory, Logika Aritmatika, dan Control Unit.

    3. Setelah diproses, untuk menyampaikan hasilnya kepada pemakai maka diperlukan suatu alat perantara yaitu Output Device, bisa berupa monitor, printer, dll. Operating System digunakan untuk mengkoordinasikan semua hal-hal tersebut diatas.

    B.
    a. Aplikasi pengolah kata yang dikuasai: Microsoft Word, Notepad, dan Adobe Reader
    b. Aplikasi pengolah angka yang dikuasai: Microsoft Excel, dan Calculator
    c. Aplikasi pengolah gambar yang dikuasai: Adobe Photoshop, Paint, dan CorelDraw
    d. Aplikasi pengolah suara yang dikuasai: Winamp, Windows Media Player, VLC, GOM Player, dan Adobe Audition CS6

    BalasHapus
  76. A_122150020_Lailatus Shoimah Parmana
    A. Cara kerja komputer
    Sistem komputer adalah seperangkat alat elektronik yang mampu melakukan input yang berupa data, memproses kemudian menghasilkan output berupa informasi.
    Bagian-bagian dari sistem komputer adalah :
    1. Input device
    2. Central Processing Unit
    3. Output device
    Sistem komputer bekerja sesuai dengan perintah-perintah yang kita berikan melalui bahasa pemrograman. Pertama, perintah yang kita berikan masuk melalui input device kemudian data disimpan ditempat penyimpanan atau yang sering kita sebut memori. Dari memori perintah disalurkan ke CPU dan dihitung atau diolah oleh arithmetic logical unit untuk dibawa kembali ke memori. Hasil olahan tersebut dapat disimpan dimemori untuk proses selanjutnya atau akan dikeluarkan sebagai hasil oleh output device.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai Corel Draw, Adobe Photoshop, Autocad
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai winamp, GOM, Windows Media Player

    BalasHapus
  77. A_122150029_Lathifah Taza Azzahrah
    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer (Maksimal 1 halaman/ 150 kata)
    Peranan komputer tidak dapat terlepas dari 3 komponen penting penunjang agar komputer dapat berjalan yaitu Hardware,Software dan Brainware. Cara kerja komputer tidak lepas dari sistem komputer yang terkoordinasikan oleh sistem operasi, yang dalam proses kerjanya dapat di bagi menjadi 3 yaitu:
    1.Input
    Input merupakan proses memasukan data yang ingin diolah kedalam komputer melalu input device yaitu keyboard, scanner, dan lain-lain. serta memberikan instruksi bagaimana data tersebut ingin diolah dan dijadikan apa data tersebut yang telah dimasukkan.
    2.Proses
    Setelah data yang telah masuk ke dalam komputer melalui input device yang kemudian data tersebut di bawa dan disimpan ke dalam CPU ( central processing unit), maka selanjutnya data tersebut akan di proses sesuai dengan instruksi yang telah diberikan sebelumnya dengan menggunakan bahasa pemograman.
    3.Output
    Setelah terjadi proses pengolahan data serta perhitungan kemudian hasil dari proses yang telah terjadi akan terlihat melalui output device yaitu : monitor, printer dan lain-lain.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Ms. Word,Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Ms. Excel, kalkulator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, Solidworks
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Windows Media Player, Winamp

    BalasHapus
  78. A_122150048_Zaenal Musyafa
    A. Cara Kerja Komputer
    Sekarang ini hampir semua pekerjaan manusia berhubungan dengan komputer. Komputer merupakan serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Secara prinsip komputer hanyalah sebuah alat. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia, kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).
    Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Hardware merupakan perangkat pisik seperti monitor, keyboard, speaker dll. Software merupakan program pemrosesan data atau prosedur pengoprasian. Dan brainware manusia itu sendiri.
    Cara kerja dari komputer secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :
    • Pengguna (user/brainware) memasukan data ke sistem komputer melalui input device.
    • Proses device (processor) akan memproses dan mengolah data yang masuk tadi. Pada saat memproses dan mengolah data ini, processor akan bekerjasama dengan storage device untuk menemukan dokumen atau file yang hendak di tuju oleh pengguna.
    • Data yang telah selesai diolah dan diproses akan ditampilkan ke pengguna melalui output device.
    B. Kuisioner
    • Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Word
    • Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel, kalkulator
    • Program aplikasi pengolah gambar : Paint, Photoshop
    • Program aplikasi pengolah suara : Windows Media Player, Gom Player, VLC

    BalasHapus
  79. A_122150042_Tegar Awan Putra
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer sendiri merupakan suatu rangkaian berbagai macam komponen elektronik yang terhubung menjadi suatu kesatuan yaitu Sistem Komputer, fungsinya untuk menyelesaikan suatu tujuan pokok dan alat bantu kerja manusia. Komputer bekerja dengan 3 tahapan yaitu Pemasukan (Input), Pemrosesan (Process), Pengeluaran (Output).
    1. Pemasukan (Input)
    Tahap Pemasukan (Input) merupakan tahap awal dari bagaimana komputer bekerja. Tahap ini merupakan saat kita memasukan data mentah menuju sistem komputer untuk di lanjutkan menuju tahap selanjutnya, dalam tahap ini di dukung oleh beberapa hardware yang berfungsi sebagai alat input seperti : Mouse, Keyboard, Microfon, Scanner dan lain-lain.
    2. Pemrosesan (Process)
    Ini merupakan tahap lanjutan dari Input, pada tahap ini data mentah yang telah masuk ke dalam sistem komputer akan di olah pada CPU (Central Processing Unit). Data akan di olah menjadi informasi yang sesuai dengan perintah yang kita input-kan pada sistem.
    3. Pengeluaran (Output)
    Data yang telah di olah dan menjadi suatu informasi, dapat kita presentasikan baik dalam suatu Hardcopy atau Softcopy. Maksud dari Hardcopy yaitu kita presentasikan menjadi suatu benda yang dapat kita pegang, menghasilkan suatu informasi dalam Hardcopy dapat dengan cara mencetaknya menggunakan Printer, sedangkan Softcopy yaitu informasi masih menjadi suatu aplikasi atau data dalam komputer yang telah tersimpan dan dapat di bagikan dengan cara menyalinnya menggunakan Flashdisk atau Harddisk

    B. Isilah isian dibawah ini

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai!
    - Microsoft Word

    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai!
    - Microsoft Excel

    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai!
    - Adobe Photoshop

    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai!
    - Windows Media Player dan VLC

    BalasHapus
  80. C_122150118_Ainun Fitriyah Nurrochma
    A. Cara kerja komputer
    Saat ini komputer sudah tidak asing lagi dalam kehidupan ini, berbagai kegitan atau pekerjaan banyak yang membutuhkan komputer. Komputer merupakan sekelompok elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama serta membentuk sistem kerja yang rapi dan teliti. Namun komponen atau bagian itu akan bekerja jika ada aliran listrik yang mngalir di dalamnya. Jutaan komponen tersebut dikenal dengan istilah hardware, hardware perlu adanya berbagai program pengoperasian (software) dan keduanya tidak akan bekerja jika tidak dijalankan oleh brainware (manusia). Komputer bekerja dimulai dari input data dimana dapat dilakukan dengan input device seperti Keyboard dan Pointing Devices, Voice Input, Video Input, dan Scanners. Setelah data diinput semua akan diolah oleh CPU (Central Processing Unit). CPU memiliki 3 fungsi kerja yaitu Internal Memori atau Main Memori untuk menyimpan data dan program, ALU (Arithrmatic Logical Unit) untuk melakukan berbagai perhitungan, dan Control Unit untuk mengatur seluruh operasi komputer. Setelah input dan pengolahan data dilakukan, data tersebut dapat dikeluarkan ke dalam media mulai dari suara, bacaan, tampilan ataupun menyimpan data hasil proses yang dapat dilakukan oleh output device seperti monitor, printer, plotter dan speaker.
    B. Kuisioner
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai : Microsoft Excel, Calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai : Paint, Photo Scape, Adobe Photoshop, Corel Draw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai : Windows Media Player, VLC

    BalasHapus
  81. C_122150119_Muhammad Ridwan

    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer mungkin sudah tidak asing lagi di dunia yang modern ini. Bahkan, banyak pekerjaan dan tugas yang dimana komputer sangat berperan penting di dalamnya. Akan tetapi, tahukah kita bagaimana cara kerja dari komputer tersebut?
    Dalam prinsip komputer, ada konsep tri-tunggal yang terdiri dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia). Ketiga prinsip ini tidak bisa dipisahkan dari sebuah komputer.
    Cara kerja komputer secara garis besar terdiri dari 3 golongan:
    1. Input
    2. Process
    3. Output
    Input adalah media untuk memasukkan data ke proses media. Contoh dari input adalah keyboard, mouse, pointing devices, dan scanner.
    Process adalah alat untuk memroses data dari input yang nantinya setelah diproses akan dikeluarkan ke sistem output. Media untuk process biasa kita sebut sebagai mainboard atau motherboard yang sudah termasuk di dalamnya CPU (Central Processing Unit).
    Output adalah media keluaran untuk menampilkan hasil data dari proses. Media output ini berupa printer, monitor, dll.

    B.
    a) Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : microsoft word, notepad
    b) Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : microsoft excel, calculator
    c) Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : paint, photoshop, solidwork
    d) Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : winamp, gom player, windows media player, virtual dj, vlc

    BalasHapus
  82. C_122150101_Desi Widiyastuti
    A. Cara Kerja Komputer:
    Komputer akan saling terhubung dengan membentuk sebuah sistem. Sistem komputer terdiri dari software (program yang berisi perintah untuk mengolah data), hardware (peralatan di sistem komputer yang secara fisik dapat terlihat), dan brainware (manusia yang terlibat mengoperasikan komputer). Komponen wajib dalam komputer adalah Input Device, CPU, Output Device dan External Memory.
    Cara kerja komputer, pertama yaitu melakukan input. Input adalah suatu proses untuk memasukkan data kedalam komputer. Contoh dari input device adalah keyboard, pointing device, voice input, dll. Selanjutnya data tersebut akan diproses didalam CPU. Fungsi CPU terbagi menjadi 3 yaitu, Internal Memory (menyimpan data), ALU (melaksanakan operasi perhitungan), Control Unit (mengatur operasi komputer). Setelah data diproses, data tersebut dikeluarkan oleh output device agar dapat dibaca manusia atau digunakan untuk menyimpan data hasil proses. Contoh dari output device adalah monitor, printer, speaker dll. Data hasil proses tersebut dapat juga disimpan dalam external memory agar brainware dapat memiliki backup data apabila suatu saat komputer yang digunakan sedang mengalami masalah.
    B. Isilah isian dibawah ini
    a) Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad, Adobe Reader
    b) Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai: Microsoft Excel, Calculator
    c) Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai: Paint, Photoshop, Photoscape
    d) Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai: Winamp, Windows Media Player, VCL, GOM Player

    BalasHapus
  83. B_122150098_RIZKI DISTIANASARI
    Komputer disebut sebagai sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang dapat bekerja sama membentuk suatu sistem kerja. Komponen-komponen yang terdapat di dalam komputer tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu :
    Hardware : perangkat yang dapat dilihat dan dipegang secara fisik. Contohnya adalah keyboard, mouse
    Software : program yang berup suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah diterapkan sebelumnya. Program ini tidak dapat dipegang langsung secara fisik.
    Brainware : orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Lah
    Cara kerja komputer :
    Input : pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer
    Pemrosesan : data yang telah dimasukkan kemudian di proses
    Output : data yang telah selesai diproses kemudian disajikan dalam bentuk hardcopy ataupun softcopy
    Penyimpanan : proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpanan dan dapat dipergunakan kembali sebagai input dalam proses selanjutnya.
    B. Kuisioner
    Program pengolah kata : Ms. Word
    Program aplikasi pengolah angka : Ms. Exel, Kalkulator
    Program aplikasi pengolah gambar : paint, Ms. Power point, Corel Draw
    Program aplikasi pengolah suara : GOM player, Windows Media Player, Winamp

    BalasHapus
  84. B_122150074_Intan Maharani

    A.
    Komputer terdiri dari hardware, software dan juga brainware. Hardware adalah seperangkat peralatan fisik pada komputer. Software adalah prosedur atau program pengoprasian pada komputer. Sedangkan brainware adalah seseorang yang menjalankan komputer. Ada beberapa tahap komputer bekerja :
    1. Input
    Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melaului inuput device. Sperti, mouse, keyboard, scanner, dll
    2. Process
    Data yang telah dimasukkan, allu diproses sedemikian rupa oleh Central Processing Unit (CPU) sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
    3. Output
    Data yang telah dimasukkan dan selesai diproses akan siap bisa dicetak. Pencetakkan bisa berupa hardcopy ataupun softcopy. Output device sperti, printer, moitor, proyektor, dll
    4. Storage
    Proses perekamn hasil pengelolaan ke alat penyimpanan dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya.

    B. Kuisioner
    a. Ms. Office Word, Notepad, Wordpad, Adobe Reader
    b. Ms. Office Excel, calculator
    C. Paint, Corel Draw, Picasa, Solidwork, Photoscape,
    d. Winamp, Aimp, GOM Player, Windows Media Player, Audacity

    BalasHapus
  85. A_122150046_Yosi Prayoga

    A.Cara Kerja Komputer

    Sistem komputer terdapat peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi antara lain:
    • Input Device
    Input Device adalah komponen hardware yang memungkinkan user memasukkan data kedalam komputer. Jenis dari input device adalah Keyboard, Pointing Devices, Keyboard and Pointing Devices dll
    • Central Processing Unit (CPU) atau disebut otak komputer
    fungsi dari CPU terbagi menjadi :
    1. Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
    2. ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan berbagai perhitungan.
    3. Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer
    • Output Device
    diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data. Contoh nya ; monitor, printer, speaker dll.
    Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya. Proses kerja komputer yaitu data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Lalu akan masuk ke CPU (Central Processing Unit).
    Maka selanjutnya data akan dikeluarkan melalui output device. Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut dikontrol oleh Control Unit.
    B.Kuisioner
    a) Microsoft Word, NotePad
    b) Microsoft Excel, Calculator
    c) Paint, Corel Draw
    d) Winamp, GOM Player, Windows Mwdia Player

    BalasHapus
  86. C_122150106_Fakhriel Ilman

    A.Cara Kerja Komputer
    Komputer selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory. Input Device adalah komponen hardware yang memungkinkan user memasukkan data kedalam komputer. Data yang datang melalui Input device atau melalui CCU akan dimasukan dan disimpan dalam memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan ke CPU (Central Processing Unit). CPU berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer dan tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data. Fungsi CPU terbagi menjadi:
    1. Internal Memory untuk menyimpan data dan program.
    2. Arithmatic Logical Unit (ALU) untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan.
    3. Control Unit untuk mengatur seluruh operasi komputer.
    Di dalam CPU, data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit sesuai dengan instruksi yang di berikan dalam bahasa pemrograman. Kemudian data akan dikeluarkan melalui Output Device atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya. Seluruh kegiatan pemindahan data yang dilakukan oleh komponen-komponen komputer tersebut dikontrol oleh Control Unit.

    B.Kuisioner
    a) Microsoft Word, NotePad, Adobe Reader
    b) Microsoft Excel, Calculator
    c) Paint, Corel Draw, Photoshop
    d) Winamp, GOM Player, Windows Media Player

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. B_122150094_Effie Azaria

    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja. Peralatan yang saling bekerja sama itu adalah Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory. Cara kerjanya:
    1) Pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contohnya: keyboard, mouse, scanner, dll.
    2) Data yang telah dimasukan melalui peralatan input akan diproses oleh processing device yaitu CPU, yang merupakan otak dari komputer tersebut.
    3) Data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU, bisa dicetak oleh output device. Contohnya: monitor, projector, printer, dll.
    4) Data mentah yang telah diproses dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar dapat digunakan kembali.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel, Kalkulator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, GOM Player, Windows Media Player, VLC

    BalasHapus
  89. B_122150095_Alver Pramudito Zakiri

    A. cara kerja komputer
    Suatu sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi yang diberikan padanya melalui bahasa pemrograman. Di dalam suatu sistem komputer terdapat Input Device untuk menerima dan memasukan data dan instruksi. Nantinya data tersebut akan ditampung di dalam memori yang nantinya tempat tersebut akan dimasukan ke CPU. CPu terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Proses data dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit. Selanjutnya data akan dikeluarkan melalui Output Device. Semua kegiatan didalam sistem dikontrol oleh Control Unit.

    B. kuisioner
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Notepad, Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Kalkulator, Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Groove Music, VLC

    BalasHapus
  90. A_122150011_IanValdiLase
    Komputer akan berkerja jika koordinasi antara Hardware, Software dan Brainware saling bersinerji. Input Device(sprt. Mouse, keyboard, Scanner, dll) akan memasukkan data kedalam memori kemudian memori akan diolah oleh Processor yang terletak didalam CPU. CPU terbagi antara Aritmatika Logical Unit dan Control Unit, untuk mengolah data perhitungan akan digunakan Aritmatical Logical Unit. Setelah proses selesai, hasil data akan dikeluarkan oleh Output Device (Sprt. Printer,LCD, Projector, dll) atau tetap disimpan didalam memori.
    A. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad, Pdf
    B. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel, Kalkulator.
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : CorelDraw, SolidWorks, Paint, Photoshop
    D. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, Windows Media Player.

    BalasHapus
  91. C_122150111_Zakat Nuh Zikirullah

    A. Cara Kerja Komputer
    Computer adalah serangkaian mesin elektronik yang banyak memiliki komponen didalamnya yang dapat bekerja. Komponen utama computer terdiri dari hardware dan software. Hardware (perangkat keras) computer juga dapat diartikan sebagai peralatan psikis dari computer itu sendiri. Sedangkan software (perangkat lunak) berupa suatu prosedur pengoperasian dari computer itu sendiri ataupun sebagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang ditetapkan sebelumnya seperti program yang ada di dalam computer. Dan juga untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia.Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia). Di dalam suatu unit computer terdapat beberapa elemen dasar computer, yaitu cpu, keyboard, mouse, dan monitor. Ada juga perangkat lain yang dapat mendukung pada computer dengan berbagai fungsi lainnya seperti speaker, printer, scanner, microphone, dll. Secara prinsip sebuah computer memliki sebuah system kerja yaitu input, proses, dan output. Pertama harus memasukan data, lalu melalui software yang ada dalam computer, maka iap untuk memproses data output yang diingiknan.

    B. Kuisioner

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Notepad, Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel, Kalkuator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Windows Media Player, VLC, Musicbee

    BalasHapus
  92. B_122150082_Miftahus Salam

    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer terdiri dari berbagai komputer yang akan bekerja apabila dialiri listrik, apabila tidak dialiri listrik komputer tidak akan bekerja #YouDontSay
    Secara garis besar cara kerja komputer terdiri dari input->proses->output, akan tetapi selain itu ada distribusi dan storage.
    Input merupakan pemasukan data dari brainware(administrator) ke dalam komputer, input sendiri bisa melalui banyak device tergantung apa yang kita ingin inputkan antara lain, tulisan lewat scanner, ketikan lewat keyboar, suara lewat michrophone, dll.
    Proses yaitu pemorsesan data yang kita inputkan maupun yang sudah ada distorage sesuai dengan yang kita inginkan menggunakan algoritma pemrograman (ALU).
    Output yaitu hasil dari proses tadi, output sendiri ada banyak jenis ada gambar, tulisan, suara, dll. Selain output hasil dari proses tadi bisa kita masukan storage karena ada yang dinamakan controlling unit, yaitu komponen untuk mendistribusikan data ke device output ataupun ke storage.
    Storage sendiri berguna untuk penyimpanan data agar bisa digunakan lagi.

    B. kuisioner
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Notepad, Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Kalkulator, Microsoft Excel
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : WMP, Winamp

    BalasHapus
  93. A_122150024_MU’AMMAR ZAIN AL HAMIM

    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer (Maksimal 1 halaman/ 150 kata)

    Komputer dapat bekerja secara sistematis karena tersusun dari banyak alat yang saling berhubungan dan diperintah oleh suatu sistem operasi yang memiliki bahasa tersendiri..
    Bagian yang terusun itu adalah:
    1. Input: untuk menerima dan memasukan data. Contohnya keyboard dan mouse.
    2. Process: untuk memproses data di CPU dengan bahasa pemrogrman
    3. Output: untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil dan informasi. Contohnya monitor, speaker, printer.
    Jadi, cara kerja computer adalah kita si Brainware meng-input data dengan menggunakan software yang kemudian data tersebut disimpan di memori dan dip roses di CPU dengan bahasa algrotima pemrograman yang kemudian setelah di proses akan dihasilkan output berupa gambar, tulisan, suara, dll. Data yang dihasilkan pun dapat disimpan di memori external.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    Mircosoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    Paint, Coreldraw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    Winamp, Windows Media Player, GOM Player, KM Player

    BalasHapus
  94. A_122150024_MU’AMMAR ZAIN AL HAMIM

    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer (Maksimal 1 halaman/ 150 kata)

    Komputer dapat bekerja secara sistematis karena tersusun dari banyak alat yang saling berhubungan dan diperintah oleh suatu sistem operasi yang memiliki bahasa tersendiri..
    Bagian yang terusun itu adalah:
    1. Input: untuk menerima dan memasukan data. Contohnya keyboard dan mouse.
    2. Process: untuk memproses data di CPU dengan bahasa pemrogrman
    3. Output: untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil dan informasi. Contohnya monitor, speaker, printer.
    Jadi, cara kerja computer adalah kita si Brainware meng-input data dengan menggunakan software yang kemudian data tersebut disimpan di memori dan dip roses di CPU dengan bahasa algrotima pemrograman yang kemudian setelah di proses akan dihasilkan output berupa gambar, tulisan, suara, dll. Data yang dihasilkan pun dapat disimpan di memori external.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    Mircosoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    Paint, Coreldraw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    Winamp, Windows Media Player, GOM Player, KM Player

    BalasHapus
  95. A_122150017_Monica Noviana P
    A. Bagaimanakah Cara Kerja Komputer
    Komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri dari ribuan elemen yang saling bekerja sama yang terbagi dalam 3 bagian besar yaitu Hardware,Software dan Brainware.Untuk menjalankan suatu computer ada beberapa tahap,yaitu
    1. Input device
    Peralatan yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam computer.Beberapa jenis alat input device : Keyboard,Mouse.
    2. CPU
    Sebagai Otak Komputer yang mengendalikan jalannya kegiatan computer dan tempat pemrosesan instruksi instruksi program atau data yang berasal dari input device.Dalam bekerja,fungsi CPU terbagi menjadi 3 yaitu Internal Memory(berfungsi untuk menyimpan data dan program), ALU (berfungsi melakukan semua perhitungan aritmatika) , Control Unit (berfungsi untuk mengendalikan semua peralatan yang ada pada system computer )
    3. Output Device
    Peralatan yang bertugas mengeluarkan hasil pemrosesan yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca manusia/untuk penyimpanan data.Beberapa jenis alat output yaitu priter,speaker,monitor.
    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Ms.Word,Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai
    Ms.Excel,Calculator
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai
    Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai
    Winamp,GOM,Windows Media Player


    BalasHapus
  96. B_122150099_Arwan Saputro

    A. Bagaimanakah cara kerja komputer ?

    sistem komputer adalah kumpulan dari banyak komponen komputer yang tersusun secara sistematis yang bekerja sama/ saling berkaitan untuk membentuk suatu sistem operasi dalam komputer itu sendiri. Untuk membentuk suatu sistem komputer yang baik diperlukan 3 bagian penting, taitu hardware, software, dan brainware. Untuk menjalankan sistem ini dieperlukan:
    - Input device : Alat yang digunakan untuk memasukkan sebuah data pada komputer . contoh keyboard
    - Process : Alat yang digunakan untuk memngolah semua data yang telah di masukkan oleh input device . contoh CPU
    - Output device : Pengeluaran yang berupa informasi yang telah di olah dari CPU tersebut . contoh : speaker , printer

    B. Isilah isian dibawah ini :
    1. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang diketahui : Ms word dan notepad
    2. Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai : Ms excel
    3. Sebutkan program apliasi pengolah gambar yang anda kuasai : Corel draw
    4. Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai : Winamp

    BalasHapus
  97. A_122150012_ADHELIA AFRIALITA RUCHENDI

    Komputer memiliki tiga komponen utama yang terdiri atas hardware,software dan brainware.Hardware sendiri di artikan sebagai peralatan dari komputer itu sendiri yang secara fisik dapat dilihat,dipegang ataupun dipindahkan.Software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoprasian dan Brainware diartikan sebagai perangkat manusia.Lalu bagaimana cara kerja komputer?.Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian untuk menerima dan memasukkan data,alat ini disebut INPUT DEVICE. Input Device sendiri adalah segala komponen hardware yang dapat memasukkan data kedalam komputer misalnya keyboard,pointing device,voice input dll.Setelah data yang dimasukkan melalui input device maka akan ditampung oleh memory atau storage. Data yang telah berada didalam storage akan dimasukan kedalam CPU. Di dalam CPU ini akan dilakukan berbagai pengolahan data.Setelah data tersebut diolah,maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE yang diartikan sebagai peralatan yang berfungsi mengeluarkan hasil pengolahan data yang berasal dari CPU yang dapat dibaca oleh manusia.

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Microsoft Word, Notepad,Microsoft power point
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    Mircosoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    Paint
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    Windows Media Player, GOM Player, KM Player ,MPC-HC

    BalasHapus
  98. B_122150068_Karunia Pramanti Putri

    A. CARA KERJA KOMPUTER
    Komputer pada jaman sekarang merupakan alat elektronik yang penting, karena dapat memberikan kemudahan di berbagai sektor kebutuhan manusia, komputer sendiri merupakan serangkaian atau sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari komponen komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yg rapi dan teliti menjadi satu kesatuan yang kemudian disebut system computer. Cara kerja komputer terbago dalam tiga golongan yaitu; Input, Process, dan Output
    1. Pemasukan (Input)
    - Tahap awal dengan memasukkan data mentah ke system computer dengan di-inputkan oleh hardware.
    -Input devices seperti; Mouse, Scanner, Keyboard, Microfon dan lain-lain.

    2. Pemrosesan (Process)
    -Data mentah yang telah masuk ke dalam sistem komputer akan di olah oleh CPU menjadi data yang berisi informasi yang sesuai dengan perintah yang kita masukkan pada system.
    -Process devices; CPU yang berfungsi sebagai Internal Memory, Control Unit dan ALU (Arithmatic Logical Unit).

    3. Pengeluaran (Output)
    -Merupakan hasil pemrosesan data yang dapat berupa suara, tulisan, gambar dan lain-lain.
    -Output devices; Monitor, Speaker, dan Printer dan lain-lain.

    B. KUOSIONER
    a. Program aplikasi pengolah kata yang dikuasai : Ms. Word, Adobe Reader , Notepad
    b. Program aplikasi pengolah angka yang dikuasai : Microsoft Excel
    c. Program aplikasi pengolah gambar yang dikuasai : Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint.
    d. Program aplikasi pengolah suara yang dikuasai : Winamp, GOM player, VLC, Windows Media Player

    BalasHapus
  99. B_122150084_Aprininda Aisya Nurwitasari

    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer
    Computer dapat bekerja jika dialiri oleh listrik dan memiliki program program yang menjadi instruksi untuk melakukan suatu hal, program tersebut biasa disebut software. Namun selain membutuhkan software, computer juga membutuhkan komponen lain yaitu hardware dan brainware. Hardware merupakan sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari berjuta juta komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu system. Sedangkan brainware merupakan perangkat manusia untuk menjalankan computer, karena computer hanyalah sebuah alat dan tidak mungkin dapat dioperasikan tanpa adanya manusia.
    Cara kerja computer secara garis besar terbagi menjadi 3 yaitu, Input, Process, dan Output. Input merupakan media untuk menyalurkan data ke dalam computer. Contoh input yaitu keyboard, scanner, mouse, dll. Lalu process yaitu alat yg digunakan untuk memproses data dari input untuk dijadikan keluaran atau biasa disebut output. Alat dalam process ini biasa disebut CPU ( Central Processing Unit ). Yang terakhir yaitu output, yang artinya merupakan media keluaran untuk menampilkan hasil dari process data yang didapat dari input. Contoh alat output yaitu printer, monitor, speaker, dll.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    Mircosoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    Paint, Coreldraw, PicsArt
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    Winamp, Windows Media Player, GOM Player, KM Player, VLC

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. A_122150004_Rita Sihotang
    A. CARA KERJA KOMPUTER
    Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, dan akurat. Komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang mampu mengolah data dan kemudian menyimpannya.
    Adapun komputer dibagi atas 3 komponen yaitu:
    1. Hardware
    adalah sekumpulan perangkat keras komputer yang dapat kita lihat, raba, dah rasakan.
    2. Software
    adalah data yang dihasilkan dari syntax-syntax yang dirancang oleh programer, diproses oleh mesin komputer, disimulasikan, menghasilkan output kemudian dapat dimanfaatkan oleh pengguna (user).
    3. Brainware
    adalah manusia sebagai orang yang menghasilkan teknologi akhirnya juga akan berfungsi sebagai pengguna dari teknologi itu sendiri.

    Cara kerja komputer:
    1. Unit Masukan (Input Device)
    Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. 2.Unit Pemrosesan (Processing Device)
    Unit ini merupakan otak dari sistem komputer yang didukung oleh perangkat lainnya, sering juga diistilahkan dengan chip “microprossesor”, ukuran satuan dari kecepatan prosesor (Ghz). Pada saat ini, istilah kerennya dari prosesor ini adalah CPU (Central Processing Unit).
    3.Unit Keluaran (Output Device)
    Unit keluaran adalah komponen yang digunakan untuk menampilkan informasi yang didapatkan dari hasil pengolahan data dari komputer, tujuannya tidak lain adalah untuk menampilkan kebenaran dari rangkaian proses aritmatika dan logika yang dilakukan oleh komputer.

    B. KUOSIONER
    a. Program aplikasi pengolah kata yang dikuasai :
    Microsoft Word dan Adobe reader
    b. Program aplikasi pengolah angka yang dikuasai :
    Microsoft Excel,dan kalkulator
    c. Program aplikasi pengolah gambar yang dikuasai :
    Paint dan Corel Draw
    d. Program aplikasi pengolah suara yang dikuasai :
    Winamp, VLC,windows media player,GOM player

    BalasHapus
  102. A_122150018_Wigig Ryan Prabowo
    A.Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia ,komputer terdiri dari serangkaian mesin elektronik yang saling bekerja sama sehingga membentuk sistem kerja yang rapi dan teliti.sistem tersebut kemudian digunakan untuk melaksanakan pekerjaan secara otomatis berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya.Untuk dapat bekerja komputer memerlukan manusia (brainware) .Konsep hardware ,brainware,dan software merupakan konsep tri tunggal yang tak dapat dipisahkan.cara komputer yaitu :
    1. Input : tahap ini adalah tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer.tahap ini merupakan tahap pemasukan data ke dalam sistem komputer melalui input device .Contoh input device : mouse, keyboard
    2. Process :tahap ini merupakan tahap dimana semua data yang telah di input akan diproses oleh CPU ,dimana CPU akan melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan ,dan juga mengontrol.pada tahap ini data akan diproses sedemikian rupa sehingga data siap dicetak menjadi informasi
    3.Output :Pada tahap ini data yang telah dimasukan melalui peralatan input ,kemudin telah diproses oleh CPU ,lalu menghasilkan informasi akanditampilkan pada peralatan output device.Dan selanjutnya inforasi itu akan disimpan ke media penyimpanan .
    B. a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Ms.word,notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Ms.excel ,calculator
    c . Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : pothoshop.solidwork,paint,coreldraw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai :winamp ,GOM

    BalasHapus
  103. A_122150025_Irham Nurul Hamzah
    A.Bagaimana Cara kerja Komputer
    Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan melalui bahasa pemrograman. Pada dasarnya sistem komputer memiliki 3 komponen utama yaitu perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan manusia (Brainware). Cara kerja komputer : 1) Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,TapeRecorder, HandyCam, CAM dll. 2) Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu Mainboard yang sudah termasuk didalamnya CPU.3) Output, yaitu media keluaran dimana media ini untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa Printer, Plotter, dll.
    B.Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Ms. Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Winamp, GOM player

    BalasHapus
  104. A_122150039_ReynaldiDimasFhadjrin

    A. Bagaimana cara kerja komputer?
    Agar komputer dapat digunakan untuk mengubah data menjadi informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud ini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut. Computer working flow :
    1. Input : Pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device, ex : keyboard yang difungsikan memasukan huruf, angka, dan simbol-simbol.
    2. Process : Data yang telah dimasukan tadi diproses sedemekian rupa oleh CPU, yang mana CPU melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengkontrol (CU) sehingga data tersebut menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
    3. Output : Data yang tadinya telah dimasukan dan diproses akan dicetak apabila sudah siap. Pencetakan berupa softcopy dan hardcopy oleh monitor, projector, printer dan sebagainya.
    B. Isilah isian dibawah ini :
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Ms. Word, Ms. PowerPoint, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Corel Draw, Photoshop, Macromedia Flash, Solidworks
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Winamp, VLC, Itunes

    BalasHapus
  105. C_ 122150121_Alita tri rachmawati


    A. Bagaimana cara kerja komputer?
    Suatu sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan melalui Bahasa pemrograman.
    Bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi di sebut dengan input device. Lalu data akan disimpan dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dikirim ke CPU (Central Processing Unit) untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. CPU ini terdiri dari Control Unit yaitu alat yang mengotrol Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan -perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen komputer dan Arithmatic Logical Unit yaitu yang melakukan proses data serta perhitungan-perhitungan sesuai dengan instruksi. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output atau hasil melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.

    B. Isilah isian dibawah ini:
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai : Microsoft Excel
    c.Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai : Paint, Photo Scape, Adobe Photoshop, Corel Draw, photoScape
    d.Sebutkan Program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai : Windows Media Player, GOM Player, winamp

    BalasHapus
  106. A_122150045_Dhea Sasqia Leonita
    A. Resume Materi II: Konsep Dasar Komputer
    Komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama. Bagian-bagian dalam komputer terbagi mejadi tiga bagian, yaitu hardware, software, dan brainware. Konsep hardware-software-brainware adalah konsep tritunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.
    Input Device diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer, yang terdiri dari keyboard, pointing devices, voice input, digital cameras, video input, terminals, dll.
    CPU berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer. Dalam bekerja fungsi dari CPU terbagi menjadi:
    1. Internal Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
    2. Arithmatic Logical Unit, untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan.
    3. Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.
    Output Devices diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan data, yang terdiri dari lcd, printer, speaker, dll.
    External Memory diartikan sebagai memori yang berada di luar CPU. Data dan program yang tersimpan di external memory, agar bisa berfungsi harus dipindahkan terlebih dahulu ke internal memory.
    B. Isilah isian di bawah ini:
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Ms. Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka yang ada kuasai: Ms. Excel, Calculator
    c. Sebutkan Program gambar apa yang anda kuasai: Paint, Photoshop, Photoscape.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai: Winamp, GOM Player, Itunes, VLC, WMP.

    BalasHapus
  107. A_122150037_MuhammadRifqiMuflih
    A. Bagaimana cara kerja komputer?
    Pada dasarnya komputer merupakan susunan perangkat elektronik yang membentuk sistem kerja digunakan untuk melaksanan intruksi. Komputer terdiri dari dua bagian yaitu hardware dan software, dengan perangkat utama Input Device, CPU, Output Device & External Memory. Pada dasarnya komputer berkerja dengan mengolah intruksi melalui input device (mouse, keyboard, dll). Intruksi disimpan dalam memory lalu diproses di CPU. CPU terbagi menjadi ALU dan Control Unit. Setelah diolah oleh ALU dan Control unit, hasil data dikeluarkan oleh Output Device atau disimpan didalam memori.
    B. Isilah isian dibawah ini!
    a. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai?
    Microsoft Word
    b. Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai?
    Microsoft Excel
    c. Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai?
    Lightroom dan paint
    d. Sebutkan aplikasi pengolah suara yang anda kuasai?
    Winamp, VLC

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. C_122150123_Leonardo Alexander Manalu

    Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari banyak komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai banyak komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer. Hardware komputer diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri . Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer. Software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian Secara prinsip, komputer hanyalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia). Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory
    Kuisioner
    1. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Ms Word, Notepad.
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel, kalkulator
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Ms. Power Point, Photoshop.
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp, Windows Media Player, GOM Player

    BalasHapus
  110. A_122150043_Ariela Felicia Chinara
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer terdiri dari banyak komponen yang saling bekerja sama (hardware, software, brainware)
    Komponen-komponen komputer:
    1.Input Device : peralatan yang berfungsi memasukkan data. (keyboard, mouse, dll)
    2.Central Processing Unit : berfungsi sebagai otak dari komputer (main memory, ALU, control unit)
    3.Outout Device : peralatan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data (monitor, speaker,dll)
    4.External Memory : memory cadangan untuk menyimpan data
    Data yang masuk melalui input device kemudian dimasukkan ke dalam memory kemudian data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasilnya akan dibawa lagi ke memory. Setelah itu, hasil-hasil pengolahan CPU ini dikeluarkan sebagai output melalui output device atau bisa di simpan di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.
    B.1. Microsoft Word, Adobe Reader, Notepad
    2. Microsoft Excel, Calculator
    3. Paint, Photoscape, Picasa, Paint, PicsArt
    4. Winamp, VLC, GOM, Windows Media Player

    BalasHapus
  111. A_122150044_Natasya Octavia Riana
    Komputer merupakan serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari berbagai komponen yang kemudian menbentuk suatu sistem. Komputer terdiri dari hardware, software, dan brainware.

    》Input device
    -keyboard
    -pointing device (mouse, touchpad, dll)
    -pda, tablet pc, smartphone
    -digital camera
    -scanner
    -dll
    》CPU
    Fungsi: main memory (menyimpan data program), ALU (melakukan berbagai perhitungan), control unit (mengatur seluruh operasi komputer)
    》Output device
    Seperti: monitor, speaker, printer
    》External memory
    memori yang berada di luar cpu

    Kuisioner
    a) Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai?
    • Microsoft Word
    b) Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai?
    • Microsoft excel
    c) Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai?
    • Paint, Photoscape, PicsArt
    d) Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang anda kuasai?
    • Winamp, Windows media player, VLC

    BalasHapus
  112. C_122150114_Sashi Aprida Yusmi

    A. Bagaimana cara kerja komputer
    Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer melalui bahasa pemrograman yang dikenal oleh komputer itu sendiri. Dalam suatu system komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. Ini disebut sebagai input device. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang disebut Central Processing Unit. CPU terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, salah satunya mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas ALU sendiri ialah melakukan semua perhitungan aritmatik yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Dari tempat penyimpanan kemudian data akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolahan CPU akan dibawa ke memori. Kemudian, dari memori hasil pengolahan CPU dikeluarkan sebagai hasil keluaran media .

    B. Kuisioner
    a. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai: Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai: Microsoft Excel
    c. Sebutkan program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai: Adobe Illustrator, Adobe indesign, Photoshop, Corel Draw
    d. Sebutkan Program Aplikasi pengolah suara yang anda kuasai: Winamp, Itunes

    BalasHapus
  113. C_122150102_Puspa Puspita

    Cara kerja komputer :

    1. Data dimasukkan melalui input device (misal : keyboard, mouse, joystick, lightpen, scanner). Data yang dimasukkan bisa berupa gambar, suara, teks, dll

    2. Data akan ditampung di suatu peralatan komputer yang disebut dengan memory / storage

    3. Data yang berada di memory/storage akan ditampung di CPU

    4. Proses dan perhitungan data akan dilakukan oleh arithmetic logical unit (bagian dari CPU) sesuai dengan instruksi yang telah diberikan dalam bahasa pemrograman

    5. Hasil dari proses akan dikeluarkan melalui output device ( misal : speaker, printer, monitor, proyektor) atau bisa juga disimpan di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya


    -Program aplikasi pengolah kata : microsoft word
    -Program aplikasi pengolah angka : microsoft excel
    -Program aplikasi pengolah gambar : solidwork, paint, adobe photoshop, corel draw
    -Program aplikasi pengolah suara : winamp, windows media player

    BalasHapus
  114. C_122150109_Rifandi Elfrianto Firmansyah
    A. Bagaimana cara kerja komputer
    Mula mula komputer sendiri adalah seangkaian mesin elektronik yang terdiri dari banyak sekali komponennya. Atau yang lebih simple komputer terdiri dari software,hardware, dan brainware. Inti dari komputer sendiri adalah CPU. CPU sendiri terdiri dari jutaan sistem yang saling berkerja sama. Bagian-bagian itu sendiri bisa bekerja kalua ada aliran listrik yang ada didalamnya. Komputer sendiri tidak dapat bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan. Program yang digunakan bermacam-macam , missal program peng-operasian dari komputer itu sendiri, program pengolah data. Program-program inilah yang disebut software. Konsep hardware-software-brainware sendiri merupakan konsep tri-tunggal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Tahap pertama manusia sebagai brainware memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer dan akan diproses oleh software, dan hardware bertugas membantu manusia untuk memasukkan program yang diinginkan.
    Komputer jenis apapun pasti atau selalu memiliki peralatan seperti : input device, Central Processing, Output Device, dan External Memory.
    B. 1. Sebutkan program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka yang anda kuasai : Microsoft Excel
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar yang anda kuasai : Adobe Photoshop, Coral Draw X5, paint
    4. Sebutkan program aplikasi pengolah suara yang ada kuasai : GOM player , Winamp, MPC-HC x64, Aimp3

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. C_122150104_Yogya Willy Handoyo

    A. Bagaimanakah cara kerja komputer
    Sistem komputer bekerja sesuai instruksi yang diberikan melalui bahasa pemrograman yang dikenal. Dalam suatu sistem komputer, terdapat perangkat untuk menerima/memasukkan data/instruksi, disebut INPUT DEVICE. Data input kemudian ditampung dalam memori penyimpanan komputer, kemudian data tersebut dimasukkan ke CPU yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit.

    Proses serta perhitungannya dilakukan oleh ALU sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dilakukan, maka selanjutnya dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE. Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan, dan pekerjaan yang dilakukan oleh komponen komputer tersebut akan dikontrol oleh Control Unit.

    Data tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam memori penyimpanan, kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasilnya akan dibawa kembali ke memori. Dari memori hasil hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui perangkat output atau bisa disimpan di memori.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad, PowerPoint

    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel

    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : AutoCad, Autodesk Inventor, Google SketchUp, Solidworks, PaintTool SAI, Adobe Photoshop.

    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Audacity, Winamp

    BalasHapus
  117. C_122150104_Yogya Willy Handoyo

    A. Bagaimanakah cara kerja komputer
    Sistem komputer bekerja sesuai instruksi yang diberikan melalui bahasa pemrograman yang dikenal. Dalam suatu sistem komputer, terdapat perangkat untuk menerima/memasukkan data/instruksi, disebut INPUT DEVICE. Data input kemudian ditampung dalam memori penyimpanan komputer, kemudian data tersebut dimasukkan ke CPU yang terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit.

    Proses serta perhitungannya dilakukan oleh ALU sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dilakukan, maka selanjutnya dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE. Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan, dan pekerjaan yang dilakukan oleh komponen komputer tersebut akan dikontrol oleh Control Unit.

    Data tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam memori penyimpanan, kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasilnya akan dibawa kembali ke memori. Dari memori hasil hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui perangkat output atau bisa disimpan di memori.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word, Notepad, PowerPoint

    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai : Microsoft Excel

    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : AutoCad, Autodesk Inventor, Google SketchUp, Solidworks, PaintTool SAI, Adobe Photoshop.

    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Audacity, Winamp

    BalasHapus
  118. A_122150047_Astina Saragih
    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja komputer (Maksimal 1 halaman/ 150 kata)
    Sekelompok mesin ataupun jutaan komponen dikenal sebagai hardware komputer, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dan program komputer sebagai suatu prosedur pengoperasian data yang telah ditetapkan sebelumnya disebut sebagai software komputer. Manusia dikenal dengan istilah brainware yang mengoprasikan program komputer. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Komputer selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.
    Cara kerja komputer yaitu data/perintah akan masuk melalui peralatan input seperti keyboard, ponting device, scanner,dll. Kemudian data/perintah tadi dimasukkan ke dalam memory, selanjutnya data akan dikirimkan ke CPU untuk diolah. Proses data serta perhitungannya akan dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit dan segala kegiatan pemindahan data,perhitungan, dll yang dilakukan oleh komponen tadi dikontrol oleh Control Unit. Dan hasil penggelolaan CPU dibawa lagi ke memory. Dari memory dapat dikeluarkan sebagai hasil dengan media output seperti monitor, printer, speaker,dll atau disimpan di memory untuk digunakan dalm proses berikutnya.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai?
    Microsoft word, wordpad, notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai?
    Microsoft exel, kalkulator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai?
    Paint, adobe photoshop, corel draw,
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai?
    Winap, Windows media player

    BalasHapus
  119. A_122150009_Veronika Silviyani
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer merupakan sekumpulan alat/mesin(hardware) yang saling bekerja sama menghasilkan output yang diinginkan sesuai dengan program (software) yang mengendalikannya dan dioperasikan/dikelola oleh penggunanya/manusia(brainware). Dimana yang menjadi komponen utama suatu komputer:
    1. Input Device: alat untuk memasukan data ke dalam computer.
    Contohnya :Keyboard, voice input, smart phone, digital camereas, external memory,the other.
    2. CPU(central processing unit) : sebagai otak/pemegang kendali kegiatan komputer, tempat melakukan pengolahan data seperti menghitung,membaca,mengurutkan,dll.
    Jelasnya fungsi CPU terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
    a. Internal Memory/Main Memory : menyimpan data dan program
    b. ALU (Arithmatic Logical Unit) : melaksanakan berbagai macam perhitungan
    c. Control Unit : mengatur seluruh operasi computer
    3. Output Device : alat untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari CPU ke media yang dapat dibaca oleh manusia.
    Contohnya : LCD,CRT,Monitor,Printer,Plotter,Speaker.
    4. External Memory : Memory cadangan yang berada diluar CPU yang berguna untuk menyimpan data dan program.
    Jadi secara sederhana cara kerja komputer dikendalikan oleh sistem operasi. Komputer menerima data dan intruksi yang menggunakan bahasa pemrograman yang dikenalnya. Data dan intruksi itu dimasukkan melalui input device, setelah itu disimpan di storage. Dari storage, data dan intruksi disalurkan ke CPU untuk diproses oleh Control Unit dan Arithmatic Logical Unit. Setelah diproses dan melakukan perhitungan di CPU, maka akan dihasilkan informasi/output yang dikeluarkan melalui output device.
    B. Pertanyaan
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai : Microsoft Word
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai kalkulator: Microsoft Excel
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai : Paint, Photoshop, corel Draw
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : Winamp,vlc Media Player, Windows Media Player

    BalasHapus
  120. A_122150005_Yuli Anggria Ningsi Manurung
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer sangat penting bagi manusia di jaman modern seperti saat ini. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia saat ini menggunakan komputer. Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama. Komponen-komponen komputer terdiri dari hardware, software, dan brainware. Hardware merupakan perangkat keras komputer yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Komputer dapat bekerja karena adanya suatu program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Program tersebut disebut dengan software komputer atau perangkat lunak komputer. Komputer dapat menjalankan program didalamnya dengan bantuan manusia atau yang disebut dengan brainware. Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
    Cara kerja komputer yaitu Input -> Process -> Output.
    Pertama manusia harus memasukkan data kedalam input device, kemudian data diproses ke dalam memory, lalu diproses ke CPU(Central Proses Unit). Dimana CPU merupakan otak dari komputer yang berfungsi untuk mencatat, menghitung, melihat, membandingkan,mengingat, dan tugas-tugas lain. Dalam CPU ini ada 2 bagian, yang pertama adalah Control Unit dan yang kedua adalah Aritmatic logical unit. Data dari memory tadi kemudian di proses serta diperhitungkan dengan bahasa pemograman di bagian aritmatic logical unit. Setelah itu hasil pemrosesan data tadi dikeluarkan ke bagian output device untuk ditampilkan. Data itu juga bisa disimpan lagi di memory untuk proses selanjutnya. Seluruh proses dari input data sampai kapan menampilkan data pada output data di kontrol oleh bagian Control Unit.
    B. Jawaban
    1. Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Word, Power Point, Notepad
    2. Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel, Kalkulator
    3. Program aplikasi pengolah gambar : Paint, Windows Photo Viewer, SolidWorks
    Adobe Photoshop
    4. Program aplikasi pengolah suara : Windows Media Player, Winamp, GOM
    Player

    BalasHapus
  121. A_122150023_BAGUS KURNIAWAN

    RESUME MATERI
    A. Bagaimanakah cara kerja komputer?
    Komputer adalah sebuah alat elektronik untuk melakukan pengolahan data, misalnya data berupa suara, angka, gambar dan lain sebagainnya. komputer sangat bermanfaat untuk manusia, misalnya dalam mengolah data yang dilakukan agar sebuah data dapat menjadi bentuk yang lebih berguna yaitu dalam bentuk informasi. alat elektronik ini memiliki kemampuan seperti input, proses, output dan storage.

    Untuk menjalankan komputer seseorang terlebih dahulu harus melakukan Input, yaitu tahap awal dari sebuah proses pengolahan. Pada tahap ini dilakukan proses pemasukkan data melalui perangkat pemasukkan data (input device). Contoh : joystick, keyboard, mouse, ,trackball. setelah melakukan input maka masuk ke dalam tahap proses, pada tahap ini data yang telah dimasukkan tadi akan diproses oleh alat yang bernama CPU (Central Processing Unit). kemampuan CPU ini sangat penting dalam proses kerja komputer, yaitu melakukan proses data yang meliputi perhitungan, logika pemrograman, dan mengontrol. selanjutnya adalah output pada tahap ini lah data yang telah di input dan diproses tadi akan menghasilkan informasi yang dapat ditampilkan melalui proyektor, monitor, speaker, maupun plotter. lalu Data hasil output tersebut dapat disimpan di memori jika output berupa data, hasil output lainnya yaitu suara yang dikeluarkan speaker, gambar yang telah di print dsb.

    B. Isilah isian dibawah ini
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai
    Microsoft Word, Notepad
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai
    Mircosoft Excel, Calculator
    C. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai
    Paint, photoshop
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai
    Winamp, Windows Media Player, GOM Player,

    BalasHapus
  122. C_122120053_MOCH.RIZQI KURNIAWAN
    A. Tuliskan Bagaimanakah cara kerja kompute:
    Komputer merupakan sekumpulan alat/mesin(hardware) yang saling bekerja sama menghasilkan output yang diinginkan sesuai dengan program (software) yang mengendalikannya dan dioperasikan/dikelola oleh penggunanya/manusia(brainware).
    Pada umumnya prinsip kerja komputer terdiri atas :
    1. Input devices (hardware)
    2. Storage unit
    3. CPU
    4. Output device
    Brainware dapat melakukan input data melalui input devices atau CCU, nantinya data tersebut akan disimpan terlebih dahulu oleh storage memory, berupa RAM atau ROM. Selanjutnya data yang telah disimpan akan di tranfer ke dalam CPU.
    1.Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasa: Microsoft Word
    2.Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Microsoft Excel
    3.Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Corel Draw dan Paint.
    4.Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai:
    Windows Media Player dan Winamp

    BalasHapus
  123. C_122150112_Rini Theresia

    Sistem komputer merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang diberikan melalui Bahasa Pemrograman yang dikenal. Cara kerjanya adalah data masuk ke dalam suatu bagian sistem komputer yang digunakan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi yang disebut input device. Lalu data akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan ke CPU (Central Processing Unit) untuk diolah. CPU ini terdiri dari Control Unit yang mengontrol seluruh kegiatan yang dilakukan oleh device computer dan Arithmatic Logic Unit yang memproses data serta perhitungan sesuai dengan instruksi bahasa pemrograman. Selanjutnya data dapat dimasukan lagi ke dalam memory atau akan dikeluarkan sebagai output/hasil melalui output device.
    Kuisioner:
    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Adobe Reader, Notepad.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoshop, Corel Draw, Paint, Solidwork, Picasa.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player, Media Player Classic.

    BalasHapus
  124. A_122150036_Syafira Izmaliza Yulistya
    A. Cara Kerja Komputer
    Komputer merupakan sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan. Maka diperlukan sistem yang disebut sistem komputer. Sistem inilah yang harus saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang bisa digunakan untuk melakukan tujuan utama dari sistem tersebut. Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
    I. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat. Contohnya : Monitor,CPU,mouse,keyboard,dll
    II. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : bahasa pemrograman,system operasi
    III. Brainware (User),
    User adalah pengguna yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll.
    Sistem kerja computer :
    1. Input (Pemasukan)
    Sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
    2. Pemrosesan (Process)
    merupakan tahap dimana data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses oleh CPU (central processing Unit). Yang mana CPU ini bisa melakukan perhitungan dan logika untuk perbandingan, dan juga mengontrol.
    3. Pengeluaran (Output)
    Setelah diproses oleh CPU, lalu akan menghasilkan berupa informasi baik itu melalui monitor ataupun projektor, selanjutnya disimpan ke media penyimpanan (storage device) seperti hard disk ataupun lainya. Informasi ini dapat berupa hardcopy dan juga softcopy ataupun keluaran dalam bentuk gambar dan suara.
    B.
    1. Program aplikasi pengolah kata : Microsoft Powerpoint, Microsoft Word
    2. Program aplikasi pengolah angka : Microsoft Excel
    3. Program aplikasi pengolah gambar : Adobe Photoshop,Solidworks,
    4. Program aplikasi pengolah suara : Winamp,iTunes,vlc,windows media player.

    BalasHapus
  125. C_122120068_muhammad jangki dausat

    A. Resume Tugas 2 "Cara Kerja Komputer"
    input data melalui input device (mouse,keyboard,dll), pengolahan data berada di cpu yang terdiri dari CU(Control Unit) dan ALU (Aritmatic Logical Unit). hasil dari procesing akan ditampilkan melalui output device (monitor, print, speaker, dll).

    B. Kuisioner
    1. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang anda kuasai. : Ms Word, Notepad.
    2. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang anda kuasai: Ms. Excel, kalkulator,
    3. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang anda kuasai: Paint, Ms. Power Point, Corel Draw, Photoshop.
    4. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang anda kuasai : AIM Mp3, Winamp, Windows Media Player, GOM Player.

    BalasHapus
  126. A_122150003_Ahmad Kisra Gani

    B. Resume
    Sistem komputer adalah Gabungan berbagai macam komponen yang dapat saling bekerja sama jika dialiri listrik, serta dapat membentuk sebuah system yang rapi dan teliti sehingga dapat memudahkan manusia sebagai user/brainware dalam kehidupan sehari-harinya. Sistem kerja computer ini dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :

    1. Input device atau media masukan adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam computer untuk diproses sehingga menjadi informasi yang diinginkan oleh manusia sebagai user. Beberapa contohnya yaiotu keyboard, scanner, pointing device, video input, digital camera, terminal dll.

    2.Central Process Unit (CPU) atau otak dari sebuah computer dimana komponen ini yang akan memproses semua data yang dimasukkan yang kemudian diproses menjadi informasi yang diinginkan oleh user. Dalam memproses CPU menjadi pekerjaan dimana (1)Internal Memory berfungsi untuk menyimpan data, (2) ALU(Aritmethic Logical Unit yang berfungsi untuk berhitung dan (3) Control unit yang berfungsi sebagaipengatur seluruh operasi computer.

    3. Output device atau media keluaran adalah alat yang mengeluarkan hasil proses yang berupa informasi seperti gambar, suara dll. Contoh alat ouput yakni : monitor, printer, speaker, plotter, faks dll.

    C. Kuisioner :

    a. Pengolah kata : Ms. Word, notepad
    b. Pengolah angka : Ms. Excel, kalkulator,
    c. Pengolah Gambar : Corel Draw, Photoshop, Photoscape, Lightroom, GIMP
    d. Pengolah suara : Sony Vegas, Windows Media Player,VLC & GOM P.

    BalasHapus
  127. A_122150049_Nanda Wulansari
    A. Cara kerja Komputer
    Komputer adalah suatu sistem dimana dia tersusun antara beberapa elemen, tanpa adanya elemen itu komputer tak akan bisa di gunakan. Komputer juga terdiri adari peralatan input, process, dan output. Peralatan input sendiri adalah peralatan yang bisa memasukkan sesuatu untuk diproses. Contoh peralatan input sendiri adalah keyboard, mouse, scanner, dan lain-lain. Peralatan proses adalah peralatan dimana dia memproses data yang input taddi agar menghasilkan data output. Contohnya adalah cpu. Peralatan output adalah peralatan yang bisa menghassilkan keluaran. Contohnya adalah speaker, printer, dll. Cara kerjanya adalah data perintah akan di masukkan melalui CCU lalu masuk ke dalam memori dan data tersebut akan dikirim ke CPU, disinilah data itu diproses dan diproses sebelum di lanjutkan menjadi suatu hasil output atau hanya disimpan saja di memori. Pada garis besar kita dapat mengkategorikan menjadi data type : tunggal dan manjemuk. Struktur data sendiri di bagi menjadi 2 : sederhana dan majemuk.

    B.
    1. pengola kata : Ms. Word dan MS. Power point
    2. pengola angka MS. Exce, Kalkulator
    3. pengola gambar : Paint, photoshop, Coreldraw, solidwork
    4. pengola suara : Winamp, windows media player

    BalasHapus
  128. C_122150122_AnwarIlhamsyah

    A. Rangkuman Materi II
    Konsep dasar komputer terdiri dari konsep hardware, software, dan brainware. Ketiga hal itu meruoakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dan yang lainnya. Jika dibagi menurut perangkat komputer itu sendiri, konsep dasar komputer terbagi menjadi input, proses, output, serta penyimpanan.
    Input merupakan bagian dimana data yg kita inginkan dimasukkan kedalam komputer. Ada beberapa alat yang dapat disebut sebagai alat input komputer seperti; keyboard, mouse, scanner, camera, voice recorder dan sebagainya
    Proses adalah tahapan dimana data yang telah diterima melalui alat input diolah sedemikianrupa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan brainware. Didalam CPU terdapat Aritmetic and Logic Unit (ALU) yang berperan dalam menyelesaikan segala operasi perhitungan yang terjadi sesuai dengan instrusksi program. Kemudian ada bagian Control Unit yang bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Secara singkat penggunaan software dapan diartikan sebagai perwujutan dari proses.
    Output adalah tahapan dimana data telah selesai diproses dan dapat digunakan. Contoh bagian output sperti; minitor, speaker, printer dan lain-lain.
    Penyimpanan untuk menyimpan segala proses/software dan program yang ada di komputer. Terdapat juga pada CPU.
    B. kuisioner
    1. Aplikasi pengolah kata yang dikuasai: Ms. Word, Notepad
    2. Aplikasi pengolah angka yang dikuasai: Ms. Excel, kalkulator
    3. Aplikasi pengolah gambar yang dikuasai: Corel Draw, paint
    4. Aplikasi pengolah suara yang dikuasai: Winamp, VLC, GOM

    BalasHapus
  129. C_122150105_ahmad ma'luful wafa
    komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama dan membentuk sebuah sistem. komputer banyak berbagai jenisnya ,akan tetapi komputer memiliki kesamaan yaitu memiliki peralatan yang sering disebut sebagai input device, central processing unit, output device dan external memory.
    input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukan data dalam komputer, contoh keybord , mouse, scenner dan lain sebagainya.
    central processing unit (CPU) berfungsi sebagai otak dari komputer atau juga sebagai tempat pengolahan data . dalam melakukan tugasnya CPU memiliki fungsi tersendiri, yaitu : internal memory / main memory, ALU (arithmatic logical unit) dan control unit. control unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer . tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan matematika atau aritmatika.
    output device merupakan peralatan yang berfungsi hasil dari pemrosesan atau pengolahan data yang berasal dari CPU. contoh dari output device adalah monitor, speaker, printer dan masih banyak lainnya.
    cara kerja komputer data/perintah masuk melalui peralatan input device ataupun melalui CCU . data/perintah kemudian dimasukkan kedalam memori (tempat penyimpanan) dan diteruskan kedalam CPU guna untuk diproses dan diolah, setelah selesai diolah kemudian dikembalikan lagi kedalam memori. hasil dari pengolahan data /perintah yang tersimpan dalam memory ini bisa dikeluarkan dalam bentuk hasil dari pemrosesan melalui media output atau juga disimpan dalam memori guna pemrosesan yang lebih lanjut .
    a. microsoft word, word pad,
    b. microsoft exel
    c. adope photoshop , corel draw, paint
    d. vlc, GOM player ,

    BalasHapus
  130. C_122150120_Muhammad Iqbal F

    A. Pada zaman yang modern ini, komputer merupakan alat yang sangat vital dalam melakukan sebuah pekerjaan. Komputer sendiri tersusun atas komponen-komponen yang saling terhubung satu sama lain. Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan ;
    1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat. Contohnya : Monitor,CPU,mouse,keyboard,dll
    2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : bahasa pemrograman,system operasi
    3. Brainware (User),
    User adalah pengguna yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer dll
    Cara kerja komputer adalah data akan di input melalui input device seperti keyboard, mouse, dll. Kemudian data yang di olah berada di CPU yang terdiri dari CU (Control Unit) dan ALU (Aritmatic Logical Unit). Dan hasil dari procesing akan ditampilkan melalui output device seperti monitor, print dll.

    B. kuisioner

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Notepad.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoshop, Corel Draw, Paint, Solidwork.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player, Media Player Classic.

    BalasHapus
  131. C_122150120_Muhammad Iqbal F

    A. Pada zaman yang modern ini, komputer merupakan alat yang sangat vital dalam melakukan sebuah pekerjaan. Komputer sendiri tersusun atas komponen-komponen yang saling terhubung satu sama lain. Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan ;
    1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat. Contohnya : Monitor,CPU,mouse,keyboard,dll
    2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : bahasa pemrograman,system operasi
    3. Brainware (User),
    User adalah pengguna yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer dll
    Cara kerja komputer adalah data akan di input melalui input device seperti keyboard, mouse, dll. Kemudian data yang di olah berada di CPU yang terdiri dari CU (Control Unit) dan ALU (Aritmatic Logical Unit). Dan hasil dari procesing akan ditampilkan melalui output device seperti monitor, print dll.

    B. kuisioner

    a. Sebutkan Program aplikasi pengolah kata yang saya kuasai : Microsoft Office Word, Notepad.
    b. Sebutkan Program aplikasi pengolah angka apa yang saya kuasai`: Microsoft Office Excel.
    c. Sebutkan Program aplikasi pengolah gambar apa yang saya kuasai : Photoshop, Corel Draw, Paint, Solidwork.
    d. Sebutkan Program aplikasi pengolah suara apa yang saya kuasai : Winamp, VLC, Windows Media Player, Media Player Classic.

    BalasHapus
  132. C_122140134_Al Abrar
    A.Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Komputer hanya sebuag alat untuk mempermudah pekarjaan manusia untek dapa bekerja alat tersebut membutuhkan program dan juga manusia. Konsep hardware, software dan brainware merupakan 3 konsep dasar yang tidak boleh di pisahkan. Pertama manusia sebagai brain ware memberikan perintah atau informasi melalui hardware yang kemudian di proses oleh software yang nantinya akan menyimpan atau menampilkan informasi yang diingikan olah manusia tersebut.

    B. a. Microsoft Office
    b. Microsoft Excel
    c. Solidwork
    d. VLC, KMPlayer

    BalasHapus