Rabu, 16 September 2015

Materi 1 Sistem Informasi Perusahaan


A.Pengertian Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.  Istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Dalam manajemen mempunyai beberapa unsur pokok yaitu :
1. Tujuan yang akan dicapai
2. Kegiatan/ Fungsi
3. Obyek berupa manusia dan benda yang dititik beratkan pada manusia
4. Adanya interaksi antara satu dengan yang lain
Manajemen sebagai sebuah ilmu memerlukan disiplin-disiplin ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya untuk mencapai tujuan,  misal disiplin ilmu ekonomi, akutansi, statistik dan lain-lain. Manajemen sebagai seni diartikan bahwa  manajer dalam mencapai tujuan banyak dipengaruhi oleh ketrampilan-ketrampilan pribadi, bakat dan karakternya. Manajemen sebagai proses karena dalam mencapai tujuan menggunakan serangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Manajemen sebagai profesi penekannya pada kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dengan  menggunakan keahlian-keahlian tertentu. Ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Adapun bidang-bidang manajemen, di antaranya manajemen bidang produksi, bidang pemasaran, bidang keuangan, bidang personalia, dan bidang administrasi/akuntansi.

B. Peran Teknologi Informasi dalam Manajemen PerusahaanTeknologi  informasi dapat membantu segala  jenis bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis mereka, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama elompok kerja, hingga dapat memperkuat posisi kopentitif mereka dalam pasar yang cepat sekali berubah. 3 alasan utama penggunaan teknologi informasi dalam perusahaan yaitu:
1. Mendukung proses dan operasi bisnis.
2. Dukungan pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya.
3. Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.
Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. Ada berbagai macam sistem informasi dengan menggunakan teknologi informasi yang muncul, antara lain Electronic Data Processing Systems, Data Processing Systems (DPS), Decision Support System (DSS), Management Information System (MIS), Executive Information Systems (EIS), Expert System (ES) dan Accounting Information System (AIS) (Bodnar, 1998). DSS adalah suatu sistem informasi yang datanya diproses dalam bentuk pembuatan keputusan bagi pemakai akhir. Karena berorientasi pada pemakai akhir, maka DSS membutuhkan penggunaan model-model keputusan.

59 komentar:

  1. A - 122130092 - Della Intan Saridewi

    Nama Perusahaan : PT. PRIMISSIMA, MEDARI, SLEMAN
    Judul KP :Analisis Pencahayaan Di Ruang Ring Spinning Pabrik I, II, Dan III
    Alamat Perusahaan : Jl. Magelang km No.15, Kec. Sleman, Yogyakarta

    PT. Primissima direalisasikan dengan akta No.31 tangga 22 Juni 1971, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku kain batik halus kain mori. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan kain adalah grey kapas, proses produksi terbagi menjadi dua, yaitu proses pemintalan (spinning) dan proses pertenunan (weaving). Pengendalian kualiatan yaitu pemeriksaan bahan tiap tahapan proses, cara pemeriksaan dan peralatan, dan mekanisme system pengendalian kualitas. PT. Primissima terus melakukan pengembangan pasar, baik untuk pasar local maupun ekspor serta melakukan perluasan jaringan pemasaran guna memperluas cakupan pemasaran, kegiatan promosi ditingkatkan baik yang dilakukan oleh tenaga pemasaran maupun dengan menggunakan media promosi lainnya. PT. Primissima dipimpin oleh Dewan Direksi yang terdiri atas Direktur Produksi, Direktur Adminiatrasi dan Keuangan, serta Direktur Komersial. Peralatan pelindung yang diberikan kepada pekerja antara lain adalah penutup telinga, masker, hydrant, dan tabung pemadam kebakaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. A – 122130018 – Eka Febriani S
    Perusahaan : PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant
    Judul KP : Analisis tingkat kebisingan pada area produksi dalam upaya peningkatan penataan peraturan keselamatan dan kesehatan kerja PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant

    PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap plant merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri bahan baku bangunan khususnya di semen yang terletak di Kabupaten Cilacap. Proses produksi yang dilakukan di perusahaan ini adalah penghancuran bahan baku, penyimpanan dan pengumpanan bahan baku, penggilingan, pencampuran (blending), pemanasan awal (pre-heating), pembakaran, pendinginan, penggillingan akhir dan tahap terakhir berupa pengantongan. Pengendalian terhadap kualitas dan proses produksi dipantau oleh unit kontrol Central Control Room (CCR) berupa pengukuran komposisi bahan baku (raw mix design) yang merupakan perhitungan komposisi bahan baku dengan mengacu line saturation factor, pengontrolan kandungan material dalam tiap proses, dan pengambilan sampel secara berkala yang kemudian diteliti di laboratorium. Strategi pemasaran baru yang digunakan oleh PT. Holcim adalah solusi rumah Holcim sebagai solusi terintegrasi membangun rumah, truk MiniMix untuk armada truk pencampur beton dengan ukuran sepertiga lebih kecil dari ukuran truk biasanya, Holcim beton, dan Mobile lab. Perusahaan ini dipimpin oleh seorang direktur yang bertanggung jawab langsung pada dewan komisaris yang bekedudukan di Swiss dimana presiden Direktur tersebut membawahi sembilan direktur dan memiliki tujuh departemen. Dalam penanganan kesehatan dan keselamatan kerja, perusahaan ini menyediakan pengelolaan kuratif (penyediaan obat-obatan), preventif (penyediaan perlengkapan kerja), dan sepuluh safety rules yang harus ditaati.

    BalasHapus
  4. A_122130101_Rizekika Na'afi

    Nama Perusahaan : PT Petrokimia Gresik
    Judul Kerja Praktek : Analisis Gas Compressor C2231 C Berdasarkan Reliability, Laju Kerusakan,
    dan Availablity
    Alamat Perusahaan : Jl. Jenderal Ahmad Yani - Gresik 6111, Jawa Timur

    PT. Petrokimia adalah pabrik pupuk tertua di Indonesia yang memiliki tujuan perusahaan meningkatan pertanian, perkebunan, menciptakan tenaga kerja, dan membantu kesejahteraan petani. Perusahaan ini memiliki 4 departemen Produksi, yaitu departemen Produksi I, departemen Produksi II A, departemen Produksi II dan departemen III. Pengendalian kualitas terfokus pada bahan baku dan produk dengan melewati proses-proses di setiap departemen produksi. Dalam melakukan pemasaran, perusahaan didukung oleh ribuan pengecer yang sangat membantu dalm melaksanakan pendistribusian pupuk kepada konsumen serta menjaga prinsip 6 tepat, yaitu : tepat jenis, tepat jumlah, tepat mutu, tepat tempat, tepat harga, dan tepat waktu. Struktur orgnisasi perusahaan sangatlah kompleks mulai dari staf utama muda hingga yang tertinggi yaitu direktur utama. K3 dilakukan dengan cara pengendalian, yaitu pengendalian teknik, pengendalian administratif, dan alat pelindung diri.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. A – 122130036 – DIVA VANESHA

    Nama Perusahaan : PT.NOJORONO KUDUS
    Judul Kerja Praktek : Pengendalian mutu untuk mengurangi produk cacat dengan menggunakan peta kendali pada mesin wrapper
    Alamat : Jalan jend.sudirman 86.B, kudus

    PT Nojorono kudus merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan tembakau dan produksi rokok. proses produksi mulai dari menyiapkan bahan baku,proses menggunakan SKT(tenaga kerja) atau SKM(mesin semi otomatis),peralatan produk,tata letak fasilitas,spesifikasi produk. pengendalian kualitas memiliki dua langkah yaitu pemeriksaan bahan setiap tahapan proses dan cara pemeriksaan peralatan. Pemasaran ini memiliki dua tahapan yaitu sistem pemasaran dengan cara mess marketing(pemasaran massal) dan dengan cara mensponsori berbagai even olahraga. Susunan Organisasi pada PT nojorono terbagi oleh bidang dewan komisaris,direksasi,internal auditor, direktur logistik 1&2,keuangan,umum,produksi,pemasaran,penelitiandan pengembangan. K3 pada PT ini ada beberapa yaitu,disediakan klinik untuk pengobatan karyawan,cuti tahunan dan cuti panjang,cuti bekerja berat atau berbahaya,pinjaman upah kerja pada istirahat mingguan,jaminan social lain yang sifatnya untuk meningkatkan kesejahteraan.


    BalasHapus
  7. A_122130253_Safira Ratnasari

    Nama Perusahaan : PUSDIKLAT MIGAS Cepu
    Judul Kerja Praktek : Pengukuran Produktivitas pada Bagian Proses Produksi-Unit Air Bersih dengan Metode Objective Matrix (OMAX)
    Alamat : Jalan Sorogo No. 1 Cepu

    Pusdiklat Migas Cepu adalah lembaga diklat yang melaksanakan tugas di bidang pengembangan tenaga perminyakan, gas bumi serta panas bumi. Proses produksinya melalui tahapan screening, sedimentasi, koagulasi dan flokulasi, floatasi, klarifikasi, aerasi, filtrasi, disinfeksi, penimbunan dan pengumpulan, dan distribusi. Pengendalian kualitas dilakukan dengan menganalisa pH, active chlor, turbidity, KMNO4 number, alkalinitas, total hardness dan total solid. Sistem pemasaran untuk produksi pertasol 2, LAWS 3 dan 4 ditangani oleh pertamina pusat, kerosene dan solar oleh PDN IV, batik wax oleh pusdiklat migas dan residu oleh pusdiklat migas Cepu. Pusdiklat Migas dikepalai seorang kepala pusat KBDMC dan terdiri dari bidang bagian tata usaha, direktur AKAMIGAS, Bidang Bina Program dan Pengembangan Latihan, bidang bina pelatihan, dan bidang sarana diklat. Pusdiklat Migas mendirikan Fire and safety yang bertugas untuk menunjang keselamatan kerja dengan melakukan perlindungan terhadap sarana kerja/ unsur pokok produksi dan pemadam kebakaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya alamat email dari pertamina cepu apa ya kalau misal mau mengajukan proposal KP?

      Hapus
  8. A-122130087-Novia Setia Ningrum

    Nama Perusahaan : PT. INDUSTRI KERAMIK KEMENANGAN JAYA, Bogor
    Judul Laporan KP : Penetapan Waktu Baku Produk Lantai Keramik pada Mesin Pembentukan Bodi Lantai Keramik (Mesin Press)
    Alamat : Jl. Cikuda, Desa Wanaherang, Kec. Gunung Putri. Bogor

    PT Industri Keramik Kemenangan Jaya (IKKJ) berlokasi di Bogor yang didirikan pada tanggal 30 Maret 1994. PT IKKJ merupakan industri yang memproduksi bahan baku lantai kerami. Proses produksi yang pertama adalah pengolahan bahan baku lantai keramik dengan tahapan sbb: penimbangan bahan baku & bahan aditive lainnya, penggilingan dengan menggunakan ball mill, slip hasil penggilingan dikeluarkan dari ball mill & dimasukkan ke dalam tangki, adonan bahan baku dialirkan dengan cara dipompa, setelah pengolahan bahan baku kemudian pembentukan bodi lantai keramik, pengeringan lantai keramik, pengglasiran & printing lantai keramik, pembakaran lantai keramik, lalu penyelesaian lantai keramik & pengemasan produk (lantai keramik). Quality Control pada PT IKKJ meliputi pemeriksaan bahan disetiap tahapan produksi seperti kualitas air, kualitas air limbah, kualitas air permukaan, kualitas udara & tingkat kebisingan. Hasil produksi PT IKKJ dipasarkan dengan merk dagangVICTORIA AKASIA melalui distributor tunggal PT Puri Kemenangan Jaya dengan strategi pemasaran produk yang mengadakan diskon pada akhir tahun seperti Natal & Tahun Baru. Struktur organisasinya sbb: Komisaris utama, direktur utama, manajer export & improt, manajer keuangan & akunting, manajer produksi, manajer marketing, kepala departemen, supervisor, foreman, asisten foreman, operator. Program keselamatan kerja PT IKKJ adalah pengaturan ruang yang baik & benar, adanya rambu-rambu peringatan, penempatan karyawan sesuai bidang keahlian, tersedianya P3K, pengontrolan kerja yang kontinu & tersediaalat pemadam kebakaran.

    BalasHapus
  9. A - 122130074 - Chayene Christalia Kalalo

    Nama Perusahaan : PT. Aneka Adhilogam Karya
    Judul Kerja Praktek : Penerapan Pengendalian Mutu Terpadu pada PT. Aneka Adhilogam Karya
    Alamat Perusahaan : JL. Batur Ceper, Tegalrejo, Klaten, Jawa Tengah


    PT. Aneka Adhilogam Karya adalah sebuah perusahaan pembuatan besi yang terbuat dari besi-besi bekas yang berdiri pada tahun 1968 dan perusahaan tersebut dimiliki oleh Bapak H.M. Husnun. Proses produksi dari perusahaan tersebut dimulai dari pembuatan pola, kemudian pembuatan cetakan, lalu proses peleburan, dilanjutkan proses penuangan, kemudian pembongkaran coran dan diakhiri dengan penyelesaian akhir yaitu pemeriksaan, pembersihan, perbaikan coran serta proses pemesinan. Pengendalian kualitas perusahaan ini berupa pengawasan mutu bahan baku, pengawasan mutu proses produksi dan pengawasan mutu proses jadi dengan cara pemeriksaan peralatannya dengan pemeriksaan visual, pemeriksaan bahan cacat dalam dan pemeriksaan ukuran. Strategi pemasaran dari perusahaan ini berdasarkan penetapan harga dengan sedemikian rupa mencapai laba yang maksimal dengan sistem pesanan dari konsumen dimana konsumen langsung datang sendiri membuat produk dengan membuat persetujuan diawal. Susunan organisasi perusahaan ini dipimpin oleh seorang direktur utama yang diawasi oleh dewan komisaris selaku pemilik perusahaan dimana membawahi seorang manajer yang juga membawahi beberapa manajer staf sebagai pimpinan langsung para karyawan. Program-program perusahaan dalam memenuhi K3 perusahaan dengan memberikan peraturan-peraturan yang memuat segala ketentuan, latihan-latihan yaitu praktek bagi tenaga kerja baru, sarung tangan, sepatu boot, alat pemadam kebakaran dan P3K untuk pertolongan.

    BalasHapus
  10. A - 122130031 - Della Ayu Avianna
    Nama perusahaan : PT. Sari Husada Tbk yogyakarta
    Judul kerja praktek : Minimasi Biaya Produksi Reproses dan Reblending dengan Metode Goals Programming
    Alamat : Jl. Kusumanegara No.173, desa muja muju, kecamatan umbulharjo, yogyakarta


    PT.Sari Husada adalah perusahaan multiinternasional yang memproduksi aneka jenis produk nutrisi untuk ibu, dan anak yang berkantor pusat di yogyakarta. Proses produksi perusahaan ini dilakukan dengan proses basah(wet process) atau sebagai "Partly Spray Drier", dan proses kering(dry process). Pengendalian kualitas pada PT. Sari Husada terdiri dari sistem pengendalian mutu produk, pengendalian mutu bahan baku, dan pengendalian mutu selama proses. Dalam pemasaran produknya dilakukan dengan pemasaran secara langsung dan tak langsung. Susunan organisasi pada PT. Sari Husada terdiri dari pemegang saham, dewan komisaris, dewan direksi, manajer, dan ketenagakerjaan. Karena PT.Sari Husada mempunyai prioritas utama dalam penjaminan produk yang memenuhi syarat, maka K3 yang diterapkan adalah dengan menjaga aspek - aspek sanitasi (sanitasi bahan dasar, sanitasi air, sanitasi tenaga kerja) dan higienis perusahaan.

    BalasHapus
  11. B_122130241_Muhammad Irhas Nuryansyah

    Nama perusahaan : PT. Djarum Banyuwangi
    Judul : Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rokok pada PT. Djarum Banyuwangi
    Peulis : SW AGUS SUWANDI

    PT. Djarum Super Kudus adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang pengadaan rokok. Sudah banyak yang diproduksi oleh PT. Djarum Super Kudus diantaranya rokok Djarum 76-12, Djarum Classic 12, Djarum Cigarillos 6, DF. Super 12, DF. Super 16, DF. Filtra 12, LA. Lights 16, Crystal 12, Crystal 16, Pusaka 12, Sprint 12, Mr. Brown 12. Angka setelah nama menunjukkan banyaknya batang rokok dalam satu bungkus.

    Pabrik rokok PT. Djarum Super ini ada di kota Kudus. Untuk pemasaran dari pabrik diberikan ke distributor yang disebut perwakilan. Tugas dari perwakilan ini hanya memberikan rokok-rokok yang telah dipesan oleh agen atau team. Tugas agen adalah memasarkan rokok-rokok yang telah dipesan oleh agen ke toko-toko yang berpotensi diantaranya mini market, super market, atau toko-toko yang menerima grosir (membeli secara paket). Pemasaran untuk agen hanya meliputi toko-toko yang ramai misalnya toko-toko yang ada di kota. Dibutuhkan Team, untuk pemasaran ke toko-toko kecil maupun pedagang kaki lima.

    Program pemasaran yang dibuat disini merupakan suatu aplikasi untuk membantu Kepala Team dalam melaksanakan pemasarannya. Aplikasi dibuat dimulai dengan penerimaan rokok, permintaan rokok dan pemasaran rokok. Permintaan rokok hanya dilakukan oleh pihak Banyuwangi ke Surabaya sebagai supplier tetap. Untuk penerimaan rokok dilakukan setelah pemesanan ke Surabaya dan disetujui oleh pihak Surabaya.

    Informasi yang dibutuhkan disini merupakan data dalam satu minggu yang ditransfer ke beberapa dokumen-dokumen. Aplikasi dilengkapi dengan sistem peramalan untuk melihat apakah pada periode mendatang pemasaran rokok menjadi naik atau turun.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. A_Ridho Utomo_122120041

    Nama Perusahaan : PT. FrieslandCampinaKievit Salatiga
    Judul KP :Implementasi Life Saving Rules sebagaiPedoman K3 di Departemen Maintenance dengan Matriks Control HIRADC
    Alamat Perusahaan : Jalan Merpati 1, Kelurahan Mangunsari, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

    PT.Royal Fries land Campina merupakan perusahaan terkemuka di dunia, yang telah beroperasi sejak tahun 1894 yang beroperasi di bidang usaha produksi makanan dan minuman siap saji.Proses produksinya seperti pemotongan, sterilisasi /pembakaran, labeling dan packing,Berusaha memberikan hasil maksimum dari produk(susu) yang dihasilkan dari peternak.Perusahaan lebih meningkatkan pengembangan pasar program-program membentuk suatu kelompok dengan nama Kievit Peduli (Kievit Care).kegiatan produksi dilaksanakan oleh bagian Technical Store, Utility, Workshop, WWTP, dan juga Shift Maintenace crew.Struktur organisasi perusahaan terdiri dari maintenance manager,PM Engineer,technical store engineer,tech-support spv,maintenance spv,utility spv,wwtp spv,electrician engineer,workshop engineer,shift main engineer,utilities technician,dan wwtp technician.Alat pelidung yang digunakan seperti helm, sepatu pelindung, sarung tangan, penutup telinga, kacamata pengaman, masker, pelindung wajah, pelidung tubuh(apron), baju kerja.

    BalasHapus
  14. A_Ridho Utomo_122120041

    Nama Perusahaan : PT. FrieslandCampinaKievit Salatiga
    Judul KP :Implementasi Life Saving Rules sebagaiPedoman K3 di Departemen Maintenance dengan Matriks Control HIRADC
    Alamat Perusahaan : Jalan Merpati 1, Kelurahan Mangunsari, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

    PT.Royal Fries land Campina merupakan perusahaan terkemuka di dunia, yang telah beroperasi sejak tahun 1894 yang beroperasi di bidang usaha produksi makanan dan minuman siap saji.Proses produksinya seperti pemotongan, sterilisasi /pembakaran, labeling dan packing,Berusaha memberikan hasil maksimum dari produk(susu) yang dihasilkan dari peternak.Perusahaan lebih meningkatkan pengembangan pasar program-program membentuk suatu kelompok dengan nama Kievit Peduli (Kievit Care).kegiatan produksi dilaksanakan oleh bagian Technical Store, Utility, Workshop, WWTP, dan juga Shift Maintenace crew.Struktur organisasi perusahaan terdiri dari maintenance manager,PM Engineer,technical store engineer,tech-support spv,maintenance spv,utility spv,wwtp spv,electrician engineer,workshop engineer,shift main engineer,utilities technician,dan wwtp technician.Alat pelidung yang digunakan seperti helm, sepatu pelindung, sarung tangan, penutup telinga, kacamata pengaman, masker, pelindung wajah, pelidung tubuh(apron), baju kerja.

    BalasHapus
  15. A - 122130077 - Evelina Nadia Lispriyantika

    Nama perusahaan: PT. Coca-Cola Amatil Indonesia
    Alamat perusahaan: Jl. Soekarno-Hatta KM. 30, Bawen, Kab. Semarang 50501, Jawa tengah
    Judul laporan KP: Perancangan Aplikasi Chatting Berbasis Desktop dengan Menggunakan .Net di Coca-Cola Amatil Indonesia

    PT. Coca-Cola Amatil Indonesia merupakan salah satu perusahaan minuman terbesar di Indonesia, berbagai produk yang diproduksi dan kemudian dipasarkan antara lain Coca-Cola, Coca-Cola Zero, Diet Coke, Sprite, Fanta, Frestea, Frestea Green, Frestea Frutcy, Powerade Sport, Powered Isotonik, Ekstra Joss Strike, A&W, dan Minute Maid Pulpy Orange. Proses produksi yang dilakukan di perusahaan ini antara lain persiapan bahan, pencampuran, pencucian, pengisian dan penutupan, pengkodean, pemeriksaan, pengemasan, dan pengangkutan. Untuk menjaga agar mutu minuman yang dihasilkan sesuai dengan standar, CCAI menerapkan dengan ketat proses produksi yang diakui secara internasional dengan cara pemberian kode-kode pada setiap produk, dengan kode-kode tersebut CCAI menjaga agar para konsumen mendapatkan minuman dalam rasa yang terbaik. Dalam strategi pemasaran, CCAI memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan kreatif, yaitu berbagai program promosi diadakan sesuai dengan event yang sedang berlangsung, baik melalui konser musik, pameran, promo penukaran tutup botol, hadiah kejutan, maupun iklan TV. Untuk struktur organisasi, jabatan tertinggi di CCAI dipegang oleh seorang General Manager dengan didampingi oleh sekretaris, kemudian GM akan dibantu oleh manager yang berada di 6 divisi, diantaranya Technical Operation and Logistic Manager, Finance Manager, Human Resource Manager, General Sales Manager, Bussiness Service Manager, Public Relation Manager. Dalam hal K3, CCAI memiliki 5 golden rules, yaitu wajib menggunakan APD yang sesuai di tempat kerja, memiliki sertifikat kerja sesuai dengan perundang-undangan dan dipastikan telah dilakukan pengenalan K3, bekerja di area kerja dan berjalan di jalur pejalan kaki, lock-out/tag-out harus ada, serta bertindak tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

    BalasHapus
  16. A_122130113_Aditya Tri Wahyudi

    Nama Perusahaan : laporan pembukuan yang masih menggunakan sistem yang manual belum adanya penggunaan yang sistematis di PT. Alam Teknik Semesta
    Alamat : Jl. Pintu Besi 1 blok A/31, Pasar Baru Villa, Jakarta Pusat

    Manajemen yang profesional dan hubungan antara seluruh staff dan pekerja di PT. Alam Teknik Semesta meyakini bahwa setiap orang diperusahaan mempunyai keahlian dibidang masing-masing sehingga antara staff produksi dan staff administrasi saling bekerja sama dengan baik agar supaya tercapainya suatu tujuan dan kesejahteraan karyawan serta kemajuan perusahaan, dengan ini perusahaan selalu memberikan yang terbaik buat pelanggan dan kesejahteraan karyawan diperusahaan. Hal yang tidak kalah penting adalah kebijakan perusahaan untuk mendukung kemajuan setiap personil individu berprestasi untuk mengembangkan ide yang baik guna kemajuan perusahaan, melalui pelatihan langsung setiap tingkatan, hal ini membut pengetahuan personil menjadi lebih luas, berdedikasi tinggi dan memperbaiki kualitas dari produk yang dihasilkan. Dengan berkembangnya perindustrian Farmasi yang ada di Indonesia kebutuhan akan pendingin ruangan yang berkualitas sangat dibutuhkan, dan selain itu juga perkembangan teknologi yang belum banyak dimiliki oleh perusahan lain, tapi perusahaan lain yang sejenis belum mampu mengimbangi teknologi yang ada di PT. Alam Teknik Semesta, namun demikian umumnya produksi AC central lebih banyak, namun di PT. Alam Teknik Semesta lebih mengutamakan kualitas bukan hanya sekedar ruangan yang dingin. PT. Alam Teknik Semesta memproduksi AC central yang hanya untuk kebutuhan industri Farmasi dan industri kesehatan lainnya. Dengan suhu udara yang stabil yang diharapkan oleh konsumen bisa tercapai sesuai dengan keinginan konsumen, produk AC di PT. Alam Teknik Semesta telah melewati uji kelayakan, dan pengukuran kalibrasi alat ukur yang rutin setiap satu semester (6 bulan), pengujian alat ukur di lakuka di Singapura.

    BalasHapus
  17. A_122130158_Putriyanti

    Nama Perusahaan : PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant
    Judul Laporan KP : Penentuan Tingkat Signifikasi Penyebab Kerusakan Mesin Grate Cooler (472-GQ1) Menggunakan Root Cause Failure Analysis

    PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant merupakan perusahaan yang bergerak di industri semen dan diresmikan pada Januari 2006. Proses produksi perusahaan ini melakukan pengubahan sifat kimia dan fisika bahan baku jadi berupa semen dengan pengendalian proses dimonitor dalam control room meliputi penghancuran bahan baku, pencampuran di blending silo, pemanasan awal, pembakaran, pendinginan clinker, penggilingan akhir dan pengantongan semen. Untuk menjaga mutu dari perusahaan ini maka perlunya pengendalian kualitas yang terdiri dari pengendalian kualitas bahan baku dengan melakukan pengukuran komposisi bahan baku yang disebut dengan raw mix design, kemudian pengendalian kualitas proses dilakukan oleh control process departement untuk mengontrol clinker, klinfeed, semen dan batu bara sedangkan pengendalian kualitas produk dilakukan dengan cara menguji sampel fisik dan kimia. Dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan perusahaan ini melakukan higeana perusahaan, proses pengolahan limbah berupa limbah cair, gas emisi, tambang, padatan dengan menggunakan teknologi geocycle indonesia serta dalam menangani kesehatan kerja, perusahaan menyediakan pengelolaan kreatif dan preventif. Secara umum organisasi di PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant mengikuti garis staff manager yang mempunyai wewenang eksekutif yang jelas sebagai pelimpah tanggung jawab atasannya pada batas-batas tertentu. Strategi pemasaran pada perusahaan ini telah menerapkan business excellence.

    BalasHapus
  18. A - 122130030 - Danang Ibrahim Adnan

    Nama Perusahaan : PT. Bridgestone Tire Indonesia
    Judul laporan kerja praktek: Pengukuran Produktivitas Pada Bagian Proses Produksi Dengan Metode Objective Matrix (OMAX)
    Alamat : Jl. Raya Bekasi km. 27 Bekasi

    PT. Bridgestone Tire Indonesia merupakan perusahaan patungan swasta nasional indonesia dan swasta jepang yang memproduksi ban untuk kebutuhan otomotif di Indonesia. Dalam melakukan kegiatan produksi berawal dari departemen bahan baku kemudian dilanjutkan ke departemen processing yang termasuk di dalamnya adalah mixing process, beading process, cord manufacturing process, tread stock extrudding process, cutting, building process, vulcanizing process, curring process, dan tahap terakhir berada pada di departemen finishing yang terdiri dari trimming process, dan balance/unformity testing. Pengawasan mutu yang sangat ketat dikembangkan melalui konsep total Quality Management yang salah satunya dengan mengimplementasikan persyaratan ISO 9002, sehingga produk yang terbaik saja yang disajikan kepada konsumen. Sistem pemasaran PT. Bridgestone Tire Indonesia antara lain domestic replacement sales, original equipment sales, dan export. Struktur organisasi PT. Bridgestone Tire Indonesia terdiri dari presiden director, sales director, sales departement manager, field service engineering departement manager, promosi, finance director, accounting, purchasing, PDA director, technical director, factory manager, distribusi, industrial engineering, quality assurance departrment, laboratorium, trial eval, quality assurance, finishing, engineering department, engineering section manager, machine maintenance, engineering maintenance, spare part, utility, design, production department, general aff. department, safety and healt, environnent, personal, internal, internal, training, public relation, relation department. Fasilitas dan keselamatan kerja perusahan yang diberikan perusahaan antara lain fasilitas sanitasi dan keselamatan kerja berupa program jaminan kesehatan, jaminan sosial, pakaian keselamatan kerja, dan sarana-sarana pendukung lain.

    BalasHapus
  19. A_122130202_M. Aminudin Risqianto

    Nama perusahaan : PT. Buudi Manunggal
    Judul KP : Pengkkuran Tingkat Produktivitas Dengan Menggunakan Metode OMAX ( Objective Matrix)

    PT. Budi Manunggal merupakan perusahaan industri sarung taangan golf dari kulit yang beriri pada tahun 1975 dan beralamat di JL. Paleman No.17 rejowinangun Yogyakarta. Struktur Organisasi pada PT. Budi Manunggal merupakan struktur organisasi yang berbentuk garis (line) dimana otoritas dan tanggung jawab yang paling besara terletak pada tingkat manajemen puncak dan berkurang pada tingkat yang paling rendah. Proses produksi dari PT. Budi Manuggal cukup singkat, dengan beberapa proses, yaitu penyortiran, pemotongan, penjahitan, seleksi awal, penyetrikaan, quality control dan pengemassan. PT. Budi Manunggal memilki tahapan-tahapan tersendiri dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan, yaitu pemeriksaan pada proses penyortiran, pemeriksaan pada proses pemotongan, pemeriksaan pada proses persiapan dan penjaahitan, pemeriksaan pada proses seleksi awal, pemeriksaan pada proses seleksi akhir, pemeriksaan pada proses pengemasan. Sistem pemasaran pada perusahaan ini tidak memerlukan agen-agen pemasaran karen proses produksinya menggunakan MTO, selain itu juga menjalin kerja sama yang baik untuk memeprtahankan konsumen. Beberapa fasilitas keselamatan kerja (K3) yang trapat pada PT. Budi Manunnggal yaitu sarung tangan, masker, pakaian kerja dan jas hujan.

    BalasHapus
  20. A_122130038_Alivian Vickry Syahranie
    Perusahaan : PT. Semen Tonasa Unit V
    Judul KP : Analisis pengendalian kualitas bahan baku batu kapur (Limestone) dan tanah liat (Clay) dengan metode peta kendali X dan R
    Alamat : Biring Ere, Pangkep, Sulawesi Selatan

    PT. Semen Tonasa merupakan sebuah perusahaan milik negara (BUMN) yang menjadi produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Proses yang dilakukan dalam produksi yaitu penghancuran bahan baku (Quarry) kemudian dicampur terus dipanaskan (Preheater) setelah itu didinginkan hingga proses akhir pengepakan. Pengendalian kualitas PT. Semen Tonasa dilakukan oleh Biro Pengendalian Mutu meliputi bahan baku ,clinker, kiln feed, semen serta batu bara dan dilakukan sebelum dan sesudah proses operasional. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Semen Tonasa ada 2 yaitu dengan menggunakan variable independent berupa strategi pemasaran yang meliputi harga pasar, kualitas produk, promosi untuk pendistribusian dan variable dependen berupa volume penjualan, tingkat kepuasan pelanggan, dan loyalitas dari pelanggan. Sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan PT. Semen Tonasa dipimpin seorang direktur utama dan empat orang direktur yang meliputi direktur produksi, direktur litbang dan operasional, direktur pemasaran dan direktur keuangan masing-masing direktur membawahi beberapa departement dimana memiliki tugas wewenang dan tanggung jawab secara jelas dan tegas. Dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja PT. Semen Tonasa menciptakan lingkungan kerja yang aman, bebas dari kecelakaan dan pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  21. A_122130085_Andi Purnomo
    Perusahaan KP : PT. Karya putra manunggal
    Judul KP : Pengendalian kualitas produk barecore dengan menggunakan peta kendali X dan R
    Alamat ; Jl. Raya Kandangan, temanggung, Jawa tengah.

    PT. Karya Putra manunggal adalah perusahaan kayu pembiat barecore yang menjadi produsen kayu barecore di jawa tengah dan luar negri. PT. Karya Putra Manunggal melakukan proses dalam produksinya yaitu, proses memilih bahan baku kayu albasia sangatlah penting dalam pembuatan barecore karena dengan kualitas yang baik menghasilkan produk yang baik juga. PT. Karya Putra Manunggal memiliki tenaga kerja yang menangani masalah pengendalian kualitas sangat penting dijalankan karena menentukan berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan. Distribusi dan pemasaran terhadap kayu sangatlah besar, banyak sekali negara yang membutuhkan kayu albasia untuk diproduksi menjadi meja, kursi, pintu, dan lain lain. Dalam memenuhi pasar Global terhadap tingginya permintaan, maka perusahaan memproduksi barecore untuk di ekspore ke beberapa negara dan jual secara lokal. Untuk para pekerja dalam meningkatkan kualitas perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman, serta ada pemanfaatan dari setiap limbah yang dihasilkan untuk bisa di olah kembali.

    BalasHapus
  22. A - 122130156 - Arranda Syahfitra Siregar

    Nama Perusahaan : PT. Kusuma Sandang Mekarjaya
    Judul KP : ANALISIS BEBAN FISIOLOGIS DAN PENGATURAN WAKTU ISTIRAHAT OPERATOR TENUN PADA DEPARTEMEN WEAVING
    Alamat Perusahaan : Jl. Raya Wates km. 7,4 Ngentak, Gamping, Sleman, Yogyakarta

    PT. Kusuma Sandang Mekarjaya merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang industri manufaktur dan perusahaan tekstil, perusahaan ini didirikan oleh Bapak Muwardi beserta istrinya Ny. Oey Siu Lan, Bapak Ari Susanto, dan Bapak Ujang Budi Santoso pada tanggal 18 Juni 1989 dengan ijin Pemerintah nomor 59/DJAJ/T/1989 sebagai perusahaan industry, dan ijin sebagai perusahaan tekstil nomor 503/1169/1989, di Jl. Raya Wates km. 7,4 Ngentak, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Proses di PT. Kusuma Sandang Mekarjaya ini cukup panjang yaitu Benang diambil dari tempat penyimpanan, benang disiapkan ke bagian persiapan, benang digulung dengan mesin warping, beam warping dibawa di mesin sizing (untuk pengkajian), proses cucuk, proses persiapan pakan, proses pemasangan benang pakan dan benang lusi, proses penyilangan benang pakan dan benang lusi dengan mesin, pemotongan kain yang telah jadi, inspeksi (Pemeriksaan kain), pelipatan kain dan di pindahkan ke gudang produk jadi. Di PT. Kusuma Sandang Mekarjaya mempunyai cara pengendalian kualitas yaitu Uji kekuatan benang, Uji Twist per Inch (TPI), Uji kesesuaian benang yang tertera, dan Uji Ketebalan benang (NE), Uji Slap (kesesuaian diameter benang). Untuk strategi pemasaran PT. Kusuma Sandang Mekarjaya mempromosikan diri dengan mengikuti pameran-pameran, aktif berkomunikasi dan melakukan kunjungan ke konsumen sesuai kebutuhan sehingga dapat membina hubungan yang baik dengan konsumen maupun para calon konsumen.
    Pada PT. Kusuma Sandang Mekarjaya memiliki struktur umum yaitu Komisaris, General Manager, Departemen Marketing, dan Departemen Accounting dan Finance yang di dalam dapartemen memiliki bagian-bagiannya lagi. Di PT. Kusuma Sandang Mekarjaya mempunyai tim K3, tim ini disebut Panitia Penggerak Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3), yang bertugas untuk menanggulangi kecelakaan kerja yang ada di PT. Kusuma Sandang Mekarjaya dan Setiap karyawan baru yang bekerja di PT. KSM diberikan pelatihan khusus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak, boleh tau bagaimana pengajuan KP di PT Kusuma Sandang Mekarjaya? dan berapa minimal KP disana?

      Hapus
  23. A - 122130021 - Claudia Dinda Matita
    Perusahaan : PT. Djambi Waras Jujuhan
    Judul KP : Analisis Lingkungan Fisik Kerja Dalam Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (SMK3) Di PT Djambi Waras Jujuhan

    PT. Djambi Waras Jujuhan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkaretan dengan mengolah bahan baku karet menjadi produk setengah jadi yang terletak di Kabupaten Muaro Bungo, Jambi. Proses produksi yang ada di perusahaan ini meliputi proses milling, penjemuran di kamar gantung blanket (KGB) dan proses crumbing. Pengendalian kualitas dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pemilihan bahan baku melewati proses penimbangan, pemeriksaan tingkat kebersihan getah karet, pengujian sampel di laboratorium, hingga saat pendistribusian melalui pengemasan produk ke dalam palet. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu melakukan penelitian pasar dan peningkatan kualitas produk. PT. Djambi Waras Jujuhan dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang membawahi dua Direktur dan tiga Manajer di bagian pembelian, pabrik dan administrasi. Untuk penanganan keselamatan kerja, PT. Djambi Waras Jujuhan menyediakan fasilitas sanitasi (berupa masker, sarung tangan, gas pemadam kebakaran, dll), mesin penarik (crane) serta sejumlah petunjuk kerja yang ditempel pada tiap-tiap dinding.

    BalasHapus
  24. A - 122130124 - Fayakun Akbar
    Nama Perusahaan : PT.Aneka Adhilogam Karya
    Judul Kerja Praktek : Penjadwalan Perawatan Preventif
    pada Mesin Bubut
    Alamat : Batur, Ceper, Klaten 57465 Indonesia

    PT. Aneka Adhilogam Karya merupakan sebuah perusahaan industri pengecoran logam yang memproduksi berbagai jenis produk sesuai dengan permintaan konsumen. Proses produksi dalam perusahaan ini diantaranya adalah peleburan, penuangan logam, pendinginan, pembongkaran cetakan, pemeriksaan, pembersihan, permesinan, dan pengecatan. Pengendalian kualitas yang dilakukan pada perusahaan ini adalah pengawasan mutu bahan baku, Pengawasan mutu proses produksi, pengawasan mutu produk jadi, dan pemeriksaan ukuran. Pemasaran pada perusahaan ini dilakukan dengan cara distribusi langsung dan promosi.Struktur Organisasi dari tingkat yang paling tinggi adalah Direktur Utama dan Dewan Komisaris lalu di bawahnya ada Manager kemudian untuk tingkat yang paling bawah ada Staf UT & personalia, Staf Produksi & Teknik I, Staf Umum, Staf Produksi & Teknik II, Staf Mechinik, Staf Litbang. K3 yang diterapkan pada perusahaan ini diantaranya menerapkan keselamatan kerja, higiene perusahaan dan fasilitas sanitasi.

    BalasHapus
  25. A_122130168_MAYDA ADRIATI

    Nama Perusahaan: PT CHEVRON INDONESIA COMPANY
    Judul Laporan KP: Analisis Tingkat Kekritisan Persediaan Consumable pada Grup Item K- 06 (Chemical), K- 66 (Value), K- 28 (Safety Gear), dan K- 67 (Welding Equipment) dengan Metode Klasifikasi ABC

    PT Chevron Indonesia Company adalah perusahaan energi terbesar di dunia yang merupakan salah satu kontraktor kontrak kerjasama yang dipercaya badan pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK MIGAS) untuk mengelola hasil kekayaan bumi Indonesia khususnya minyak dan gas di Kalimantan Timur. Proses produksi PT Chevron Indonesia meliputi eksplorasi dan eksploitasi migas. Terdapat dua mekanisme pengendalian kualitas dalam PT Chevron Indonesia yaitu, mekanisme pengendalian kualitas proses dan mekanisme pengendalian kualitas produk serta limbah. Dan untuk pemasaran PT Chevron memiliki konsumen tetap yang akan menerima pasokan crude oil dan gas alam, PT Pertamina merupakan pelanggan tetap PT Chevron Indonesia yang memiliki kontrak jangka panjang yang selanjutnya diawasi oleh SKK MIGAS. Struktur organisasi yang digunakan oleh PT Chevron adalah sistem organisasi garis, staf dan departemen, dimana pada sistem ini seorang pemimpin perusahaan harus menetapkan kebijakan pembagian tugas dan kerja tertentu secara terperinci kepada kelas penerima tugas, dengan demikian data dikoordinasikan hanya kepada kepala bagian saja. Sedangkan untuk keselamatan kerja PT Chevron mengenal tenet sebagai landasan utama dalam pembuatan peraturan mengenai keselamatan kerja, PT Chevron juga memperhatikan mengenai proses pengolahan limbah serta melakukan analisis mengenai dampak lingkungan dengan memastikan bahwa seluruh proses operasi yang telah dilakukan tetap dapat menjaga stabilitas lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus
  26. A_122130168_MAYDA ADRIATI

    Nama Perusahaan: PT CHEVRON INDONESIA COMPANY
    Judul Laporan KP: Analisis Tingkat Kekritisan Persediaan Consumable pada Grup Item K- 06 (Chemical), K- 66 (Value), K- 28 (Safety Gear), dan K- 67 (Welding Equipment) dengan Metode Klasifikasi ABC

    PT Chevron Indonesia Company adalah perusahaan energi terbesar di dunia yang merupakan salah satu kontraktor kontrak kerjasama yang dipercaya badan pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK MIGAS) untuk mengelola hasil kekayaan bumi Indonesia khususnya minyak dan gas di Kalimantan Timur. Proses produksi PT Chevron Indonesia meliputi eksplorasi dan eksploitasi migas. Terdapat dua mekanisme pengendalian kualitas dalam PT Chevron Indonesia yaitu, mekanisme pengendalian kualitas proses dan mekanisme pengendalian kualitas produk serta limbah. Dan untuk pemasaran PT Chevron memiliki konsumen tetap yang akan menerima pasokan crude oil dan gas alam, PT Pertamina merupakan pelanggan tetap PT Chevron Indonesia yang memiliki kontrak jangka panjang yang selanjutnya diawasi oleh SKK MIGAS. Struktur organisasi yang digunakan oleh PT Chevron adalah sistem organisasi garis, staf dan departemen, dimana pada sistem ini seorang pemimpin perusahaan harus menetapkan kebijakan pembagian tugas dan kerja tertentu secara terperinci kepada kelas penerima tugas, dengan demikian data dikoordinasikan hanya kepada kepala bagian saja. Sedangkan untuk keselamatan kerja PT Chevron mengenal tenet sebagai landasan utama dalam pembuatan peraturan mengenai keselamatan kerja, PT Chevron juga memperhatikan mengenai proses pengolahan limbah serta melakukan analisis mengenai dampak lingkungan dengan memastikan bahwa seluruh proses operasi yang telah dilakukan tetap dapat menjaga stabilitas lingkungan sekitarnya.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. A - 122130033 - Dikri Machmul Kurniawan
    Persuahaan : PT.Petrokimia Gresik
    Judul Laporan KP:Pengendalian Inventory dan Penerapan metode First In dan First Out di Bagian Pengantongan II
    Alamat Perusahaan : Jl. Jenderal Ahmad Yani - Gresik 6111, Jawa Timur

    Petrokimia Gresik merupakan BUMN yang bergerak di bidang pupuk,bahan kimia,pestisida,dan jasa lainnya.Dulunya PT.Petrokimia gresik merupakan perusahaan umum namun sekarang telah berubah menjadi perusahaan persero dan holding dengan PT.Pupuk Sriwijaya di bawah koordinasi Mentri Negara BUMN.Dalam proses produksi PT.Petrokimia Gresik terdapat 4 departemen produksi yakni departemen produksi 1 sampai departemen produksi 4,masing-masing departemen memproduksi jenis pupuk yang berbeda.Contoh di departemen produksi 1 memproduksi 2 jenis pupuk nitrogen yakni ZA dan pupuk urea.Dalam hal pengendalian produksi PT.Petrokimia Gresik melakukan 2 pengujian yakni pengujian bahan masuk yang mana pengujian dilakukan ketika bahan baku masuk ke perusahaan yang di datangkan dari luar,dan spesifikasi produk keluar yang mana pengujian dilakuan ketika produk telah jadi,dalam proses ini dilakukan pengujian secara kimiawi di laboratorium.PT.Petrokimia Gresik sangat memperhatikan keselamatan kerja bagi para pekerjanya hal ini dapat dilihat pada K3 yang diterapkan oleh PT.Petrokimia Gresik yakni pengendalian secara teknik,pengendalian secara administrasi,dan alat pelindung diri.Dalam hal pemasran PT.Petrokimia gresik telah membangun jaringan pemasran dan distribusi yang kuat,didukung oleh rausan distributor dan pengecer yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  29. A-122130026-Nur Endah Fitriana

    Nama Perusahaan : PT. Semen Kupang (Persero)
    Judul Laporan KP : Analisa Aspek Pemasaran dan Aspek Finansial Dalam Studi Kelayakan Pemasaran Semen Kupang
    Alamat Perusahaan : Jl Kom L Yos Sudarso, Namosain, Kelapa Lima, Kupang 85224 Nusa Tenggara Timur

    PT. Semen Kupang (Persero) memulai pembangunan pabrik pada 22 Desember 1980 dengan tujuan untuk melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan program pemerintah dibidang ekonomi, pembangunan nasional, dan persemenan serta industri kimia dasar lainnya. Jenis semen produksi PT. Semen Kupang (Persero) adalah semen Portland dengan bahan baku batu kapur dan tanah liat dan proses pembuatan clinker menggunakan tanur putar. Perusahaan dalam menentukan kualitas produknya juga menerapkan standar pada tenaga kerja, material yang digunakan, mesin-mesin, metoda kerja, oemasaran, dan lingkungan sekitar. Perusahaan melakukan distribusi langsung dengan konsumennya dan distribusi tidak langsung yaitu penjualan melalui distributor perusahaan. Organisasi PT. Semen Kupang (Persero) mengalami perubahan struktur pada tahun 1946 yang digunakan hingga saat ini. PT. Semen Kupang (Persero) menyediakan alat-alat keamanan dan kesehatan seperti helm lapangan, masker, dan sepatu boot.

    BalasHapus
  30. A-122130057-Rifqi Naufal Rafif
    Perusahaan : PT.Petrokimia Gresik
    Judul KP : Analisis Kualitas Produk terhadap Kemasan menurut Berat di Unit NPK II, NPK III dan NPK IV Departemen Produksi IIB
    Alamat Perusahaan : Jl. Jendral Ahmad Yani – Gresik 6111, Jawa Timur
    Petrokimia Gresik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pupuk subsidi, non subsidi, bahan kimia, pestisida dan jasa lainnya. Perusahaan ini dipimpin langsung oleh direktur utama dimana direktur utama tersebut membawahi oleh direktur komersil, direktur produksi, direktur teknik dan pengembangan, direktur SDM dan umum. Salah satu produk diproduk di perusahaan ini adalah Amoniak, dengan melalui proses beberapa tahap antara pembuatan gas sintesa, pemurnian gas sintesis, sintesa amoniak, refrigeration, purge gas recovery. Untuk menciptakan kepuasan pelanggan, PT. Petrokimia menjalankan 6 prinsip tepat dalam pemasarannya yaitu : tepat jenis, tepat jumlah, tepat mutu, tepat tempat, tepat harga, tepat waktu. Pengendalian terhadap kualitas dan proses diawasi langsung oleh departemen proses dan pengelolaan energy yang sesuai dengan ISO 17025:2005. Dalam penanganan kesehatan dan keselamatan kerja, perusahaan ini menerapkan pengendalian secara teknik, pengendalian secara administrative dan alat pelindung diri.

    BalasHapus
  31. A-122130023-Gita Karmani
    Perusahaan :PT GE Lightning Indonesia Yogyakarta
    Laporan KP : Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Lampu Pijar Merk GE 60 Watt Di Mesin Sealing Menggunakan Peta Kendali P
    Alamat : Jl Magelang Km 9,6 Sleman Yogyakarta

    Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berbasis pada teknologi, jasa, dan manufaktur (pencahayaan, industri pembangkit tenaga listrik). Didalam proses produksi dibedakan menjadi proses utama (proses flare, proses steam, proses mounting, proses sealing, proses exhaust, proses basing, proses flashing ageing.) dan proses tambahan (proses cutting, proses washing and frosted, proses marking, proses cement, proses filler.) Usaha yang dilakukan dengan melakukan inspeksi yang terdiri dari tiga tahap yaitu : pengendalian mutu terhadap bahan baku, pengendalian mutu dalam proses, dan pengendalian mutu terhadap barang jadi/produk akhir. Perusahaan ini melakukan pemasaran melalui pasar lampu (pasar ekspor, pasar domestic costumer, pasar commercial and industrial) dan wilayah pemasaran secara domestik dan internasional). Organisasi di perusahaan ini secara garis besar dibagi menjadi 10 bagian yaitu : Finance, Technology, Human Resource, Factory, Quality, Six Sigma, Supply Chain, Sourcing, Marketing and Sales, Management Representative. Dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja terdapat fasilitas sanitasi dan keselamatan kerja serta program pelaksanaan keselamatan kerja (sistem penanggulangan kebakakaran, sistem penanggulangan bahan kimia berbahaya, sistem penanggulan benda tajam dan mesin berputar, sistem penanggulangan kebersihan)

    BalasHapus
  32. A_122130086_Dazzle Sixyries D

    Nama UKM : "Rajasa Mas"
    Produk : Batik Tulis
    Alamat : Jl.penatusan timur Rt.09/01
    Desa Maos Kidul
    Kec.Maos Kab.Cilacap
    Jawa Tengah

    Proses produksi batik tulis yaitu :

    1. Pembuatan Gambar Motif
    Bahan dan peralatan yang digunakan pada tahap pembuatan gambar motif adalah kain katun, pola gambar atau mall, pensil 4B, dan meja kaca. Pembuatan gambar motif pada kain, dapat dicapai dengan menjiplak pola atau mall yang telah disiapkan atau bisa juga dengan cara menuliskan langsung di atas kain.
    Untuk menghasilkan gambar motif yang baik penulisannya dilakukan di atas meja kaca. Bila kain yang hendak digambari banyak mengandung lilin ataupun banyak kotoran maka kain tersebut harus dicuci terlebih dahulu dengan sabun sampai bersih. Hal ini dimaksud agar dalam proses pencelupan nanti warna mudah menyerap.

    2. Pemberian Malam
    Dalam pemberian malam, bahan dan peralatan yang digunakan membatik yaitu kain, malam, dan canting. Jenis kain yang digunakan untuk membatik adalah jenis kain yang bahan bakunya terbuat dari kapas (katun) atau sutera.
    Sedangkan bahan malam yang dipakai untuk membatik tulis terdiri dari malam lowong (warnanya kuning dan lebih liat), malam cetak (warnanya coklat, sifatnya kurang kuning dan lebih liat), malam cetak (warnanya coklat, sifatnya kurang liat), dan malam putih atau paraffin (sifatnya rapuh dan mudah retak).
    Kemudian membutuhkan alat canting untuk membatik tulis. Canting yang digunakan untuk membatik terdiri dari canting cecek (lubangnya kecil), canting klowong (lubangnya sedang) dan canting nembok (lubangnya besar). Beberapa peralatan penunjan yang digunakan dalam tahap batik tulis ini adalah kompor kecil, kenceng, panci, dan lainnya.

    3. Pemberian Warna Batik Tulis
    Pemberian warna batik tulis dilakukan dengan warna rapid. Pemberian warna rapid dilakukan dengan cara menyapukan warna rapid ke bagian gambar yang diinginkan. Fungsi warna ini hanya sebagai variasi agar lebih menarik. Larutan rapid dibuat dengan cara mengaduk rapid dengan minyak TRO hingga kental, kemudian diberi air dingin dan diaduk kembali hingga merata. Perbandingannya adalah 1 sendok makan rapid : 2 sendok minyak TRO : 1 gelas air dingin.

    4. Proses Pencelupan
    Proses pencelupan dalam membuat batik dilakukan dalam tiga langkah. Pertama, pencelupan pada larutan naptol, kedua pencelupan pada larutan garam warna, dan ketiga pencelupan pada air pembilas. Untuk menghasilkan warna kain batik yang memuaskan, proses pencelupan dilakukan berulang-ulang.

    5. Pelunturan Malam
    Untuk melunturkan atau melorotkan malam pada kain batik yang telah selesai pada proses pencelupan, dapat dilakukan dengan cara memasukkan kain ke dalam bak yang berisi air panas yang telah dicampur soda abu (Soda ASH) dan soda api. Proses melunturkannya kain dimasukkan ke dalam bak, diangkat-angkat menggunakan jepitan hingga malamnya lepas dan selanjutnya dibilas dengan air bersih, diperas, dan diangin-anginkan.

    BalasHapus
  33. A_122130039_Maulana Aldy K

    Perusahaan : PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk
    Judul KP: Analisis Pasar Flexi Pada BTS Low Occupancy
    Alamat Perusahaan : Jl. Laksda Yos Sudarso No.9, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224, Indonesia

    PT.Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang mengelola layanan jasa telekomunikasi di Indonesia. Proses produksi jaringan dimulai dari input pemohon, masuk ke dalam internet,lalu router, 1p Network, setelah itu BTS penerima. Perusahaan ini dipimpin oleh General Manager (GM), lalu dibawahnya ada Deputy General Manager, Setelah itu ada Sekretaris Manager Bisnis Performance, Access Network Maintenance, Access Network Operation, Costumer Care, Fixed Phone Saes, Data & VAS, General Support. Untuk pemasaran sendiri perusahaan ini melakukan 3 jenis yaitu: Sales lapangan, Plasa Telkom. Keselamatan kerja dalam PT.Telkom menerapkan sistem SMK3 yaitu sebagai suatu bagian dari sistem manajemen secara keseluruhan. Pengendalian kualitas pt telkom sendiri memberikan layanan telkom service.

    BalasHapus
  34. A_122130037_Herditya Mahardika

    Nama Perusahaan : PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant
    Judul Laporan KP : Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kantong Semen Menggunakan Peta Kendali

    PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant yang dahulu dikenal dengan nama PT Semen Nusantara merupakan pabrik semen pertama di Jawa Tengah yang memproduksi Semen Serba Guna (General Use Cement). Proses yang dilakukan dalam memproduksi semen ini yakni sebagai berikut : pembelian bahan baku, penyimpanan bahan baku, pencetakan logo pada kertas, pemberian pola pada kertas, pemberian lem pada kertas, penekanan kantong sehingga menjadi tube/kantong setengah jadi, pemberian pola lipatan pada unjung tube, pembukaan ujung-ujung tube, pemberian lem pada botom atas dan bawah, pelipatan botom atas dan bawah, pengepresan kantong semen, penyimpanan kantong semen di gudang, pendistribusian kantong semen ke pengisian semen. Pengendalian kualitas yang diterapkan PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant yaitu di Dept bag plant melakukan pemeriksaan pada tiap-tiap bahan baku yang datang dan pemeriksaan hanya dilakukan secara manual dengan kasat mata, yaitu dengan mengecek bagian body roll paper untuk memastikan tidak adanya kecacatan yang mungkin terjadi pada proses pendistribusian dan pengangkutannya. Strategi pemasaran yang dilakukan PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plans yaitu Solusi Rumah : sebagai solusi terintegrasi membangun rumah, Truk MiniMix : layanan terbaru untuk armada truk pencampur beton, Holcim Beton : Strategi ini biasanya disediakan bagi proyek-proyek yang memerlukan beton dalam pengerjaannya, Mobile Lab : Laboratorium berjalan untuk melakukan pengetesan agregat (batu pecah), mortar, beton, dan aplikasi lain dapat dilakukan langsung di lokasi proyek. PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dipimpin oleh seorang General Manajer yang membawahi 7 departemen, sedangkan di bag plant masih berada dibawah naungan direktorat Logistic dan Export memiliki 4 bagian yang mengatur karyawan-karyawan dibawahnya dan bertanggung jawab pada tiap bagian-bagian yang terdiri dari Bag Plant Head, Bag Plant Quality Assurance, Bag Plant Team Leader, Bag Plant Ware house & Adminitrasion. Untuk keselamatan kerja PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant sangat berusaha secara semaksimal untuk mencapai target zero accident, sehingga pada setiap karyawan, karyawati, visitor, dan kontraktor yang akan memasuki area produksi PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant, diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang diterapkan oleh perusahaan, APD itu sendiri terdiri dari helm, safety shoes, ear plug, rompi, kacamata, dan masker yang difasilitasi oleh perusahaan.

    BalasHapus
  35. A_122130043_Rani Triyani

    Nama perusahaan: pabrik gula mojo
    Judul laporan KP: Analisa kemampuan proses pemurnian
    Alamat perusahaan: jalan raharjo no 4 kecamatan sragen, kab sragen. Jawa tengah.

    Pabrik gula mojo didirikan tahun 1883, pada mulanya pabrik gula ini dimiliki oleh N.V cultuur Maatscha ppij lajwu dan akhirnya diambil alih pemerintah pada tahun 1957 lalu dimasukkan ke perusahaan perkebunan negara. Pabrik gula mojo didirikan untuk mencukupi hasil gula secara nasional, meningkatkan kesejahteraan kehidupan sosial ekonomi rakyat serta menciptakan dan melestarikan lingkungan sekitarnya dari kerusakan limbah. Bahan baku utama yang digunakan untuk proses pembuatan gula di pabrik gula mojo adalah tebu, susu kapur, belerang, asam fosfat dan flokulan; Dalam proses pembuatan gula ada 3 tahapan yaitu proses di pabrik gula depan, proses di pabrik gula tengah serta proses di pabrik belakang. Pabrik gula mojo melakukan pengendalian kualitas untuk mempertahankan mutu agar sesuai standar kualitas, pengendalian kualitas di pabrik gula mojo ada 3 yaitu: pengendalian mutu bahan baku, pengendalian mutu selama proses, dan pengendalian mutu produk akhir. Pabrik gula mojo tidak memasarkan produknya sendiri tetapi pemasarannya dilakukan oleh PT perkebunan nusantara IX (persero) di surakarta. Pabrik gula mojo dipimpin oleh seorang administratur, dalam tugasmya administratur dibantu oleh 4 kepala bagian, yaitu kepala bagian tanaman, kepala bagian instalasi, kepala pengolahan, kepala bagian "AKU" serta karyawan tetap dan tidak tetap. Pabrik gula mojo telah menyiagakan peralatan-peralatan pemadam kebakaran yang cukup memadai dan ditempatkan pada titik-titik yang strategis dan mudah dijangkau oleh operator pada saat terjadi kebakaran, dalam lingkungan pabrik telah disediakan fasilitas yang berupa tulisan dan gambar-gambar yang dipasang pada tempat-tempat rawan kecelakaan, pabrik gula mojo mempunyai beberapa peraturan-peraturan yang harus dilaksanakan setiap karyawan.

    BalasHapus
  36. A-122130236-Wislanda Hilman Al Haqim

    Nama perusahaan: PT. PLN Persero Unit Pelayanan dan Penjaringan (UPJ) Kopo Bandung
    Judul laporan KP: Analisa Pelaksanaan Pengendalian Mutu Unit Gangguan
    Alamat perusahaan: Jl. Holis, Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat

    PT PLN adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Agar pelayanan yang diberikan memiliki mutu dan sesuai dengan permintaan konsumen, maka sangat diperlukan adanya pengendalian mutu. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian mutu yang diterapkan oleh PT PLN UPJ Kopo terhadap pelayanan yang diberikan, masalah yang timbul dan faktor penyebabnya, serta tindakan apa yang sebaiknya dilakukan oleh PT PLN untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan penelitian keperpustakaan (library research). Setelah diteliti, ternyata masalah yang ada di PT PLN UPJ Kopo adalah tidak mempunyai standar mutu kecepatan pemulihan gangguan. Dengan menggunakan diagram sebab akibat, di analisis penyebab timbulnya masalah tersebut adalah Manusia ( Kelalaian karyawan, kelalaian supervisor, karyawan lamban kurang termotivasi), bahan baku (keterbatasan bahan baku), serta metode diadakannya kerja lembur). Dari hasil pengamatan, maka penulis memberikan saran-saran bagi pihak perusahaan untuk mengatasi penyebab masalah tersebut yaitu meberikan pengarahan sebelum bekerja bagi karyawan yang lalai, melakukan safety stock untuk keterbatasan bahan baku,dan pemberian bonus agar karyawan tidak lamban dalam bekerja.

    BalasHapus
  37. A-122130176-Redha Anggraeni Nilamsari
    Nama perusahaan : PT KERTAS LECES
    Alamat perusahaan : desa sumber kedawung, kecamatan Leces, kabupaten Probolinggo, jawa timur
    Judul KP : Penentuan Interval Waktu Pemeriksaan untuk Memaksimalkan Availabilitas Mesin Gearbox Hydrapulper Agitator.
    PT KERTAS LECES merupakan pabrik pembuatan kertas yang berada di jawa timur, kertas adalah suatu bahan tipis yang terbuat dari serat-serat diendapkan dan dikeringkan serta dicampur bahan kimia. Proses pembuatan kertas ada 3 tahap, yaitu proses pembuatan pulp (bubur kertas), proses pembuatan kertas dan proses penyempurnaan. Pengendalian kualitas dengan cara pemeriksaan bahan,proses,produk jadi dan perawatan mesin yang prefentif,korektif berdasarkan ISO 9001: 2000. Struktur organisasi PT KERTAS LECES adalah terdapat direktur utama,direktur produksi,direktur keuangan, direktur pemasaran dan karyawan yang dibagi berdasarkan status. System pemasaran yang ada pada perusahaan tersebut yaitu dengan bekerja sama dengan PT KERTA API INDONESIA dengan strategi pemasaran MTO yang mendistribusi kertas di dalam dan di luar negri.

    BalasHapus
  38. A-122130015-Krisna Yudha Kurnia
    Perusahaan: PT. Freeport Indonesia
    Judul Laporan KP: Evaluasi Pengadaan Gas dan Oksigen Menggunakan pendekatan Least Unit Cost

    PT. Freeport Indonesia merupakan perusahaan publik dibidang tembaga dan molybdenum terbesar didunia. Proses produksi yang dilakukan di perusahaan ini berupa pertambangan yang mencakup eksplorasi, pengolahan, pemanfaatan, dan penjualan bahan galian pertambangan dengan hasil akhir konsentrat. Pengendalian kualitas pada PTFI tidak hanya dilakukan pada produk jadi yang akan dipasarkan, tetapi juga dilakukan terhadap limbah hasil penambangan yang berupa tailing dengan cara menguji kandungan yang terdapat dalam limbah pertambangan. Strategi pemasaran yang digunakan PTFI adalah sistem pemasaran dorong,yang bertujuan untuk menciptakan permintaan pelanggan terhadap produk konsentrat. Stuktur organisasi yang digunakan PTFI adalah struktur organisasi fungsional, yang dibentuk berdasarkan tugas-tugas yang ada dalam perusahaan.
    PTFI menyediakan suatu sistem manajemen K3 yang dirancang sebagai kerangka kerja yang memungkinkan PTFI secarakonsisten mengidentifikasi dan mengendalikan resiko-resiko K3nya yang dinamakan FRESH (PT.Freeport Safety and Health).

    BalasHapus
  39. A_122130081_Anhar Dwi Kuntoro
    Nama Perusahaan : PT Asia Pacific Fiber, Tbk (APF)
    Judul Kerja Praktek : Analisis Serat Staple Polyester, Chip Polyester, Polymer Polyester dan Asam Tereftalat Murni.
    Alamat Perusahaan : Pabrik Kp Kiara Payung Klari Karawang 41371 Jawa Barat

    PT Asia Pacific Fiber , Tbk (APF) merupakan perusahaan swasta nasional yang memproduksi serat staple polyester. Disamping itu juga PT APF memproduksi chip polyester, polymer polyester dan asam tereftalat murni (PTA). Pengendalian kualitas dilakukan dalam beberapa tahap, karena ada beberapa spesifikasi kualitas yang hanya bisa di control ketika proses berjalan dan ketika produk telah jadi. Produk yang telah jadi dilakukan kembali pengecekan terhadap spesifikasi kualitas untuk memastikan tidak ada produk yang cacat yang sampai ketangan konsumen. Dalam melakukan pemasaran dan pendistribusian produk pada PT APF ditangani oleh bagian dispatch (pengiriman). Dimana dibagian tersebut bertugas untuk menyiapkan dalam pengiriman dan juga menghitung jumlah barang yang dapat masuk ke dalam container untuk dikirim. Perusahaan ini dipimpin oleh seorang unit head yang dibawahi oleh general manager, manager, dan technical expatriate. Berdasarkan UU No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja yang telah disusun bertujuan melindungi keselamatan tenaga kerja, orang lain dan sumber-sumber produksi. Selain itu juga bertujuan agar proses produksi berjalan aman dan efisien. Pada perusahaan ini masalah keselamatan tenaga kerja berda di bawah tanggung jawab K3 (Kesehatan dan Keselamatan Tenaga Kerja).

    BalasHapus
  40. A-122130267-Avian Wisnu Setiyoko
    Nama perusahaan : PT.Budi Manunggal
    Judul laporan KP : Analisi defect pada proses produk sarung tangan golf dengan mengemplementasikan QCC dan Seven Tolols
    Alamat perusahaan : Jalan Paleman No.17 Rejowinangun, Yogyakarta
    PT.Budi Manunggal merupakan salah satu perusahaan pembuatan sarung tangan golf kulit yang ada di Yogyakarta. Proses produksi yang terjadi melalui 7 tahap yaitu tahap penyortiran, tahap pemotongan, tahap penjahitan , tahap seleksi awal, tahap penyetrikaan, tahap seleksi akhir dan tahap pengemasan.Pengendalian kualitas pada PT.Budi Manunggal tidak hanya di lakukan pada produk jadi, namun dilakukan pada tiap tahap dari pemilihan bahan baku sampai proses pengiriman. Stuktur organisasinya adalah struktur organisasi fungsional dengan direktur pada bagian paling atas dan di bantu oleh manajer produksi dan manajer operasional, untuk setiap manajer di bantu oleh staf-staf. Untuk keselamatan kerja perusahaan sudah menyediakan peralatan keselamtan kerja untuk digunakan saat bekerja serta memberikan tulisan atau gambar gambar yang menjelaskan tentang prosedur pekerjaan. Untuk pemasaran produk tidak di perjualkan di dalam negeri melainkan di ekspor ke luar seperti USA,Korea,Hongkong,Kanada,dan Singapura dengan cara berkerja sama pada outlet-outlet penjualan olahraga yang ada.

    BalasHapus
  41. A_122120054_Lulu Ratna Sari
    Nama Perusahaan : PT. Kayaba Indonesia
    Judul laporan KP : Analisis Efisiensi dan Performansi Produksi Line Inner Tube Menggunakan Aktifitas Overall Equipment Efficiency
    Alamat Perusahaan : Jl. Jawa Blok ii No.4 Cikarang Barat, Jawa Barat.

    Perkembangan teknologi industri manufaktur di Indonesia khususnya khususnya dibidang otomotif yang semakin maju, terutama untuk komponen otomotif, maka pada tanggal 25 Februari 1976, PT. Kayaba Indonesia yang bernaung dibawah bendera GROUP ASTRA INTERNASIONAL, didirikan dikawasan industri Pulogadung Jakarta Timur. PT. Kayaba Indonesia merupakan pabrik manufaktur yautomotif yang melakukan proses produksi sesuai dengan pesanan dari konsumen utamanya seperti Yamaha. Kawasaki, dan Suzuki, atau dengan kata lain sistem produksi di PT. Kayaba Indonesia adalah sistem produksi make to order. dalam melakukan pengendalian kualitas bahan baku, mekanisme yang berlaku didalam PT. Kayaba Indonesia adalah departemen yang bersangkutan seperti halnya departemen Engineering, departemen Quality Assurance, dan departemen Warehouse dalam melakukan permintaan dan penyediaan terhadap kebutuhan bahan baku maupun tools yang diperlukan dalam proses produksi. Agar terciptanya kehigienissan perusahan PT. Kayaba Indonesia melakukan salah satu halnya adalah dengan mendirikan oasis berupa kolam ikan seukuran 2x1 m2 diberbagai line produksi. Manjemen SDM pada PT. Kayaba Indonesia diawali dengan proses perekrutan SDM berdasarkan kualifikasi perusahaan dan kebutuhan perusahaan. Sistem pemasaran dan distribusi PT. Kayaba Indonesia dibedakan menjadi tiga kelas, yaitu Original Equipment Manufacturing, Genuine Prts, dan After Market.

    mohon maaf atas keterlambatan pengumpulan tugas Pak, saya tidak akan mengulangi lagi untuk tugas selanjutnya.
    terima kasih

    BalasHapus
  42. Revisi Tugas Karena ganti Judul KP
    A_122130070_Erfan Erdyanto

    Nama Perusahaan : PT Holcim Tbk Cilacap Plant
    Judul KP : Analisis Pencahayaan Pada Malam Hari di Area Workshop Mechanic di PT Holcim Tbk Cilacap Plant
    Alamat Perusahaan : Cilacap, Jawa Tengah

    PT. Holcim Tbk Cilacap Plant adalah perusahaan yang beroprasi dalam produksi semen, yang didirikan berdasar UU penanaman modal asing no.1 tahun 1967, No.11 tahun 1970. Proses produksi yang dilakukan di perusahaan ini adalah persiapan dan pengadaan bahan baku, pembentukan semen, dan pengantongan semen. Pengendalian Kualitas di perusahaan ini ada 3 pengendalian yaitu pada bahan baku, produk semen, dan pengawasan oleh CCR ( Central Control Room). Strategi pemasaran dari PT holcim adalah dari Pt holcim menuju main distributor lalu sub distributor lalu retail shop dan yang terakhir adalah konsumen, dengan menerapkan Businnes Excelence. Organisasi manajemen perusahaan di pimpin oleh seorang Plant Manager yang membawahi beberapa manager lainnya.

    BalasHapus
  43. A-122130045-Sadam Khoirul Iman
    Nama perusahaan : PT KERTAS LECES
    Alamat perusahaan : desa sumber kedawung, kecamatan Leces, kabupaten Probolinggo, jawa timur
    Judul KP : Penentuan Interval Waktu Pemeriksaan untuk Memaksimalkan Availabilitas Mesin Gearbox Hydrapulper Agitator.

    PT KERTAS LECES merupakan pabrik pembuatan kertas yang berada di jawa timur, kertas adalah suatu bahan tipis yang terbuat dari serat-serat diendapkan dan dikeringkan serta dicampur bahan kimia. Proses pembuatan kertas ada 3 tahap, yaitu proses pembuatan pulp (bubur kertas), proses pembuatan kertas dan proses penyempurnaan. Pengendalian kualitas dengan cara pemeriksaan bahan,proses,produk jadi dan perawatan mesin yang prefentif,korektif berdasarkan ISO 9001: 2000. Struktur organisasi PT KERTAS LECES adalah terdapat direktur utama,direktur produksi,direktur keuangan, direktur pemasaran dan karyawan yang dibagi berdasarkan status. System pemasaran yang ada pada perusahaan tersebut yaitu dengan bekerja sama dengan PT KERTA API INDONESIA dengan strategi pemasaran MTO yang mendistribusi kertas di dalam dan di luar negri.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. A_122130041_Husnan Yusuf

    Nama Perusahaan : PT Koryo Puspita Indonesia
    Judul KP : Analisis proporsi kecacatan produk sarung tangan “Dunlop Flex” menggunakan peta kendali P
    Alamat Perusahaan : Semarang, Jawa Tengah
    PT Koryo Puspita Indonesia adalah perusahaan yang beroprasi dalam produksi sarung tangan baseball, sarung tangan golf, dan tas tangan, perusahaan ini didirikan di Semarang pada tahun 1990. Proses produksi pada perusahaan ini adalah proses sortir bahan baku, pemotongan bahan baku, pembuatan lubang angin, pemotongan perekat, penjahitan. Pengendalian kualitas perusahaan yaitu pemeriksaan bahan pada saat kedatangan, proses produksi, dan saat sebelum dikirim. Organisasi perusahaan ini presdir, direktur, top manager, manager

    BalasHapus
  46. A_122120022_Felix Zelin Pradina
    Nama Perusahaan : PT. Mitra Rekatama Mandiri
    Judul laporan KP : Analisis Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadapa Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja
    Alamat Perusahaan : Jl. Koperasi Baja No. 2 Ceper klaten

    PT. Mitra Rektama Mandiri bermula perusahaan keluarga yang didirikan oleh Bapak Drs. H. Yahya Noor. Beliau lahir pada tahun 1956 di purworejo, Jawa Tengah. Usaha dimulai dari hobinya pada masalah-masalah permesinan kemudian menjadi pengerajin jasa konstruksi (bangunan), kemudian 1986 menjadi broker barang-barang hasil Cor. Pesanan didapat dari PT. Texmaco di Kaliwungu, Kendal, Semarang. Pada Tahun 1997 perusahaan berubah nama menjadi PT. Mitra Rektama Mandiri setelah bekerja sama dengan PT. Astra Mitra Ventura. Sampai Saat ini PT. Mitra Rekatama Mandiri mengerjakan produk-produk Fero dan Non Fero untuk produksi rutin sesuai job order, dan pesanan khusus. Pada tahun 2006 perusahaan berekspansi usaha di bidang pengolahan limbah nikel, Cupper, Alumunium, Perusahaan menjalin kerjasama dengan ANTAM, INCO, PT. Tambang Timah. Setelah mendapat rekomendasi Amdal UPL UKL dari kementrian lingkungan hidup.

    Mohon maaf atas keterlambatan dalam pengumpulan tugas, saya berjanji tidak akan mengulangi lagi.
    Saya Ucapkan Terima Kasih.

    BalasHapus
  47. A – 122110071 – VERY JHON DAPID NAINGGOLAN
    Perusahaan : PT. KALTIM PARNA INDUSTRI
    Judul KP : ANALISA BEBAN KERJA MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING DI DEPT. LOGISTIK
    PT. Kaltim Parna Industri merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang industri kimia dan perusahaan penghasil ammonia cair anhidrat. PT. Kaltim Parna Industri adalah foreign venture company yang mendapat ijin dari Indonesian Broad of Investement untuk membangun dan mengoprasikan pabrik ammonia di Indonesia yang didirikan pada tahun 1995. Produk ammonia yang dihasilkan disuplai ke industri kimia yang mengolah ammonia menjadi produk lain seperti urea, acrylonitrite, ammonium nitrate, ammonium sulfate, dan melamine. PT. Kaltim Parna Industri terletak di kawasan PT. Kaltim Industrial Estate, Bontang, Kaltimantan Timur. PT. Kaltim Parn Industri mempunyai enam buah CCW cooler jenis marine plate heat exchanger yang terbuat dari titanium. PT. Kaltim Parna memproduksi ammonia cair anhidrat (tidak mengandung air) yang disimpan pada tangki dengan tekanan atmosferik, sehingga untuk mempertahankan kondisinya tetap pada suhu didih (sekitar -33 ºC) diperlukan refrigerasi. Mesin dan peralatan produksi yang dipakai oleh PT. Kaltim Parna Industri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu area proses dan area utilitas. Pemilihan tata letak fasilitas atau layout pabrik ammonia disusun berdasarkan pertimbangan faktor-faktor seperti efisiensi, safety, daya dukung lingkungan, dan lain-lain. Bahan baku utama pembuatan ammonia yang ada pada NG (Natural Gas) yaitu 〖CH〗_4 , C_2 H_6, C_3 H_8, i-C_4 H_10, n-C_4 H_10, i-C_5 H_12, n-C_5 H_12, C_6 H_14, 〖CO〗_2 dan N_2 PT. Kaltim Parna Industri mengatur proses pengelolaan, penanganan dan pengendalian limbah dipisahkan menjadi dua kategori yaitu Bahan Berbahaya dan Beracun (B-3) dan bahan yang tidak mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (non-B3).

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. A - 122130114 - KRISTANTO DEO MURTI

    Nama Perusahaan : Pt. Arto Metal Internasional
    Judul KP : Implementasi Six Sigma Untuk Meningkatkan Kualitas Arc Chute Plate Dengan Pendekatan Optimasi
    Alamat Perusahaan : Ambeng-ambeng Selatan No18, Sidoarjo, Jawa Timur


    Sektor industri kecil dan menengah (IKM) berkontribusi cukup besar dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Di sisi lain, salah satu kendala utama bagi IKM adalah memenuhi spesifikasi standar yang telah ditetapkan oleh konsumen. Kualitas produk harus ditingkatkan agar IKM dapat bersaing. PT. Arto Metal International merupakan perusahaan yang tergolong ke dalam IKM dan bergerak di sektor usaha panel listrik dan switchgear. Sektor industri kecil dan menengah (IKM) berkontribusi cukup besar dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Disisi lain, salah satu kendala utama bagi IKM adalah memenuhi spesifikasi standar yang telah ditetapkan oleh konsumen. Kualitas produk harus ditingkatkan agar IKM dapat bersaing. PT. Arto Metal International merupakan perusahaan yang tergolong ke dalam IKM dan bergerak di sektor usaha panel listrik dan switchgear. Beberapa alternatif perbaikan ini kemudian dioptimasi dengan menggunakan integer linear programming untuk memperoleh kombinasi alternatif perbaikan yang optimal untuk setiap proses.

    BalasHapus
  50. A - 122130088 - CHOIRUL UMAM

    Nama Perusahaan : PT. PG Rajawali Krebet Baru
    Judul KP : Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced ScoreCard
    Alamat : Krebet Rt 07/02 No 5 Jl, Malang, Jawa Timur

    PT. PG Rajawali Krebet Baru salah satu produsen gula, merupakan unit PG terbesar di lingkungan PT PG. Rajawali, selama ini masih menggunakan sistem penilaian kinerja perusahaan tradisional yang hanya berfokus pada pengukuran kinerja manufaktur. Penekanan penilaian kinerja perusahaan pada aspek-aspek non manufaktur, seperti tingkat kepuasan pelanggan, tingkat kepuasan karyawan kegiatan operasi internal serta aspek keuangan perusahaan masih kurang diperhatikan. Pengukuran yang hanya mempertimbangkan kinerja manufaktur tersebut masih banyak memiliki kelemahan karena perusahaan tidak mampu mengukur harta-harta tak tampak dan kemampuan sumber daya manusianya. Pada penelitian ini konsep yang digunakan dalam merancang system pengukuran kinerja adalah Balanced Scorecard (BSC). Saat ini, kebanyakan perusahaan masih menggunakan pengukuran financial sebagai acuan pengukuran kinerja perusahaan, sehingga manajer tidak mengetahui sampai seberapa jauh pengaruh yang ditimbulkan akibat strategi yang mereka terapkan. Metode Balanced Scorecard melengkapai manajemen dengan framework yang mentranslasikan visi dan strategi ke dalam sistem pengukuran yang terintegrasi, yaitu: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, dan learning and growth perspective. Empat perspective di dalam BSC menyatakan adanya saling keterkaitan untuk dapat menggambarkan strategi yang dimiliki perusahaan. Dikatakan balanced karena pengukuran yang dilakukan berusaha menyeimbangkan antara pengukuran kinerja keuangan dan non-keuangan, tujuan jangka pendek dan jangka panjang, Iaggiilig indicator dan leading indicator, serta antara perspektif internal dan eksternal. Adapun perspektif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, sumber daya manusia dan organisasi, dan proses bisnis internal. Dari keempat perspektif ini kemudian dikembangkan menjadi indikator-indikator kinerja dapat diukur guna mengetahui tingkat pencapaian kinerja perusahaan.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. A - 122130102 - Deni Widiyanto (Revisi)

    Nama Perusahaan: PT. PRIMA INREKSA INDUSTRIES
    Judul Laporan KP: Penerapan Metode Line Balancing pada Lintas Penjahitan Upper Sepatu Levi's Horse Kid PT Prima Inreksa Industries
    Alamat: Jl. Industri Raya IV blok AG no.8 KM8, Desa Bunder, Kecamatan Cikupa Tangerang, Banten

    PT Prima Inreksa Industries merupakan sebuah perusahaan kontraktor sepatu yang melakukan kegiatan produksinya berdasarkan pesanan dari perusahaan-perusahaan sepatu khususnya yang berasal luar negeri. PT Prima Inreksa Industries didirikan pada tanggal 14 Desember 1988 dengan nomor akte 070.

    Jumlah karyawan yang dimiliki PT Prima Inreksa Industries saat ini adalah sebanyak 2.785 orang. Sebanyak 2.423 orang merupakan karyawan non-staff yang terdiri dari 616 orang laki-laki dan 1.807 orang perempuan dan sebanyak 352 orang karyawan staff yang terdiri dari 228 orang laki-laki dan 124 orang perempuan.

    PT Prima Inreksa Industries telah melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan sepatu antara lain:
    • LA GEAR, produksi dimulai pada tahun 1991.
    • FILA, produksi dimulai pada tahun 1993.
    • NIKE, produksi dimulai pada tahun 1996.
    • ADIDAS, produksi dimulai tahun 1997.
    • LEVI’S, produksi dimulai tahun 2009.

    Proses bisnis PT Prima Inreksa Industries diawali dengan penerimaan pesanan dari buyer. Perusahaan kemudian akan melakukan perhitungan-perhitungan finansial untuk menentukan harga yang akan dikenakan kepada buyer atas pesanannya tersebut. Jika buyer menyetujui harga maka pesanan akan dilanjutkan kepada departemen development yang akan mencari dan menentukan bahan baku yang akan digunakan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh buyer. Perusahaan kemudian akan melakukan produksi sampel sebagai bahan pertimbangan bagi buyer akan kualitas sepatu yang dapat dihasilkan oleh PT Prima Inreksa Industries. Setelah buyer menyetujui sampel maka produksi massal sepatu dimulai pada lantai produksi.

    BalasHapus
  53. A_122120055_Atmaka Yonni Kurniawan

    Nama Perusahaan: PT. Adaro Indonesia site Klanis Area
    Judul Laporan KP: Analisis sistem maintenance, repair, and operation (MRO) management (procurement and inventory management) pada warehouse dan purchasing section PT.Adaro Indonesia Klanis Site
    Alamat : Tanjung, Tabalong Kalimantan Selatan

    PT. Adaro indonesia ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri pertambangan batubara yang bertempatkan di Tanjung, Tabalong Kalimantan Selatan. PT. Adaro Indonesia ini memproduksi batubara yang ramah lingkungan, karena batubara yang dihasilkan mengandung sulfur, debu/asap, dan nitrogen yang sangat sedikit dibandingkan batubara perusahaan lainnya. Pada PT. Adaro Indonesia proses produksi lah yang menjadi prioritas utama dan sangat penting untuk menunjang kelangsungan batubara mereka. PT. Adaro Indonesia mempunyai 3 jenis produk yang dibagi berdasarkan kalorinya yaitu E4000, E4900, dan E5000. Untuk menunjang proses produksinya pastilah memerlukan dukungan dari berbagai bidang seperti bagian maintenance,logistic, maupun kontraktor yang membantu mengatasi hal-hal yang dapat menghambat alur proses yang harus segera diatasi. Dalam hal ini terkait mengenai salah satu departemen yang berhebungan langsung dengan dept. produksi yaitu logistik sangat diperhatikan dalam sistem logistik yang ada, terutama berhubungan dengan barang MRO atau Maintenance, Repair, and Operation goods. Pengadaan barang-barang MRO yang baik akan mendukung bagaimana sistem pendukung operasi pengolahan batu bara dan akan mendukung proses pengolahan batubara yang nantinya bertujuan untuk menghasilkan profit yang optimal untuk perusahaan.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. A_122120059_Muhammad Kahfi
    Nama Perusahaan: PT. SIAM CEMENT GROUP READYMIX INDONESIA
    Judul Laporan KP:ANALISIS PERFORMANSI MESIN MIXER BATCHING PLANT DENGAN MENGGUNAKAN METODE OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS)
    PADA PT. SIAM CEMENT GROUP READYMIX INDONESIA
    Alamat :
    1. Plant Yogyakarta - Kalasan

    Jl. Raya Solo Km. 12 Tirtomartani,

    Sleman, Yogyakarta

    Tlp. (0274) 496490

    Fax. (0274) 496489

    2. Plant Yogyakarta - Ringroad

    Jl. Ring Road Selatan

    Ds. Wirokerten, Kec. Banguntapan

    Kab. Bantul, Yogyakarta

    Tlp. (0274) 7493744

    Fax. (0274) 7493169

    PT. Jaya Readymix (Jayamix) adalah perusahaan pemasok beton siap pakai (readymix concrete) pertama dan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1972 dengan nama PT. Jaya Readymix, sejak 2012 Siam Cement Group (SCG) mengambil alih kepemilikan disertai dengan penggantian nama menjadi PT. SCG Readymix Indonesia.

    Saat ini wilayah operasional kami telah menjangkau kota-kota strategis di seluruh Indonesia dan menjadikan kami sebagai perusahaan beton siap pakai dengan cakupan wilayah terbesar di Indonesia. Kami dapat melayani proyek-proyek yang membutuhkan on-site batching plant dan telah mengukir reputasi yang sangat baik termasuk dalam melayani proyek-proyek yang berada di daerah terpencil dengan kondisi medan operasional yang sulit sekalipun.

    Sejak awal berdiri, kami memfokuskan diri untuk mencapai kesuksesan dengan menggunakan pengalaman yang diperoleh melalui kerjasama antara tenaga ahli dari Indonesia dan tenaga ahli asing.

    Konsep kerja sama ini tidak hanya dilaksanakan di masing–masing batching plant setiap harinya, akan tetapi juga ketika beberapa batching plant harus bekerja sama dalam menangani proyek-proyek besar yang sangat rumit dan dengan standar keselamatan yang tinggi, dimana sebagian besar diantaranya merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia

    Hal ini tidak saja mengukuhkan kami sebagai perusahaan beton siap pakai yang memiliki kapabilitas tinggi serta terpercaya di Indonesia, tetapi juga memungkinkan kami untuk turut serta dalam menyumbangkan keahliannya bagi pembangunan Indonesia baik di masa lalu maupun yang akan datang.

    BalasHapus
  56. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus