Minggu, 27 September 2015

Materi 3 Manajemen Informasi Perusahaan

Menurut Saliman, 2013 : Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting seiring dengan rumitnya kegiatan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi pelayanan yang memuskan pada para pelanggan.
Setiap pimpinan suatu lembaga selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subyek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru. Informasi telah ada sejak adanya manusia sampai saat ini dan masa mendatang. Kegunaan informasi juga  relatif  sama dari waktu ke waktu yaitu sebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan mulai dari keputusan individual sampai pada tingkatan keputusan seorang manajer profesional pada kalangan lembaga bisnis modern.
Kemampuan komputer mengelola informasi bisnis yang semakin kompleks dijelaskan oleh Reymond McLeod (2004:3) sebagai berikut :
“Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer.  Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topic ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit, dan kedua,  komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik”.
Output  informasi dari  komputer  digunakan oleh para manajer, non-manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manajer  berada pada semua tingkat organisasi perusahaan, dan dalam semua area bisnis. Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, supaya berhasil dalam aktivitasnya manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer (computer literate), tetapi yang lebih penting mereka perlu mengerti informasi (information literate).
Manajer  memanfaatkan banyak laporan atau informasi untuk memahami atau mengetahui kondisi fisik  perusahaan. Sehingga dapat dibayangkan betapa mudahnya seorang direktur memahami seluruh kondisi perusahaan dalam sesaat dengan memanfaatkan informasi, sekaligus mengandalkan informasi tersebut untuk pengambilan keputusan. Dengan demikian para manajer me nyadari sepenuhnya bahwa informasi merupakan suber daya yang sangat berharga, sehingga perlu dikelola sebaik-baiknya, hal ini senada dengan pendapat Wahyudi Kumorotomo ((2001:2) yang menjelaskan bahwa semakin banyak organisasi atau perusahaan yang mencurahkan perhatian utamanya pada penciptaan informasi yang bermanfaat bagi manajemen, namun yang lebih penting lagi adalah bahwa hanya perusahaan atau organisasi yang mampu mencari dan mendapatkan informasi secara efektif yang akan berhasil. Lebih jauh Reymond  McLeod (2004:3) menjelaskan tentang pentingnya sumber daya inforamsi, dengan memasukkan informasi ke dalam lima jenis utama sumber daya, yaitu: manusia, material, mesin (termasuk fasilitas dan energi), uang, dan informasi (termasuk data).
Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah,  dan informasi digunakan dalam membuat keputusan. Informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam mengolah informasi terdiri dari  berbagai  aplikasi berbasis komputer, seperti  SIA, SIM, DSS, kantor virtual dan sistem berbasis pengetahuan, Reymond McLeod (2004:14).
Sebagi bukti bahwa CBIS  itu  lebih efisien dari pendahulunya  (sistem manual),  dijelaskan oleh Reymond McLeod (2004:19) bahwa salah satu aplikasi komputer pertama adalah pengendalian persediaan  dan perusahaan umumnya dapat mengurangi investasi persediaan mereka dengan mengkomputerisasi catatan persediaan. Karena sukarnya mengukur nilai CBIS, perusahaan-perusahaan sangat berhati-hati dalam membuat keputusan untuk menerapkan sistem seperti itu. Banyak waktu manajer dan staf  yang  dihabiskan untuk mengevaluasi dampak sistem itu pada organisasi. Menimbang-nilai CBIS, dengan menggunakan gabungan ukuran-ukuran kuantitatif dan subyektif, adalah langkah kunci dalam mencapai sumber daya yang berharga ini.
Dalam beberapa hal,  nilai CBIS juga dapat dipertimbangkan dari siklus CBIS.  Tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hidup  yaitu :  lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusi ini disebut siklus hidup sistem (system life cycle  –  SLC), dan terdiri dari tahap-tahap berikut:  (1)  Perencanaan; (2)  Analisis; (3)  Rancangan; (4)  Penerapan; dan (5) Penggunaan. Siklus hidup suatu sistem berbasis komputer mungkin hanya berlangsung beberapa bulan, atau mungkin berlangsung beberapa tahun, sehingga dapat dikatakan bahwa CBIS mempunyai biaya yang tinggi. Cepat atau lambat, sifat dinamis  kebutuhan informasi  akan melampaui kemampuan sistem informasi, sehingga  sistem itu harus diperbarui.  Tahap-tahap siklus hidup  sistema membentuk suatu pola lingkaran. Saat suatu sistem berakhir masa kegunaannya dan harus diganti, suatu siklus hidup baru dimulai, diawali dengan tahap perencanaan.
Sistem informasi berbasis komputer tersebut lebih dikenal sebagai  (computer-based information system) atau CBIS.

393 komentar:

  1. D - 122130244 - Andana Dwi Aprilia Rakadiputra

    Salah satu proses pembentukan informasi yang ditampilkan oleh situs jne.co.id adalah tracking (pengecekan keberadaan/lokasi barang/paket).
    Pada fungsi tracking ini, konsumen diminta untuk menginputkan/memasukkan nomor resi sebagai data yang akan dibaca oleh sistem informasi situs tersebut.
    Nomor resi adalah kode tertentu yang digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman barang sebagai kode unik untuk setiap pengiriman barang dan bersifat rahasia.
    Setelah nomor resi dimasukkan, maka jne.co.id akan membaca data tersebut untuk kemudian diolah menjadi output/hasil/tampilan keberadaan/lokasi barang/paket konsumen.

    BalasHapus
  2. E_122130172_Hisyam Dwi Satrio

    Tugas 3

    OLX INDONESIA

    manfaatnya :
    1. situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara daring.
    2. tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.

    Elemen-elemen OLX antara lain: penjual, pembeli, barang, server, bank, kurir, uang, iklan.

    Keuntungannya :
    1. Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual.
    2. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya.
    3. OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut.
    4. Katagori penjualan barang dan jasa yang bervariasi yang memudahkan pencarian
    5. Pengelompokan tempat pencarian barang dan jasa yang memudahkan pembeli mengetahui tempat penjual

    Kerugian :
    1. Masa tayang iklan terbatas
    2. Setiap pengguna di OLX hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua .
    3. Banyaknya penjual yang tidak bertanggung jawab dan akhirnya merugikan pembeli

    Sasaran : Masyarakat semua golongan

    BalasHapus
  3. Tugas 3
    E - 122130132 - Rizki Ardliansyah.

    Blogger salah satu sistem informasi yang di buat oleh google yang mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu :
    1. Berbagi ilmu pengetahuan dan sarana sharing.
    Kita bisa berbagi ilmu melalui blog dengan mudah. Sehingga, kita bisa berbagi kepada orang lain di seluruh dunia dengan media ini. Misal kita berbagi ilmu lewat postingan , postingan tersebut dapat dilihat oleh orang ada di kota kita dan dapat pula di lihat di negara lain..

    2. Media Kreatifitas

    Kreatifitas tentunya tidak hanya berupa menggambar, melukis, atau hal yang lainnya. Kreatifitas juga merupakan bentuk tulisan. Dengan mempunyai blog, anda bisa melatih kreatifitas anda saat menulis di blog. Karena anda dituntut untuk membuat artikel yang unik, inspiratif, dan juga kreatif.
    Sebagai Media Mencari Teman

    Tidak hanya dengan Facebook, Twitter untuk mencari teman. Karena dengan blog sendiri, kita bisa mencari teman dari berbagai tempat. Saya sendiri sudah memiliki banyak teman dari berbagai tempat seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Palembang, Kalimantan, bahkan ada yang dari luar negeri.

    3. Sarana Mencari Uang

    Tidak hanya berbagi ilmu, mengasah kreatifitas, Blog juga bisa bermanfat untuk mencari uang. Namun tentunya tidak mudah untuk menghasilkan uang dari Blog. Harus memiliki jiwa bekerja keras dan juga mau berusaha untuk bisa Menghasilkan uang dari blog.

    3. Sebagai Identitas

    Blog juga bisa berguna sebagai identitas. Yang dimaksud disini adalah bisa identitas personal, perusahaan, atau identitas grup dan sejenisnya. Karena dengan Blog, kita bisa berkomunikasi dengan teman, client, partner, atau bahkan dosen . Sehingga anda lebih leluasa untuk menjelaskan seperti apa yang anda atau seperti apa yang anda tawarkan kepada mereka.

    BalasHapus
  4. E_122130050_Rizza Dwi Nusita

    Tugas 3

    MYOB
    manfaatnya :
    1. Mudah digunakan
    2. Tingkat keamanan yang cukup tinggi
    3. Kemampuan keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakaiannya
    4. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan
    5. Menampilkan laporan keuangan komprasi (perbandingan) serta menampilakn analisis dalam bentuk grafik

    Elemen-elemen MYOB antara lain: Accounts (Modul Perkiraan), Banking (Buku Cek), Sales (Modul Penjualan), Time Billing (Modul Penagihan), Purchase (Modul Pembelian), Payroll (Modul Penggajian), Inventory (Modul Pengelolaan Inventaris) dan Card File (File Kartu)

    Keuntungannya :
    1. Kemudahan penggunanya
    2. Penggunaan software dapat diandalkan
    3. Digunakan untuk pengeliolaan proyek
    4. Departmensasi
    5. Proses instalasi dan maintenance kyang murah
    6. Tenaga kerja yang paham MYOB cukup bayak
    7. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
    8. Nilai investasi yang relative murah
    9. Jangka waktu implementasi yang relative cepat

    Kerugian
    1. Tidak ada fitur perpajakan diddalamnya
    2. Tidak ada module fixed asset
    3. Kelemahan multi warehouse
    4. Tidak dapat digunakan untuk perusahaan multi company


    Sasaran : Perbankan

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. E- 122130245- Sarah ustwatun khasanah
    Yahoo messenger

    Kelebihan Yahoo Messenger :

    Selain mengobrol dengan cara mengetikkan percakapan kita, dengan Yahoo Messenger kita juga bisa mengobrol secara langsung seperti bertelepon. Tetapi kita membutuhkan headset dan koneksi internet yang stabil jika kita ingin mengobrol secara langsung. Yahoo Messenger juga menyediakan layanan web cam, dimana kita bisa melihat lawan bicara kita. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita membutuhkan kamera khusus yang terpasang di komputer kita. Layanan SMS ke telepon seluler juga bisa kita dapatkan secara gratis dengan menggunakan software ini. Dengan menggunakan Yahoo Messenger ini kita juga bisa mengirimkan file dokumen dan bisa langsung dibuka oleh lawan bicara. Foto kita juga bisa kita pasang di jendela messenger. Selain itu masih banyak lagi fasilitas Yahoo Messenger yang dapat kita gunakan. Kalau ingin chatting dengan mudah dan gampang, langsung saja download Yahoo Messenger di situs resminya.


    Kekurangan Yahoo Messenger:

    Selain ada kelebihan juga terdapat kekurangan .Kekurangan nya yaitu tidak ada ruangan atau room untuk menampung semua pengguna yahoo dari penjuru dunia. Room tersebut dibagi-bagi menurut regional, hobby, aktivitas, dan masih banyak lagi room yang lain. Dan tidak ada aplikasi yang tersedia di web yahoo messenger. Misalnya ketika kita sedang melakukan perbincangan di aplikasinya, kita juga dapat menggunakan aplikasi yang lain dengan teman perbincangan kita. Kemudian Emotion bergerak yang disediakan di web sangat terbatas. Perbincangan semakin menarik karena diadakannya emotion yang bermacam-macam dan bila emotion yang ada di aplikasinya bisa bergerak-gerak. jadi perbincangan bisa kita kreasikan dengan emotion sesuai yang kita mau.dan terakhir tidak ada tema yang bisa diubah-ubah. tema tersebut bisa diubah sesuai dengan kita mau. tema tersebut adalah background layer dari yahoo messenger.

    elemen-elemen yahoo messenger : orang,komputer (laptop),akun.

    BalasHapus
  7. E - 122130072 - Rizki anggar permadi
    Kelebihan dari Tokopedia

    1. Gratis
    Sobat-sobat netizen, berjualan di Tokopedia selain praktis -- di sini juga gratis. Bayangkan kalau sobat berjualan/buka kios di dunia nyata -- berapa biaya sewa yang harus sobat bayar setiap bulannya.
    Dari mana sumber pendapatan Tokopedia? Jawabannya adalah dengan menyediakan sistem member Gold. Sistem ini memiliki banyak kelebihan bagi penjual yang menggunakannya. Dan untuk mendaftar sebagai member gold akan dikenakan biaya oleh Tokopedia.

    2. Mudah terindeks mesin pencari
    Promosi yang gencar, serta tim pengelola website yang handal -- membuat produk-produk yang dijual di Tokopedia lebih mudah berada di jajaran atas mesin pencari.
    Apalagi kalau didukung dengan tulisan deskripsi barang yang sobat tulis dengan teknik SEO. Pastinya akan lebih banyak pembeli yang melihat barang-barang yang sobat jual di Tokopedia.

    3. Lebih aman karena adanya sistem rekening bersama
    Kebanyakan pembeli ragu dalam membeli barang secara online. Namun dengan adanya sistem rekening bersama di Tokopedia -- para pembeli merasa lebih aman.
    Perlu sobat ketahui, kalau rekening bersama adalah rekening gratis yang dikelola oleh Tokopedia. Rekening ini memungkinkan untuk keamanan dana -- karena dana dari pembeli tak langsung masuk ke rekening penjual. Dana pembeli akan disimpan dengan aman di rekening bersama milik Tokopedia. Setelah pembeli mengkonfirmasi kalau barang sudah datang di tempat mereka -- barulah Tokopedia akan mengirimkan dana pembeli dari rekening bersama menuju ke rekening penjual.

    Meskipun Tokopedia merupakan salah satu Situs jual-beli terpercaya di Indonesia dan merupakan salah satu website ecommerce terbesar di Indonesia -- Tokopedia juga tak luput dari beberapa kekurangan.


    Kekurangan

    1. Persaingan yang sangat ketat
    Karena kelebihannya yang gratis dan memiliki nama besar, hal itu membuat penjual semakin banyak di Tokopedia. Semakin banyak penjual, tentunya persaingan pun menjadi semakin ketat. Ada banyak barang sejenis yang dijual -- dan tentunya harganya sangat murah. Sobat harus siap bersaing dengan harga yang lebih murah lagi -- yang tentunya akan memangkas margin keuntungan.

    2. Terkadang pembeli lalai dalam mengkonfirmasi penerimaan barang
    Ini merupakan hal yang paling sering dikeluhkan para penjual, manakala pembeli lalai dan tak kunjung mengkonfirmasi kalau barang sudah sampai di tempat mereka. Alhasil, dana pun masih tersimpan di rekening bersama.
    Hal ini tentunya akan menyusahkan bagi para penjual yang modalnya masih minim. Kalau dana tidak dikirim ke rekening mereka, maka akan sulit bagi mereka untuk memutar modal.

    3. Memerlukan banyak barang agar dipandang bagus oleh pembeli
    Tahukah sobat, kalau banyak sekali penjual yang berjualan di Tokopedia? Hal ini tentunya membuat pembeli akan sangat selektif dalam memilih penjual.
    Selain faktor harga, pembeli juga melihat banyaknya stok dan variasi barang yang dipajang di etalase milik penjual. Pembeli cenderung memilih 'toko besar' yang memiliki banyak variasi barang yang dijual -- ketimbang toko yang menjual sedikit barang. Dan itu tentunya akan menyulitkan bagi sobat-sobat yang belum bisa memajang banyak barang.

    elemen elemen tokopedia : penjual, pembeli, barang, server, bank, kurir, uang, iklan.
    lingkungan : dunia maya

    BalasHapus
  8. E-122130257-Ahmad Nabil Fahmi

    Yahoo! Weather

    Manfaat:
    Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memantau setiap perkembangan cuaca dari suatu kota. Misalnya untuk mereka ingin ingin melakukan perjalanan ataupun liburan ke luar negeri. Nah.. agar kita bisa tahu kondisi cuaca di kota yang ingin kita tuju, maka kita bisa menggunakan failisitas yang disediakan oleh Yahoo! Weather.

    Kelebihan:
    1. Mudah diakses
    2. Informasi yang ditampilkan cukup detail
    3. Informasi yang ditampilkan cukup akurat
    4. Dapat mengetahui lokasi pengguna secara otomatis dengan menggunakan GPS
    5. Dapat diakses secara gratis

    Kekurangan:
    1. Diperlukan koneksi internet untuk mengakses
    2. Dapat menguras kuota data internet smartphone jika dihidupkan fitur auto refresh
    3. Dapat menguras baterai smartphone jika dihidupkan fitur auto refresh

    BalasHapus
  9. A_122130276_Rexy Altamirano
    LINE!

    Kelebihan LINE :

    1.LINE memberikan layanan free call untuk dapat bertelphone gratis antar sesama pengguna LINE tanpa dipotong biaya pulsa,hanya menggunakan data internet.
    2.Grup Messenger bisa sampai 100 anggota
    3.LINE mempunyai nomor telphone sebagai Account ID seperti Whatsapp,tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang meng-invite ID kita dan menyembunyikan nomor telphone kita jika itu privacy.
    4.Selain itu LINE juga menyediakan Add friend melalui QR code dapat dibuat gratis melalui LINE,sesuatu yang jarang di aplikasi serupa.
    5.Di LINE selain menyediakan emoticon dan autotext juga menambah tambahan baru yaitu Stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan expresi lebih banyak dan besar,dan juga ringan.
    6.LINE menyediakan fitur Block/Black List ID atau No HP yang tidak kita inginkan, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan kita.
    7.LINE memungkinkan digunakan di OS Windows/MacOS, jd yang belum mempunya Smartphone Ber OS IOS (Iphone) atau Android bisa Coba lewat PC


    Kekurangan LINE :
    1. Menurut saya Koneksi Data dari LINE masih belum terlalu stabil, masih belum sebaik whatsapp dalam mengirim dan menerima data.
    2.Untuk fitur Call akan berjalan lancar jika jalur data minimal 3G/HSDPA.
    3.Belum bisa untuk OS, winphone, symbian dan BB.

    BalasHapus
  10. A_122130258_Maulana Risakti

    E Toll Card

    Manfaat
    1.Sebagai pengganti uang tunai
    2.Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
    3. Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol seperti Indomaret dan SPBU

    Tujuan
    Memudahkan pengguna tol dengan mengurangi antrean di gerbang tol

    Sasaran
    1. Masyarakat yang menggunakan jalan tol untuk kegiatan sehari-hari
    2. Pegawai daerah perkotaan yang mengutamakan kecepatan
    3. Pemilik kendaraan pribadi beroda 4

    BalasHapus
  11. A_122130235_Aji Saputro
    Sistem Pemosisi Global (bahasa Inggris: Global Positioning System (GPS)) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyalgelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.
    GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
    Beberapa kelebihan GPS:
    a. Militer
    GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.
    b. Navigasi
    GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
    c. Sistem Informasi Geografis
    Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.
    d. Sistem pelacakan kendaraan
    Kegunaan lain GPS adalah sebagai pelacak kendaraan, dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.
    e. Pemantau gempa
    Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik.
    Kekurangan GPS
    a. Penggunaan GPS untuk mengetahui posisi yang mengandalkan setidaknya tiga satelit ini tidak selamanya akurat.
    b. Terkadang, dibutuhkan satu satelit untuk memperbaiki sinyal yang diterima. Ketidakakuratan posisi yang ditunjukkan
    c. GPS ini dipengaruhi oleh posisi satelit yang berubah dan adanya proses sinyal yang ditunda. Kecepatan sinyal GPS ini juga seringkali berubah karena dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang ada. Selain itu, sinyal GPS juga mudah berinteferensi dengan gelombang elektromagnetik lainnya.

    BalasHapus
  12. A-122130138-M.Dhinno.Setyawan

    Maanfaat Video Call

    untuk penggunaan video call ini saya menggunakan program Skype.
    Skype adalah aplikasi yang digunakan untuk bersosialisasi antar teman, kolega, rekan kerja, dosen maupun orang tua baik yang ada di satu wilayah maupun luar negeri Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) yang dapat mempermudah penggunnya berkomunikasi via web cam dengan bersistem voip yang artinya berhubungan dengan suara seperti telepon.Dengan Skype kita dapat melakukan panggilan dengan murah bahkan gratis, baik voice call maupun video call. Gratis untuk panggilan antar komputer, dan untuk panggilan ke telepon rumah atau handphone luar negeri lebih murah bila dibandingkan dengan menggunakan operator lokal. Jika dibandingkan software serupa Skype memiliki kualitas VoIP yang lebih baik. Selain untuk panggilan, Skype juga dapat digunakan untuk chatting, kirim SMS, Conference, Sent File, Voicemail hingga Call Forward.

    Kelebihan:
    1. Mudah diakses
    2. Informasi yang ditampilkan gambar cukup spesifik
    3. Informasi yang ditampilkan gambar akurat dan jernih.

    Kekurangan:
    1. Diperlukan koneksi internet untuk mengakses
    2. Dapat menguras kuota data internet smartphone
    3. Dapat menguras baterai smartphone bila terlalu lama video call an.

    BalasHapus
  13. Kelas B - 122130184 - Febri Trianto

    http://perpustakaan.jogjakota.go.id/
    Kemampuan :
    1. memudahkan kita di dalam mencari buku secara online
    2. mengadakan berbagai program dan lomba yang dapat diikuti masyarakat
    3. mempunyai koleksi bahan pustaka berupa buku dan bahan pustaka digital. Layanan ini disebut juga Diana (Digilib Andalan Perpuskota Jogja). Adapun isi dari Digital Library Perpustakaan Kota Yogyakarta antara lain :
    - Buku Sekolah Elektronik (BSE)
    - E-Book
    - PERDA
    - PERWAL
    - Buku Konten Jawa

    Sasaran :
    1. Menumbuhkan minat orang, baik masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa untuk membaca dan datang ke perpustakaan dengan segala fasilitas yang ada

    Manfaat :
    1. Menambah wawasan dan pengetahuan
    2. Menumbuhkan minat untuk datang langsung ke perpustakaan karena dilengkapi bermacam fasilitas dan sarana seperti koleksi buku yang lengkap, fasilitas internet, ruang baca yang nyaman, wifi area, gazebo, dan shelter

    Kelemahan :
    1. harus terdaftar sebagai anggota perpustakaan untuk dapat meminjam buku
    2. untuk mendapatkan layanan wifi dan internet harus mengisi buku, dan untuk akses internet melalui pc dibatasi jam nya
    3. kurang menarik minat masyarakat untuk berkunjung

    BalasHapus
  14. B - 122130233 - Satrio Mulyo Nugroho
    Sebuah web resmi dari acer yaitu www.acer .co.id memiliki manfaat yaitu:
    1. Kita dapat melihat spesifikasi langsung dari sebuah produk seperti laptops, desktop, tablets, smartphones, monitor, projectors, wearables.

    2. Info terbaru juga tertampil dilayar home seperti update windows 10, new produk, awards, dan lain-lainnya

    3. Where to buy, Memberikan info dimana lokasi toko acer terdekat dengan lokasi kita berada
    4. Service and Support, disini acer menyediakan update bios, manuals, drivers dan patchs sesuai dengan spesifikasi dan jenis laptop dengan cara mengidentifikasi serial number /SNID atau dengan melalui model produk.

    5. Acer Community, seperti sebuah forum diskusi tentang permasalahan computer produk acer dari permasalahan software sampai hardware dan bagaimana solusi untuk permasalahan tersebut.

    6. Allerts and recall, disini seperti memperingatkan dan memberitahukan tentang info terbaru seperti contoh acer memberikan baterai gratis untuk menggati baterai yang berpart nomor KT.0010J.001 dan KT.0010J.003 karena sering mangalami overhead.

    7. My User, Satu akun bisa digunakan untuk semua device acer


    BalasHapus
  15. A - 122130095 - Satria Anung Wibawa
    manfaat BPS.CO.ID adalah untuk menyammpaikan data secara online.
    -Keuntungan BPS.CO.ID
    database yang dimiliki BPS sudah lengkap sehingga membuat masyarakat masih mempercayai BPS sebagai wakil pemerintah untuk memberikan informasi tentang data. Selain itu, BPS memiliki jaringan luas dan program pengumpulan data yang sudah tertata.

    -Kekurangann BPS.CO.ID
    data-data yang disajikan oleh BPS masih bersifat umum . Tidak ada penjelasan lebih rinci yang menjelaskan mengapa data-data itu bisa muncul. Misalnya, BPS hanya menyajikan data tentang kenaikan inflasi. Namun, tidak dijelaskan faktor penyebab yang menyebabkan kenaikan inflasi itu.

    BalasHapus
  16. B-122130112-Adelin Siregar

    stasiun televisi swasta

    Sasaran:
    1.menyalurkan informasi ke seluruh masyarakat
    2.memberikan edukatif (Katanya!!!)
    Jadi dalam garis besar sasaran yang di tuju adalah Masyarakat

    Manfaat:
    1.memberikan kita informasi di seluruh dunia
    2.Salah satu media belajar (kalau bersifat edukatif),dll.

    Kekurangan:
    1.harus mempunyai Listrik
    2.harus Mempunyai Televisi
    3.kadang tidak bersifat edukatif

    BalasHapus
  17. A - 122130002 - Faizal Ramadhan
    - Manfaat Tiket online PT. KAI adalah mempermudah penumpang mereservasi tiket
    - Keuntungan Tiket online PT. KAI
    1. Mempermudah reservasi tiket
    2. Mempersingkat waktu antri
    - Kekurangan Tiket online PT. KAI
    1. Penumpang hanya mendapat booking code yang kemudia harus di print
    2. Database tiket online pt. Kai suka down dan sulit untuk reservase
    3. Keterbatasan dengan fasilitas internet
    4. Tidak semua penumpang mengerti cara pembeliannya

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. B_122130127_Rizqi Wahyu Setiawan
    TUGAS III

    Coolmath.com
    Kelebihan :
    1. Memberikan informasi mengenai matematika
    2. Memberikan pembelajaran dengan gratis
    3. Bisa diakses siapa saja
    4. Tidak harus melalui buku
    Kekurangan :
    1. Menggunakan bahasa inggris
    2. Jarang diperbaharui

    Sasaran : siswa, mahasiswa, guru, semua kalangan yang ingin belajar tentang matematika

    BalasHapus
  20. B - 122130055 - Mita Indah Pramudita
    Sistem informasi google maps
    Beberapa manfaat google maps di antaranya adalah :
    1.Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat. Karena dengan tekhnologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat.
    2.Membantu seseorang yang sedang bepergian untuk mencari jalan yang cepat pada lokasi yang hendak ditujunya.
    3.Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena dengan teknologi digital menjadikan kita tidak perlu ruang yang khusus untuk menyimpan sebuah peta. Sebab dalam google map ini data disimpan dalam bentuk digital.
    4.Bisa diakses dari mana saja. Dengan tekhnologi internet, menjadikan kita bisa mengakses peta tersebut dari berbagai tempat yang memiliki fasilitas internet.
    5.Mengetahui tempat tempat baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.
    6.Adanya pembaharuan data yang lebih cepat daripada menggunakan peta konvensional.

    Kekurangan google maps :
    1.Masih banyak tempat yang belum dipetakan
    2.Memakan waktu lama saat loading

    Sasaran : Masyarakat semua golongan

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. B - 122130074 - Chayene Christalia Kalalo

    TUGAS 3
    KOMPAS

    Manfaat:
    Kompas bermanfaat agar setiap pengunjung web ini bisa mengetahui berbagai informasi-informasi berupa berita yang penting baik dari dalam negeri maupun luar negeri, baik dari berbagai macam berita politik, entertainment, hingga sampai olahraga hanya dengan mengakses web ini.

    Tujuan:
    Agar masyarakat bisa menjalin sebuah komunikasi untuk mengungkapkan pendapat ataupun keluhan-keluhan mereka di dalam web ini, dan agar Pemerintah mengetahui berbagai persoalan berita dalam web ini.

    Elemen-elemen:
    1. Masyarakat atau pengunjung
    2. Admin
    3. Reporter

    Interaksi:
    Dalam web ini tanpa adanya admin maka web ini tidak bisa berjalan dengan baik dan tidak bisa di desain sedemikian rupa dengan baik untuk menarik pengunjung. Dan dengan tidak adanya admin maka web ini tidak bisa memberikan informasi-informasi berita penting untuk diketahui oleh masyarakat atau pengunjung itu sendiri. Dan tanpa adanya reporter maka admin tidak dapat mengetahui berita-berita penting yang telah didapat oleh reporter itu sendiri. Oleh karena itu, ketiga elemen ini saling berinteraksi satu sama lain.

    Sasaran:
    1. Masyarakat
    2. Pengamat berita
    . Pemerintah

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. B - 122130033 - Dikri Machmul Kurniawan
    Smart health card system atau yang lebih dikenal dengan nama Smart Card memiliki sasaran untuk mencatat riwayat kesehatan pasien.Smart Card ini memiliki kemampuan menyimpan rekam medis pasien karena memiliki chip untuk menyimpan informasi sehingga dapa diperbarui sewaktu-waktu.
    Manfaat Smartcard bagi pasien:
    >Pasien tidak perlu untuk mendaftar apabila ingin melakukan pemeriksaan di rumah sakit.
    >Keamanan Rekam medis pasien akan aman karena disimpan dalam database rumah sakit
    > smart card dapat berinteraksi dengan komputer yang ditunjuk untuk memungkinkan akses ke asuransi, penyedia pelayanan kesehatan
    Manfaat bagi rumah sakit,dokter/pelayan medis:
    >Mengurangi tumpukan rekap medis pasien
    >Dokter dapat melihat rekam medis pasien secara online dengan persetujuan pasien
    >Dokter tidak perlu lagi mengecek rekam medies pasien sehingga penanganan pasien lebih cepat dan efisien
    Manfaat bagi pihak penyedia smardcard:
    >Dengan melakukan kerja sama dengan rumah sakit maka pihak penyedia mendapat keuntungan dengan menyediakan kartu,card reader,serta menjaga database rekam medis
    Kelemahan:
    >Harga yang cukup mahal sehingga sedikit pasien yang memakai
    >Sedikit rumah sakit yang menggunakan smartcard khususnya di indonesia

    BalasHapus
  25. A - 122130045 - Sadam Khoirul Iman

    Bola.net

    sasaran : masyarakat umum yang ingin mengetahui berita-berita mengenai olahraga

    manfaat : bola.net bermanfaat agar setiap pengunjung web ini dapat mengetahui segala hal atau berita berita mengenai dunia olahraga, khususnya sepakbola

    Tujuan : agar masyarakat tidak ketinggalan berita terbaru tentang dunia olahraga, sehingga mereka tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia olahraga diluar maupun didalam negeri.

    BalasHapus
  26. A_122130009_Diaz Putra Dwipantara

    detiksport.com

    Manfaat :
    1. Memudahkan kita di dalam mengakses informasi olahraga
    2. Dapat info lebih cepat daripada media berita lainnya

    Sasaran :
    1. Atlet, Masyarakat umum, Pelajar, dan Mahasiswa

    Manfaat :
    1. Menambah wawasan dan pengetahuan
    2. Menumbuhkan minat orang, baik masyarakat umum, pelajar, dan mahasiswa untuk lebih meningkatkan prestasi dalam olahraga

    Kelemahan :
    1. Harus mempunyai koneksi internet untuk mengakses web detiksport.com

    BalasHapus
  27. B_122130022_Felix Zelin Pradina

    Manfaat dari website bengkelmusik.com
    - Sebagai media sharing seputar dunia musik online antar user di internet.

    Elemen
    - User
    - Administrator

    Sasaran
    - Masyarakat Pencinta Musik

    Keuntungan
    - Berisi berbagai macam subforum kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan yang kita inginkan.
    - Adanya file sharing sehingga user bisa berbagi file secara mudah.

    Kelemahan
    - design user interface yang kurang menarik dan terkesan kaku
    - adanya iklan atau popup di beberapa bagian web yang mengganggu
    - tidak tersedia fitur membaca bagi non member


    BalasHapus
  28. B_122130039_Maulana Aldy K

    Bank Indonesia (http://www.bi.go.id)
    Sasaran:
    >Memberikan informasi kepada masyarakat tentang stabilitas keuangan negara.

    Manfaat bagi pemilik:
    >Sebagai sarana pemberian informasi bantuan untuk mengelola berbagai masalah transaksi keuangan pemerintah.

    Manfaat bagi konsumen:
    >Dapat mengetahui nilai tukar kurs mata uang asing yang berpengaruh pada keuangan indonesia.
    >Acuan grafik valuta asing untuk Forex Online Trading.
    >Penyedia data harian ekonomi.
    >Menyediakan sejarah Bank Indonesia
    >Menyediakan data statistik ekonomi dan keuangan Indonesia.

    Manfaat pihak ke 3:
    >Sebagai model investasi bagi masyarakat dengan bunga bank, bila kestabilan mata uang di Indonesia tidak stabil maka masyarakat tidak akan mau untuk menyimpan uangnya di bank umum.

    BalasHapus
  29. B_122130267_Avian Wisnu Setiyoko

    liputan6.com

    Manfaat
    1.Dapat mengakses segala berita baik politik,hukum sosial,teknologi,olahraga,dll yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
    2.Dapat melakukan live streaming berita melalui smartphone
    3.Update berita yang ditampilkan cepat dan dapat di percaya sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan referensi.

    Sasaran
    Masyarakat umum

    kekurangan
    1.Membutuhkan media untuk mengakses web tersebut
    2. Tampilan berita kelihatan berantakan sehingga kurang efisiensi

    BalasHapus
  30. B-122130225-Gigih Jono Prasetio

    Sistem informasi : bantul.go.id
    Sasaran : Memberikan informasi mengenai kab. Bantul dan pemerintahannya.
    Manfaat bagi pemilik : Sebagai sarana penyampaian informasi kepada masyarakat luas umumnya dan masyarakat Bantul khususnya.
    Manfaat bagi Pengguna :Dapat mengetahui informasi terbaru mengenai kab. Bantul, dapat mencari informasi proker pemerintah kab. Bantul, dan dapat menyampaikan aspirasi masyarakat.
    Manfaat pihak ke 3 : dapat menjadi sumber dan sarana penyampaian informasi.

    BalasHapus
  31. B_122130065_Andra Dwi Prasetya

    sistem informasi : bola.net
    Manfaat :
    1. memberikan informasi yang uptudate mengenai info sepakbola terkini
    2. Memudahkan kita di dalam mengakses informasi olahraga
    3. Dapat info lebih cepat daripada media berita lainnya
    Sasaran : Pada Atlet, Masyarakat umum, Pelajar, dan Mahasiswa

    BalasHapus
  32. A -122130156 -Arranda Syahfitra Siregar

    Salah satu contoh sistem informasi yang sering saya gunakan adalah INSTAGRAM. INSTAGRAM adalah contoh sistem informasi yang melalui media sosial. INSTAGRAM digunakan oleh penggunanya untuk memberikan informasi keberadaannya melalui foto, video, dan dengan siapa dia berada. Tetapi sekarang INSTAGRAM ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mempromosikan bisnis mereka melalaui media informasi INSTAGRAM ini, yang biasa di kenal OLSHOP ( Online Shop).

    Salah satu Manfaat Instagram untuk bisnis :
    Dengan instagram pula kita dapat melakukan suatu bisnis, usaha, jasa ataupun produk yang kita inginkan dipromosikan lewat media jejaring sosial ini, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjalankan suatu bisnis dengan jejaring sosial Instagram:
    · Menunjukkan suatu produk
    Dengan instagram ini kita dapat menunjukan suatu produk barang yang akan kita jual kepada peminatnya. Dengan cara menunjukkan koleksi foto dari suatu barang produk yang kita miliki di instagram membuat para follower kita melakukan suatu windows shopping. Dengan cara bagikan foto dari barang terbaru dan koleksi lama yang kita miliki untuk di posting dalam instagram.

    · Menunjukkan bagaimana cara membuatnya
    Yang paling menyenangkan sebenarnya ialah melihat bagaimana cara dan proses produk itu dibuat. Berikan followers kita dengan gambar-gambar saat barang itu di buat, tidak perlu terlalu detail karena tujuan dari ini hanyalah memberi pengetahuan pembuatan kepada konsumen. Kita juga bisa membuat kumpulan foto dari sejak perencanaan hingga pengiriman barang melalui instagram.

    · Pembuatan di balik layar dari suatu produk
    Mempersiapkan suatu peluncuran promosi dan pelayanan produk merupakan suatu kerja keras yang harus kita hargai. Tapi akan lebih berkean jika hal tersebut bisa jadi suatu konten di dalam instagram kita. Dengan membagikan foto saat sedang melakukan pemotretan untuk suatu ikalan, pembuatn iklan komersil, ketika wawancara ataupun saat akan diluncurkan dengan begitu akan memudahkan konsumen yang membeli produk kita akan lebih terkesan dengan kerja keras kita sebelumnya.

    · Menunjukkan Fungsi dari suatu Produk
    Dengan instagram kita dapat membuat calon konsumen tahu apa saja kegunaan dari produk atau jasa yang kita tawarkan dengan memposting foto produk di dalam instagram. Kita juga dapat mengundang para pemakai jasa kita untuk membagikan foto saat memakai produk kita tersebut.

    · Memberikan Cuplikan Produk
    Dengan memberikan cuplikan pembuatan yang belum pernah dipublikasikan atau setidaknya di umumkan saat membuka toko akan membuat para pelanggan di instagram kita senang ketika mereka tahu bahwa merekalah yang mengetahui pertama kalinya informasi tentang produk yang kita jual.

    · Menunjukkan Kantor
    Suatu konsumen yang mengikuti sebuah brand favorit mereka di media sosial terkdang bertanya seperti apakah kantor tempat pembuatan produk tersebut. Maka dengan instagram mempermudah kita dalam mengambil foto-foto mengenai keseharian di dalam kantor kita seperti tempat kita melakukan pekerjaan kita, tempat olahraga, tempat rapat dan ruang makan.

    BalasHapus
  33. A_122130223_Zyan Kharisma

    naruchigo.com
    manfaat :
    - Sebagai hiburan
    - Menambah daya imajinasi dan kreativitas
    - Memberikan informasi tentang video anime jepang terupdate
    - dapat melihat dan menyimpan video untuk koleksi

    sasaran : Masyarakat umum Khususnya pecinta anime Jepang

    BalasHapus
  34. D_122130200_Kevin Stefanus

    http://ahmadmuhsinupn.blogspot.co.id

    1.Manfaat :
    - Mahasiswa dapat saling bertukar ide dari materi yang diberikan oleh dosen.
    - Menghemat biaya hardcopy materi pembelajaran, karena sudah tersedia softcopy materi.
    - Efektif dan efisien sebagai wadah atau media pembelajaran.

    2. Sasaran :
    - Dosen
    - Mahasiswa
    - Masyarakat umum yang memerlukan/membutuhkan sistem informasi.


    BalasHapus
  35. B-122130081-Anhar Dwi Kuntoro
    goal.com

    Manfaat : 1. Menambah wawasan tentang berita olahraga
    2. Memudahkan untuk mencari informasi olahraga
    3. Memberi informasi yang terbaru

    Sasaran : Masyarakat Umum

    BalasHapus
  36. D_122130167_Alan Walada

    http://motorantiks.com/
    Keunggulan
    - Memberikan Keterangan yang lengkap terhadap produk yang sulit untuk dicari
    - Memudahkan orang untuk mecari barang-barang spare part motor yang jarang ada di pasaran
    - Memberikan gambaran yang jelas terhadap setiap produk

    Sasaran
    - Semua kalangan

    BalasHapus
  37. D_122130171_Nadia Habriyana

    http://www.nike.com/id/en_gb/

    Keuntungan
    - Memberikan informasi terbaru tentang produk mereka
    - Desain web yang menarik
    - Mudah untuk mendapatkan Alat-Alat olahraga yang berkualitas

    Sasaran
    - Masyarakat

    BalasHapus
  38. B_122130248_Ria Melliyana Purba

    eBay
    Situs : eBay.com

    Manfaat

    eBay merupakan ajang pasar online dunia. Sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan jual dan beli berbagai barang dan jasa. eBay berguna sebagai sarana jual beli barang yang mendunia. Dapat digunakan untuk mempermudah seseorang untuk mencari barang yang diinginkan dengan praktis dan cepat.

    Kelebihan
    1. eBay memiliki kelebihan jual beli lelang.
    2. eBay mempertahankan sejumlah situs khusus.
    3. eBay memiliki proteksi ketika transaksi pembelian film.
    4. eBay dapat mencari barang yang jarang ditemukan.
    5. eBay memiliki penawaran mobile yang kuat seperti SMS alert, situs WAP, Java ME client dan apikasi iPhone Apple.
    6. eBay memiliki komunitas lain seperti Discussion Board, Groups, Answer, Center, Chat Rooms dan Reviews & Giudes.
    7. eBay menampilkan actor dan sutradara dalam sebuah film, review film movie trailer dan sebagainya.

    Kekurangan eBay
    1. Fitur yang ditampilkan eBay masih kalah bagus dengan Amazon.
    2. Rawan penipuan karena barang yang ditawarkan di eBay banyak yang murah harganya.
    3. eBay memiliki kekurangan dalam melakukan pencarian judul film, eBay cenderung membingungkan karena eBay tidak menggolongkan film berdasarkan formatnya.

    Sasaran :
    -masyarakat umum pengguna internet

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. A_122130207_avidito rio saputra
    Zalora.co.id
    Sasaran : masyarakat umun
    Keuntungan :
    1. Mampu memplubikasikan barang fashion kepada masyarakat melalui web ini,
    2.Mampu memberikan pilihan fashion kepada penggemar fashion lainnya.
    .Kerugian :

    1. Banyaknya penjual yang tidak bertanggung jawab dan akhirnya merugikan pembeli

    BalasHapus
  41. A_122130207_avidito rio saputra
    Zalora.co.id
    Sasaran : masyarakat umun
    Keuntungan :
    1. Mampu memplubikasikan barang fashion kepada masyarakat melalui web ini,
    2.Mampu memberikan pilihan fashion kepada penggemar fashion lainnya.
    .Kerugian :

    1. Banyaknya penjual yang tidak bertanggung jawab dan akhirnya merugikan pembeli

    BalasHapus
  42. B_122130219_AAN TRIHINDARTO

    Situs traveloka.com
    manfaat : traveloka.com membantu mempermudah masyarakat untuk mendapatkan tiket pesawat dengan mudah, cepat, praktis, efektif dan efisien. traveloka.com juga bisa digunakan untuk memesan hotel.

    keuntungan : Memilih jadwal penerbangan pesawat tidak perlu menjadi prosedur yang kompleks lagi, hanya tinggal membuka laptop dan menelusuri internet dan mencari situs Traveloka, dimana situs yang menyediakan khusus tiket penerbangan atau perjalanan lengkap ke seluruh Indonesia beserta dengan info harga jika langsung membookingnya.

    kerugian : lebih mahal harga bookingnya, jika pesan hotel hanya hotel yang mewah atau berbintang saja,

    sasaran : masyarakat umum.

    BalasHapus
  43. A_122130032_Pradeas Ridiasa

    Manfaat pss-sleman.co.id adalah untuk mengetahui segala macam informasi mengenai persepkbolaan sleman
    Keuntungan pss-sleman.co.id dapat membeli segala macam produk dari pss sleman dengan mudah dan lebih terkini
    Kekurangan pss-sleman.co.id adalah web ini tidak aktif atau tidak update ketika kompetisi persepakbolaan indonesia belum bergulir

    BalasHapus
  44. B_122130037_Herditya Mahardika

    SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian)

    Manfaat dari aplikasi simpleg adalah mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (profil kepegawaian) yang cepat dan akurat, dan memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian .

    Kelebihan aplikasi simpeg :
    1. Pemrosesan data informasi kepegawaian yang cepat dengan komputerisasi dapat dilakukan dengan cepat
    2. Informasi yang disampaikan lebih ringkas dan dapat dicari dengan cepat karena tersimpan dalam media penyimpanan yang dapat diakses setiap saat

    Sedangkan kelemahan dari sistem ini yaitu dapat mungkin timbul pada saat mendesain, menetapkan prosedur, mengimplementasikan maupun kelemahan atas sistem kontrol yang ada sehingga memicu tindakan pelanggaran oleh pelaku yang mencoba menyusup terhadap sistem tersebut.

    BalasHapus
  45. A - 122130279 - Muhammad Agung Susanto

    Sasaran : Masyarakat Umum terutama pecinta sepak bola

    Manfaat :
    1. Di situs ini kita dapat mengetahui score, jadwal,transfer pemain sepak bola dari semua negara ataupun seluruh dunia yang selalu up to date dan akurat.
    2. Selain itu kita dapat mengetahui informasi lainnya seperti info - info yang terjadi pada pemain bola tersebut

    Kekurangan :
    1. Bagi orang yang tidak dapat mengakses Internet, maka tidak akan tahu informasinya seperti apa.
    2. Masih menggunakan bahasa inggris, sehingga bagi masyarakat Indonesia sendiri, sulit menerjemahkan informasinya

    BalasHapus
  46. B_122120147_Puri Ria Handayani

    situs : http://www.jne.co.id
    JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia.

    Kelebihan-kelebihan yang dimiliki pada website JNE :

    Fasilitas trace dan tracking yang merupakan fitur unggulan website jne, dimana pelanggan dapat melacak pengiriman barang dengan menginputkan nomor resi pengiriman atau nomor Airwaybill (AWB). Dengan adanya fitur ini perusahaan menyajikan informasi pengiriman barang sehingga pelanggan dapat mengetahui kapan pengiriman tersebut dapat sampai ke tempat mereka.
    JNE menyediakan fasilitas testimoni dimana pelanggannya boleh menyalurkan pendapat, kritik maupun saran sehingga JNE dapat memantau tingkat kepuasan pelanggan atas jasa pengirimannya dan meningkatkan kinerja kerja mereka. Fitur ini tidak tersedia pada website tiki.
    Berbeda dengan Tiki, JNE menyediakan informasi baik berita maupun promo yang dapat secara langsung diakses oleh pelanggan tanpa harus melalui media telepon dan sebagainya.

    Kelemahan-kelemahan yang terdapat pada website JNE :

    Website JNE tidak menyediakan informasi umum tentang perusahaan mereka. Informasi umum tersebut adalah berupa history atau sejarah berdirinya perusahaan JNE. History atau sejarah merupakan hal yang cukup penting dimana perusahaan menceritakan sekilas tentang review perusahaannya kepada pelanggan mereka. Dalam hal ini lebih mendekatkan diri kepada pelanggan untuk mengenal perusahaan mereka.
    Walau pun website JNE menyediakan fitur pengecekkan biaya pengiriman, namun terdapat kekurangan dalam hal kemudahan dan kenyaman dimana pelanggan diharuskan mengisi “Captcha” sebelum proses pengecekkan tersebut dilakukan. Selain itu pengisian form berupa “FROM” dan “TO” tidak boleh diketikkan secara langsung. Ketika pelanggan mengisi nama kota akan muncul pilihan kota yang diharapkan, namun apabila pilihan tersebut tidak dipilih maka proses pengecekkan biaya tersebut dianggap tidak valid karena pengisian form tersebut tidak tepat.
    Website JNE tidak menyediakan fasilitas member atau registrasi member website. Member merupakan hal yang cukup penting dimana member tersebut memberikan informasi maupun data tentang pelanggan kepada perusahaan. Dalam hal ini perusahaan dapat memberikan promo khusus bagi member website yang dapat menarik antusias pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman mereka.
    JNE tidak menyediakan FAQ (Frequently Ask Questions). FAQ berisi daftar pertanyaan umum yang memudahkan pelanggan dalam memecahkan pemasalahan atau persoalan yang sering dialami pelanggan.

    Sasaran : masyrakat umum

    BalasHapus
  47. A_122130010_Sakti Gringsing
    Kemampuan :
    1.Mengetahui jadwal kuliah
    2.Mengetahui nilai akhir IPK/IPS
    3. Mengetahui nilai mata kuliah
    4. Input jadwal kuliah lebih mudah
    5. Mahasiswa lebih mudah menyampaikan kritik&saran
    6. Lebih cepat mengetahui pengumuman dari pihak jurusan
    Sasaran : Seluruh mahasiswa UPN
    Manfaat :
    1.Tidak terjadi tabrakan jadwal
    2. Dosen lebih mudah memasukkan nilai mahasiswa
    3. Mudah mengaksesnya

    BalasHapus
  48. B_122130205_Dwi Prasetyo

    GOOGLE MAIL ( gmail )
    kemampuan dari google email sudah saya buktikan sendiri dari sejak saya masih SMP saya sudah menggunakan account google dan sampai sekarang masih bisa diakses.
    manfaat dari account google :
    1. memudahkan saat mendaftar kedalam sebuah website
    2. memudahkan saat membuat komentar di blog
    3. dapat disinkronisasikan dengan berbagai jejaring sosial atau sosial media

    selain itu google account sangat mudah untuk diakses dan cenderung stabil.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. B_122130221_Ramadhan Arridho Aldeo

    kaskus.co.id
    Sasaran: masyarakat umum pengguna internet

    Manfaat:
    -bertukar informasi sesama pengguna sesama internet
    -berjualan secara online
    -forum untuk bertemu sesama kaskuser (kopi darat)

    Kekurangan:
    -informasi yang disediakan bersifat bebas hingga kadang menyinggung pihak lain
    -penggunaannya yang ribet bagi kaskuser pemula

    BalasHapus
  51. E_122130161_Dicky Alghoni

    Tugas 3

    Manfaat :

    -Nasabah dapat membuat transaksi atau membayar tagihan kapanpun. Sms/internet banking menghemat banyak waktu.
    -Sms/internet banking melalui HP sangat mudah untuk dimengerti. Tampilan dari mobile banking juga sangat simple. Nasabah hanya perlu mengikuti instruksi untuk melakukan transaksi.
    -Sms/internet banking mengefektifkan biaya. Kebanyakan bank menyediakan fasilitas Sms/internet banking dengan biaya yang rendah.
    -Sms/internet banking mengurangi resiko penipuan.
    -Sms/internet banking juga memberikan keuntungan bagi bank. Sms/internet banking mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis.

    Elemen :
    -Handphone(HP)
    -Jaringan (internet/pulsa)
    -Nasabah

    Interaksi :
    Nasabah dapat langsung berinteraksi dengan mengirimkan pesan transaksi yang anda inginkan berupa SMS, atau dengan menu melalui aplikasi:

    Tujuan :
    Nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui Sms/internet banking.

    BalasHapus
  52. A_122130199_dendi gumilang

    salah satu proses pembentukan informasi dari wikipedia adalah pengetahuan.
    orang - orang yang menggunakan internet kemudian menggunakan wikipedia ini mereka bisa mempostingkan informasi yang mereka tahu, kemudian orang lain akan mengetahui informasi tersebut lewat wikipedia ini. jadi dalam wikipedia ini semua orang dapat menambah pengetahuan nya lebih luas.

    BalasHapus
  53. D_122130091_Firra Aprindanti

    TUGAS 3

    Kemampuan sistem Informasi(SIMPUS)
    a. Menyimpan informasi riwayat kunjungan dari pasien dengan akurat. Penomoran Index yang tepat dan benar akan lebih mempermudah dalam proses pencarian data pasien tertentu.
    b. Input data yang cepat, dengan sumber data dari kartu registrasi pasien. Desain masukkan data yang dikembangkan dengan mengacu pada pengalaman di puskesmas menjadi pertimbangan utama untuk membuat proses entry harus cepat. Dalam kondisi normal hanya butuh waktu dibawah 1 menit untuk memasukkan satu data pasien.

    Manfaat Sistem Informasi (SIMPUS)
    a. Mempermudah dan mempercepat pelayanan
    b. Membakukan prosedur dan standar pelayanan
    c. Mendapatkan data dan informasi yang valid
    d. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pembukuan puskesmas
    e. Mengurangi beban kerja petugas puskesmas dan dinas kesehatan

    Sasaran Sistem Informasi (SIMPUS)
    a. Terbangunnya suatu sistem database untuk tingkat kabupaten, dengan memanfaatkan data-data kiriman dari puskesmas.
    b. Terjaganya data informasi dari puskesmas dan Dinas Kesehatan sehingga dapat dilakukan analisa dan evaluasi untuk berbagai macam penelitian.
    c. Terwujudnya unit informatika di Dinas Kesehatan Kabupaten yang mendukung terselenggaranya proses administrasi yang dapat meningkatkan kwalitas pelayanan dan mendukung pengeluaran kebijakan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
  54. D-122140120-Rista Wiharjanti
    Sasaran dari Facebook : para pengguna Facebook adalah masyarakat luas, tanpa adanya pengecualian yang dapat menggunakan Facebook.

    Manfaat dari Facebook :
    1. sebagai alat untuk berkomunikasi
    2. untuk menemukan teman yang sudah lama tak bertemu
    3. sebagai sarana promosi
    4. sebagai tempat mengungkapkan isi hati
    5. dapat meningkatkan kepercayaan diri
    6. dapat membantu menemukan jodoh

    BalasHapus
  55. D_122140142_Fairuz rizqi
    www.unilever.co.id
    sasaran :
    -untuk para customer yang ingin mencari info tentang produk2terbaru Unilever
    -untuk para pencari kerja yang ingin melamar di Unilveer

    manfaat :
    - memberikan informasi kepada para customer akan produk2 terbaru Unilever
    -pada 'info karir' dapat dijadikan referensi bagi para pelamar
    -dapat mengetahui harga saham Unilever
    -bagi masyarakat dapat mencontoh aksi2 (+) yang dapat diterapkan diri sendiri maupun lingkungan

    BalasHapus
  56. B_122130058_Naufal Rizqulloh Muharam

    website campus/sekolah : ex : Upnyk.ac.id

    sasaran :
    -untuk mahasiswa/mahasiswi staff pengajar dosen
    -untuk mmasyarakat umum

    -manfaat :
    -website ini bisa digunakan untuk menyimpan data administrasi mahasiswa/dosen
    -bisa digunakan untuk pengeluaran nilai
    -memudahkan akses informasi kampus kepada masyarakat luar
    -memudahkan informasi pembayaran

    BalasHapus
  57. D - 122130077 - Evelina Nadia Lispriyantika

    Blibli.com
    Sasaran: Masyarakat yang ingin berbelanja namun tidak memiliki waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan.

    Manfaat: Masyarakat dapat membeli berbagai macam barang yang tersedia dimanapun dan kapanpun.

    Keuntungan:
    1. Mendapat voucher registrasi sebesar 100000
    2. Mendapat poin dengan sangat mudah
    3. Bisa dibayar dengan cicilan 0% hingga 6-12 bulan
    4. Dilengkapi dengan pengamanan
    5. Customer care selalu ready setiap saat (24/7)
    6. Pengiriman gratis
    7. Legalitas perusahaan jelas

    BalasHapus
  58. C-122140039-Febrian Panji Nugroho
    Keunggulan SPBO Live Score
    Eye Catching

    Seperti yang terlihat, SPBO merupakan salah satu sits live score yang memiliki tampilan yang sederhana namun tetap enak dilihat. Sehingga setiap kali ada gol, maka Anda akan menemukan warna stabile yang sangat menawan pada situs ini.

    Seperti halnya di saat terjadi kartu merah, maka Anda akan melihat tanda merah dengan angka 1, 2 dan seterusnya. Dimana untuk angka 2 berarti ada dua pemain yang terkena kartu merah, dan selanjutnya. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa melakkan penyettingan suara gol. Sehingga setiap kali terjadi gol, maka Anda akan mendenagarkan suara tergantung dengan suara yang Anda pilih. Bisa dengan suara lembut ataupun suara keras yang membuat jantung Anda seperti mau colot. Terlebih untuk para bettors yang lebih suka bermain di posisi under.

    Fast Loading

    Hal menarik dari SPBO ini adalah, situs ini sangat mudah sekali diakses. Kecuali jika Anda mengunjungi situs aslinya. Karena pada situs aslinya, situs SPBO ini hanya menyediakan bahasa mandarin dan juga ada banyak tampilan banner dari iklan sponsor yang ada di mana – mana.

    Tidak hanya itu saja, situs ini juga menyediakan pergerakan odds yang bisa Anda lihat dibagian kanan samping ikon bola yang telah berjalan dengan tulisan odds. Jika Anda bisa membaca pergerakan odds ini, maka Anda bisa memprediksi kemenangan yang terjadi pada pertandingan tersebut.

    Punya WAP

    Anda tidak akan menemukan situs WAP yang bisa bertanding dengan SPBO. Karena situs SPBO ini ternyata juga memiliki alamat wap yang jarang dimiliki oleh situs tandingannya. Alamat situ swap SPBO adalah http://spbo.com. Sehingga jika Anda tidak sempat untuk melihat SPBO live score pada PC Anda, maka Anda tetap bisa mengetahi informasi skor sepak bola yang sedang bertanding melalui ponsel Anda. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa juga menemukan pasaran bola dari pertandingan tersebut.

    Nah, itu tadi adalah sedikit ulasan tentang keunggulan SPBO live score dan alasan kenapa SPBO live score digandrungi banyak orang. Meskipun sebenarnya ada pula hal – hal negative dan kekurangan pada SPBO. Tapi sepertinya hal tersebut cukup dimaafkan oleh para bettors. Berikut adalah kekurangan SPBO live score, antara lain:

    Kekurangan SPBO Live Score

    Jika sebelumnya kami bahas tentang kelebihan dari SPBO live score, kini saatnya Anda mengerahui kekurangan SPBO yang sering kali membuat banyak orang menjadi bingung, antara lain:

    Data kurang Kredibel

    Ada kalanya SPBO live score ini memberikan informasi skor yang kurang kredibel. Entah itu dikarenakan adanya human error dalam penginputan data atau bisa juga karena gol yang terjadi adalah gol offside. Dimana gol tersebut otomatis akan ditarik kembali dan dibatalkan dengan sendirinya sehingga membuat gol tersebut dihapus dari layar. Untuk itulah jika Anda mengacu pada SPBO live score dan masih bingung dengan score yang ditampilkan, sebaiknya jika ada gol yang terjadi dan muncul dilayar, maka tunggulah sampai 2 menit dari gol tersebut. Jika nanti gol tersebut tidak dihapus dari layar, maka bisa dipastikan bahwa gol tersebut adalah gol yang benar dan sah.

    Gol tidak Terpdate

    Masalah yang satu ini mungkin hampir mirip dengan masalah data kurang kredibel. Karena ada kalanya juga kadang pada SPBO live score ini golnya tidak diupdate meskipun sudah terjadi gol. Sehingga Anda harus mengeceknya kembali ke agen bola sebelum Anda mulai menempatkan taruhan bola Anda saat taruhan bola sedang berjalan.

    Waktu tidak Tepat

    Yang paling disayangkan dari SPBO live score ini adalah, kadang waktu mulai dan juga waktu berakhirnya pertandingan kurang tepat. Terkadang bisa selisih hingga 3 – 5 menit. Sehingga jika Anda melihat waktuya adalah 90 menit, maka Anda harus menambahkan sendiri sekitar 3 hingga 5 menit lagi sebelum mengetah bahwa laga tersebut akan usai. Jadi, jika Anda belum melihat tulisan FT di layar, jangan pernah bahagia dan tertawa terlebih dahulu. Karena pada saat itu terkadang masih bisa tercipta gol dan semuanya bisa berubah kapan saja.

    BalasHapus
  59. C_122140050_Reza Satria Munandar
    Lazada.co.id

    Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia.

    Kelebihan
    1.Beraneka Ragam Produk Tersedia
    2.Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
    3.Website yang user friendly
    4.Bebas Ongkos Kirim
    5.Bisa COD (Cash On Delivery)
    6.Pengiriman Barang Cepat

    Kekurangan
    1.Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
    2.Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
    3.Keterlambatan dalam mengirim barang
    4.Customer service kurang mempuni
    5.Kurang jelas dalam memberi keterangan merchant
    6.Tidak ada keterangan dan pemberlakuan oleh system
    7.Produk dikirim terkadang produk yang kurang baik.

    Manfaat belanja online
    1.Harga yang Lebih Baik dan Diskon yang Lebih Besar
    2.Kenyamanan
    3.Variasi Barang
    4.Terhindar dari Taktik Perangkap
    5.Privasi Terjaga

    BalasHapus
  60. C_122140012_Aditya ihza Mahendra
    Situs : Youtube.com
    Youtube adalah situs web yang berisiberbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube sendiri.
    Sasaran : Masyarakat secara umum/ keseluruhan
    manfaat :
    1.Sebagai sarana untuk promosi
    2. sebagai sarana untuk hiburan (mendengarkan musik, menonton film dll.)
    3. Sebagai sarana untuk belajar (misal menonton proses metabolisme manusia )
    kekurangan :
    1. terjadi banyak pelanggaran hak cipta
    2. terdapat banyak video yg berbau pornografi
    Elemen2 : Internet, pengguna(user), Uploader(pengupload video), gadget untuk membuka web(hp,pc,dll)
    Interaksi : user membuka web, dengan gatget yg terhubung internet, dan melihat video yg di upload oleh uploader.
    Tujuan : user dapat mencari informasi berupa video di internet.

    BalasHapus
  61. C_122140046_Adams Wijaya B
    Steampowered.com

    Steam adalah distributor permainan digital milik Valve dengan cara membeli via pembayaran daring dengan media unduhan. Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan. Cara kerjanya dengan mengunduh perangkat lunak Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada.

    Kelebihan:
    1. Legal
    2. Sering diadakan diskon besar-besaran.
    3. Menerima permainan video yang sudah dibeli dengan segera tanpa harus membayar ongkos pengiriman.
    4. Permainan video yang telah dibeli akan ada di database Steam.
    5. Adanya fitur permainan multi dan biasanya permainan yang terdapat di Steam mendukung fitur Komunitas.
    6. Terdapat Greenlight, dimana pembuat permainan video dapat mempublikasikan karya mereka dan bahkan dimasukkan ke dalam toko Steam bila syaratya terpenuhi.

    Kekurangan:
    1.Hanya ada 1 serial key.
    2. Memakai sistem unduh.
    3. Dulu, sistem pembayaran hanya bisa melalui via Paypal atau kartu kredit saja, namun sekarang sudah mendukung pembelian dengan pulsa atau voucher, walaupun melalui pihak ketiga.

    Sasaran:
    1. Masyarakat umum yang bermain game

    BalasHapus
  62. D-122140120-Rista Wiharjanti
    TUGAS 4
    proses pembentukan informasi pada Twitter : ketika kita sudah membuka Twitter, kita dapat menulis tweet (kicauan) lalu kita postingkan tweet tersebut.
    Yang ditampilkan pada Sistem Informasi Twitter : tweet (kicauan) yang dapat berupa pengungkapan isi hati maupun promosi atau informasi mengenai dunia luar lainnya.

    BalasHapus
  63. D_122130126_Dinda Ayuningtyas
    situs : Kaskus.co.id

    Review
    askus.co.id adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia yang memuat informasi-informasi bermanfaat, iklan jual beli, dan lain sebagainya.. Kaskus ada sejak tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Kaskus memiliki kepanjangan yaitu Kasak Kusuk. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini.


    Sasaran :
    Masyarakat umum, individu, kelompok, komunitas, grup, dan lain sebagainya.

    Manfaat :
    1. Sebagai tempat mencari ilmu dan informasi-informasi menarik
    2. Banyak forum yang dapat dimanfaatkan karena sesuai dengan kesenangan pengguna yang memuat informasi banyak
    3. sebagai tempat untuk mengisi kekosongan waktu luang dan nambah pengetahuan
    4. sebagai tempat hiburan
    5. tempat untuk mencari barang, info dan teman

    BalasHapus
  64. D_122140117_Amalia Atika Rahma
    TUGAS 4
    Proses pembentukan informasi dari LAZADA adalah membuat belanja lebih mudah. Situs LAZADA dibuat agar konsumen (pembeli) lebih mudah dalam membeli barang dengan cara online. Para konsumen dan pihak LAZADA dapat bersama-sama mengakses situs ini untuk keuntungan masing-masing. Untuk pihak LAZADA, dapat meng-upload barang yang akan dijual dan di informasikan kepada para konsumen dan konsumen dapat mencari barang yang diinginkan dengan mudah dan harga lebih miring dari yang dijual di toko-toko besar. si ditus LAZADA informasi yang disampaikan mengenai barang yang dibutuhkan oleh para konsumen. Contohnya, pakaian, make-up, alat elektronik, aksesoris apa saja untuk semua Genre & umur. Pihak LAZADA biasanya juga memberikan potongan harga (diskon) pada item-item tertentu.

    BalasHapus
  65. D_122140126_Dinda Ayuningtyas
    TUGAS 4
    Proses pembentukan informasi Pada Kaskus.co.id : karena manfaatnya yang memuat dan dapat mempostingkan berbagai informasi,iklan, ilmu, berita, dan masih banyak lagi, maka pengguna dapat memposting dengan membuka situs Kaskus.co.id, mendaftar menjadi member(apabila belum menjadi member) dengan cara sign up, jika sudah lalu mempostingkan berbagai informasi yang ingin dibagikan kepada pengguna lain.
    yang ditampilkan dari sistem informasi Kaskus.co.id ini berupa tulisan tulisan dan gambar yang memuat informasi di seluruh dunia.

    BalasHapus
  66. D_122140116_Aprilia Wira Edline
    Tugas 3

    Manfaat Penggunaan aplikasi Line :
    1. sebagai sarana pertukaran yang mudah digunakan seperti : selain dapat mengirim personal chat ke banyak penguna, line dapat digunakan untuk menelepon sesama anggota line, video call jarak jauh dengan gratis mengunakan jaringan internet dimanapun tanpa mengambil pulsa yang begitu banyak.
    2. Dapat digunakan sebagai sarana berbisnis online
    3. Sarana penyampaian informasi untuk komunitas menggunakan fitur akun official line, dan fitur broadcast message yang memudahkan promosi secara massal.

    Sasaran Pengguna :
    1.Pelaku bisnis, khususnya bisnis UKM mau itu bisnis kecil maupun menengah yang ingin beralih ke cara digital dalam memasarkan produk/jasa.
    2. kalangan remaja
    3. komunitas organisasi

    BalasHapus
  67. A_122130109_Made Piyan Hariyasa
    tugas 3

    manfaat penggunaan aplikasi App Store

    Apllikasi di App Store umumnya ditargetkan untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad dan dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus pada perangkat seperti sensor gerak untuk kontrol permainan dan kamera untuk panggilan video daring. Aplikasi dapat diunduh gratis atau dengan harga yang ditetapkan. Selain itu bisa juga menggunakan cara monetisasi dalam aplikasi seperti iklan atau pembelian item. Apple mengambil 30 persen keuntungan yang didapat melalui aplikasi dan 70 persen sisanya dikembalikan ke produsen aplikasi.

    Sasaran pengguna:
    1.masyarakat umum yang mengerti dengan teknologi
    2. masyarakat kalangan menengah keatas dengan membeli aplikasi secara prabayar.

    Kekurangan:
    1.cukup mahal untuk mendownload aplikasi berprabayar
    2. hanya tersedia di iphone dan mac

    BalasHapus
  68. D_122140101_NashaCattleya

    TUGAS 4
    Proses pembentukan informasi pada YouTube.com adalah membuat dan memungkinkan pengguna agar lebih mudah mengakses, mengunggah dan menonton berbagai macam video. Masyarakat sebagai pengguna dapat mengakses banyak fiture di YouTube, termasuk suka, langganan, tonton nanti, dan riwayat tontonan. YouTube juga dapat merekomendasikan berbagai video berdasarkan video yang telah anda tonton, sukai, dan dijadikan sebagai langganan. Agar dapat mengupload video, menulis komentar, atau membuat daftar putar sebaiknya perlu membuat akun atau mendaftar terlebih dahulu di situs YouTube. Saat daftar di youtube maka anda akan mendapatkan akun untuk bisa login dan upload file video.

    BalasHapus
  69. D_122140115_Ni Made Septia Bintari

    Tugas 3

    Sasaran Zenius
    siswa-siswi sd, smp, sma, serta guru yang ingin mengetahui dan menerapkan proses pembelajaran seperti zenius.

    Manfaat Penggunaan Zenius
    -lebih mudah berkosentrasi saat menerima materi karena sifatnya privat "one on one"
    -lebih kreatif menyelesaikan bentuk soal baru karena zenius berfokus pada penguasaan konsep, bukan mengahafal
    -tak mudah lupa materi karena dapat diputar berulang-ulang
    -menghilangkan rasa malas belajar
    -tak perlu menghabiskan waktu dan energi

    kelebihan zenius
    -harga terjangkau
    -materinya komplit dari sd-sma
    -kumpulan soal dan pembahasan yang banyak
    -cara mengajarnya jelas dan bikin ngerti
    -bebas akses 24 jam
    -video streaming gak berat dan juga gak makan kouta banyak
    -gak pernah down websitenya

    BalasHapus
  70. D_122140115_Ni Made Septia Bintari

    Tugas 4

    Proses pembuatan informasi dari zenius adalah mempermudah proses belajar. Situs zenius dibuat, agar pemakai mudah dalam mengakses materi-materi pembelajaran, dimana materi-materi tersebut ada yang dalam bentuk video. Disitus zenius, pembelajaran yang disampaikan mengenai materi-materi sekolah, baik sd, smp, sma, baik yang dalam menghadapi sbmptn.

    BalasHapus
  71. D_122130177_Sapto Winarno
    Proses pembentukan infomasi dari cekresi.com : Pengguna internet awalnya membuka website cekresi.com. kemudian pengguna memasukan data berupa nomor resi dari jasa pengiriman apapun. Maka website cekresi.com akan menampilkan informasi berupa status/posisi barang kiriman dan jasa pengiriman yang digunakan secara otomatis.

    BalasHapus
  72. A - 122130204 - Luthfi Hadinata
    www.21cineplex.com

    Sasaran: Masyarakat yang ingin menonton film di bioskop 21 Cineplex

    Manfaat: Masyarakat dapat mengetahui jadwal tayang dan film yang akan tayang di bioskop 21 Cineplex

    Keuntungan:
    1. Dapat mengetahui sinopsis film yang akan ditonton
    2. Dapat melihat trailer film yang sedang tayang
    3. Dapat melihat jadwal main film terbaru yang tayang di 21 Cineplex

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. A - 122130204 - Luthfi Hadinata
    Proses pembentukan infomasi dari 21cineplex.com : Pada awalnya pengguna membuka website .21cineplexcom, setelah dibuka maka di website tersebut akan menampilkan informasi berupa jadwal film yang sedang tayang maupun akan tayang dan trailer film.

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. D_122140140_Amelina Octaviani

    Tugas 3
    Manfaat thebodyshop.com
    -Memberikan informasi mengenai produk2 kecantikan the body shop
    -menjadikan waktu lebih efisien karena dapat memesan produk secara online
    -memberikan banyak pilihan atas produk kecantikan, misalnya lipstick, parfume, soap, night/day cream, dll
    -memberikan informasi lainnya seperti cara penggunaan, kegunaan, komposisi, harga dll

    Sasarannya adalah
    Bapak2/ibu2/pemuda/pemudi bahkan sampai anak2, karena produk the body shop terdiri atas berbagai macam jenis yang di berikan untuk berbagai jenis kalangan

    BalasHapus
  77. D_122140140_Amelina Octaviani

    Tugas 4

    Proses pembentukan sistem informasi pada thebodyshop adalah dapat membuat belanja lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Karena di dalam situs tersebut sudah berisikan informasi mengenai produknya misalnya harga, komposisi, kegunaan dan sebagainya.

    BalasHapus
  78. D-122130186-Muhamad Yoga Pratama

    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada kbbi.web.id yaitu user menginputkan kata pada kolom pencarian lalu kemudian klik enter. Kbbi.web.id akan memberikan hasil dari pencarian yang diinputkan oleh user. Dari hasil pencarian user akan ditampilkan arti dari kata yang dicarinya serta penjelasan dari kata tersebut.

    BalasHapus
  79. C - 122140084 - Bekti Sulistiyani

    PT. Kereta Api Indonesia terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan meresmikan reservasi atau pemesanan tiket kereta api online lewat internet salah satunya dengan menggunakan smartphone untuk memesan tiket kereta api ini, calon penumpang dapat melakukan memesanan tiket kereta api ataupun sekedar ingin tahu jadwal kereta api indonesia dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Aplikasi resmi ini disebut Kereta Api Indonesia Official Mobile Application. Dapat dengan mudah menemukannya di Google Play/App Store/blackberry app world dengan keyword kereta api acces

    Sasaran: Masyarakat umum
    Manfaat : 1. Banyak waktu yang tidak terbuang
    2. Informasi-informasi seputar kereta api indonesia
    3. Tidak perlu mengantri pada saat pembelian tiket
    4. Memeriksa kode booking tiket kereta api
    5. Melihat lokasi stasiun terdekat di tempat tujuan
    6. Relatif lebih aman

    Kekurangan:
    1. Sistemnya sendiri kurang siap, server dari website penyedia tiket kereta api tidak kuat menampung traffic yang begitu besar dari orang-orang yang hendak mencari tiket. Hasilnya server down dan tidak bisa mengakses website yang bersangkutan.
    2. Jika sistem online bermasalah, maka harus rela dan wajib mengantri berjam-jam di stasiun untuk membeli tiket kereta

    BalasHapus
  80. C_122140003_Shofwana Hafidh
    Tugas 3

    Google maps
    Kemampuan :
    Dapat menunjukkan arah lokasi pada peta dan mengarahkan arah ke tempat yang ingin kita tuju dengan mengetikkan atau meng-inputkan lokasi pada google maps

    Sasaran :
    -untuk para traveler
    -seseorang yang yang tidak mengetahui letak suatu daerah
    -orang yang tersesat

    Manfaat :
    -dapat membantu menunjukkan arah
    -memperlihatkan rute yang tidak macet untuk dilalui
    -menunjukkan rute tercepat dalam pemilihan jalan menuju suatu lokasi

    BalasHapus
  81. C_122140083_DwiRatnaVillaJenny
    Kelebihan Google

    Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
    Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
    Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
    Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
    Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id.
    Sangat enteng dan cepat diakses.
    Kekurangan Google

    Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
    Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
    Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
    Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.

    BalasHapus
  82. E_122120005_oji risvani
    LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna

    -manfaat LINE
    dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks,
    mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan
    - sasaran
    semua kalangan ,dari remaja sampai manula di seluruh dunia

    BalasHapus
  83. D-1222140142-Fairuz Rizqi
    proses pembentukan informasi pada Unilever,membuka web Unilever yaitu unilever.co.id,setelah terbuka,tercantum banyak info yang dibutuhkan,mulai dari produk2nya,harga saham, lowongan kerja hingga aksi2 (+) yang dapat ditiru oleh masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  84. C_122140044_Arif Budiman

    Brainly.com adalah situs sebagai sarana diskusi online antara pelajar dan pengajar untuk menyelesaikan soal-soal. Di situs ini kita dapat juga mengajukan persoalan dan dapat juga menyelesaikan persoalan yang diberikan pengguna lain.

    Sasaran : Masyarakat luas, Pengajar, dan Pelajar

    Manfaat :
    - Bisa menemukan pemecahan soal yang dihadapi
    - Belajar online
    - Dapat bertanya kepada banyak pengajar
    - Bisa berdiskusi dengan sesama pengguna

    BalasHapus
  85. D_122140135_Maulana Arif
    twitter.com adalah sebuah jejaring sosial yang terdiri dari 140 karakter yang disebut Tweet. ini adalah sebuah cara yang mudah untuk menemukan berita, informasi, ataupun teman baru, dan apa yang sedang menjadi trending topic(informasi terpopuler).
    Twitter itu berfungsi sebagai:
    1.sebagai tempat mencari/melihat informasi
    2.sebagai tempat mencari teman baru
    3.sebagai tempat curhat
    4.sebagai tempat promosi
    Sasaran dari twitter itu sendiri adalah kaum remaja dan dewasa baik pelajar maupun nonpelajar.

    BalasHapus
  86. D_122130008_Yudi Pratama Putra

    Medilum merupakan salah satu Asuransi kesehatan yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT.Schlumberger, PT.VICO, PT. Halliburton, dll

    Sasaran :
    Kepada para pengguna Medilum (Perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Medilum)

    Manfaaat:
    a. Perlindungan jiwa
    b. Memberikan gratis Biaya kesehatan seperti biaya dokter, perawatan rumah sakit, obat-obatan
    c. Memberikan keleluasaan untuk berkonsultasi tentang manajemen resiko dan solusinya dengan jaringan yang sangat luas
    d. Tersedianya panggilan layanan pelanggan gratis, yang dapat memberikan klaim tentang kesehatan para pengguna Medilum dalam waktu 1 kali dalam sebulan

    BalasHapus
  87. D_122130008_Yudi Pratama Putra

    Medilum merupakan salah satu Asuransi kesehatan yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT.Schlumberger, PT.VICO, PT. Halliburton, dll

    Sasaran :
    Kepada para pengguna Medilum (Perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Medilum)

    Manfaaat:
    a. Perlindungan jiwa
    b. Memberikan gratis Biaya kesehatan seperti biaya dokter, perawatan rumah sakit, obat-obatan
    c. Memberikan keleluasaan untuk berkonsultasi tentang manajemen resiko dan solusinya dengan jaringan yang sangat luas
    d. Tersedianya panggilan layanan pelanggan gratis, yang dapat memberikan klaim tentang kesehatan para pengguna Medilum dalam waktu 1 kali dalam sebulan

    BalasHapus
  88. D_122140137_HARI_RAMDANI

    Path dikenal sebab desainnya - mereka pembuat aplikasi itu pernah berupaya keras bagi membentuk ikatan perasaan yang kuat di dalam aplikasi ini dengan cara memasarkan perhatian sampai pada hal-hal paling kecil dan serta mempertimbangkan masak-masak semua potongan yang nimbul. Mulai dari gradasi warna pada tombol hingga adanya fitur fitur tertentu yang dapat diredupkan saat kamu melihat ke foto, seluruh hal-hal kecil itu disatukan oleh Path membentuk aplikasi yang bagus. Bagikan hidup yang anda jalani, dengan orang-orang terdekatmu pasti yang amat kamu sayangi, di tempat indah yang dapat kamu kendalikan sepenuhnya.
    Fitur - Fitur Path:


    >> raga pribadimu - berisi Catatan sehari-hari pemikiran, waktu tidur, dan check-in.
    >> Mencari memori - Anda dapat mencari semua kejadian masa lalu berdasar kata kunci, musim, cuaca, tanggal, orang, tempat, maupun masih banyak lagi.
    >> Kumpulkan & bagikan saat-saat media - Anda dapat membuat musik yang kamu dengar supaya teman-teman juga bisa mendengarnya, film yang kamu tonton, danjuga buku yang kamu baca.
    >> Berbagi dengan artistik - Anda bisa membikin foto menggunakan sejumlah filter dan generator bantu editing terbaik yang ada pada piranti tenteng.
    >> terka kehangatan kasih sayang - Sahabat maupun keluarga dapat merespon dengan senyum, tawa, kagum, cinta, stiker, komentar, dan masih banyak lagi.
    >> Posting menyebar - Sebarkan ke mana pun yang yu mau dengan mengirim momen Path kedalam Facebook, Twitter, Tumblr, dan Foursquare.
    >> Mengirim pesan - Cara yang cepat, menyenangkan dan privat untuk Anda dapat mengirim pesan ke keluarga dan sahabat, baik dengan satu orang atau dalam kelompok kecil. Bisa dengan tulisan, suara, lokasi, media, stiker, ataupun masih banyaknya lagi.
    Path diluncurkan pada awal bulan November 2010 dan sejak itu juga path mampu menghasilkan jutaan user. aplikasi yang dapat memberikan penggunanya fasilitas untuk memotret semua pengalaman mereka. Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.

    Kelebihan :

    -Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
    - Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
    - Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
    - Memiliki fitur chat
    - Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita

    Kekurangan :
    - Path hanya membatasi 150 teman

    BalasHapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  91. D_122140103_Renaldi Kurniawan

    Ganool adalah sebuah situs web yang berfokus menyediakan film untuk diunduh. Situs web ini berasal dari Indonesia dengan status kepemilikan yang dirahasiakan demi kenyamanan pemiliknya.

    Sasaran
    Seluruh manusia di dunia terutama Indonesia

    Kelebihan
    - Bisa mengunduh film dengan cepat
    - Bisa mencari film dengan mudah
    - Update film-film terbaru
    - Bagi para orang tua bisa menemukan film lama (Jadul)

    Kekurangan
    - Terdapat unsur pornografi
    - Terlalu banyak iklan yang tidak jelas
    - Link downloadnya banyak yang tidak aktif
    - Subtitlenya harus nyari sendiri

    BalasHapus
  92. Nelson Reynaldi 122140035
    Www.omegle.com
    Website untuk berwebcam ria dengan orang di seluruh dunia
    Kelebihan
    Dapat mengenal dan berkenalan dengan orang luar negri
    Kekurangan
    Kadang" banyak suka telanjang di webcam (porno aksi)

    BalasHapus
  93. D-122130121-Achmad Zamroni
    Tugas 3

    Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).
     Sasaran :
    1. kaum kurang mampu(fakir miskin)
    2. lembaga pendidikan
    3. lembaga kesehatan
     Manfaat :
    1. Memudahkan donatur dalam penyaluran donasinya kepada yang membutuhkan.
    2. Memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada kaum kurang mampu
    3. Mendanai pendidikan siswa/i (SD-SLTA) juga mahasiswa/i berprestasi yang kurang mampu dalam program beasiswa.
    4. Memberikan bantuan dana kepada kaum usia non-produktif.

    Kekurangan: penyaluran dana terkadang tidak tepat sasaran dan sering di salah gunakan si penerima dana.

    BalasHapus
  94. D-122130121-Achmad Zamroni

    Tugas 4

     Proses pembentukan informasi pada sistem informasi”Dompet Dhuafa”
    Pertama, donatur harus melakukan pendaftaran / registrasi dengan memasukkan ID Donatur, Nomor Registrasi, email, user name dan password . ID Donatur dan Nomor Registrasi bisa dilihat di laporan konsolidasi yang kami kirimkan tiap bulan.
    Setelah melakukan pendaftaran, kami akan mengirimkan link aktivasi ke email anda, selanjutnya buka email yang kami kirimkan dan klik link tersebut. Setelah ini User anda telah aktif dan siap melakukan login.
     Untuk berdonasi via SMS Banking - Mandiri :
    Ketik :
    ZAKATDDjumlah contoh : ZAKAT DD 1000000
    atau
    INFAKDDjumlah contoh : INFAK DD 1000000

    Kirim ke SMS Center Dompet Dhuafa nomor : 081212 ZAKAT ( 08121292528 )
    Ikuti instruksi yang dikirimkan SMS Center Mandiri yang dikirim ke HP Anda.
    Jika transaksi berhasil, akan dikirimkan sms konfirmasi dari SMS Center Dompet Dhuafa.

    BalasHapus
  95. C_122140049_Alvia Anggitasari
    Tugas 3
    We heartit

    Kelebihan :
    - Gambar atau foto yang ada memiliki jenis yang bagus, sehingga para pengguna yang ingin menyimpannya merasa puas.
    - Gambar yang ada bervariasi, sehingga pengguna dapat mencari gambar yang cocok dengan yang diinginkan.
    - Mudah untuk mencari dan menyimpan gambar yang dimaksud.
    - Dapat berbagi gambar dengan orang lain dengan mudah.
    - Salah satu media sosial yang digunakan untuk bersosialisai, berkomunikasi dan berbagi dalam dunia maya.
    - Lebih mudah dalam mengekspresikan apa yang user rasakan melalui gambar.
    - Membantu dalam mencari pekerjaan, karena We Heart Itsudah mengembangkan situsnya yaitu dengan job.weheartit.com

    Kekurangan :
    - Memerlukan kuota yang cukup besar agar dapat mengakses situs ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Sasaran :
    -anak muda yang sedang menyukai tumblr
    -pengguna yang sedang mencari quotes
    -pengguna yang sedang mencarai inspirasi
    -pengguna yang sedang mencari wallpaper

    BalasHapus
  96. D_122140122_Abdul Aziz Fakhruddin

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada wikipedia
    Wikipedia ditulis oleh kontributor/penulis dengan mempostingkan informasi yang mereka ketahui, kemudian informasi tersebut dapat ditemukan di wikipedia ini . Di dalam wikipedia ini, semua orang dapat menambah wawasannya dengan mencari informasi yang diingikan dan dapat menambah pengetahuannya lebih luas.

    BalasHapus
  97. C_122140077_Hafizh Oscar Halim Pratama

    Sistem Informasi Scribd

    *Kemampuan
    Membantu mempublikasikan konten di web dan peranti mobile dengan mudah, mendistribusikannya ke khalayak luas dan global

    *Sasaran
    Semua kalangan masyarakat

    *Manfaat
    -dari menjual konten sehingga berpotensi menghasilkan uang
    -user dapat mencari berbagai data/informasi untuk keperluan yang sesuai dengan bidang ilmunya

    BalasHapus
  98. C_122140011_Faisal Fachry

    steamcommunity.com
    Steam adalah suatu platform (wadah) yang dibuat oleh Valve Corporation yang berfungsi untuk distribusi game, manajemen hak online, komunitas online, dan banyak lagi. Distribusi game dilakukan secara online, dengan kata lain gamer tinggal men-download game-game tersebut setelah membeli CD Key (serial number) dan melakukan aktivasi.

    -Kemampuan
    1. Semua game yang dijual legal
    2. Banyak diskon-diskon yang dapat dinikmati seluruh gamers
    3. Adanya fitur permainan multi dan biasanya permainan yang terdapat di Steam mendukung fitur Komunitas.
    4. Pembuat permainan video dapat mempublikasikan karya mereka (Steam Greenlight) dan bahkan dimasukkan ke dalam toko Steam bila syaratya terpenuhi.
    5. Steam memiliki koleksi game yang sangat beragam. Setelah membeli game yang diinginkan, gamer tinggal men-download game, kemudian langsung dapat dimainkan setelah download selesai.
    6. Gamer dengan mudah dapat bertemu dengan teman sesama pengguna account Steam, bergabung ke dalam Group, chat, sampai turnamen.
    7. Steam dapat memudahkan gamer dalam memilih server game yang ingin dimainkan.

    -Sasaran
    Semua kalangan masyarakat terutama gamers

    -Manfaat
    1. Tertekannya pembajakan game
    2. Merupakan sebuah lapangan pekerjaan yang berkualitas dimana tidak ada sistem boss atau semua karyawan pangkatnya setara
    3. Tempat terjadinya sebuah komunikasi, karena pada dasarnya steam sendiri merupakan media sosial antara gamers.

    BalasHapus
  99. C_122140129_Andriano
    Tugas 3

    Situs:Dikti.go.id
    Salah satu sistem informasi yang tak asing bagi mahasiswa khususya yaitu dikti.go.id,situs yang bergerak dibidang edukasi ini lahir sebagai upaya berkesenambungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dalam menyebarluaskan informasi, mulai dari informasi tentang Dosen, Mahasiswa, Pengelola Perguruan Tinggi dan lain-lain, yang bertujuan sebagai peningkatan mutu Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia agar lebih menerapkan pendidikan akademik yang fokus dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan pendidikan vokasi yang menitikberatkan pada persiapan lulusan untuk mengaplikasikan keahliannya.

    Website dikti.go.id memiliki 3 Portal/menu utama :
    1).Portal Dosen
    Menu yang berisikan beberapa informasi mengenai dosen seperti:
    • Beasiswa Dosen
    • Sertifikasi Dosen
    • Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional
    • Imformasi hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
    2) Portal Mahasiswa
    Menu yang berisikan beberapa informasi mengenai mahasiswa seperti:
    • Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan
    • Kewirausahaan
    • Bidang Penalaran/Keahlian/ dan keprofesian
    • Bidang Minat bakat dan Keorganisasian
    • Kapasitas organisasi
    3)Portal Perguruan Tinggi
    Menu yang berisikan beberapa informasi mengenai mahasiswa seperti:
    • Hibah Institusi
    • Penjaminan mutu
    • Panduan Pendirian Perguruan Tinggi
    • Panduan Program Studi Baru

    Sasaran: Mahasiswa,Dosen,Instansi Perguruan Tinggi, dan Sarana-Sarana Pendukung Perguruan Tinggi.

    Manfaat Situs Dikti.go.id :
    1. Memperoleh informasi seputar Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan
    2. Memperoleh Informasi mengenai Kewirausahaan dan Bidang Penalaran/Keahliah .
    3. Mengenai kiat memilih Program Studi dan Penerimaan Mahasiswa Baru.
    4. Memperoleh Imformasi Bidang Minat/ Bakat dan atau Keorganisasian Mahasiswa.
    5. Mengetahui Imformasi mengenai sertifikasi dan beasiswa bagi dosen.

    Kelebihan situs Dikti.go.id :
    1. Banyak waktu yang tidak terbuang
    2. Informasi-informasi seputar Beasiswa dan Bantuan dana pendidikan
    3. Tidak perlu secara langsung ketempat universitas pada saat penglihatan beasiswa
    4. Melihat info beasiswa dengan waktu yang efesien
    5Relatif lebih aman

    BalasHapus
  100. D_122130091_Firra Aprindanti

    TUGAS 4

    Proses pembentukan Sistem Informasi SIMPUS untuk view hanya dengan menginputkan nama pasien, dan nomer NIK pasien, maka keluaran SIMPUS yang akan di tampilkan adalah data pasien dan rekam medik pasien dengan cepat kurang dari 1 menit. Selain itu SIMPUS juga dapat menampilkan rekapitulasi data pasien, obat, serta membuat pelaporan LB1 dan LPLPO dengan cepat. Periode keluaran data dapat ditetapkan sesuai dengan kebutuhan, dari data harian, periode harian, mingguan, bulanan atau tahunan, dapat menampilkan data 10 Besar / 20 Besar penyakit dengan cepat.

    BalasHapus
  101. C_122140078_Aldy meidiawan Satriyo
    tugas 3

    pinterest.com
    Pinterest Adalah adalah virtual pinboard. Pinterest juga semacam media sosial layaknya facebook. Cuma perbedaan Pinterest adalah tempat khusus dimana kita bisa meng-upload foto-foto kita, lalu membaginya ke dalam kategori-kategori tertentu. Dimana foto-foto itu bisa kita publikasikan. Jadi Pinterest ini hampir mirip seperti album online sobat.
    Pinteres berdiri tahun 2010. Perkembangan pinterest bisa di bilang sangat cepat, terbukti sekarang pinteres menduduki peringkat ke tiga dunia sebagai sosial media terpopuler setelah Facebook dan Twitter. Karena peminta terbesar pinterest adalah kaum hawa, hal itu di buktikan dengan presentase 63% penggunanya adalah para perempuan.

    Pin
    Tambah Pin adalah menu dimana anda bisa menambahkan gambar atau foto yang ingin anda Pin. Sedangkan istilah Upload a Pin merupakan menu untuk menambah foto atau gambar dari komputer anda, ini sama seperti mengunggah gambar kemudian dimasukan ke dalam pin. Dan untuk re-Pin digunakan jika anda ingin mengulang Pin milik orang lain. Jadi kata Pin hampir sama dengan istilah tweet.

    Pin Board
    Board dalam Bahasa Indonesia artinya papan. Maksudnya memang sama, jadi Board dalam Pinterest adalah merupakan wadah dimana kita menyimpan foto atau gambar, yang dibagi berdasarkan beberapa kategori. Jadi kita akan memiliki banyak board dengan macam-macam nama sesuai kategori yang kita berikan.

    Sasaran: Untuk Semua orang yg suka menyimpan photo online karena yg menggunakan kebanyakan kaum hawa mungkin pinterest lebih cocok untuk para wanita menyimpan foto2 idolanya atau juga untuk pemilik toko online mengunggah produk produknya

    Manfaat
    Jika anda seorang Guru anda bisa mencari postingan Worksheet atau LKS lewat pintrest.
    Selain itu Pinterest bermanfaat untuk Backlink dan Promosi bisnis online Anda.
    menyimpan dan berbagi foto2 dalam beberapa kategori

    kelebihan
    Untuk penggemar fotografi maka di Pinteres sangat cocok dengan hobi tersebut dan semakin tersalurkan, karena disana terdapat banyak foto dan video yang dibagikan oleh pengguna Pinterest.
    Untuk Blogger juga bisa memanfaatkan untuk mempromosikan blognya dengan cara share link blog kamu (Pin URL Blog). dan juga bisa membuat Channel/Category Pin kamu (yang disebut Board), dengan begitu akan lebih mudah membedakan ini Pin tentang Pendidikan, Teknologi, Pribadi dan lain-lain.
    Dapat saling bertukar informasi
    Dapat terhubung ke seluruh orang yang ada di dunia sehingga kita bisa mendapatkan berbagai macam teman baru
    Sudah terintegrasi dengan Facebook dan juga Twitter

    Kekurangan
    Masih ada beberapa fitur yang membingungkan untuk pengguna baru
    Pendaftaran harus melalui “undangan” terlebih dahulu
    Spam merajalela
    Masih kurang popular dengan facebook atau twitter
    Belum mendukung bahasa Indonesia





    BalasHapus
  102. D_122140065_Rajiv Raushan
    Tugas 4.
    Wikipedia melakukan penelitian dan pengumpulan data yang se detail mungkin lalu data tersebut di sajikan dalam bentuk artikel yg mendukung kita mencari informasi yang lebih mudah dan akurat.

    BalasHapus
  103. D_122140065_Rajiv Raushan
    Tugas 4.
    Wikipedia melakukan penelitian dan pengumpulan data yang se detail mungkin lalu data tersebut di sajikan dalam bentuk artikel yg mendukung kita mencari informasi yang lebih mudah dan akurat.

    BalasHapus
  104. D_122130091_Firra Aprindanti

    TUGAS 4

    Proses pembentukan Sistem Informasi SIMPUS untuk view hanya dengan menginputkan nama pasien, dan nomer NIK pasien, maka keluaran SIMPUS yang akan di tampilkan adalah data pasien dan rekam medik pasien dengan cepat kurang dari 1 menit. Selain itu SIMPUS juga dapat menampilkan rekapitulasi data pasien, obat, serta membuat pelaporan LB1 dan LPLPO dengan cepat. Periode keluaran data dapat ditetapkan sesuai dengan kebutuhan, dari data harian, periode harian, mingguan, bulanan atau tahunan, dapat menampilkan data 10 Besar / 20 Besar penyakit dengan cepat.

    BalasHapus
  105. D_122130125_Eygman Malkhi Tandi Lalong

    Tugas 4

    Proses pembentukan Sistem Informasi pada Lazada.co.id adalah customer care. Disitu merupakan informasi cara pemesanan,mengenai hal-hal yang perlu dibantu untuk memperlancar proses jual beli, cara pengembalin produk.
    Semua itu merupakan sistem informasi dari Lazada yang disiapkan untuk para customer sehingga pelayanan menjadi lebih baik

    BalasHapus
  106. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  107. D_122130139_Dimas Tirta Nugraha

    Tugas 4
    MNC News adalah sebuah perusahaan yang memberikan suatu informasi atau berita terkini. Proses pembentukan informasi yang terjadi adalah dengan cara Adanya masalah atau situasi yang bersifat kontroversial yang menimbulkan pro dan kontra yang ada dimasyarakat dan kejadian atau peristiwa yang ada dimasyarakat, kemudian dengan keadaan tersebut wartawan akan meliput keadaan yang terjadi dan menyaring berita tersebut menjadi sebuah informasi atau berita yang akan ditampilkan.

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. D - 122130105 - Nugroho Noto Susanto

    Tugas

    Proses pembentukan informasi yang terjadi berawal dari diskusi antara penggemar bus, dilakukan dengan mengadakan acara kopdar di terminal atau pol bus. Kemudian di tuangkan dalam tulisan di web bismania.org. Bukan hanya dalam bentuk tulisan, informasi dapat berupa foto atau video. Para penggemar bus memotret atau merekam gambar bus saat di perjalanan atau pada saat di garasi bus tersebut. Kegiatan tukar pikiran menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat umum.

    BalasHapus
  110. C_122140160_Gadis Regita

    Waze
    Kemampuan :
    memberikan informasi secara detail mengenai keadaan di jalan raya secara nyata kepada para pengguna aplikasi ini.

    Sasaran :
    -pengguna kendaraan (masyarakat)
    -traveler yang sedang berlibur

    Manfaat :
    -memberikan kemudahan rute perjalanan yang akan ditempuh
    -memberikan rute alternatif apabila rute utama mengalami masalah
    -mudah digunakan

    BalasHapus
  111. D - 122130122 - Dwi Prasetyo Romadhon

    Tugas 3

    CNNIndonesia.com adalah situs yang menyajikan berita-berita nasional yang tak sekedar cepat dan lengkap tetapi tajam dan terpercaya.

    Sasaran : Masyarakat yang ingin mengetahui berita atau informasi terbaru.

    Manfaat : Masyarakat dapat mengetahui informasi dalam negeri maupun luar negeri yang dimuat dalam CNNIndonesia.com

    Keuntungan :
    1. Dapat melihat berita olahraga yang up to date
    2. Dapat melihat berita dalam bentuk video maupun foto
    3. Dapat mengetahui teknologi masa kini

    BalasHapus
  112. D – 122130122 – Dwi Prasetyo Romadhon

    Tugas 4

    Proses pembentukan informasi pada CNN adalah ketika tiga orang kru CNN (Bernard Shaw, John Holliman dan Peter Arnett) mengabarkan detik demi detik peristiwa serangan itu ke seluruh dunia. Perang Teluk 1991 berhasil melambungkan nama CNN sebagai salah satu raksasa media penyiaran dunia. CNN memang sudah menjadi media penyiaran terkemuka berkat sejumlah terobosannya. CNN (Cable News Network) adalah jaringan televisi kabel asal Amerika Serikat (AS) yang didirikan oleh konglomerat Ted Turner. Saat didirikan, CNN menjadi jaringan pertama yang menampilkan berita televisi selama 24 jam, dan menjadi televisi berita pertama di AS.

    BalasHapus
  113. D - 122130243 - Diah Galih Nurhikmatul Jannah

    Tugas 4 PSI

    Proses pembentukan informasi pada sistem informasi tribunnews.com yaitu pertama (input) para reporter mencari berita dari segala macam bidang. Berita yang telah didapat tersebut diolah menjadi bentuk tulisan. Selanjutnya tulisan tersebut ditampilkan dalam situs tribunnews.com atau dapat pula dicetak dalam bentuk koran sehingga dapat dibaca oleh para pembaca. Berita yang disajikan terbit setiap hari untuk memenuhi kebutuhan informasi kepada pembaca.

    BalasHapus
  114. D - 122130254 - Eka Wulandari

    Tugas 4
    Proses pembentukan infoemasi yang terjadi dalam situs Bukalapak.com berawal dari para penjual yang memasang iklan barang barang yang hendak dijual pada situs tersebut. Kemudian pembeli atau konsumen membuka dan melihat lihat barang yang dijual dalam situs tersebut. Jika tertarik maka konsumen akan menghubungi pihak penjual untuk membicarakan teknis pembayarannya.

    BalasHapus
  115. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  116. B - 122130264 - Iqbal Rendragraha

    Proses pembentukan informasi pada sistem informasi berasal dari data data yang saling berhubungan dan akhirnya mempengaruhi sesuatu. Contohnya pada Situs https://tiket.kereta-api.co.id/. Di situs tersebut terutama pada bagian reservasi tiketnya. Di sana terjadi proses input data seperti tanggal keberangkatan, stasiun awal, stasiun tujuan, tangal keberangkatan, serta jumlah pemessan tiket. Selanjutnya data tersebut diproses sehingga muncul output awal yaitu jumlah uang yang harus dibayarkan dengan janga waktu tertentu. Selanjutnya terjadi proses input lagi, yaitu pembayaran. Jika sudah dilakukan proses pembayaran dengan benar makan data tersebut akan diproses lebih lanjut menjadi struk tiket yang siap ditukarkan menjadi tiket asli yang sah untuk digunakan dalam perjalanan KeretaApi, selain itu hasil output tadi juga memengaruhi jumlah tempat duduk yang tersedia jadi berkurang sejumlah tiket yang sudah resmi dipesan sebelumnya.

    BalasHapus
  117. D - 122130266 - Niken Rega Artika

    Proses pembentukan informasi pada beasiswaindo.com adalah sebagai berikut :
    INPUT : Data info beasiswa dari berbagai Universitas yang ada di dalam maupun luar Indonesia, mahasiswa mendaftarkan diri untuk mendapat informasi beasiswa dengan memberikan data identitas diri.
    PROSES : Mahasiswa memilih dan menentukan beasiswa sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.
    OUTPUT : Mahasiswa mendapatkan informasi tentang beasiswa dari dalam maupun luar negeri.

    BalasHapus
  118. C - 122140015 - Ilham Akbar Yudhanto

    Kaskus adalah media sosial yang digunakan untuk melihat tranding topic tread yang di bikin para usernya. Tidak hanya itu kaskus juga bisa digunakan untuk beringeraksi bertukar pendapat antar pengguna melalui sebuah fotum didalamnya. Bisa juga digunakan sebagai media jual beli online.

    Sasaran : masyarakat luas, pelajar mahasisiwa

    Manfaat :
    1. Media jual beli online
    2. Forum berbagi informasi
    3. Tranding topic yang terjadi di indonesia

    BalasHapus
  119. D-122140116-Aprilia Wira Edline
    TUGAS 4
    Pembentukan Informasi yang terjadi di Line yaitu dengan bertukar informasi melalu personal message, selain itu masing2 anggota member dapat bertukar informasi melalui fitur Timeline. Tak hanya anggota member tetapi bisa dari anggota akun official mana saja bisa dari komunitas, pebisnis online, instansi2 pendidikan maupun sosial. Sumber informasi yang dibagikan dapat berasal dari mana saja. Web atau blog dan media sosial yang lainnya yang dibagikan oleh anggota member line itu sendiri. Pembentukan informasi itu dapat terjadi apabila penerima dapat tertarik dan menerima informasi tersebut kemudian penerima tersebut akan membagi informasi yang didapat kepada yang lain. Begitu seterusnya.

    BalasHapus
  120. D_122130113_Aditya Tri Wahyudi

    Pembentukan informasi ya terjadi di situs makanjogja.com adalah berawal dari para pecinta kuliner jogja yang memposting tempat-tempat atau jenis makanan yang lezat yang ada di yogyakarta, kemudian para pecinta kuliner membuta web tersebut dan hasilnya mereka mendapatkan rekomendasi makanan lezat yang ditulis di web tersebut.

    BalasHapus
  121. E - 122130253 - Safira Ratnasari

    Penerapan e-government di Surabaya yaitu http://www.surabaya-eproc.or.id atau semacam lelang online. Proses pembentukan informasinya sebagai berikut :

    1. Pokja memasukkan data lelang elektronik, meng-upload dokumen lelang, yang kemudian paket pekerjaan yang akan dilelang diregisterkan oleh ULP ke portal e-Procurement pada saat periode pemasukan data lelang dibuka
    2. Data lelang yuang sudah diregisterkan ke suatu periode lelang disampaikan oleh Sub Unit Administrasi Umum kepada Tim Penyelia untuk proses klarifikasi kode paket, nama paket pekerjaan, nilai anggaran dan ketersediaan anggaran
    3. Unit Registrasi dan Verifikasi mengumumkan lelang sesuai dengan jadwal yang sudah disosialisasikan di portal e-Procurement dan di media massa.
    4. Setelah lelang diumumkan, penyedia barang/jasa melakukan proses register
    terhadap paket pekerjaan, memasukkan penawaran secara elektronik

    BalasHapus
  122. E - 12240090 - Luqmani wardoyo
    proses terbentuknya informasi yang terjadi di situs detik.com adalah dari sebuah kejadian yang diliput oleh wartawan lalu diproses oleh jurnalis untuk di upload ke website detik.com dan di desain semenarik mungkin untuk menarik pembaca untuk membacanya.

    BalasHapus
  123. E - 122130245 - Sarah ustwatun khasanah
    proses pembentukan informasi yang terjadi pada microsoft word adalah
    1. user memasukan karakter ataupun mengetik sesuatu di halaman ms.word ( input)
    2. di proses dan diterjemahkan di dalam komputer karakter karakter yang di ketik oleh user ( proses)
    3. ms.word akan menampilkan karakter atapun kata kata yang telah dirangkai oleh user dan telah diterjemahkan oleh komputer untuk seterusnya di cetak atapun di simpan di drive

    itulah salah satu contoh proses pembentukan informasi yang terjadi pada sistem informasi Microsoft word

    BalasHapus
  124. E - 122130072 - Rizki anggar permadi

    proses pembentukan informasi pada situs https://www.google.com
    langkah awal yang harus kita lakukan jika ingin mendapatkan sebuah informasi dari situs search engine ini adalah dengan membuka link https://www.google.com (yentu saja harus terkoneksi internet)
    langkah selanjutnya anda akan diarahkan menuju homepage google dan anda harus menginputkan kalimat yang ingin anda cari (INPUT) contoh "katak"
    kemudian klik enter/search/cari (PROSES) tunggu beberapa saat
    alhasil anda akan menemukan hal (informasi) yang ingin anda cari atau anda ketahui contoh (katak)

    salah satu contoh pembentukan informasi pada situs search engine google yang menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya

    BalasHapus
  125. E - 122140086 - Dani adi nugroho
    proses pembentukan informasi yang terjadi pada pemesanan tiket online kereta api adalah berawal dari sebuah niat untuk memesan tiket online kemudian mengunjungi website dan mengisi form yang ada setelah itu klik pesan, kemudian melakukan pembayaran, terus melakukan konfirmasi pembayaran, setelah itu mendapatkan email konfirmasi. email konfirmasi tersebut ditukar di loket untuk mendapatkan tiket yang asli.

    BalasHapus
  126. E_122130161_Dicky Alghoni

    Tugas 4

    Proses Pembentukan informasi dari SMS/INTERNET banking : Salah satu contohnya misalnya transaksi (transfer Bank Mandiri) dengan langkah
    -Pilih Message pada Menu Ponsel
    -Pilih Compose SMS
    -Ketik TRT< kode rek> , Contoh : TRT 1 0700001234567 500000 dan ketik nomor tujuan SMS (to) : 3355
    -Konfirmasi transaksi
    -Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355, contoh : PIN 654321 dan PIN yang diminta adalah PIN ke 6 dan ke 2, maka ketik : 15
    -Konfirmasi transaksi berhasil

    Dengan informasi tersebut maka akan di proses, untuk menjadi catatan (Dokumen), bukti dari kegiatan ekonomi dan dapat digunakan untuk memulai pemrosesan transaksi. Beberapa dokumen merupakan hasil dari pemrosesan transaksi, yang dapat berupa sms/print out.

    BalasHapus
  127. A - 122130279 Muhammad Agung Susanto

    Tugas 4

    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada situs http://www.goal.com/id-ID diambil dari sebuah kejadian atau pertandingan sepak bola yang diliput oleh wartawan lalu diproses oleh jurnalis untuk di upload ke http://www.goal.com/id-I dan di desain semenarik mungkin untuk menarik pembaca untuk membacanya , setelah itu di homepage tersebut terdapat fitur- fitur seperti : Home, Indonesia, Dunia ,Eropa, Tim , dll . tergantung dari si pembacanya ingin melihat informasi yang ingin diketahuinya .

    BalasHapus
  128. E-122130104-DEESHA FAISAL PRADANA

    TUGAS 4

    1. Masuk ke dalam program dengan menggunakan Login ID: admin dan Password: admin or ID: user Password: user (case sensitive password) (Login ID dan password ini sudah ada dalam program). Apabila ingin mengganti password atau menambah User dan lain-lain dapat dilakukan dari menu Utilities.

    2. Isi master Barang dan Pelanggan.Selanjutnya bisa melakukan transaksi penjualan. Pada saat transaksi penjualan, bisa menentukan sendiri harga barang yang dijual. Selisih dari harga barang dan harga jual barang akan dijadikan acuan untuk menghitung laba Penjualan.

    3. Untuk melihat Stok barang dapat dilakukan dari Master Barang.

    4. Kita bisa melihat semua data dari menu Reports. Diantaranya adalah jumlah barang, jumlah data customer, stock alert dan sebagainya.

    5. Program akan melakukan backup data secara otomatis di folder D:\BackupPOS(kalau drive D ada) setiap kali program dijalankan.

    6. Backup/Restore dapat juga dilakukan dari menu utilities (backup/restore to/from c:\program files\POS\Backup).

    7. Kita juga bisa melakukan Backup/Restore dari menu Utilities.

    8. Pada menu Utilities, bisa menghapus data penjualan dengan menjalankan End Year Process.

    9. Versi Trial Cuma bisa dipakai 30 hari. Setelah itu, kita harus me-restart ulang lagi dari awal.

    BalasHapus
  129. A-122130144-HANNU PRATAMA AJI

    Tugas-4

    Proses informasi yang terjadi pada Transaction Processing Systems yaitu dimana sistem ini bekerja pada level operasional.Input pada level ini adalah transaksi dan kejadian.Proses dalam sistem ini meliputi pengurutan data,melihat data,dan memperbaharui data.Sehingga didapat output atau hasil berupa laporan detail,daftar lengkap dan ringkasan.

    BalasHapus
  130. E - 122140017 - Irfan Sanusi

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada OLX.com adalah jika seseorang memosting suatu barang utuk dijual atau ditawarkan pada konsumen yang akan melihatnya secara online melalui situs OLX.com. Barang yang akan dijual oleh orang tersebut difoto dan diberi keterangan tentang barang tersebut, misalnya tentang harga dan kondisi barang tersebut. Barang yang telah difoto tadi kemudian diproses oleh pihak OLX.com berkaitan boleh tidaknya barang tersebut diposting. Apabila pihak OLX.com menyetujuai, maka iklan yang dibuat dapat ditayangkan di OLX.com. Sehingga terbentuklah informasi bagi konsumen yang akan membeli barang di OLX.com

    BalasHapus
  131. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  132. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  133. Mesin pencari web seperti bing bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Bing, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
    Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

    BalasHapus
  134. B_122130202_M. Aminudin Risqianto

    Proses pembentukan informasi pada SI Tiket.com yaitu :
    1. Input
    Konsumen menginputkan data pemesanan sesuai dengan kepentingan nya. Seperti akomodasi ( hotel, hostel, apartemen), transportasi ( udara, laut, darat), event ( bioskop, pertunjukkan, leisure ). Bahkan produk yang diinginkan.
    2. Proses
    Layanan dari Tiket.com seccara umum tersedia secara online selama 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu. Kecuali adanya hal dalam perbaikan, pemeliharaan atau peningkatan dari WEB ini.
    Tiket.com ini hanya bertindak sebagai agen yang menjadi perantara dan memfasilitasi transaksi antara konsumen dengan pihak ketiga (Mitra). Apabiila konsumen sudah menemukan apa yang diinginkanya, selanjutnya konsumen dapat melakukan pembayaran secara online maupun via ATM.
    3. output
    Setelah konsumen melakukan pembayaran, Tiket.com akan menerbitkan dan mengirim surat konfirmasi pemesanan/pembelian. Sehingga apabila terjadi kesalahandata ini akan dijadikan acuan yang sah.

    BalasHapus
  135. E_122140108_DwiSetyoMulyatno

    Tugas 4

    SI yang kemarin saya amati adalah tiket pemesan kereta api. Proses pembentukan yang terjadi pada SI tersebut yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan transportasi. Pada SI tersebut yaitu saat konsumen mencari jenis kereta yang akan di tumpangi, hari keberangkatan, harga tiket, stasiun mana ia akan berangkat maupun tiba, maka SI tersebut akan menampilkan semua yang dicari oleh konsumen. Sehingga dengan SI tersebut, konsumen akan lebih mudah untuk menggunakannya jasa transportasi kereta api. Dengan sistem online ini sehingga konsumen dapat mudah untuk melihat semua jadawal keberangkatan kereta api. Karena pilihan yang ada pada SI tersebut sangat banyak, maka konsumen harus memilih terlebih dahulu mengenai tujuan, harga, dan waktu yang sesuai. Selain itu, pada SI tersebut di desain agar menarik dan banyak fitur-fitur lain selain pemesanan tiket. Hal itu bertujuan untuk menarik konsumen agar tertarik. Dengan sistem online, maka akan dengan mudah menyebar ke seluruh pelosok negeri (asal ada jaringan internet dan peralatan yang memmungkinkan untuk mengaksesnya). Namun tidak hanya melihat maupun memsan tiket saja, konsumen juga bisa langsung mencetak slip tiket untuk di cetak di stasiun sehingga tidak perlu mengantri lagi.

    BalasHapus
  136. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  137. E_Tulus Pangestu_122140019

    Tugas 4

    - Sistem Informasi Perpustakaan yang dirancang ini bersifat akrab dan ramah dengan pengguna (user friendly). Pada sistem ini, instruksi- instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan. Adapun dokumen yang akan menggambarkan operasi dan kegunaan program sehingga didapat hasil suatu mesin yang diinginkan oleh user.Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna misalnya dengan gambar, teks, grafik dan sebagainya.
    -Interaksi manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi yang disimpan dalam ingatan (memory) dan informasi yang diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara. Sistem iniuntuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).

    BalasHapus
  138. E_122120051_Dwi Arie Febryanto

    Proses pembentukan informasi pada aplikasi Go-Jek
    1. Konsumen mendaftar/sign up pada aplikasi Go-Jek dengan memasukkan nama, email, nomer telepon dan membuat password untuk mendapatkan akun di aplikasi Go-Jek
    2.Pengguna dapat memilih bentuk layanan yang diinginkan, (misalnya untuk transportasi)
    3. Pengguna memilih detail lokasi penjemputan untuk dijemput oleh driver go-jek pada tempat yang diinginkan pelanggan
    4. Memilih lokasi tempat pelanggan ingin diantar (tempat tujuan)
    5. Driver go-jek yang berada terdekat dengan pelanggan akan merespon dan menjemput pelanggan untuk mengantar pelanggan
    6. Setelah diantar, pelanggan membayar ongkos sesuai yang tertera pada aplikasi pada saat pemesanan

    BalasHapus
  139. E_Nursanti Setyo Utami_122140100

    Proses pembentukan informasi pada SIKDAgenerik.com adalah membuat dan memungkinkan pengguna agar lebih mudah mengakses informasi kesehatan berupa : melihat daftar puskesmas dari berbagai daerah. proses pembentukan informasi yang terjadi berupa : masyarakat menginputkan lokasi mereka+keluhan, website akan mencari dimana puskesmas terdekat+dokter yang disarankan+jenis obat yang disarankan, masyarakat dapat mendapatkan informasi kesehatan dengan lebih mudah, cepat, dan efisien

    BalasHapus
  140. D_Fajar Maulana Wijayanto_122130004

    http://www.kotajogja.com/event
    Memiliki metode pengambilan info dan mendapatkan info dari para EO (Event Organizer) atau acara yang ingin melakukan acara-acara di Jogja. Input yang bisa diperoleh darimana saja ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan info seputar kegiatan acara-acara terkait yang ingin kita ketahui kegiatannya. Proses yang dilakukan adalah dengan memberitahukan lagi atau me-reshare info terkait kepada khalayak ramai sehingga website mendapatkan banyak kunjungan(visitor) dan membantu pendapatan dengan mencantumkan banyak advertisement. Otomatis, outputnya akan menghasilkan keuntungan yang sama bagi yang menyelenggarakan ataupun yang mere-share kabar terkait. Tujuannya adalah mengajak peminat dan penikmat acara/event untuk masuk berkunjung dengan tampilan dan keadaan yang memungkinkan sebagai bentuk usaha informasi yang menjanjikan

    BalasHapus
  141. E-Abdul Syukur Alfalah-122140013

    Pada pemesanan tiket di traveloka.com kita cukup mengisi akan berangkat kapan, kemudian kota tujuan, tiketnya berangkat saja atau pulang pergi dan berapa jumlah tiket yang diinginkan.
    Setelah kita pesan tiket pesawat dari Traveloka maka e-tiket akan dikirim ke email.
    Lebih mudah lagi jika sudah menginstall Traveloka App di Android atau iPhone. Sebab e-tiket otomatis terkirim ke dalam Traveloka App dan bisa dilihat walaupun tidak ada koneksi internet.
    Apabila sudah ada app traveloka di androin maka notifikasi tiket akan muncul dengan sendirinya. Tiket yang telah d beli tidak dapat hilang, dikarenakan traveloka sendiri sudah menyimpan tiket tersebut dan untuk membuka tiket tersebut tidak harus ada koneksi internet.
    Tiket yang telah dikirim itu pun tidak harus di print out ketika check in, jadi cukup menunjukannya saja kepada petugas.

    BalasHapus
  142. E - 122130132 - Rizki Ardliansyah

    TUGAS 4
    sistem informasi pada blogger selain untuk berbagai tautan kepada khalayak ramai dengan sarana ngeblog blogger juga menyediakan bermacam" fitur yang diantaranya yaitu:
    *Menambahkan lokasi penulisan di post.
    *Penanggalan tulisan ditentukan pada saat publikasi, bukan saat pembuatan.
    *Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
    *Layanan penuh bagi Safari 3.
    *Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
    *Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat, dan tombol Undo serta Redo.
    Dengan adanya fitur seperti itu pembaca dapat mengetahui berita itu kapan dipublikasikannya uda basi atau belum gitu lah pokoknya.

    BalasHapus
  143. E_Muhammad Safiq Afficena_122140138
    proses pembentukan informasi yg trjadi di website upn v yk adalah untuk membantu memudahkan user untuk mengakses informasi tentang upn v yk, dari pembritahuan tentang fakultas dan program studi yg ada di upn, kpasitas mhasiswa di stiap jurusan , biaya perkuliahan di upn v yk,dan lain sbagainya.

    BalasHapus
  144. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  145. C - 122130134 - Eko Safron Yulianto

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada Microsoft cortana " Asisten Pribadi Digital" diantaraya:
    a). Cortana merupakan assiten digital yang dapat mengetahui penggunanya, dan Cortana akan lebih baik lagi dari waktu ke waktu jika Cortana sering digunakan dan diajukan pertanyaan – pertanyaan berdasarkan perilaku penggunanya.

    b) Cortana juga meyakinkan penggunanya agar menyerupai asisten di dunia nyata.

    c). Cortana juga dapat melakukan management terhadapat tugas – tugas penggunanya seperti memesan reservasi restoran, setiap task, ataupun meeting yang di jadwalan sebelumnya.

    d). Cortana dapat membuka sebuah halamn Facebook, menempatkan panggilan melalui Skype dan menambahkan acara ke antrian Hulu Plus nya.Dari sisi Developer tentu hal ini menarik

    e). Yang membuat Cortana terlihat kian menarik adalah kemampuan untuk memahami bahasa alami. Tidak perlu menyampaikan pertanyaan yang kaku seperti “temukan restoran terdekat” dan lain lain.

    BalasHapus
  146. E - 122130274 - Aziz Munizar Rusyda

    Tugas 4
    Pada Yahoo Mail proses pembentukan informasinya adalah pertama-tama harus mempunyai akun Yahoo, jika tidak punya maka daftarkan diri anda di mail.yahoo.com dan masukan data diri anda serta ikuti petunjuknya. Setelah anda mempunyai akun yahoo tersebut, maka anda dapat mengirim atau menerima pesan elektronik atau e-mail, yang di dalamnya anda dapat mengirim atau menerima gambar, file office(word, ppt, excel, dll) dan file-file lainnya, kecuali dalam bentuk zip atau rar ke seluruh pengguna e-mail di seluruh dunia. Pengguna yahoo mail juga menerima informasi notifikasi dari beberapa situs lain dengan syarat sudah tersinkronsasi dengan situs tersebut.

    BalasHapus
  147. E - 122140080 - Ricky rizki pratama

    Tugas 4

    proses pembentukan informasi pada okezone.com yaitu
    1.Input
    berita yang terjadi di sehari hari baik domestik maupun mancanegara serta konsumen memasukan berita yang di inginkan di kolom pencarian . kolom pencarian memudahkan konsumen untuk mendapatkan berita yang di inginkan .serta pembaca bisa mencari informasi selain berita.

    2.Proses
    Portal berita Okezone.comtersedia selama 24 jam . portal berita okezone menyediakan berita masa kini dan aktual secara cepat tepatdan terpercaya kecuali jika porta tersebut mengalami maintenance .

    3.output
    berita yang aktual serta informasi yang terpercaya .memudahkan pembaca mendapatkan berita secara 24 jam non stop

    BalasHapus
  148. E - 122140075 - Eka Viriya Atmaja

    Tugas 4

    Proses pembentukan informasi pada wikipedia yaitu :
    1. Input : Dalam penginputan data dalam wikipedia informan mengupload informasi informasi kemudian wikipedia memverifikasi data yang di upload oleh informan lalu wikipedia menampilkan kembali informasi yang di dapat dari informan kedalam wikipedia dan di tampilkan dalam bentuk artikel

    2.proses : informan mencari info setelah mendapat info dia mengakses internet melalui infonya di upload ke wikipedia setelah itu wikipedia mengklarifikasi dan menampilannya kedalam wiki pedia dalam bentuk artikel

    3.output : informasi yang telah di upload wikipedia akan di nikmati oleh orang orang yang mengunjungi wikipedia setelah pengunjung mendapatkan informasi tersebut maka dia akan mendapatkan wawasan yanglebih luas dan dapat mengerjakan tugasnya

    BalasHapus
  149. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  150. E - 122100033 - Wedha K K

    Tugas IV

    Sistem reservasi penerbangan
    1. Input : Data maskapai penerbangan, rute penerbangan, jadwal penerbangan, harga tiket, sistem pembayaran.
    2. Proses : Pembaharuan data secara terus menerus
    3. Output : Informasi dapat diakses oleh konsumen untuk pemesanan tiket.

    BalasHapus
  151. E_122140110_Fajrul Falikhin
    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada google search dikarenakan adanya orang yang mengupload sesuatu dan orang yang mendownload sesuatu. Google search memiliki 3 fungsi utama yaitu crawling and indexing yang menjelajah dan menyimpan dokumen kedalam index. Providing answers dengan data peringkat yaang paling relevan bagi user. Fighting spam memerangi pelaku internet yang melakukan spam terhadap hasil pencarian yang tidak benar-benar relevan. Sehingga user yang ingin mencari data, bisa mendapatkan data yang relevan.

    BalasHapus
  152. E - 122140081 - Fuji Sulaeman

    Proses pembentukan informasi pada aplikasi KAI Access
    1. Konsumen memilih Stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan
    2. Lalu menentukan tanggal keberangkatan
    3. Memilih kereta yang tersedia
    4. Mengisi form pemesanan tiket
    5. Memilih tempat duduk yang diinginkan
    6. Setelah itu, konsumen memililih cara pembayaran.

    BalasHapus
  153. E-122130257-Ahmad Nabil FahmiFahmi

    Proses pembentukan informasi pada Yahoo Weather adalah, pertama pengguna menginputkan nama daerah yang ingin ditampilkan perkiraan cuacanya. Kemudian server pada yahoo weather akan memproses dengan memilih informasi ramalan cuaca pada suatu daerah sesuai dengan daerah yang diinputkan sebelumnya. Setelah itu yahoo weather akan menampilkan informasi perkiraan cuaca pada daerah yang telah diinputkan tersebut.

    BalasHapus
  154. Prose pembentukan informasi pada Sistem Informasi di Rumah Sakit , pertama pasien menginput data nama pasien dan keluhan sakit pasien , kemudian data di proses oleh pihak RS . Maka Informasi yang di dapat oleh pasien adalah dokter yang menangani , ruang kesehatan , obat-obatan, asuransi kesehatan serta harga pembayaran . semua informasi di dapat melalui kartu sehat (smartcard).

    BalasHapus
  155. B - 122130033 - Dikri Machmul Kurniawan
    TUGAS 4
    Proses pembentukan informasi pada Smart health card system atau yang lebih dikenal dengan nama Smart Card yakni :
    >Pembentukan informasi pasien
    Pada saat pembuatan smart card pasien memasukan identitas pengenal yang nantinya dipakai sebagai informasi pengenal smart card
    >Pembentukan informasi rekam medis pasien
    ketika pasien melakukan pengobatan di rumah sakit maka akan memiliki rekam medis,rekam medis ini kemudian disimpan pada smart card dengan menggunakan card reader karena smart card memiliki chip untuk menyimpan rekam medis pasien yang bisa membantu dokter mengetahui riwayat kesehatan pasien.
    >Menyimpan Uang dan Asuransi Kesehatan,
    selain digunakan sebagai menyimpan rekam medis pasien kartu smart card juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan uang seperti ATM dan kartu asuransi dengan membuat akun di bank/perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan smart card RS tersebut.

    BalasHapus
  156. A_122130258_Maulana Risakti

    Tugas 4

    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada Kursdollar.net

    1. Input : Bank bank nasional seperti bank mandiri, BCA, Panin Bank, OCBC NISP dan bank lainnnya yang bekerjasama dengan Kursdollar.net mengupload nilai tukar ke website resmi.

    2. Proses : Informasi tersebut diteruskan ke server Kursdollar.net yang kemudian di proses ke website agar dapat dilihat oleh user

    3. Output : Informasi yang telah diproses, kemudian muncullah informasi tentang nilai tukar, harga minyak dunia dan harga emas terkini berikut dengan grafik nya. Yang kemudian selalu di update terus menerus agar informasi selalu up to date

    BalasHapus
  157. B_122130039_Maulana Aldy K

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi yang terjadi di web Bank Indonesia

    >Bank Central bekerja sama dengan Bank negara lain dan pemerintah untuk memberikan informasi tentang nilai tukar mata asing, juga saham negara
    >Informasi yang didapat akan dimasukan ke dalam web resmi Bank Indonesia yang selalu update setiap harinya
    >User dapat melihat informasi yang diberikan oleh web Bank Indonesia dan Informasi yang sudah melewati tanggal akan disimpan sebagai history

    BalasHapus
  158. B_122130249_Nova Putri Herdianti

    Tugas 4

    Pembentukan proses informasi pada aplikasi padiciti adalah:
    1. Membuka aplikasi padiciti yang dapat di download di playstore atau appstore.
    2. Sign in dengan mendaftarkan alamat email, nama pribadi, dan no. HP
    3. Memilih tiket yang ingin dipesan (contoh memesan tiket kereta api)
    4. Memilih stasiun awal dan tujuan yang akan dituju
    5. Memilih tiket kereta api sesuai dengan harga dan jadwal yang diinginkan, jika sudah klik kereta yang diinginkan dan klik pesan tiket
    6. Mengisi biodata calon penumpang sesuai dengan identitas ktp, jika sudah klik pesan tiket
    7. Kemudian memilih tempat kursi yang diinginkan
    8. Kemudian terakhir, memilih cara proses pembayaran bisa melalui padipay, e-banking, atm bersama dll.
    9. Jika sudah dibayarkan, maka data yang telah diproses tersebut menjadi output berupa no. booking pemesanan yang dapat ditukarkan langsung di stasiun kereta menjadi tiket kereta resmi.

    BalasHapus
  159. B - 122130048 - Ary Cahyadi

    Tugas 4

    Pembentukan proses informasi pada Internet Banking BRI https://ib.bri.co.id/, nasabah terlebih dahulu harus registrasi melalui ATM atau langsung di Bank, setelah mendapatkan User ID dan Password Internet Banking nasabah langsung mengaktifkan agar dapat langsung digunakan seperti hal mengenai informasi saldo, informasi tagihan listrik dsb sehingga nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran atau yang lainnya seperti transfer dan lain-lain tersebut internet banking.

    BalasHapus
  160. A - 122130032 - Pradeas Ridiasa

    Tugas 4

    Pembentukan proses informasi pada pss-sleman.co.id adalah pengguna harus memasukkan alamat tersebut agar dapat melihat segala macam informasi mengenai persepakbolaan Sleman. Pada web ini terbuka untuk semua pengguna sehingga mudah untuk di lakukan.

    BalasHapus
  161. B-122130170-Pangga dwi triswendi

    Pembentukan proses informasi pada traveloka.com

    1.Konsumen memilih pemesan hotel dalam kolom yg sudah disediakan
    2.Kemudian menentukan tanggal menginap
    3.memilih hotel yang diinginkan
    4.mengisi kolom lama menginap dan pesanan layanan tambahan
    5.dilanjutkan mengisi data diri dengan lengkap
    6.Setelah itu konsumen disuruh menlanjutkan pembayaran dengan berbagai macam metode.

    BalasHapus
  162. A - 122120068 - Muhammad Jangki Dausat
    Proses pembentukan informasi yang terjadi dan yang di tampilkan pada sistem reservasi penerbangan adalah pembelian tiket yang melalui online dengan mengisikan syarat-syarat yang di tentukan dan dengan jumlah yang di inginkan pembeli. Data tersebut akan di oleh melalui sistem yang ada dan menjadi sebuah tiket pesawat yang di inginkan pembelinya untuk menuju tujuan dengan pesawat yang di pesan melalui onlin.

    BalasHapus
  163. B-122130021-Claudia Dinda Matita
    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada hdmoviezone.net yaitu: pengguna membuka situs hdmoviezone.net, setelah itu akan muncul tampilan berupa beberapa link film. Pengguna dapat mencari film yang diinginkan dengan mengetik judul film pada kolom pencarian (Search), kemudian data yang diinput pada kolom Search akan diolah dan muncul pada kotak tampilan pemutar film, sesuai dengan film yang diinginkan.

    BalasHapus
  164. B_122130038_Alivian Vickry S
    Tugas 4
    SISTEM INFORMASI E-KTP
    E-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem informasi yang berdasarkan pada database kependudukan nasional. Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1KTP dan terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berbeda setiap penduduk yang digunakan sebagai dasar pembuatan Paspor, SIM, NPWP, Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk).
    Fungsi dari E-KTP antara lain :
    1. Sebagai identitas diri
    2. Berlaku nasional sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk meningkatkan dan mendukung proses bisnis perbankan, antara lain dalam pembukaan rekening nasabah penabung, identifikasi dan pemberian fasilitas kredit dan meminimalkan fraud dalam pelayanan perbankan
    3. Dapat mencegah KTP ganda atau dipalsukan dan terciptanya keakuratan data penduduk untuk program pembangunan.
    4. Untuk pelayanan bantuan seperti Raskin, BLT dan verifikasi biometrics lainnya karenan bisa menghindari penyalahgunaan identitas penerima bantuan.
    Peraturan penerapan E-KTP :
    Penerapan KTP berbasis NIK telah sesuai dengan pasal 6 Perpres No. 26 Tahun 2009 tentang penerapan KTP berbasis NIK secara nasional perpres No. 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas perpres No. 26 Tahun 2009 yang berbunyi :
    1. KTP berbasis NIK membuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk
    2. Rekaman elektronik berisi biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan dan disimpan ke dalam database
    3. Pengambilan sidik jari dilakukan saat permohonan KTP berbasis NIK.

    BalasHapus
  165. A-122130123-Muhammad Panji Aditya

    Pembentukan proses informasi pada pegipegi.com

    1.Konsumen memilih pemesan hotel dalam kolom yg sudah disediakan
    2.Kemudian menentukan tanggal menginap
    3.memilih hotel yang diinginkan
    4.mengisi kolom lama menginap dan pesanan layanan tambahan
    5.dilanjutkan mengisi data diri dengan lengkap
    6.Setelah itu konsumen disuruh menlanjutkan pembayaran dengan berbagai macam metode.

    BalasHapus
  166. A - 122110020 - Marlia Fransiska

    Tugas 3
    Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait.

    Manfaat ATM:
    1. memberikan informasi saldo direkening
    2. membayar tagihan rutin; tagihan telepon, tagihan listrik, dsb
    3. membeli; tiket transportasi, tiket konser, pulsa telepon seluler, dsb
    4. mentransfer uang
    5. dan lain-lain

    Sasaran: nasabah bank

    BalasHapus
  167. A-122130095_Satria Anung Wibawa
    proses pembentukan informasi bps.ac.id

    1.. Sensus Penduduk Sensus penduduk adalah keseluruhan proses pengumpulan, penyusunan, pengolahan, dan penerbitan data yang bersifat demografis, ekonomis, dan sosial dari suatu wilayah atau negara tertentu dan dalam waktu tertentu. Berdasarkan tempat tinggal penduduk

    2. Registrasi Penduduk Registrasi penduduk merupakan pencatatan yang terus menerus mengenai kejadian vital yang dialami penduduk berupa kelahiran, kematian, dan perpindahan. Registrasi penduduk didasarkan pada keputusan Presiden Nomor 52 Tahun 1977, ditujukan untuk membangun sistem pencatatan yang berlaku menyeluruh dan seragam di wilayah Indonesia.

    3.. Survei Penduduk Survei penduduk atau survei sampel merupakan pengumpulan data dari sebagian populasi yang pemilihan sampel atau respondennya dilakukan dengan metode statistik tertentu sehingga tetap dapat melakukan pendugaan atas populasinya. Survei dapat dilakukan kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu.

    4.kemudian data yang di dapat di sajikan di sistem bps.ac.id.sehingga masyaarakat dapat mengaksesnya dengan mudah

    BalasHapus
  168. A - 122110020 - Marlia Fransiska

    Tugas 4

    Pembentukkan proses informasi melalui ATM adalah sebagai berikut:
    1. Nasabah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin
    2. Nasabah memasukkan pin untuk autentikasi
    3. Nasabah memilih transaksi yang diinginkan (seperti: mengecek saldo rekening, membayar tagihan, membeli tiket atau pulsa, dsb)
    4. Nasabah menunggu sampai proses selesai
    5. Memngambil kembali kartu ATM.

    BalasHapus
  169. B-122130026-Nur Endah Fitriana

    Tugas 4
    Proses pembentukan Sistem Informasi musixmatch:
    Musixmatch salah satu database lirik terbesar di website yang juga dapat digunakan pada perangkat mobile seperti iOS, Android, Symbian, dan Windows 7.
    musixmatch memiliki lebih dari 5 juta lirik lagu lisensi resmi. Dengan menggunakan Algoritma pencocokan musik, musixmatch dapat menempatkan lirik lagu yang benar dengan semua lagu yang ada didalam perpustakaan musik perangkat mobile. Saat membuka aplikasi dalam perangkat, musixmatch langsung memulai mendeteksi lagu dengan metadata yang sesuai antara judul lagu dan penyanyi. Ketika algoritma pencocokan musik menemukan metadata yang sesuai antara judul lagu serta lirik lagu maka akan ditampilkan lirik lagu sesuai dengan lagu yang sedang didengarkan oleh pengguna

    BalasHapus
  170. B_122130037_Herditya Mahardika

    TUGAS 4
    Proses pembentukan yang terjadi pada SIMPEG meliputi pelaksanaan pengolahan data yang dimulai dari pengumpulan, pemutakhiran, pengolahan dan penyimpanan data sampai dengan penyajian informasi. Dalam kegiatan pengumpulan, data pokok pegawai dan data riwayat pegawai ditampung dalam bentuk formulir model FIP-01 dan model FIP-02. Selanjutnya di dalam pengolahan data formulir tersebut ditranskrip dan direkam melalui komputer untuk disimpan sebagai arsip induk kepegawaian (database kepegawaian). Kemudian di dalam penyajian informasi atau laporan-laporan yang dihasilkan pada pembentukan database kepegawaian Laporan Hasil Perekaman Data Kepegawaian oleh Biro Kepegawaian dan laporan Hasil Perekaman Data Kepegawaian yang telah diolah, dikirim ke Pusat Pengolahan Data dan Sistem Informasi Depdagri/Kantor KPDE Propinsi dan kota guna dijadikan data base historis.

    BalasHapus
  171. B-122130116-Olivia Oktariska Timbayo

    TUGAS 4
    Proses pembentukan informasi pada SI di www.uajy.ac.id :
    Pihak atma jaya mengumpulkan berbagai informasi yang sekiranya bermanfaat bagi para pengguna web tersebut, setelah pengumpulan data maka dirancanglah model dari sistem informasi yang dapat memudahkan para pengguna mencari data yang dibutuhkan. Data-data tersebut berupa informasi yang dapat di akses oleh mahasiswa UAJY ataupun bukan mahasiswa UAJY, dosen UAJY ataupun masyarakat luas. Contohnya :
    Informasi seminar, perlombaan, beasiswa, informasi Fakultas atau universitas, dan info perkuliahan.
    Tampilan informasi berupa halaman website dengan logo atma jaya, beserta dengan tulisan-tulisan informasi yang bersangkutan dan beberapa menu yang tersedia agar dapat memudahkan dalam pencarian informasi yang lebih spesifik.

    BalasHapus
  172. A_Desta Aisyiah_122130063

    Tugas 4
    Proses pembentukan Sistem Informasi Rodex Tour & Travel terbagi menjadi 2:
    1. Melalui website
    2. Melalui kantor pelayanan Rodex tour&travel

    Bila melalui website-
    1. input: Pelanggan membuka situs yang telah tersedia, http://rodexsurabaya.com/index.html, lalu memilih menu yang tersedia (tour, airlines, kereta api,) misal memilih airlines- (pembelian tiket pesawat)
    2.Proses : Pilih menu airlines ticket, lalu pilih penerbangan domestic atau international, lalu isikan data diri , memilih mode pembayaran lalu kirim. tunggu hingga proses sukses.
    3. Output : Ticket pesawat dikirim melalui e-mail

    2. Melalui kantor pelayanan
    Input : pelanggan datang, dan mengutarakan makdud kedatangan kepada petugas. misal ingin memesan tiket pesawat.
    proses ; petugas akan menanyakan waktu kebrangkatan, ingin menggunakan maskapai apa, dan meminta data diri kepada pelanggan. lalu bila sudah setuju, pelanggan dapat melakukan pembayaran .
    output : tiket pesawat

    BalasHapus
  173. A - 122130230 - Brian Pratama Situmorang

    Tugas 4
    Proses Pembentukan informasi yang terjadi pada Play Store yakni ketika pengguna smartphone Android membutuhkan aplikasi yang diinginkan untuk keperluan sehari-harinya, Ia dapat mencari atau meng-"Search" aplikasi tersebut di Playstore. dengan tidak menunggu lama, Playstore akan langsung memunculkan aplikasi yang dicari oleh pengguna Smartphhone Android. Setelah itu, pengguna dapat mendownload aplikasi tersebut dan menginstall nya pada Smartphone Android lalu Menggunakannya sesuai dengan kegunaannya.

    BalasHapus
  174. A - 122130002 - Faizal Ramadhan

    Tugas 4
    Proses pembentukan yang terjadi pada tiket online pt. Kai adalah proses pemberian informasi keberadaan tiket kereta.
    Pemakai diminta mengisi asal stasiun keberangkatan, tujuan stasiun keberangkatan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang kemudian tiket online pt. Kai akan memberikan output berupa nama kereta, jam keberangkatan, dan ketersediaan bangku yang kemudian bisa dipilih pemakai. Setelah pemakai memilih kereta yang diinginkan pemakai mengisi identitas dan kemudian pemakai akan diminta membayar untuk meneruskan kepemilikan tiket, setelah pemakai membayar kemudian pemakai akan diberikan kode booking tiket yang bisa digunakan untuk ngeprint tiket di stasiun terdekat kemudia pemakai dapat memiliki tiket dan bisa naik kereta sesuai tanggal pilihan pemakai.

    BalasHapus
  175. A_122130010_Sakti Gringsing S
    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada CBIS adalah dengan menginput daftar hadir(absen) mahasiswa yang kemudian outputnya berupa keputusan boleh/tidaknya mahasiswa mengikuti ujian bisa juga dalam input jadwal kuliah yang mana mahasiswa memilih kelas atau jam berapa saja yang akan diikuti apabila kelas yang akan diikuti tersebut bersamaan jadwal dengan mata kuliah lain yang telah diikuti maka tidak dapat diinput. Selain itu juga berguna buat input nilai, jadwal remidial dan lain lain

    BalasHapus
  176. A_122130222_Nanda Agung Yuwana

    Tugas 4
    Proses Aplikasi Snaptee

    1. Pengguna Snaptee memilih jenis kaos atau jaket yang ingin digunakan
    2. Setelah dipilih kemudian mengimport foto yang terdapat pada smartphone
    3. Foto akan secara otomatis masuk kedalam bagian depan Kaos
    4. Setelah selesai diatur kemudian foto kemudian di save dan diberikan judul postingan
    5. Untuk menyimpan di profil anda bisa memilih "go to locker" atau jika langsung mencetak kaos bisa memilih "purchase"
    6. Untuk orang-orang menjadi teman di akun snaptee anda, mereka bisa melihat dan dan apabila tertarik dengan desai kaos yang dibuat, mereka bisa menghubungi anda untuk membeli kaos yang anda desain.

    BalasHapus
  177. A - 122130040 - Dimas Panji Prabowo

    Tugas 4
    Pembentukan proses informasi pada traveloka adalah:
    Membuka aplikasi Traveloka.com dapat Memilih tiket yang ingin dipesan seperti memesan tiket pesawat, dapat memilih tiket pesawat sesuai dengan harga dan jadwal yang diinginkan, jika sudah mendapatkan pesawat yang diinginkan dan klik pesan tiket, Mengisi biodata sesuai dengan identitas ktp, klik pesan tiket, bisamemilih cara proses pembayaran bisa melalui padipay, e-banking, atm bersama dsb, Jika sudah melakukan pembayaran, maka data yang telah diproses tersebut menjadi output berupa no. booking pemesanan yang dikirm ke alamat email yang telah diberikan

    BalasHapus
  178. A -122130156 - Arranda Syahfitra Siregar

    Tugas 4
    Pembentukan Informasi yang terjadi di INSTAGRAM yaitu Pertama membuka aplikasi INSTAGRAM, lalu dengan memilih gambar oleh user, lalu melakukan perintah share dengan mengeklik share, memberi location, with Bersama dengan siapa) dan caption. Setelah itu melakukan upload dengan mengklik tombol upload yang ada. Lalu gambar yang telah di upload akan muncul di home INSTAGRAM tersebut.

    BalasHapus
  179. B_122130043_ Rani Triyani
    Tugas 4
    Proses Pembentukan sistem informasi pada bmkg.go.id adalah

    1. Input : BMKG menggunakan sistem komunikasi Computerized massage switching System (CMSS) yaitu sistem komunikasi khusus antar stasiun meteorolgi dan kantorpusat BMKG. Dalam menyajikan informasi pada websitenya, terlebih dahulu bmkg melakukan pengamatan melalui satelit dan radar yang dimilikinya. Penyebaran data utama yaitu synop dikirim ke BMKG pusat melalui komunikasi jaringan CMSS (Computerized Message Switching System) pada jam-jam 00.00, 03.00, 06.00, &09.00GMT. Data- data yang sudah terangkum dari hasil pengamatan masing-masing pos hujan dan stasiun kerjasama di publikasikan sesuai dengan permintaan user. Pemberian informasi ke stasiun-stasiun meteorologi dihitung berdasarkan waktu yang ditentukan oleh ICAO (International Civil Aviation Organisation), tetapi jika ada perubahan cuaca yang tidak biasa dalam waktu rentang 30 menit maka dapat segera dilakukan pemberian informasi.


    2.proses : Masyarakat atau pihak yang berkepentingan mencari informasi mengenai Meteorologi, Klimatologi, Kualitas udara dan Geofisika. Kemudian masyarakat atau pihak yang berkepentingan tersebeut mengakses website bmkg yang berisi mengenai informasi tersebut. Saat mengakses website bmkg, server pengakses akan terhubung dengan server bmkg dan kemudian website bmkg pun menampilkan informasi yang dibutuhkan pada halaman websitenya.


    3.output : Informasi mengenai Meteorologi, Klimatologi, Kualitas udara dan Geofisika yang dipublikasikan oleh bmkg pada websitenya dapat dilihat oleh masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan. Sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat dan akurat dengan mengakses website bmkg dimana pun dan kapan pun pada gadget mereka masing-masing.

    BalasHapus
  180. A - 122130119 - ABIE FARABIE

    Pembentukkan proses informasi melalui Kartu Kredit adalah sebagai berikut:
    1. Konsumen/Pengguna menggesekan kartu kredit ke mesin kartu kredit
    2. Konsumen/Pengguna memasukkan, mengetik pin kartu kredit
    3. Konsumen menunggu validasi pembayaran biaya belanja
    4. Pengguna menunggu sampai proses selesai
    5. Pengambil/ penyerahan Kartu kredi ke Konsumen
    6. Penandatanganan nota atau tanda bukti belanja/ pembayaran

    BalasHapus
  181. B_122130022_Felix Zelin Pradina

    Tugas 4
    Proses pembentukan Sistem Informasi Bengkelmusik.com

    > Input :
    para user memposting suatu diskusi dalam thread atau subforum

    > Proses :
    forum dan diskusi diatur dan dikontrol dengan adanya moderator dari suatu forum baik dalam hal tujuan diskusi maupun batasan batasan diskusi yang ada

    > output :
    adanya hasil diskusi dari suatu pokok bahasan yang ada sehingga menghasilkan informasi yang berguna untuk semuanya

    BalasHapus
  182. A-122130138-M.Dhinno.Setyawan

    TUGAS 4

    Proses pembentukan informasi pada situs https://www.goal.com. salah satu yang harus dipastikan ketika akan mengunjungi sebuah web adalah tujuan dari web tersebut. Apakah yang ingin dicapai ketika menginginkan sebuah web? Apa yang menjadi tujuan utama dari web tersebut. website bukanlah bagian dari sebuah seni, tetapi merupakan tampilan yang menampung berbagai fungsi dari sebuah server. -Fungsi yang dimaksud bisa berarti : menjual produk, berita, hiburan, olahraga, diary, komunitas dsb. Khusus untuk www.goal.com ini fungsi yang diinginkan adalah berita terbaru tentang olahraga.
    langkah awal yang harus kita lakukan jika ingin mendapatkan sebuah informasi dari situs search engine ini adalah dengan membuka link https://www.google.com
    langkah selanjutnya anda akan diarahkan menuju homepage google dan anda harus menginputkan kalimat yang ingin anda cari (INPUT) contohnya. Goal.com
    kemudian klik enter/search (PROSES) tunggu beberapa saat, anda akan menemukan (informasi) yang ingin anda cari seputar sepakbola.
    Apabila anda tidak ingin melalui google, anda bisa langsung masuk ke web tersebut dengan menuliskan www.goal.com.
    Selanjutnya anda sudah dapat melihat berita seputar sepokbola di dalamnya, dari klasemen team,hasil pertandingan, statistic pertandingan,dll.

    BalasHapus
  183. B-122130225-Gigih Jono Prasetio
    pembentukan proses informasi pada bantul.go.id adalah pengumpulan berbagai data dan informasi mengenai kabupaten Bantul yang akurat dan terbaru dari berbagai sumber terpercaya yang melibatkan pemerintah maupun masyarakat Bantul, setelah itu admin memposting dan memperbaharui informasi setiap hari. selain itu, masyarakat juga bisa berinteraksi dengan pemerintah dan menyampaikan aspirasi melalui e-mail, telp, dan kolom komentar yang akan dihubungkan langsung kepada pemerintah daerah kab. Bantul oleh admin, dan pesan tersebut akan ditampilkan dalam buku tamu agar menjadi sebuah informasi untuk masyarakat luas.

    BalasHapus
  184. B_122130167_Alan Walada

    Proses pembentukan informasi pada situs http://www.adidas.co.id/ adalah menginformasikan segala sesuatu tentang apa saja yang ada dalam web tersebut mengenai fashion dalam hal olah raga dan sebagainya

    BalasHapus
  185. B_122130171_Nadia Habriyana

    Proses pembentukan informasi pada situs http://global.reebok.com/
    - informasi tentang perlengkapan olah raga
    - informasi tentang fashion dalam hal olahraga dall
    - informasi tentang harga produk reebok
    - informasi tentang segalah hal mengenai olahraga

    BalasHapus
  186. B_122130241_Muhammad Irhas Nuryansyah

    Tugas 3
    http://www.goldengoalindonesia.com/

    merupakan situs jual beli online peralatan dan perlengkapan olahraga seperti bola, futsal, basket, senam, renang, dan lain lainnya yang bisa dibilang harga dan kualitasnya terjamin. Juga sebagai sarana jual beli selain langsung menuju ke tokonya, yang akan memudahkan akses ke semua daerah.

    Situsnya yang apik akan mengantarkan Anda memiliki pengalaman belanja yang mudah dan nyaman. Anda hanya perlu menelusuri kategori produk yang berada di samping kiri halaman web. Kalau ketemu dengan produk yang sreg, klik saja gambarnya, maka Anda akan disuguhi gambar yang lebih besar beserta detail produk. Meski tidak menyuguhkan testimoni dari pelanggan, namun situs ini memberikan profil usaha yang cukup lengkap.

    Kelebihan :
    1. GAMBARAN TOKO TERPERCAYA DAN ALAMAT TOKO JELAS.
    2. HARGA YANG SEBANDING DENGAN TOKO ONLINE RESMI LAINNYA.
    3. TESTIMONI ASLI.
    4. LIVE CHAT TERHUBUNG LANGSUNG KE CUSTOMER SERVICE.
    5. GAYA PENULISAN YANG MEYAKINKAN.

    Manfaat
    1. memudahkan dalam transaksi
    2. dapat membantu pencarian refrensi tentang produck apparel
    3. lebih puas dengan gambar yang sangat jelas dan keterangan yang lengkap
    4. dapat dipertanggung jawabkan kwalitas produknya dengan cp dan alamat toko yang jelas.
    5. sebagai opsi sebelum membeli sebuah produck apparel

    Sasaran :
    pelanggan toko golden goal dan penggiat olahraga

    Tujuannya :
    memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi dan memilih suatu produk yang diinginkan

    BalasHapus
  187. B_122130216_Muhammad Azwar Abdullah

    Proses pembentukan informasi pada domain http://fti.upnyk.ac.id atau dikenal dengan CBIS yaitu :

    1. input
    mahasiswa melakukan login menggunakan NPM dan PIN yang dimiliki untuk
    mengakses halaman utama dari CBIS

    2. Proses
    mahasiswa masuk ke halaman utama dari CBIS dan memilih menu yang ada di
    halaman tersebut

    3. Output
    mahasiswa memperoleh informasi berupa jadwal kuliah, transkrip nilai, informasi
    informasi akademik, input mata kuliah dan lain-lain.

    BalasHapus
  188. B_122130241_Muhammad Irhas Nuryansyah

    Tugas 4
    http://www.goldengoalindonesia.com/

    Proses Pembentukan Informasi
    1. Masuk ke situs http://www.goldengoalindonesia.com/ (login)
    2. Pilih produk yang hendak dibeli (input)
    3. Isi data diri (input)
    4. pemrosesan data diri dan transaksi (proses)
    5. keluar Struck Transaksi (output)

    BalasHapus
  189. B_122130248_Ria Melliyana Purba

    Proses pembentukan informasi bagi para pembeli pada situs eBay.com yang merupakan situs pasar online dunia, yaitu sebagai berikut :
    1. Kunjungi laman eBay.com
    2. Mendaftar
    Hal pertama yang dilakukan adalah mendaftar sebagai anggota di eBay. Saat mendaftar eBay akan meminta berbagai informasi data diri.
    3. Memahami
    Memahami secara baik tentang prosedur transaksi dan segala aturan yang diterapkan oleh eBay.
    4. Mencari
    Lakukan pencarian atas produk apa yang ada inginkan untuk dibeli. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan penjual maupun pada daftar lengkap produk.
    5. Membeli dan menawar
    Setelah menemukan barang yang ingin dibeli, pembeli dapat melakukan pemesanan langsung bila harga produk telah dianggap sesuai. Namun, apabila harga produk dianggap terlalu tinggi, eBay menyediakan sistem lelang yang dapat digunakan untuk menawar harga sesuai dengan yang diinginkan. Pemenang lelang ialah pembeli yang memasang harga tertinggi, namun biasanya tidak setinggi dengan harga tetap saat membeli produk tersebut secara langsung.
    6. Membayar
    Setelah order produk dilakukan, pembeli diharap untuk segera melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pembayaran melalui kartu kredit, Paypal, Moneybookers, Paymate, Propay dan lain-lain. Namun di Indonesia hanya dapat melalui kartu kredit dan Paypal.
    7. Menunggu
    Setelah semua bagian diatas dilakukan, pembeli hanya diperlukan untuk menunggu hingga produk pesanan datang.

    Proses pembentukan informasi bagi penjual dalam menjual produknya pada situs eBay.com adalah sebagai berikut:
    1. Kunjungi laman eBay.com
    2. Mendaftar sebagai anggota
    Melakukan pendaftaran sebagai anggota di eBay. Sebaiknya penjual juga memiliki akun pada Paypal maupun alat pembayaran lainnya, agar dapat mempermudah transaksi jual beli.
    3. Mendaftarkan produk
    Mendaftarkan produk yang akan dijual pada eBay, dengan mengisikan deskripsi produk dan menempatkan produk pada keywords yang sesuai.
    4. Memilih sistem
    Melakukan pemilihan sistem penawaran yang diinginkan apakah Auction (sistem lelang) atau Buy it Now (harga tetap).
    5. Mengaktifkan
    Mengaktifkan penawaran barang anda jika sudah selesai dalam mengisi informasi tetang produk yang akan dijual.
    6. Menunggu informasi
    Penjual akan diberitahu lewat e-mail jika terjadi penawaran oleh calon pembeli atau bisa mengecek langsung lewat account penjual di eBay.

    BalasHapus
  190. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  191. A-122130059-susi dwi rahayi
    Proses pembentukan sistem informadi pada smadav.
    1. Aplikasi mendeteksi adanya saluran USB/flasdisk yg masuk kedalam laptop/komputer.
    2. Muncul kotak dialog yg memberitahu ada / tidaknya virus dlm flashdisk tersebut. Jika ada
    3. Memberi perintah untuk melakukan pembersihan dengan mengeklik tombol bersihkan. Atau bisa juga membuka aplikasi smadav. Kemudian menginputkan lokasi mana yg akan discan. Setelah terpilih klik tombol scan.
    4. Setelah proses scan aplikasi ini akan memberi tahu jumlah file yg telah discan, jumlah virus yang ada, jumlah file yg tersembunyi.
    5. Untuk file yg tersembunyi kita bisa memberi perintah unhiden dengan cara mengekliknya.

    Selain sistem diatas. Smadav juga memberikan informasi untuk melakukan upgrading aplikasi smadav ke versi terbarunya.

    BalasHapus
  192. B_122130200_Kevin Stefanus
    Tugas 4
    Proses pemebentukan informasi pada situs http://ahmadmuhsinupn.blogspot.co.id adalah sebagai berikut:
    1. Mahasiswa/ Masyarakat Umum (user) mengakses situs http://ahmadmuhsinupn.blogspot.co.id.
    2. Kemudian user bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan apa informasi yang user cari, seperti informasi tentang dunia IT.
    3. Selain itu user juga bisa mendownload informasi yang lebih lengkap dengan cara mendaftar terlebih dahulu.
    4. Setelah mendaftar user pun dapat mendownload informasi yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  193. B-122130165-Abdul Ghaniy

    proses pembentukan sistem informasi pada facebook adalah
    -utuk dapat mendapat informasi dan fasilitas dari facebook.com pengguna pertama harus mendaftar
    -setelah mendaftar maka pengguna akan mendapatkan informasi dan fasilitas yang tersedia dari facebook juga dari pengguna facebook lain

    BalasHapus
  194. B-122130015-Krisna Yudha Kurnia
    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada sistem informasi Garuda(Garba Rujukan Digital) / http://garuda.dikti.go.id/ bermula dari para kontributor yang akan mengunggah karya tulisnya dengan tahapan sebagai berikut:
    1.Calon kontributor harus memiliki koleksi digital untuk local collection (jurnal, skripsi, tesis,
    disertasi, pidato pengukuhan, Laporan penelitian, dan lainnya) yang accessible.
    2.Calon kontribuor mengisi form kesediaan menjadi kontributor.
    3.Mengirim nama, email dan contact personyang disetujui oleh Pimpinan Perguruan Tinggimenjadi PIC (penanggung jawab) kontributor Garuda.
    4.Tim Garuda akan mengirim account id dan password bagi PIC Kontributor agardapat masuk ke sistemGaruda
    5.Data yang akan dimasukan kedalam Garuda harus mengikuti standar metadata
    6.File yang akan diupload dalam Garuda harus memiliki format CSV.
    Setelah tahap Administrasi selesai, Kontributor dapat menggungahnya kedalam portal Garuda, dan data akan muncul setalh satu minggu.

    Tahap proses pembentukan inormasi selanjutnya adalah sebagai berikut:
    1.Kontributor maupun pengunjung dapat membuka situs garuda.dikti.go.id
    2.melakukan pencarian pada kolom pencarian yang tertera di beranda web.
    3.Mesin pencari akan mensinkronasi keyword yang di input pada kolom pencarian dengan data yang ada dalam database.
    4.Mesin pencari akan menampilkan karya tulis yang serupa/berhubungan dengan keyword yang diinput.

    Dari tahapan terakhir itu, pengunjung dan kontributor situs garuda.dikti.go.id mendapatkan output yang sesuai.

    BalasHapus
  195. Kelas B - 122130184 - Febri Trianto

    Proses pembentukan informasi pada http://perpustakaan.jogjakota.go.id/ adalah admin meng update informasi terbaru program perpustakaan kota Jogja, baik lomba, buku yang ada, ataupun juga fasilitas lainnya ke dalam web agar masyarakat luas dapat mengakses informasi yang ada, akan tetapi untuk melihat koleksi Perpustakaan Digital harus terdaftar sebagai anggota dan harus login untuk masuk

    BalasHapus
  196. Kelas D_122130131_I Nyoman Bayu Satria Wicaksana

    Proses Pembentukan Informasi dan Penerapannya

    Pusat Informasi STMIK
    Akses data memerlukan sebuah form khusus yang biasa digunakan untuk melakukan sentralisasi objek. Selanjutnya, objek tersebut akan mengarah pada akses database (basis data). Secara umum, klasifikasi user dalam sistem informasi STMIK Insan Pembangunan dibagi menjadi :
    a. Login operator. Berperan sebagai user yang hanya bisa mengisi dan atau memutakhirkan content.
    b. Login admin. Berperan sebagai administrator yang mampu mengisi content, sekaligus berhak melakukan editing, penambahan atau penghapusan user.
    c. Untuk sistem aplikasi tertentu, dilakukan klasifikasi berdasarkan login pimpinan, operator, user dan admin, atau terkadanng ditambahkan super-admin.
    Klasifikasi User Aplikasi SIM STMIK Insan Pembangunan

    BalasHapus
  197. B_122130065_Andra Dwi Prasetya

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada http://www.bola.net/
    1. Mahasiswa/ Masyarakat Umum (user) mengakses situs http://www.bola.net/
    2. Kemudian user bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan apa informasi yang user cari, seperti informasi tentang dunia olahraga terutama sepak bola
    3. Setelah itu user dapat mengetahui informasi yang ada di http://www.bola.net/ seperti jadwal,skor, info trasfer pemain, dan club favorit
    4. di situs ini juga pengguna atau user dapat melihat berita olahraga yang lainnya

    BalasHapus
  198. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  199. B_122130019_Shinta Puspita

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi pada sistem informasi 21cineplex.com yaitu proses pengecekan dimana didalam website tersebut kita sebagai user dapat mengetahui film-film apa saja yang sedang tayang di bioskop cinema XXI dan juga jadwal film tersebut di berbagai lokasi bioskop cinema XXI di seluruh cabang di Indonesia. Kemudian melalui website tersebut, kita sebagai user juga dapat melihat sinopsis beserta trailer dari film-film yang sedang tayang di bioskop cinema XXI tersebut dan juga film-film yang akan tayang (coming soon) di bioskop cinema XXI. Bukan hanya itu, kita juga dapat memesan tiket bioskop secara online melalui website tersebut apabila memiliki MTIX.

    Salah satu proses pembentukan informasi pada sistem informasi 21cineplex.com adalah proses pengecekan jadwal film. Prosesnya diawali dengan masyarakat umum (user) mengakses situs http://21cineplex.com . Kemudian user memilih cabang bioskop cinema XXI yang diinginkan misalnya cabang Yogyakarta. Lalu, user dapat memilih lokasi bioskop cinema XXI dan film yang diinginkan yang sedang tayang di bioskop cinema XXI. Setelah itu user dapat mengetahui informasi jadwal film yang sedang tayang di bioskop cinema XXI tersebut.

    BalasHapus
  200. E-122130129-Aditya Yusuf Kiyen

    Tugas 4
    Proses pembentukan informasi yang terjadi pada traveloka.com adalah proses pemberian informasi pada keberadaan dan harga tiket pesawat dan voucher hotel.
    Pemakai diminta untuk mengisi asal kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang, begitu juga dengan voucher hotel, pemakai diminta untuk memilih daerah dimana hotel yang akan dipilih dan durasi penginapan, kemudian traveloka akan memberikan output berupa nama pesawat, jam keberangkatan dan harga tiket pesawat, begitu juga dengan voucher hotel, akan ditampilkan nama hotel ditempat daerah yang dipilih dan juga harga menginap/malam. Yang kemudian bisa dipilih si pemakai, setelah dipilih, pengguna akan mengisi identitas dan kemudian akan diminta untuk membayar untuk meneruskan kepemilikan tiket ataupun voucher, setelah pengguna membayar kemudian akan diberikan kode booking tiket atau voucher yang akan ditampilkan melalui aplikasi traveloka.com. pengguna pun bisa langsung menunjukan kode booking tersebut pada saat check in dibandara atau hotel yang telah dipilih

    BalasHapus