Rabu, 09 September 2015

Kontrak Belajar Matakuliah Manajemen Lingkungan


Kontrak Belajar Matakuliah Manajemen Lingkungan
Program Studi/Jurusan                     : Teknik Industri
Mata Kuliah / Kode                            : Manajemen Lingkungan / 122 41 2
SKS/Semester                                   : 2 (2x 50 menit) / 5
Mata Kuliah Prasyarat (kode)           : -
Dosen                                                  : Ahmad Muhsin, S.T., M.Eng.

Deskripsi Kuliah
Mata kuliah ini berisi wawasan mengenai konsep – konsep dasar Manajemen Lingkingan khususnya dalam perusahaan. Mata kuliah ini membuka wawasan mahasiswa terhadap menfaat teknologi Pengelolaan lingkungan terutma limbah  bagi industry/ perusahaan dan berbagai pihak yang terkait. Materi yang dibahas meliputi : Ekologi, Manusia dan ekosistem, Energi dan Pembangunan, Pencemaran Lingkungan, Industri dan Dampaknya, Amdal dan Sistem Manajemen Lingkungan.
Sistem manajemen lingkungan adalah sistem manajemen yang berencana, menjadwalkan, menerapkan dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan. Sistem Manajemen Lingkungan atau Environment Management System (EMS) adalah bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang meliputi struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, latihan atau praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, evaluasi dan pemeliharaan kebijakan lingkungan

Kompetensi

  1. Mahasiswa mengetahui peran penting Sistem Manajemen Lingkungan serta mengenal tahapan dan infrastruktur yang  dibutuhkan untuk mengelola lingkungan khususnya industri guna meningkatkan kinerja lingkungan.Kompetensi umum dari matakuliah ini dicapai melalui kompetensi-kompetensi khusus sebagai berikut :
  2. Mampu mengetahui dan menganalisa Sistem Manajemen lingkungan yang diperlukan untuk membuat kerangka kebijakan
  3. Mampu menguasai dan merencanakan konsep Sistem Manajemen Lingkungan serta urutan langkah-langkah penerapan
  4. Mampu menentukan dan menerapkan kriteria Sistem Manajemen Lingkungan
  5. Mampu mengumpulkan dan menganalisa data serta informasi dengan benar
  6. Mampu menentukan keputusan yang tepat berdasarkan analisis data dan informasi

Materi

  1. Ruang lingkup dan Permasalahan Lingkungan
  2. Manajemen Pengelolaan Limbah
  3. Manajemen Ekonomi Lingkungan
  4. Pengolahan Limbah Cair
  5. Pengolahan Limbah Padat
  6. Pengolahan Limbah Gas
  7. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan
  8. Sistem Manajemen Lingkungan (Dok AMDAL)
  9. Peraturan Perundangan-undangan
  10. Pembangunan Berkelanjutan
  11. Model Prakiraan Dampak Lingkungan
  12. Perencanaan Pengelolaan Lingkungan
  13. ISO 14000
  14. Produksi Bersih

Referensi
Djajadiningrat, A., 1999. ISO 14000. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Hadiwiardjo, B.H., 1997. ISO 14001 – Panduan Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan. Gramedia. Jakarta, Indonesia.
Rothery, B., 1996. ISO 14000: Sistem Manajemen Lingkungan Seri Manajemen No. 179. PT. Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta, Indonesia.

Catatan :

  1. Tugas yang pengerjaannya sama persis dengan mahasiswa lain akan dikurangi 10 poin bagi keduanya.
  2. Bagi mahasiswa yang KP diperbolehkan tidak mengikuti kuliah secara penuh dengan menyerahkan surat pelaksanaan KP.
  3. Keterlambatan mahasiswa saat kuliah hanya ditolerir 15 menit setelah kuliah dimulai.
  4. Dilarang keras menitipkan tandatangan absensi.
  5. Perkuliahan juga dilaksanakan menggunakan teknologi e-learning di http://learning.upnyk.ac.id sehingga mahasiswa harus membuat akun

Tes I : Tetapkan tujuan anda mengambil matakuliah "Manajemen Lingkungan" dan tuliskan di kolom komentar dengan format : KELAS - NIM - NAMA MAHASISWA

15 komentar:

  1. A - 122100043 - DASTYARGO HARTONO

    Tujuan mengambil matakuliah "Manajemen Lingkungan"

    - Memahami apa itu Manajemen Lingkungan dan korelasinya terhadap dunia Teknik Industri
    - Mampu mengaplikasikan Manajemen Lingkungan setelah menempuh matakuliah tersebut, karena mencari nafkah "saja" bukanlah satu-satunya kebaikan tertinggi yang ada di dunia. Punya segalanya namun lingkungan menjadi terabaikan bukanlah sebuah kebijaksanaan.
    - Alam yang memberikan semua makhluk untuk dapat hidup, lalu mengapa kita tidak memberikan kebaikan untuk alam melalui Manajemen Lingkungan.

    Sekian, Terimakasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. A - 122120006 - AMALIA OKTA PERMATA

    Tujuan mengambil matakuliah "Manajemen Lingkungan"

    Karena pada saat saya Kerja Praktek, saya tertarik pada bagian pengelolaan limbah. Namun, karena ilmu yang saya dapat masih kurang, maka saya ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang pengelolaan limbah pada matakuliah ini. Sehingga, saya dapat mengetahui bagaimana proses suatu produk yang dihasilkan aman dan memenuhi komitmen terhadap lingkungan.Terimakasih.

    BalasHapus
  4. A-122130121-Achmad Zamroni

    Tujuan mempelajari matakuliah manajemen lingkungan yang utama adalah mampu menerapkan point-point penting dalam matakuliah manajemen lingkungan seperti halnya mengelola berbagai macam masalah kompleks yang berhubungan dengan ruang lingkup teknik industri.

    BalasHapus
  5. A - 122130132 - Rizki Ardliansyah.
    Tujuan saya mengambil mata kuliah manajemen lingkungan adalah dapat memahami jenis" limbah serta cara pengolahannya agar tidak merusak lingkungan yang terkena limbah itu sendiri , serta bekal untuk memulai pekerjaan yang kemungkinan menghasilkan limbah, sehingga kita dapatt mengolahnya dahulu sebelum membuang limbah itu ke sungai atau ke yang lingkungan lainnya.

    BalasHapus
  6. A - 122130132 - Rizki Ardliansyah.
    Tujuan saya mengambil mata kuliah manajemen lingkungan adalah dapat memahami jenis" limbah serta cara pengolahannya agar tidak merusak lingkungan yang terkena limbah itu sendiri , serta bekal untuk memulai pekerjaan yang kemungkinan menghasilkan limbah, sehingga kita dapatt mengolahnya dahulu sebelum membuang limbah itu ke sungai atau ke yang lingkungan lainnya.

    BalasHapus
  7. Kelas : A
    Nim : 122110015
    Nama : Nugroho candra raharjo

    Tujuan mengambil mata kuliah " menejemen lingkungan "
    - agar dapat menambah ilmu kita tentang pentingnya perlindungan dan konservasi terhadap tindakan asal-asalan kita dalam melepaskan polusi/pencemaran ke dalam lingkungan..baik dalam lingkungan kerja maupun lingkungan disekitar kita...

    BalasHapus
  8. A - 122100026 - Nur Oktaviarekha Ahadwi Putra

    Tujuan mengambil matakuliah " Manajemen Lingkungan "

    Memahami bagaimana penerapan manajemen lingkungan dalam dunia perindustrian, karena industri tak luput dari masalah pencemaran lingkungan/limbah, dengan memahami bagaimana cara mengelola limbah, diharapkan saya bisa memerhatikan dampak lingkungan yang dihasilkan dari industri

    BalasHapus
  9. A - 122120040 - EKA DEWI MARLIANA NINGSIH

    Tujuan saya mengambil matakuliah Manajemen Lingkungan adalah
    - Untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian teknik, serta mampu mengatasi banyak masalah di daerah yang sangat kompleks dan perubahan dari pengelolaan lingkungan sehingga bisa menjadi lulusan yang siap bekerja di semua aspek dari arena lingkungan.

    - Diharapkan kelak di masa mendatang saya mampu menyediakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua staf, melindungi masyarakat umum serta lingkungangan dari resiko lingkungan, keselamatan, dan kesehatan yang tidak dapat diterima akibat pencemaran.

    BalasHapus
  10. A - 122100039 - ROLAN SEPTIAN

    Tujuan belajar MK Manajemen Lingkungan :
    1. Memiliki kemampuan untuk memahami, melaksanakan kegiatan teknik pengelolaan dan pemantauan lingkungan.
    2. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan monitoring lingkungan, studi AMDAL, sistim manajemen lingkungan dan audit lingkungan.

    BalasHapus
  11. A-122120058-Kevin Rynaldi
    Tujuan saya mengambil mata kuliah Manajemen Lingkungan adalah untuk mengetahui bagaimana cara atau solusi seorang calon sarjana teknik dalam menghadapi faktor faktor yang dapat mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dan bagaimana cara dalam menejemen lingkungan perusahaan agar dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  12. A - 122100047 - HAPPY NUR ROMADHONA

    Tujuan mengambil MataKuliah Manajemen Lingkungan :

    - Untuk mengetahui seperti apa manajemen lingkungan bekerja pada ruang lingkup industri agar supaya untuk kedepan mempunyai gambaran dan ilmu dalam menerapkannya
    - Bagaimana cara pengelolaan lingkungan yang baik untuk membantu meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional terhadap lingkungan

    BalasHapus
  13. A - 122100060 - YUSUF FIRMANSYAH

    Tujuan dari pengambilan mata kuliah Manajemen Lingkungan:

    1. Untuk mengetahui apa itu manajemen lingkungan serta manfaat yang didapat dari penerapan manajemen lingkungan.
    2. untuk mengetahui peranan penting dari manajemen lingkungan dalam menjaga kelestarian lingkungan.
    3. Untuk mengetahui langkah-langkah dalam penerapan manajemen lingkungan yang benar, baik di lingkungan industri maupun di masyarakat umum.

    BalasHapus
  14. Tugas 1
    A-122130061-Yasintha Aprilyan Kurniawan
    Tujuan saya mempelajari mata kuliah Manajemen Lingkungan ini adalah agar dapat memahami dan mengetahui tentang bagaimana tata cara mengelola lingkungan hidup yang baik sehingga lingkungan hidup tetap dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya dan kemudian mengimplementasikannya ke kehidupan nyata untuk menyelesaikan atau mengatasi permasalahan lingkungan muncul akibat dari kegiatan industri atau pembangunan.

    BalasHapus
  15. Tugas 1
    A-122130061-Yasintha Aprilyan Kurniawan
    Tujuan saya mempelajari mata kuliah Manajemen Lingkungan ini adalah agar dapat memahami dan mengetahui tentang bagaimana tata cara mengelola lingkungan hidup yang baik sehingga lingkungan hidup tetap dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya dan kemudian mengimplementasikannya ke kehidupan nyata untuk menyelesaikan atau mengatasi permasalahan lingkungan muncul akibat dari kegiatan industri atau pembangunan.

    BalasHapus