Selasa, 26 Januari 2016

Kontrak Belajar Logika Pemrograman dan Dasar Komputer

Kontrak Belajar Logika Pemrograman dan Dasar Komputer


I. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini berisi wawasan mengenai konsep-konsep dasar pengenalan komputer dan logika yang digunakan dalam pemrograman komputer. Materi yang dibahas meliputi : (a) Konsep dasar komputer; (b) Komponen dan cara kerja komputer; (c) Flowchart; (d) Notasi Algoritma; (e) Algoritma Pemrograman; (f) Dasar dan struktur pemrograman.

Komputer memegang perananan penting dalam membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan manusia. Komputer telah mengambil sebagain besar peran kerja manusia, komputer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware)  dan perangkat lunak (software). Perangkat keras merupakan peralatan untuk  intput dan output data, sedangkan perangkat lunak merupakan sistem processing pengolahan data yang berbentuk program atau aplikasi. Untuk dapat memerintahkan komputer supaya melakukan kerja maka komputer harus diberikan perintah atau instruksi yang bisa dipahami oleh komputer dan ditulis dengan sistematika yang benar. Matakuliah ini memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang metode menyusun algoritma pemrograman agar dihasilkan program sebagai sebuah instruksi kepada komputer yang dapat dijalankan sesuai dengan perintah yang diinginkan.

II. Kompetensi
Mahasiswa mampu mengenali konsep dasar komputer dan mampu menyusun algoritma pemrograman yang mendasari pengoperasian sistem aplikasi komputer.
Kompetensi umum dari mata kuliah ini dicapai melalui kompetensi-kompetensi khusus sebagai berikut :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mengetahui sejarah dan perkembangan komputer
2. Mengetahui komponen dan cara kerja komputer
3. Mampu menjelaskan konsep algoritma pemrograman dan bahasa pemrograman
4. Mengetahui fungsi dan peran Flowchart.
5. Mengetahui Tipe data, variable dan konstanta yang digunakan dalam pemrograman komputer.
6. Mengenal Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi program komputer.
7. Mampu menjelaskan struktur dasar pemrograman sequence, selection, dan looping
8. Mengetahui peran dan Prosedur dan Fungsi dalam pemrograman komputer.
9. Mengetahui konsep pemrograman modular
10. Mampu menjelaskan aplikasi penerapan logika pemrograman dalam pembuatan program dalam kehidupan sehari – hari.
11. Mampu membuat rancangan/prototype aplikasi program sederhana

III. Materi
1. PENGENALAN KOMPUTER
2. KONSEP DASAR KOMPUTER
3. PENGANTAR LOGIKA PEMROGRAMAN
4. FLOWCHART
5. LOGIKA INFORMATIKA DAN INFERENSI
6. TIPE DATA, VARIABEL, DAN KONSTANTA
7. BAHASA PEMROGRAMAN
8. STRUKTUR DASAR ALGORITMA SEQUENCE
9. STRUKTUR DASAR ALGORITMA SELECTION
10. STRUKTUR DASAR ALGORITMA LOOPING
11. PEMROGRAMAN MODULAR : FUNGSI
12. PEMROGRAMAN MODULAR : PROSEDUR
13. ARRAY
14. SORTING DAN SEARCHING
15. PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
16. PENGANTAR PERANCANGAN SISTEM INFORMASI


Referensi
A. Sumber Utama
Muhsin, Ahmad, “Bahan Ajar Logika Pemrograman dan Dasar Komputer”, Jurusan Teknik Industri FTI UPN “Veteran” Yogyakarta, 2013

B. Referensi Tambahan
1. Yulikuspartono, Pengantar Logika dan Algoritma, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2004
2. Kadir, Abdul, Pengantar Sistem Informasi, Andi Offset.
3. Setiadji, Logika Informatika, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2007
4. Turban, McLean, Wetherbe, Information Technology for Management, 4th Ed, John Wiley and Son.
5. Wing Wahyu Winarno, Sistem Informasi Manajemen, UPP AMP, Yogyakarta, 2004
6. Rinaldi Munir, Algoritma & Pemrograman, Informatika, Bandung, 2002

0 komentar:

Posting Komentar