Rabu, 27 Januari 2016

Materi 13 Array

sumber gambar : evilmathwizard.com

Pengantar
Tipe data array adalah tipe data terstruktur yang merujuk kepada sebuah atau sekumpulan elemen yang mempunyai tipe data yang sama melalui indeks. Array biasanya disebut juga sebagai  tabel, vektor atau larik.Elemen dari  array  dapat diakses langsung  jika dan hanya jika indeks terdefinisi (telah ditentukan nilainya sesuai dengan domain yang didefinisikan untuk indeks tersebut). Struktur data array disimpan dengan urutan yang sesuai dengan definisi indeks  secara kontinyu (berurutan) dalam memori  komputer. Karena itu indeks haruslah merupakan suatu tipe data yang memiliki keterurutan (ada suksesor dan predesesor), misal tipe integer dan karakter.

Array yang akan dipergunakan harus di deklarasikan terlebih dahulu. Deklarasi dari Array diawali dengan kata cadangan Array diikuti oleh tipe index yang diletakkan diantara tanda “ [ ] ” diikuti lagi oleh kata cadangan of dan tipe arraynya. Array dapat bertipe sederhana byte, word, integer, real, boolean, char, string dan tipe scalar atau subrange.

Array dua dimensi merupakan array yang terdiri dari m buah baris (row) dan n buah kolom (column).  Bentuk  array  semacam ini menggunakan 2 (dua) buah kelompok indeks yang   masing-masing direpresentasikan sebagai indeks baris dan kolom. Jika ingin memasukkan atau membaca sebuah nilai pada matriks maka, harus diketahui terlebih dahulu indeks baris dan kolomnya.

Dalam menggambarkan  array  multidimensi, hanya terbatas hingga dimensi ke -3, yakni dengan menggunakan bangun ruang, namun dalam kenyataannya, tipe data  array  ini dapat dibentuk menjadi lebih dari tiga dimensi atau menjadi n -dimensi.

Dalam membuat program, kadangkala akan dihadapkan dengan struktur data yan g tidak sederhana dan apabila hanya ditangani dengan tipe data dasar saja, maka pembuat program akan kesulitan merumuskan komposisinya. Sebagai contoh, program yang akan dibuat melibatkan data tentang mahasiswa, maka untuk variabel mahasiswa akan sulit ditentukan tipe datanya karena pada mahasiswa terdapat beberapa elemen yaitu, nama, nomor induk mahasiswa, jenis kelamin, alamat, dan elemen-elemen yang lainnya.
Tantangan berikutnya adalah bagaimana cara menyimpan data -data mahasiswa tersebut jika jumlah mahasiswa lebih dari satu? Tentunya hal ini akan sangat sulit jika harus diselesaikan dengan tipe data dasar saja. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu tipe data baru yang digunakan untuk menangani kasus di atas, yaitu dengan menggunakan tipe data bentukan .

Tipe data bentukan merupakan suatu tipe data yang dirancang/dibentuk (dan diberi nama) dari beberapa elemen bertipe tertentu yang sudah dikenal. Jadi di dalam tipe data bentukan akan terdapat elemen dengan tipe data dasar dan dapat juga terdapat tipe data bentukan lain yang telah didefinisikan sebelumnya.
Tujuan digunakannya tipe data bentukan adalah supaya perancang program mendapatkan suatu tipe data dimana seluruh kompon ennya secara keseluruhan memiliki makna semantik dan di dalamnya terdapat keterkaitan antar komponen. Pada data mahasiswa telah dijabarkan beberapa elemen yang ada maka, dengan menggunakan tipe data bentukan ini, perancang program dapat mendefinisikannya ke dalam program.

Tipe data  array  digunakan untuk menampung/menyimpan banyak nilai pada satu variabel. Setiap elemen pada tipe data  array ditandai dengan indeks.  Indeks penanda elemen pada  array  menggunakan tipe data yang memiliki keterurutan.  Tipe data array memiliki dimensi minimal satu hingga n-dimensi.  Pada tipe data  array  satu dimensi memiliki satu indeks, kemudian pada array  dua dimensi memiliki dua indeks, demikian seterusnya dimana jumlah indeks mengikuti banyaknya dimensi  array  yang dibentuk.  Tipe data bentukan adalah tipe data yang dirancang/dibentuk (dan diberi nama) dari beberapa elemen bertipe tertentu.  Tipe data bentukan dapat disimpan dalam variabel bertipe  array.  Elemen dalam tipe data bentukan dapat menggunakan variabel bertipe array.  Tipe data bentukan yang di dalamnya terdapat  elemen bertipe  array, dapat disimpan dalam variabel bertipe  array.

Referensi
Anonim, “Algoritma & Pemrograman II”, Penerbit Gunadarma, Jakarta, 1990
Bryon, Goffried, “Programming with PASCAL”, Schaum Series, New York, 1986
Prather, Ronald E., “Problem Solving Principle : Programming with Pascal”, Prentice Hall, New Jersey, 1982
Dumairy, Matematika Terapan untuk Bisnis & Ekonomi Press (BPFE Yogyakarta)
Yogianto H.M, Turbo Pascal 5.0 Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Harahap, Erwin (2005). Panduan Perkuliahan Algoritma & Pemrograman, Jurusan Statistika, Universitas Islam Bandung, Bandung.
Munir, Rinaldi. (2006). Algoritma dan Pemrograman, Edisi ke-3, Penerbit Informatika, Bandung.
.., “Array dan tipe data Bentukan”  Politeknik Telkom, Bandung, 2013.

Tugas 13

Dari tugas sebelumnya tulislah algoritma (Array) psudocode dan buatlah programnya menggunakan visual basic, Screenshoot hasil/ tampilan program dan lampirkan dengan membuat link melalui google drive



0 komentar:

Posting Komentar